Manfaat Belajar Bahasa Inggris Untuk Anak

Daftar Isi Postingan [Tampilkan]
Bahasa inggris dasar umumnya dikenalkan pada anak saat menjadi murid kelas 2 atau 3 di sekolah dasar. Metode yang digunakan adalah pengenalan kosa kata dasar melalui mata pelajaran Bahasa Inggris. Materi bahasa inggris kemudian akan bertingkat seiring jenjang kelas dan mulai mengenal kalimat sederhana.

Metode yang diberikan pada saat sekolah lebih banyak pengenalan pada teks dan lebih sedikit untuk praktik. Hal tersebut bukan semata buruk namun fokus pada pondasinya terlebih dahulu yaitu pada grammar dan pronunciation. Sedangkan dukungan untuk belajar bahasa inggris untuk anak perlu ditambah di luar pengajaran di sekolah.

belajar bahasa inggris dasar untuk anak
pict: vladvictoria, pixabay

Belajar bahasa inggris umumnya terbagi menjadi 4 kategori dasar yaitu speaking, writing, listening, dan reading. Ke empat dasar ini yang akan digunakan baik untuk aktivitas maupun yang sifatnya tekstual. Ujian bahasa Inggris di sekolah juga umum dibagi menjadi proses pembacaan dengan soal pilihan ganda, soal cerita dalam listening, menyusun kalimat, dan juga ujian praktik bahasa Inggris seperti pidato sederhana.

Pentingnya belajar bahasa Inggris dasar untuk anak ini memiliki beberapa poin penting. Pun karena belajar bahasa inggris seperti investasi jangka panjang sebagai bahasa dunia dan sering ditemui di manapun bukan hanya akademik. Manfaat dari belajar bahasa Inggris ini adalah:

1. Menggali Potensi dan Ketertarikan Dalam Bidang Bahasa

Pengenalan pada sesuatu yang baru termasuk bahasa, dapat menjani jalan bagi anak untuk menemukan potensinya dalam bidang bahasa. Ketertarikan ini biasanya ditandai dengan indikator nilai yang unggul dalam mata pelajaran bahasa Inggris atau adanya ketertarikan untuk lomba. Di masa depan, ketertarikan akan bahasa ini spektrumnya akan lebih luas lagi dalam cita-cita. Misalnya menjadi penerjemah, akademisi, tutor, penulis, pemandu wisata, jurnalis, dan seterusnya.

2. Public Speaking

Dikarenakan belajar bahasa Inggris lekat dengan pengucapan, lama kelamaan akan melatih juga skill dalam public speaking. Ditambah menggunakan bahasa Inggris ini akan menjadi nilai tambah, terutama karena maksud yang disampaikan harus jelas dengan medium bahasa tersebut. 

3. Lebih Siap dalam Tantangan Global

Saat ini terdapat banyak sekali kesempatan mendapatkan beasiswa pendidikan ataupun course bergengsi. Syarat yang tak luput selalu diajukan yaitu kemampuan komunikasi dalam bahasa Inggris baik aktif maupun pasif. Belajar bahasa Inggris bagi anak SD menjadi gerbang awal untuk melatih kemampuan dalam bahasa Inggris ini.

Selain itu, kemampuan berbahasa Inggris juga akan membuka peluang lebih luas. Terutama jika memiliki cita-cita untuk dapat melangkah secara global baik pendidikan maupun karir.

4. Meningkatkan Kepercayaan Diri

Menguasai kemampuan baru artinya memberikan diri sendiri perasaan puas dan berimbas pada meningkatnya kepercayaan diri. Rasa percaya diri juga akan meningkatkan self-esteem dan akan timbulnya motivasi lebih lagi untuk semakin memperdalam kemampuan. Tentu saja bahwa kemampuan bahasa Inggris ini bukan hanya sekadar penghafalan namun dipraktikan agar semakin terasah dan lebih lancar.

5. Mengenal Kultur dari Negara Lain Melalui Bahasa

pentingnya belajar bahasa inggris dasar
pict: phil59, pixabay

Perlu diketahui bahwa bahasa bukan hanya sebagai media dalam komunikasi atau bertukar informasi, namun juga sebuah identitas. Mempelajari bahasa baru yang asalnya bukan dari negeri sendiri, artinya juga akan belajar kultur baru. Misalnya bagaimana bentuk kebudayaan, makanan, kebiasaan di sana yang mirip atau bahkan tak ada di sini. 

Hal tersebut karena proses penerjemahan bahasa tak selalu literal namun juga bergantung pada konteks. Ada beberapa kata yang belum bisa diterjemahkan karena tak ada istilahnya di bahasa ibu, begitu juga sebaliknya. Beberapa kosa kata dalam bahasa Inggris sendiri juga mengandung nilai budaya antara percampuran dengan negara lain. Itu baru dua bahasa, bayangkan jika mempelajari bahasa-bahasa lainnya.

Sebenarnya, Bahasa Inggris membawa jauh lebih banyak manfaat jika dipelajari. Namun masih tetap ada anggapan bahwa belajar bahasa inggris bagi anak itu susah dan bukan minatnya. Adanya ketakutan akan kesalahan dalam pengucapan dan menghindari rasa malu juga menjadi salah satu hambatannya.

Untuk itu, pengenalan belajar bahasa inggris bagi anak perlu dilakukan dengan cara yang menyenangkan dan memicu rasa penasaran. Jika sudah tertanam rasa nyaman, maka kesulitan dalam proses belajar justru akan menjadi tantangan yang menyenangkan pula seperti game.

Tingkatkan Keterampilan Bahasa Inggris dengan English Academy

English Academy dari Ruangguru menyediakan fasilitas tersebut dalam bimbingan belajar bahasa Inggris untuk semua usia. Terdapat 4 pilihan yang disesuaikan dengan usia yaitu Runner, Sprinter, Ranger, dan Explorer. Khusus untuk bimbingan belajar bahasa Inggris untuk anak SD secara online dapat memilih paket RUNNER yang tersedia dalam 3 paket belajar yaitu 3 bulan, 6 bulan, dan 1 tahun.

english academy

Keunggulan memilih paket belajar bahasa Inggris di English Academy ini juga lengkap, lho. Sehingga manfaat yang didapatkan akan maksimal dengan fasilitas seperti:

  • Pengajar lokal dan ada dari penutur bahasa asli atau native speaker
  • Fokusnya ada pada 4 keterampilan yaitu listening, reading, writing, dan speaking menggunakan kurikulum standar internasional Cambridge. 
  • Kelas online secara materi dan praktek dibuat interaktif sebanyak 4x dalam seminggu dan fleksibel.
  • Adanya sertifikat digital.
  • Adanya rekaman materi kelas yang dapat diakses di mana saja.

Jadi, tunggu apa lagi? Sudah saatnya mengasah kemampuan anak, adik, atau saudara yang masih dalam usia sekolah dasar untuk segera mengasah keterampilan dan potensinya. Segera ambil paket belajar bahasa Inggris di English Academy, yuk!

No comments

Hi! Lemme know you read this story by drop your perspective through a comment below (p.s: Mohon klik "NOTIFY ME" untuk mengetahui balasan komentar melalui email)