Kursus Prakerja Favorit Terbaru 2022 di Skill Academy

Daftar Isi Postingan [Tampilkan]
Hola!

Prakerja 2022 sudah dibuka dan dimulai dari bulan Februari, tepatnya tanggal 17 untuk gelombang prakerja ke 23 dan akan ditutup pada 20 Februari 2022. Benar, gelombang pembukaan Prakerja memang biasanya hanya berselang satu minggu sebelum nantinya akan diseleksi. Sekaligus menjadi jawaban yang ditunggu-tunggu terutama bagi yang belum pernah lolos Kartu Prakerja.

prakerja 2022
credit: yukari putri andia/kompas

Gelombang Prakerja 2022 Sudah Dibuka

Kondisi memang sudah lebih baik karena jumlah vaksinasi sudah meluas, bahkan dengan booster. Namun tentu saja kita tidak boleh lengah karena masih dalam proses tahap adaptasi. Termasuk dalam sektor ekonomi dan perubahannya yang berdampak pada banyak orang. Dibukanya gelombang Prakerja ini dapat menjadi pilihan bagi yang sedang dalam proses mencari kerja, yang terimbas seperti PHK, lulusan baru, pekerja yang memerlukan peningkatan kompetisi kerja, buruh yang dirumahkan, kelompok difabel, dan pelaku usaha mikro atau UMKM.

Sebelum mendaftar, perlu diperhatikan bahwa jika salah satu anggota keluarga telah menerima bantuan sosial seperti Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), Bantuan Sosial Tunai (BST), atau Kartu Indonesia Sehat (KIS) maka manfaat Kartu Prakerja ini tak bisa didapatkan. Jika ada kendala terhadap kesalahan data ini, segera melapor ke nomor WhatsApp Kemensos di 08111022210 atau lapor.go.id untuk pengubahan data agar bisa mengikuti kesempatan seleksi gelombang selanjutnya.

Adapula kelompok masyarakat yang dilarang mengikuti Kartu Prakerja ini yaitu pejabat negara, pimpinan dan anggota DPRD, ASN, TNI, anggota kepolisian RI, Kepala Desa dan perangkat daerah, serta direksi, komisaris, dan dewan pengawas BUMN/BUMD. 

Besaran Manfaat Kartu Prakerja

Kartu Prakerja 2022 memiliki manfaat yang sama dengan tahun sebelumnya dengan rincian sebagai berikut:

  • Saldo pelatihan Prakerja sebesar Rp1.000.000
  • Intensif bulanan sebesar Rp2.400.000 yang terbagi menjadi 4 bulan
  • Intensif pengisian survei Rp 150.000

Besaran yang dapat membantu untuk modal dan juga persiapan dalam mencari kerja bukan? Dengan saldo pelatihan bisa dimanfaatkan untuk mengambil kursus online sesuai dengan minat ataupun skill yang ingin dipelajari. Kursus tersebut bisa didapatkan melalui platform penyedia kursus Prakerja seperti Skill Academy.

Keuntungan Ambil Kursus Prakerja di Skill Academy

prakerja pilihan skill academy


Kalau berhasil lolos, segera manfaatkan saldo pelatihan untuk ambil kursus online. Terdapat beberapa keuntungan jika mengambil kelas Prakerja di Skill Academy ini, yaitu:

  • Diajar oleh instruktur berpengalaman dan profesional dengan metode ajar LMS.
  • Terdapat beragam pilihan kelas jadi tidak bingung. Bisa memilih dari bagian rekomendasi, paling populer, ingin meningkatkan skill baru, maupun langsung ke keahlian tertentu melalui fitur pencarian juga bisa.
  • Kelas yang dipilih sifatnya bisa diakses selamanya. Jadi ketika ingin mengulang materi kapan saja bisa, termasuk ketika setelah menyelesaikan tes atau periode tahapan Prakerja selesai.
  • Adanya tambahan career mentoring gratis melalui grup jika membeli kursus Prakerja di Skill Academy. Yaitu berbentuk bimbingan pembuatan CV, surat lamaran, profil LinkedIn, dan menghadapi interview kerja dari HRD berpengalaman.
  • Bisa mengikuti ragam kompetisi dengan hadiah jutaan rupiah, Nah jadi setelah belajar di Skill Academy ini, pengalamannya bisa diikutsertakan dalam kompetisi yang sering diadakan oleh Skill Acdemy melalui media sosial mereka. Jadi kapan lagi bisa mendapatkan kelas secara gratis dan bisa diikutsertakan pengalamannya, double combo!
  • Website dan aplikasi Skill Academy ini tidak berat dan responsif, jadi mempermudah proses mengikuti kelas maupun akses fitur lainnya.

