Ngopi dan Santap Nikmat Dengan Nuansa Tempo Dulu di Kopi Oey Purwokerto

Daftar Isi Postingan [Tampilkan]
Suatu hari, seorang kenalan mengunggah instastory dengan memperlihatkan interior tempat ngopi. Suasananya jadul namun damai, seperti ketika berkunjung ke rumah nenek ketika liburan. Dari sana langsung timbul keinginan kuat untuk segera mengunjunginya.

Kopi Oey Purwokerto

Adalah Kopi Oey Purwokerto yang lokasinya dekat dengan RS Margono dan sedikit berjarak dengan pusat kota. Sebenarnya saya sudah berkali-kali melewati jalan di mana lokasi Kopi Oey berada, namun tak pernah kepo lebih dalam. Setelah tahu bahwa bukanya pagi, keinginan tersebut bertambah kuat. Sebelumnya saya belum pernah seperti ini, mungkin karena suasana jadulnya entah kenapa mengingatkan saya akan Kota Lama Semarang.

Intermeso dikit sebagai tambahan informasi, Kopi Oey Purwokerto ini cabang dari Kopi Oey yang digagas oleh tokoh Bondan Winarno. Saya baru tahu kalau yang di Jakarta itu sudah ada sejak 2005, sedangkan yang di Purwokerto baru ada di 2021 lalu. Yaa, masih fresh itungannya baru setahun hihi.

Pertama kali datang ke Kopi Oey, saya disambut ramah dengan salah satu staf perempuan muda. Datang sekitar jam 10 dan pada waktu itu sedang general cleaning. Tidak ada pemberitahuan melalui akun Instagramnya kala itu, namun saya diperbolehkan menunggu di dalam karena tak lama lagi selesai. Waktu yang tepat untuk sekalian puas mengambil foto berkali-kali.

Kopi Oey Cabang Purwokerto

Konsepnya ternyata bukan hanya tempo dulu, namun ada kesan dari suasana Tionghoa. Bukan hanya tampilan ruangan dan bangunannya yang jadul, namun nama-nama dalam menu juga menggunakan ejaan lawas. Benar-benar totalitas, saya sempat beberapa kali mencerna karena telah lupa ejaan lama, duh duh hihi.

Ketika masuk ke dalam ternyata cukup luas, ada untuk smooking room atau berAC di lantai bawah, serta ada juga ruangan berAC yang didesain untuk meeting room atau cocok untuk laptopan. Untuk area luar sepertinya bisa juga sih, namun lebih cocok kalau untuk malam hari. Tidak salah memang menuruti keinginan untuk datang ke sini, bawaanya senang karena serasa ke kota lama atau suasana museum tanpa harus ke luar kota.

Saat itu karena saya membawa laptop, saya memilih untuk berada di meeting room. Terdapat dua bagian yang pertama meja panjang dengan dikelilingi kursi, yang lainnya tiga kursi berjejer. Saya mencoba di salah satu kursi berjejer karena dirasa lebih cocok untuk sendirian, namun jarak posisi tidak enak untuk menatap laptop. Akhirnya pindah di meja yang untuk meeting, lagi-lagi diizinkan padahal seorang diri saja.

suasana kopi oey

interior kopi oey


Saya datang saat matahari sudah lumayan naik dan plus karena lokasinya dekat dengan RSUD Margono jadi saya kira akan ramai. Ternyata kala itu sedang senggang karena memang di weekdays dan jam kerja, baru di jam makan siang mulai ramai. Sekitar pukul 12 sudah diperbolehkan memesan menu, saya kemudian melirik satu per satu. Pilihan tetap jatuh pada rencana awal, bermodalkan melihat melalui Google Maps.

Review Menu di Kopi Oey Purwokerto

Jujur melihat menu makanannya langsung tergugah selera dan pengin cobain sekaligus banyak, atau memang sudah kebawa mood senang terlebih dahulu ya? Haha. Untuk desain buku menunya juga unik, ala-ala koran gitu covernya. Yes, small thing matters dan bagi saya ini detail sekali. Saya akhirnya memesan Nasi Dori Sambal Matah, Es Tarik Kopi Susu, dan Lumpia Udang. Oh iya yang lumpia udang karena saya penasaran akibat instastory yang saya sebutkan di awal postingan.

menu kopi oey purwokerto

Tak perlu menunggu lama pesanan satu per satu datang, pas jam makan siang untuk merapel sekaligus sarapan. Perut yang sudah keroncongan siap untuk menerima menu-menu yang telah dipesan.

