Tips dan Manfaat Mendampingi Anak Belajar di Rumah

Daftar Isi Postingan [Tampilkan]
Mendapatkan pendidikan yang maksimal merupakan hak bagi setiap anak, yang di dalamnya terdiri dari berbagai dukungan. Bukan hanya ilmu-ilmu yang diajari melalui sekolah, namun juga pendampingan oleh orang tua. Hal tersebut juga didukung dengan kondisi saat ini dengan metode pembelajaran yang lebih banyak dilakukan secara daring.

mendampingi anak belajar di rumah
sumber gambar: aktechkpp2019. Pixabay


Terutama bagi anak yang berada di sekolah dasar, memahami pelajaran tertentu membutuhkan lebih dari sekadar pengajaran yang disampaikan oleh guru. Alasannya karena anak-anak baru mendapatkan pengalaman pertama untuk mengenal apa yang diajarkan beserta pola ilmu yang ada.

Manfaat Pendampingan Belajar Anak

Terdapat beberapa manfaat mendampingi anak belajar online ketika di rumah, yaitu:

  • Pemahaman anak akan bertambah seiring dengan pembelajaran yang diulang dan pendalaman.
  • Menggali potensi lebih dalam dan mengenali kelebihan serta kekurangannya.
  • Merekatkan ikatan antar orangtua dan anak.
  • Belajar manajemen waktu dan prioritas keseharian.
  • Melatih keterbukaan anak pada orang tua.
  • Melatih kedisiplinan dalam belajar maupun mengerjakan tugas sesuai batas waktu yang disediakan.
  • Mengenal dan mengoptimalkan tipe belajar anak.
  • dan sebagainya.

Tips Mendampingi Anak Saat Belajar di Rumah

Mendampingi anak saat belajar di rumah juga pastinya akan menemui tantangan tersendiri, beberapa mungkin terdengar berat karena harus meluangkan waktu dan tenaga. Namun hal tersebut dapat disiasati dengan tips-tips berikut:

1. Mengatur Jadwal Pendampingan Belajar

jadwal pendampingan belajar
sumber gambar: Darkmoon_Art, Pixabay


Membuat jadwal untuk bimbingan belajar anak ini bukan artinya kaku, justru waktu akan dihabiskan dengan efisien. Manfaat diperoleh baik bagi orang tua maupun anak dengan adanya jadwal ini. Orang tua dapat mempersiapkan untuk kegiatan lainnya sebelum mendampingi, begitu juga anak yang tak akan merasa terebut waktunya untuk belajar.

Pendampingan saat belajar disesuaikan dengan masing-masing kebutuhan anak. Apakah ketika sedang belajar online secara langsung, apakah ketika khusus untuk mengerjakan materi saja, atau kombinasi antara keduanya. Pilihan lainnya juga ditentukan seperti hari tertentu saja, atau mengikuti jadwal sekolah. Membuat jadwal dapat membantu mengatur waktu di sela kesibukan orang tua.

2. Ciptakan Tempat dan Suasana Belajar dengan Kondusif

Mengikuti materi yang disampaikan, tidak otomatis langsung terfokus begitu saja. Suasana perlu diatur dengan nyaman dan hindari hal-hal yang membuat anak mudah terdistraksi. Misalnya terdapat mainan, perangkat elektronik seperti smartphone, atau tempat sekitar yang berantakan sehingga menimbulkan kesan tidak nyaman.

Anak juga seringkali akan menemui kejenuhan dalam belajar, sehingga tempat dan suasana juga perlu secara berkala diubah. Akan lebih baik jika memiliki tempat khusus dengan suasana yang tak jauh dengan sekolah, supaya lebih fokus. Misalnya jarak antar meja belajar jangan terlalu dekat dengan kasur, atau bahkan memiliki ruang tersendiri.

3. Menyiapkan Manajemen Emosi

Ada kalanya sebagai orang tua yang mendampingi, akan merasa lelah atau perlu kesabaran saat proses pendampingan bimbel pada anak. Ingat bahwa sebelum memulai, selalu menyiapkan terlebih dahulu kemungkinan akan kondisi ketidaknyamanan ini.

Faktor yang membuat tidak nyaman juga segera dicari. Misalnya apakah anak yang lebih mudah bosan, orang tua maupun anak yang kurang istirahat, atau perlu cara khusus dalam menyelesaikan pemahaman sebuah materi.

4. Konsultasi dengan Guru

Bisa jadi dalam pendampingan, kita memiliki cara tersendiri dalam mengajarkan materi kepada anak. Sebaiknya, tetap lakukan konsultasi dengan guru pengajar mengenai materi, cara terbaik untuk mengerjakan atau memahami sebuah materi, dan juga mengetahui karakter anak dalam belajar. Mendengar sisi dari orang lain, terutama yang memang di bidangnya bisa membantu proses belajar anak ini.

5. Gunakan Sistem Reward dan Latih Kedisiplinan

Salah satu agar kegiatan belajar dalam pendampingan ini tak cepat menemui kebosanan adalah memberikan sistem reward pada anak. Misalnya dengan kebebasan bermain game dengan waktu yang ditentukan, memilih makanan kesukaan, atau bentuk lain jika dapat mengikuti pembelajaran dengan fokus. 

Sistem reward juga sekaligus melatih kedisiplinan anak, untuk terlebih dahulu menyelesaikan kewajiban sebelum melakukan apa yang disenangi. Karena akan lebih menyenangkan jika telah selesai dan tak akan meninggalkan rasa beban.

6. Menggunakan Jasa Guru Bimbel Privat sebagai Alternatif

Jadwal telah diatur sedemikian rupa, begitu juga aturan-aturan lain ketika pendampingan belajar, bisa jadi sewaktu-waktu menemui halangan. Misalnya kesibukan mendadak, stuck pada materi tertentu entah karena telah terupdate, ataupun keterbatasan waktu harian.

Pendampingan belajar untuk anak bisa juga mendatangkan jasa atau tutor privat untuk membantu anak memahami materi. Menggunakan jasa tutor atau bimbel ini juga bisa memberikan keleluasaan waktu lebih untuk melakukan hal lainnya namun proses belajar anak tetap terpantau. Serta, dapat juga dikombinasikan selang-seling antar tutor ataupun dari orang tua.
***

Tidak ada komentar

Hi! Lemme know you read this story by drop your perspective through a comment below (p.s: Mohon klik "NOTIFY ME" untuk mengetahui balasan komentar melalui email)