Fitur Kursus Prakerja Skill Academy

Tak kenal, maka tak sayang. Setelah melihat manfaat dari keunggulan yang bisa didapatkan, saatnya berkenalan dengan fitur-fitur yang ada.

  • Pusat bantuan aktif 24 jam, bisa melalui DM instagram @skillacademy.id, email di info@skillacademy.com, atau melalui WhatsApp di 081578900000.
  • Sistem belajar menggunakan micro-learning, jadi video kursus atau pembelajaran disusun dengan dibagi menjadi beberapa segmen. Jadi tak akan merasa bosan atau harus menyimak lama-lama, durasinya sekitar 4-7 menitan.
  • Adanya sertifikat digital yang terdiri dari dua jenis, yaitu certificate of completion jika menyelesaikan semua video dan certificate of excellence jika lulus exam.
  • Selain video pembelajaran, terdapat rangkuman materi yang bisa diunduh sehingga dapat dibaca ulang.
  • Adanya rating dan review di setiap kelas untuk memberikan penilaian personal terhadap materi maupun cara pengajar.
  • Adanya pre-test untuk mengukur kemampuan awal, post-test untuk melihat perbedaanya, serta template self-assessment yang bisa dicetak secara mandiri.
  • Terdapat detail aspek kompetensi yang tertera di setiap kelas yang ditampilkan, jadi bisa melihat gambaran materi apa saja yang akan dipelajari sebelum pembelian kursus.

Harga Pelatihan Prakerja di Skill Academy

Udah diterima Kartu Prakerja tapi masih bingung untuk menentukan pelatihan pertama? Sekalian nih ada beberapa rekomendasi kursus Prakerja yang bisa dipilih untuk pembelian pelatihan pertamamu:

1. Belajar Content Marketing, Content Writing, dan SEO untuk Menjadi Spesialis Pemasaran

Belajar Content Marketing, Content Writing, dan SEO


Kesempatan menjadi ahli di ranah internet dan mendapatkan penghasilan dari sana sudah sangat luas. Keahlian digital marketing juga sudah memiliki beragam bentuk dan sering berganti karena mengikuti perkembangan lifestyle. 

Penggunaan digital marketing ini juga sudah umum dipakai bagi entrepreneur sampai pemilik UMKM. Paket lengkap dari content marketing, content writing, dan SEO ini cocok dipilih untuk mempelajari dan untuk digunakan dalam pemasaran digital. Content writer biasanya dibutuhkan mulai dari blog, website, media sosial. Perlu gabungan dengan SEO agar tujuan dari pemasaran ini lebih efektif tercapai.

Kelas ini mempelajari mulai dari penjelasan sampai teknikal yang diinstrukturi oleh M. Ilman Akbar (Praktisi SEO), Astari Pinasthika Sarosa (International Media Coordinator Ubud Writers & Readers Festival), dan Astri Soeparyono (Managing Editor Gojek). Pelatihan dengan materi yang bergizi semua ini juga termasuk dalam kategori Best Seller, lho.
  • Harga: Rp 550.000

2. Membuat Konten Pemasaran Media Sosial Menggunakan HP Untuk Online Shop

  • Harga: Rp425.000
Bagi yang memiliki usaha online shop atau yang baru ingin merintis, maka memanfaatkan pelatihan ini bisa jadi kesempatan. Melalui kelas ini, akan dipelajari bagaimana pengambilan dan teknik mengedit video hanya dari smartphone saja. Tak hanya itu, terdapat trik-trik editing hanya dari aplikasi melalui HP. Modal bisa murah, namun hasilnya maksimal untuk usaha.