  • Nasi Dori Sambal Matah

Nasi Dori Sambal Matah

Untuk Nasi Dori Sambal ini porsinya bagi saya lumayan banyak, tapi karena memang perut kosong sedari pagi jadi ya tandas tanpa sisa. Tampilannya menggugah selera dan diikuti satu demi satu suapan.

Rasanya bagaimana? Sebetulnya waktu awal tuh enak-enak saja, namun lama-lama saya merasa ini terlalu asin. Jadi karena dori yang dibalut tepungnya sudah asin, ditambah sambal matahnya juga ada rasa asinnya sehingga rasanya lebih kuat. Jadi saya menghabiskannya dengan mencomot sedikit potongan-potongan cabai dan bawang serta dorinya. Oh iya ini yang dipesan waktu itu ya, bisa jadi sudah berubah atau pas saat teman-teman pesan.

  • Ijs Koffie Tarik

Ijs Koffie Tarik

es kopi tarik

Unik juga ini menu, biasanya kan yang versi minuman tarik ini teh namun ini kopi. Rasanya juga ternyata cukup unik, ala minuman teh tarik gitu namun kopi hahaha. Terus pakainya gelas gede juga jadi satu aja puas dan awet.

  • Lumpia Udang

lumpia udang

Isinya dua biji, saya agak-agak lupa isiannya terdiri apa saja namun yang pastinya udang dan sayur-sayuran. Sebenernya enak-enak saja sih dan udangnya juga bukan potongan-potongan namun full gitu. Cuma ya udah gitu doang nggak gimana-gimana, kalau ke sini lagi buat pesen lagi paling nyoba menu lainnya gitu.

Nah karena total ke sini udah 3x dan nyobain menu lain, jadi sekalian ya sedikit review mengenai menu tersebut yang pernah saya coba:

  • Nasi Daon Djeruk Teri Medan


Nasi Daun Jeruk Teri Medan

Ayey ini termasuk menu baru di bulan ini, jadi kenapa nggak sekalian nyoba hihi karena kebetulan kalau denger ada daun jeruk langsung auto tertarik aja gitu. Sebenernya ada varian ayam, namun karena pengin nyoba menu selain ayam jadi milih teri. Enak lho ternyata, nggak terlalu asin dan pas. Untuk porsi juga pas gitu di perut, enggak kerasa sebanyak yang nasi dori. Selain dibungkus dengan daun pisang dan ditaburi bawang goreng, lengkap juga dengan sambal jadi makin menggugah selera.

  • Otak-Otak Singapore

otak-otak singapura

Saya baru tahu kalau otak-otak singapore ini mirip dengan fish cake, atau memang seperti itu? Hehe. Ini jenis cemilan yang bakal sering reorder selain makanan utama sih, aroma ikannya kerasa dan kenyal saat digigit. Ya, jenis-jenis kudapan mirip-mirip frozen food gini emang enak bener.

  • Roti Bakar Keju

menu roti bakar keju

To be honest untuk menu ini biasa banget, agak susah juga waktu menyantap karena taburan kejunya kecil pendek gitu. Tapi dari sananya sudah dipotong-potong kok jadi mudah untuk menyuap, mungkin lain kali kalau mau pesen roti bakar milih yang tipenya berselai aja misalnya cokelat hihi.

  • Ijs Cappuccino

es kapucino

Ini ukuran gelasnya sama gedenya dengan es koffie tarik, untuk rasanya sih standar seperti cappuccino pada umumnya.

  • Ijs Koffie Keponakan

Nah kalau ini masuk salah satu signaturenya, es kopi gula aren gitu. Untuk menu ini nggak menggunakan gelas melainkan cup plastik, menurut saya agak kemanisan waktu itu. Sayangnya kelupaan buat foto, nih.

  • Soto Tangkar Ayam

Ini saya cuma nyicip kuah dari menu yang dipesan teman, enak ternyata karena rasanya itu pas dan nggak terasa berat. Ditambah perasan jeruk lebih nikmat karena segar, plus sudah lengkap juga dengan nasi ya.

