Dear Anak Muda, Cukup Foya-Foya: Mulai Investasi Aman Seseru Beli Jajanan Kekinian

Daftar Isi Postingan [Tampilkan]
Saat ini, godaan promo bukan lagi hal yang spesial—justru dapat dengan mudah ditemukan hampir setiap hari. Pada suatu ketika, saya sampai hafal tanggal-tanggal kapan promo itu muncul. Saya sebutkan saja, yaitu tanggal kembar, pertengahan bulan, dan hari-hari terakhir di akhir bulan. Belum lagi promo tertentu di hari weekend, rasanya rugi dan gemas jika tidak menggunakan promo diskon tersebut. Padahal jika tidak digunakan, keuntungan jauh lebih besar.

berinvestasi sejak muda

Saya termasuk salah satu anggota squad dari "lebih baik nyesel beli dari pada nyesel nggak beli ini". Kemudian pada suatu ketika menyadari bahwa ini akan menjadi kebiasaan buruk jika diteruskan. Sudah saatnya lepas dari jeratan kata-kata anak muda terlalu suka jajan, saatnya mulai belajar investasi aman.

Waduh, berat. Stepnya kudu dari mana dulu nih?

Buat Financial Planning Yang Serius

Ya, anggapan berat dan serius ini yang rasanya jadi beban untuk mulai belajar investasi. Namun menurut saya sih karena belum kenalan dan mengenal saja. Jadi memang perlu tahapan dulu sebelum investasi, mulai dari atur financial planning yang benar dahulu. Minimal sudah terbiasa membagi tabungan jadi beberapa pos, menyisihkan untuk asuransi, dan memiliki dana darurat walaupun nominalnya masih minimum.

Motivasinya Kudu Mengakar

Tapi itu semua nggak cukup kalau tak ada motivasi kuat yang mengakar. Akan dengan mudah mengambil sedikit demi sedikit tabungan untuk kesenangan pribadi, sekecil apapun itu. Usia muda ini biasanya memang belum kerasa tanggungannya, harus bayar atau cicil this and that, harus savings untuk persiapan juga. 

Memang bakal susah kalau belum ngerasain langsung, tapi nggak harus menginjak keadaan atau usia-usia itu dulu baru mulai. Kita bisa pinjam pengalaman orang lain dengan membaca pengalaman perihal keuangan ini. Atau memberi gambaran ke diri sendiri bahwa hidup itu nggak hanya untuk saat ini, yah memang usia nggak ada yang tahu. Namun mempersiapkan bekal juga tak ada salahnya dan usaha terbaik karena sudah tidak egois.

Misalnya kalau melihat harga rumah yang makin tahun makin naik dan terasa sangat jauh. Selain perkara tempat tinggal ini, biaya pendidikan juga membuat saya overthinking karena semakin tahun semakin naik pula. Kesehatan juga sih, namun masih ada asuransi BPJS yang setidaknya bisa jadi jaring pengaman, apalagi jika ditambahan asuransi lainnya.

Bukan bermaksud menakut-nakuti dan bikin hidup nggak tenang, namun hidup ke depan juga tak bisa diprediksi. Pandemi aja nggak ngasih spoiler dulu kan bahwa akan berefek pada hidup kita? Mau tak mau, ini fakta yang kita sudah rasakan dan hadapi.

Ternyata hidup begitu mahal, bestie, apalagi kalau nggak segera persiapan.

Self-Knowledge Terhadap Investasi

Investasi itu jenisnya banyak, mulai dari emas, deposito, saham, surat-surat berharga, obligasi, hingga properti. Tapi untuk pemula dan masih bisa dijangkau, tentunya ambil dalam nominal-nominal kecil dulu. Perihal teknis udah ngerti nih, tapi jangan sampai lupa juga untuk mempersiapkan agar jangan tergiur dengan informasi investasi yang menjanjikan keuntungan besar dalam waktu yang cepat. Apalagi infonya tidak jelas dan tidak terdaftar di OJK. Ya kalau versi kata sekarang yang lagi ngetren sih red-flag.

