Asah Ketajaman Otak dengan Game Online Gratis

Daftar Isi Postingan [Tampilkan]
Bermain game memiliki manfaat lebih dari sekadar mengisi waktu atau sebagai hiburan. Misalnya bisa dijadikan untuk memperkaya kata-kata dalam bahasa asing, melatih kesabaran, dan mengasah ketajaman otak. Ketiga manfaat tersebut juga dapat didapatkan dalam satu waktu sekaligus, tergantung jenis permainannya. Misalnya permaianan mencari kata-kata dari huruf-huruf acak atau mengisi teka-teki silang.

scrabble
pict: okanakgul, Pixabay


Sebelum berada dalam bentuk game, permainan kata-kata ini telah lebih ada dahulu secara manual di dalam buku. Begitu juga dengan jenis permainan kata-kata lain yang populer seperti scrabble, sudah bisa ditemukan dan dimainkan juga secara online. Bermain kedua permainan tersebut saling berhubungan karena untuk crossword jadi bisa mengenal kosa kata baru, yang kemudian bisa digunakan ketika sedang bermain scrabble.

Baik crossword ataupun scabble, bisa dimainkan secara online dan gratis melalui situs Solitaire.org. Jangan takut bahwa website ini akan berat dan penuh dengan pop up iklan yang mengganggu visual, karena selain gratis juga tanpa iklan. Enaknya lagi bisa dimainkan secara langsung, tanpa harus repot mendaftar dan membuat akun. Ah iya, untuk crossword di situs ini bisa ditemukan di bagian Logic Puzzle Game kemudian klik menu Daily Crossword. Sedangkan untuk scrabble bisa ditemukan di bagian Free Online Games dan klik menu Letter Scramble.

Untuk dapat memainkan aneka game yang ada di Solitaire.org, petunjuk permainan berada di bawah permainan ditampilkan. Tingkat kesulitan juga bisa menyesuaikan dan bisa dipilih sesuai keinginan. Untuk beberapa nama permainan dapat diprint, Daily Word Search dan bisa dijadikan pilihan jika ingin memainkannya secara offline dengan sensasi mencari dan mencoret-coret kata secara langsung. Seru kan?

  • Letter Scramble

letter scramble game

Beralih ke Letter Scramble yang biasa saya mainkan di situs ini, kesan pertama adalah mengajak sekali otak untuk mencari kata-kata dalam Bahasa Inggris dan usaha mungkin untuk tak submit itu-itu saja. Target yang harus dicapai adalah 20 kata dalam waktu hanya 5 menit saja. Cukup menantang karena satu per satu huruf akan terus berdatangan dan semakin menumpuk. Jika terlalu lama berpikir, akan susah juga mengambil huruf yang tertumpuk huruf lainnya di bawah. Harus menemukan kosa kata baru lagi.
daily word search solitaire


Ini adalah game online kata-kata yang paling menyenangkan, karena tinggal mencoret kata tertentu saja dengan mencarinya. Bisa dalam posisi vertikal, horizontal, maupun diagonal. Ukuran juga bisa disesuaikan apakah mau 12x12, 14x14, atau 16x16. Waktu juga tidak dibatasi, karena sistemnya waktu berjalan maju bukan mundur. Jadi sekalipun mau berlama-lama, juga tidak masalah. 

Tak perlu merasa kesal atau gampang tertrigger kalau versi permainan ini, sangat fun hihi. Meskipun begitu, tetap bisa belajar kata-kata baru yang sebelumnya belum pernah diketahui artinya atau jarang digunakan.