  • Ijs Koffie Soesoe Indotjina

es kopi susu indotjina

Hore akhirnya nyoba menu kopi lain, nah kalau ini tuh kaya vietnam drip atau dripfilter tapi versi es. Belum pernah saya nemu di manapun karena biasanya disajikan panas ya. Menurut saya ini lebih enak dari es kopi susu keponakan dan fix ini jadi favorit saya.

Menu makanan di Kopi Oey ini masih banyak yang pengin dicoba, misalnya Mie Kepiting Pontianak, Sup Ikan Dori, Roti Bakar Srikaya, atau minuman-minuman lainnya termasuk yang non kopi. Terus menu di sini tuh variatif nggak cuma kekopian aja, namun ada makanan berat, camilan ringan, menu minuman non kopi, atau yang sampai rempah gitu kaya wedang uwuh juga ada. Jadi ya cocok sih untuk semua kalangan, mau muda-mudi, keluarga, atau kolega.

Suasana Tempat di Kopi Oey Purwokerto

interior kopi oey purwokerto

Beralih ke bahasan mengenai tempat lagi, ya. Jadi kalau begitu masuk tuh udah langsung ketemu meja-kursi di depan meja kasir, nah ini areanya bisa untuk smooking area. Sedangkan beralih ke bagian lainnya ada yang berAC dengan tipe ruangan working space dan di lantai satu tingkat di bawahnya. Kalau untuk di lantai bawah ini sepertinya deketan dengan dapur kalau tidak salah.

Ruangan dilengkapi dengan pajangan-pajangan gambar vintage, nah kalau di lantai bawah ada benda-benda jadul kaya radio gitu. WI-FI di sini juga cukup kencang, serta ada alunan lagu atau syair-syair jadul jadi suasananya kental berasa di zaman tempo lama.

Purwokerto Kopi Oey

Kopi Purwokerto

Kedai Kopi Oey

Menurut saya, Kopi Oey Purwokerto tuh vibesnya enak buat makan siang santai, ketemu temen lama, ngobrol sehabis pulang kerja, nongkrong yang agak lamaan juga bisa sekaligus self-reward mah kalau kata anak-anak sekarang berhubung menunya enak-enak. Penasaran juga kalau malem suasananya gimana, pasti nggak kalah seru juga hehe. 

Tempat ini kaya punya suasana bikin kangen atau nostalgia, cuman untuk rate harga ukuran di Purwokerto lumayan sedikit lebih mahal. Tapi bagi yang suka nyepeda dan mampir, bisa dapet diskonan juga sih lumayan hihi. Oh iya di sini juga bisa bayar non tunai kok walaupun suasananya tempo dulu gini, jadi jangan khawatir ya hehe. Kalau pakai Gopay atau ShopeePay bisa dapet cashback juga jadi ya lumayan hihi.

foto kopi oey

Kopi Oey

Tempat Ngopi di Purwokerto

Duh duh, nulis doang jadi pengin ke sini lagi ngobrol sama temen gitu haha. Terus seru juga kali ya kalau lagi traveling ke luar kota dan pas ada cabang Kopi Oey bisa mampir, ngerasain suasananya yang lain juga gimana rasanya. Terima kasih sudah mampir ke postingan ini juga ya, sampai jumpa di postingan selanjutnya! :)
***

3 komentar

  1. Hmm, memang ngopi dan nongkrong di kafe jadi moodboster buat nulis cerita. Damai dan tenang banget kalau stay di kafe memang apalagi sambil ngopi dan nyantap. Kalau di Purwokerto bisa mampir, nih.

    BalasHapus
  2. Aku baru dengar nama-nama makanannya apalagi nasi dori, unik juga lumpia udang pasti enak rasanya. Memang nongkrong sambil ngopi itu asyik banget, jadi pengin ke sana.

    BalasHapus
  3. semoga aku bisa main main ke Purwokerto dan nyobain cafe ini juga
    aku suka kesan old atau vintage kayak gini, meskipun oldies tapi masih modern dikit ya. terus minimalis juga
    aku salfok sama nasi dori sambal matah nya, ngiler dah :D

    BalasHapus

Halo, terima kasih sudah berkunjung!^^ Mohon klik 'Notify Me/Beri Tahu Saya' utk mengetahui balasan komentar via email.