Mulai Langkah Pertama Investasi

Mulai investasi yang aman di mana? Bisa di InvestasiKu yang dikelola dari PT Mega Capital Sekuritas. Tersedia dalam bentuk aplikasi yang di sana kita bisa bertransaksi saham, reksa dana, dan oblogasi. PT Mega Capital Sekuritas sebagai broker saham ini sudah terdaftar di Bursa Efek Indonesia, serta udah punya izin usaha dan diawasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

investasi aman di InvestasiKu

InvestasiKu nggak membiarkan kita sebagai pemula atau yang baru terjun ini berjalan sendiri gitu aja. Ada Akademi InvestasiKu yang menyediakan ragam pembelajaran mengenai investasi melalui video, dengan sebelumnya menjadi member terlebih dahulu. Kemudian ada event trading bersama member jadi bisa dimanfaatkan untuk mengasah analisa dan praktek langsung. Terakhir, selalu ada live instagram (@investasiku.id) setiap hari tiap pukul 08.30 yang membahas seputar trading. 

Produk Investasi di InvestasiKu

Ada apa aja memangnya di sini? Lihat dulu satu per satu, yuk:

  • Saham

Melalui aplikasi untuk investasi ini, kamu bisa beli saham favorit setelah top up saldo ke RDN. Cari 35 indeks saham yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dan kenali mana yang paling cocok untuk berinvestasi.

  • Obligasi

Ingin membeli surat berharga yang diterbitkan Pemerintah RI maupun institusi swasta? Bisa juga melalui InvestasiKu
  • Reksa Dana
Jika sedang tak memiliki cukup waktu, maka investasi reksa dana bisa menjadi pilihan karena dana nantinya akan dikelola manajer investasi dan diinvestasikan ke berbagai surat berharga misalnya obligasi, saham, atau instrumen pasar uang.

Cara Daftar InvestasiKu

1. Tak perlu mengetik ulang, klik banner di bawah ini nanti langsung mengarahkan ke halaman pendaftaran dan tautan untuk menginstall.

daftar investasiku

2. Klik daftar sekarang dan isi data yang perlu dilengkapi.
3. Install aplikasi dan masuk dengan data yang tadi didaftarkan, masukan kode OTP melalui SMS.
4. Buka aplikasi dan lengkapi isian data diri.
5. Klik menu bagian portofolio untuk pembukaan RDN yang nantinya digunakan untuk transaksi pembelian maupun penjualan.
6. Ada verifikasi untuk foto KTP dan foto diri, namun tak perlu khawatir karena bisa dengan opsi dari galeri atau foto yang tersedia.
7. Proses ini biasanya menunggu waktu beberapa jam dan tunggu informasi RDN telah selesai dibuat melalui pemberitahuan di email.
8. Siap untuk berinvestasi.

Keuntungan dari berinvestasi di InvestasiKu ini yaitu adanya perolehan poin di setiap transaksi dan bisa digunakan di seluruh merchant CT Corpora. Belum lagi ada kupon yang bisa digunakan promonya di seluruh merchant CT Corpora pula. Jadi tambah untung kan selain memulai investasi untuk tujuan seperti bebas finansial, pensiun dini, atau menciptakan masa yang lebih tenang di masa depan.

Sebenarnya kalau dibiasain, berinvestasi ataupun kegiatan atur keuangan lainnya ini nggak kalah seru dengan berburu diskonan atau promo. Bedanya kalau berburu diskon, kesenangannya pada saat itu saja. Sedangkan kalau berinvestasi tertantang dari segi analisis dan perhitungan. Plus senang kalau mendapat hasilnya untung nanti setelah banyak belajar dan berlatih. Nah jadi, siap untuk mulai berinvestasi dan gapai tujuan finansialmu?

Pergilah muda mudi, kejarlah merdeka finansialmu~
***

1 komentar

  1. Ah, suka banget sama pemilihan judul tulisan ini mba. Kalo dipikir2 bener juga. Anak sekarang kalo nongkrong minimal harus ngeluarin duit cepek. Dari pada abis ke perut trus cuma jadi kotoran aja, mending ditabung buat invest masa depan di InvestasiKu ya.

    BalasHapus

Halo, terima kasih sudah berkunjung!^^ Mohon klik 'Notify Me/Beri Tahu Saya' utk mengetahui balasan komentar via email.