  • Hidden Object Games

free online game

Kalau sedang bosan bermain game tentang kata-kata, saya beralih ke permainan online dengan nama Hidden Object Puzzle Games. Kalau versi ini bisa ditemukan bagian Hidden Object Games dan bisa langsung memilih desain gambar apa yang akan dimainkan. Saat ini tersedia beberapa pilihan, misalnya:

  • Circus Adventure
  • Garden Secrets Hidden Objects
  • Hidden Kitchen
  • Pirates and Treasures
  • The Palace Hotel, dan seterusnya

Tiap tempat yang akan dipilih memilili levelnya masing-masing, ada yang 8, ada juga yang 10 dengan masing-masing tingkat kesulitan. Eits, jangan mengira ini mudah, saya pun awalnya berpikir demikian dengan mengira hanya perlu klak-klik saja. Namun ada tantangannya sendiri dong karena jika salah klik pada objek, maka waktu yang tersisa akan berkurang 5 detik

hidden puzzle object

hidden object game

Nah jadi nggak bisa santai kaya Daily Word Search ya, kita berburu waktu dan juga mencari benda yang tersedia. Kalau tinggal satu saja yang belum ditemukan sementara waktu sudah habis, ya sudah, mengulang lagi dari awal dan benda diacak lagi. Cukup "gemas" untuk menantang kaaan? Saya pernah bermain di malam hari, ada beberapa benda yang seperti menyamar atau berpadu dengan benda lain yang tersedia, cukup sulit juga di beberapa bagian hahah.

Yang pernah saya coba adalah Hidden Kitchen dan The Palace Hotel, suka sekali karena tiap tema akan punya suasana dan kesan yang berbeda. Selanjutnya mau mencoba yang Garden Secrets, Pirates and Treasures, dan Medieval Castle Hidden Objects. Di akhir level, bisa juga setor skor dan memberi nama dan terekam sesuai tanggal. Bagi saya game ini selain fun juga relaxing, terutama karena yang ditampilkan visualnya kan ya.

online game

palace hotel game

Mungkin ada yang bertanya-tanya, mengapa permainan asah otak di atas berada di situs Solitaire.org. Well, di situs ini sendiri mempunyai banyak jenis permainan misalnya Hidden Object Games, Match 3 Games, Free Online Games, Card Games, Mahjong. dan permainan utamanya yang jadi unggulan yaitu Solitaire Games. Bagi yang akrab atau familiar dengan permainan PC klasik Solitaire, bisa juga memainkannya kembali di situs ini.

Untuk permainan Solitaire terdiri dari dua versi, yang paling popular dan pilihan lainnya yang disediakan. Untuk permainan yang paling popular memiliki opsi yaitu Klondike, Freecell, Spider, Pyramid, Tripeaks, dan Golf. Sedangkan untuk daftar lainnya yang bisa dipilih mencapai jumlah lebih dari 45 dan berurutan sesuai dengan abjad.

Begitu juga dengan Card Games dan Mahjong yang memiliki macam-macam jenis. Sehingga, akan banyaknya pilihan ini tak akan membuat bosan dan bisa berganti-ganti tiap harinya. Belum lagi jika ingin berganti jenis permainan, bisa mencoba opsi di bagian Free Online Games.

Sedikit saran dari saya, untuk menikmati pengalaman permainan dengan maksimal, gunakanlah versi laptop atau PC. Untuk beberapa permainan, saya juga lebih nyaman menggunakan tambahan perangkat mouse agar cepat dalam memilih atau klik sana-sini.

Nah jadi bagi yang ingin asah otak, nostalgia permaina PC jadul, atau mencari hiburan game ringan bisa mengunjugi dan memainkan salah satu yang ada di atas dan have fun ya!
***

1 komentar

  1. Aku paling sukaaaa games yg ada kaitannya Ama mencari kata atau menyusun kata 😁❤️. Tantangannya lebih berasa , Krn otak dipaksa mikir :).

    Ntr aku coba mainin juga mba. Selama ini paling sering sih main yg Solitaire, antara yg Klondike ATO piramid Solitaire. Pengen cobain yg lain juga. Seneeeng aku Ama website gaming ini. Krn ga perlu install dan ga ada iklan.

    BalasHapus

Halo, terima kasih sudah berkunjung!^^ Mohon klik 'Notify Me/Beri Tahu Saya' utk mengetahui balasan komentar via email.