Keuntungan Menggunakan Jasa Perusahaan Logistik Pengiriman Barang Untuk Bisnis

Daftar Isi Postingan [Tampilkan]

Dalam bisnis dari lingkup kecil, online atau langsung pasti membutuhkan pengiriman barang untuk mendistribusikan barang berdasarkan pesanan atau untuk kebutuhan stok produksi. Untuk jumlah ukuran barang yang lebih kecil dan jarak yang lebih dekat, pilihan pengiriman barang ini biasanya menggunakan jasa ekspedisi. Sedangkan untuk pengiriman jarak jauh dan dengan jumlah yang lebih besar, maka pilihan jatuh ke jasa perusahaan logistik pengiriman barang. Perbedaan di antara keduanya sendiri juga terletak pada harga, di mana jasa ekspedisi dihitung per kg sedangkan untuk logistik dapat diakumulasikan lebih murah namun dengan minimal berat yang ditentukan.

Jasa dari perusahaan logistik ini memberi manfaat lebih bukan hanya sekadar pendistribusian dan untuk kebutuhan keberlangsungan produksi, namun memiliki keuntungan lainnya bagi bisnis. Kkeuntungan yang dapat diperoleh dengan menggunakan jasa logistik yaitu:

perusahaan logistik

1. Murah dan Hemat Biaya

Tersedianya banyak jasa logistik ini menjadi peluang untuk mengeluarkan biaya yang lebih murah untuk pengiriman barang ke konsumen. Dibandingkan jika dengan menyediakan jasa sendiri yang membutuhkan tambahan kendaraan, biaya bahan bakar, dan tenaga profesional sudah pasti menjadi lebih murah dan hemat biaya.

2. Menghemat Waktu

Beberapa jasa logistik memberikan layanan jemput atau yang biasa dikenal dengan pick up service. Kita tak perlu mendatangi konter jasa tersebut dan tinggal menunggu sesuai dengan jadwal yang ditentukan. Keuntungan yang didapat dari sini adalah efesiennya waktu dan dapat beralih ke proses produksi maupun mengecek kembali kualitas barang.

3. Dapat Dilacak Secara Berkala

Jasa logistik yang sudah berkualitas dan dipercayai banyak pengguna biasanya memiliki detail company profile yang jelas beserta tata cara prosedur serta CS yang selalu responsif. Kemudahan ini tentu saja didapatkan dan terhubung secara online termasuk dalam tracking sudah sampai manakah barang yang dikirimkan secara berkala. Nomor resi juga berguna untuk prosedur komplain jika terjadi hal yang tak diinginkan ke pihak penyedia jasa.

4. Mendapatkan Perlindungan Berupa Asuransi

Kepercayaan konsumen merupakan aset utama dalam bisnis dan pemilihan jasa logistik yang tepat dapat sekaligus mendapatkan perlindungan tambahan berupa asuransi. Fungsi asuransi dapat melindungi barang dari kerusakan, kehilangan, maupun penyebab barang cacat/hilang lainnya.

5. Menjangkau Konsumen Lebih Luas

Jasa perusahaan logistik biasanya memiliki jangkauan yang luas baik di Indonesia maupun ke luar negeri. Selain dengan dapat memangkas jarak, jangkauan ini dapat menjaring potensi konsumen baru serta penambahan volume proses produksi yang akan menghasilkan keuntungan. Lagi-lagi, dengan jangkauan yang luas tersebut tetap bisa dipatok dengan tarif yang terjangkau.

6. Mendapatkan Preferensi Jasa Logistik Konsumen

Untuk bisnis yang sudah besar, biasanya memiliki kerja sama lebih dari satu jasa perusahaan logistik untuk pemisahan kebutuhan. Misalnya untuk kebutuhan distribusi ke supplier sebelum konsumen menggunakan van, sedangkan untuk ke kebutuhan pemesan yang lebih besar dapat menggunakan engkel box atau fuso.

Selain itu, bekerja sama dengan jasa logistik yang berbeda dapat mengumpulkan preferensi konsumen dalam pemilihan jasa logistik tersebut sehingga keuntungan yang diperoleh lebih dari satu jalur saja.

Keuntungan di atas akan lebih maksimal jika kita memilih jasa perusahaan logistik yang berkualitas. Ciri-cirinya adalah memiliki jangkauan yang tersebar luas, memiliki kualitas pengemasan rapi dan aman, adanya detail garansi untuk hal yang tak diinginkan, dan memiliki estimasi waktu sampai yang akurat. Apalagi di masa pandemi seperti sekarang yang menggantungkan sekali terhadap pelayanan pengiriman barang di segala aspek, terutama agar ekonomi bisa tetap bertahan dan berjalan.

Berita bagusnya, jasa perusahaan logistik saat ini bukan hanya untuk pengiriman barang saja namun dapat membantu kemanusiaan. Contohnya adalah TRAC Bus Services yang telah dipercaya KEMENPAREKRAF untuk angkutan tenaga paramedic dikarenakan kebutuhan mobilitas tenaga medis yang meningkat. TRAC Bus ini melayani antar jemput tenaga medis yang berada di RS Persahabatan ke penginapan di daerah Rawamangun dengan 1 bus besar dan 1 bus kecil. Untuk spesifikasi dan standarisasi juga telah disesuaikan dengan peraturan PSBB, selain itu driver dibekali dengan materi keamanan dan penggunaan APD.

Semoga artikel tentang keuntungan menggunakan jasa perusahaan logistik pengiriman barang untuk bisnis ini bermanfaat ya!

Tidak ada komentar

Halo, terima kasih sudah berkunjung!^^ Mohon klik 'Notify Me/Beri Tahu Saya' utk mengetahui balasan komentar via email.