Terdapat pula jenis promosi seperti mempelajari iklan untuk menunjang konten kreatif tersebut, riset pasar, sampai dengan pemasaran. Instruktur di pelatihan ini yaitu Michael Sugiharto (Online Business Expert, Founder & Director Digimaru) dan Handika Widiarto (Videographer).

3. Merancang Produk Digital untuk Manajer Pengembangan Aplikasi TIK (Product Manager)

merancang produk digital dari produk manager


Ada yang antusias untuk menjadi seorang Product Manager? Terutama yang senang berpikir kreatif dan mewujudkannya menjadi sebuah produk, bisa jadi ini menjadi jalannya.

Dipandu oleh instruktur profesional Deo Nathaniel (Head of Product(, Ugeng Wijaya (Professional Schrum Master), dan Stevanus Christopel (VP of Design OVO), pelatihan ini meliputi mulai dari fundamental pengembangan produk, identifikasi kebutuhan pengguna, uji dan validasi produk, membuat prototipe, membuat produk dengan mindset agile, pemasaran produk, dan pendalaman terhadap agile dan schrum. 

Istilah-istilah di atas umum di dunia start-up dalam pengembangan produk. Jadi bagi yang memiliki minat dalam dunia start-tup, mengembangkan passion untuk jadi product manager ini tentunya hal yang menarik dan menantang.
  • Harga: Rp650.000

4. Membuat Desain dengan Adobe Ilustrator untuk Desainer Grafis

  • Harga: Rp700.000
Ingin belajar dan memperdalam keahlian desain namun metode pembelajarannya ingin dibimbing? Nah pelatihan ini jawabannya. Lengkap mulai dari A-Z dari pengenalan tools, pemilihan warna, pengaplikasian pen tool, mempelajari map art,  sampai penggunaan konsep dalam pembuatan desain. Pun karena akses kelas sifatnya selamanya, materi yang padat ini bisa ditonton ulang sewaktu-waktu.

Ada juga beberapa rekomendasi pelatihan Prakerja lainnya di Skill Academy dan berikut beserta harganya:

  • Menyusun Strategi Manajemen Talenta dan Teknik Wawancara Bagi Asisten HR

Instruktur: Christine Manopo & Alvin Tanthio
Harga: Rp700.000

  • Mengoperasikan Microsoft Office dan Korespondensi untuk Sekretaris Umum

Instruktur: Regina Rima Rianti, Melania Niken Larasati, Riskawati Rauf, Annisa Ainina Novara, Adilla Inda
Harga: Rp700.000

  • Menyusun Strategi Bisnis Online Shop

Instruktur: Jihan Ariya Wiyana, Michael Sugiharto, Karlina Kurniawati
Harga: Rp550.000

  • Meningkatkan Kemampuan Kepemimpinan bagi Manajer Keuangan

Instruktur: Ritchie Goenawan, Sulung Landung, Angela Dina Oktavia, Andre Varian
Harga: Rp1.000.000

  • Membuat Data Warehouse untuk Data Engineer

Instruktur: Ikhlas Purwanto & Syarif Hidayatullah
Harga: Rp420.000

  • Merancang Perangkat Lunak dan Aplikasi untuk UX Designer

Instruktur: Ugeng Wijaya, Luky Primadani, Sabila Anggraini
Harga: Rp625.000

Selain bisa memilih kategori sendiri di Skill Academy sesuai topik, harga, durasi waktu, atau berdasarkan rating, rekomendasi kelas juga bisa dipantau melalui media sosial Skill Academy dan biasanya ada promo! Bisa melalui Instagram, Twitter, maupun melalui Facebook. Sedangkan untuk pembayaran Kartu Prakerja ini melalui Mitra Platform Digital Resmi Kartu Prakerja ya, yaitu Bukalapak, Tokopedia, Pintaria, maupun Kariermu.

Bagi yang belum lolos Kartu Prakerja gelombang 23, jangan menyerah dan mari persiapkan untuk mendaftar kembali di gelombang 24 pada 17 Maret 2022 mendatang. Pastikan data memenuhi syarat yang tertera untuk bisa diikutkan dalam seleksi. Semoga berhasil!

Tidak ada komentar

Halo, terima kasih sudah berkunjung!^^ Mohon klik 'Notify Me/Beri Tahu Saya' utk mengetahui balasan komentar via email.