6 Tips Mengajak Anak Wisata Air

Daftar Isi Postingan [Tampilkan]
Mengajak anak berwisata air, mengapa tidak?

tips ajak anak wisata air
pict: Michelle_Raponi, Pixabay

Mungkin masih banyak orangtua yang tidak mau mengajak anak-anaknya berlibur ke daerah air lantaran takut si kecil tercebur atau bahaya lainnya. Padahal jika dikenalkan sejak dini, manfaatnya cukup banyak sebenarnya. Mulai dari perkembangan fisik, emosi, dan sosialnya akan lebih baik. Tak hanya itu, daya kreativitas pun bisa terasah dengan bermain air.

Supaya si Kecil aman dan Anda tenang mengajaknya berwisata air, berikut ada beberapa tips yang bisa diikuti.

1. Usahakan Jangan di Saat Hujan Turun

Memang kita tidak pernah tahu kapan hujan akan datang, karena musimnya memang sudah tidak menentu lagi. Namun Anda bisa mengecek di aplikasi perkiraan cuaca apakah kira-kira esoknya akan terjadi hujan atau tidak. Selain itu jika biasanya hujan terjadi di sore hari, bisa mengakalinya dengan bepergian di pagi atau siang harinya.

2. Patuhi Peraturan Tempat Wisata

Setiap objek wisata pasti mempunyai peraturan yang berbeda-beda. Misalnya seperti ada spot wisata di NTT Labuan Bajo yang tidak memperbolehkan berenang karena sering terlihat komodo di sana. Peraturan tersebut wajib diperhatikan dan dipatuhi mengingat ada faktor bahaya di dalamnya serta untuk keselamatan pengunjung sendiri. Lagi pula, anak-anak di bawah 12 tahun biasanya memang tidak disarankan untuk berenang di laut karena lebih berbahaya. Jadi jika ingin ke area laut, berikan pengertian pada si Kecil untuk tidak berenang dan nikmati pemandangan di atas kapal saja.

3. Lakukan Pemanasan

Pemanasan ini dilakukan untuk anak yang akan berenang atau mengikuti olahraga air. Caranya untuk anak yang sudah besar, bisa dengan stretching atau peregangan sendiri pada bagian tangan, kaki, leher, dan pinggang. Lalu pada anak yang masih kecil, bisa dilakukan pemijatan pada seluruh bagian tubuh. Mengapa pemanasan penting? Karena untuk mencegah terjadinya kram otot pada bagian tubuh saat berenang. Tentunya, pasti tak ingin kejadian tak menyenangkan terjadi saat berwisata bukan.

4. Siapkan Bekal

Bekal sangat dibutuhkan jika si Kecil mulai rewel karena kelaparan, selain itu jadi lebih praktis dan hemat pula. Misalnya ketika Anda dan keluarga sedang menikmati pesona Danau Toba di Sumatera Utara, lalu si Kecil mulai rewel, maka berikanlah bekal camilan kesukaannya. Anda bisa menyiapkan camilan ringan berupa biskuit, rice crackers, dan susu UHT. Atau jika Anda berlibur di jam makan siang, pastikan bawa bekal makan siang si Kecil agar ia tidak kelaparan.

5. Jangan Lupa Sunscreen

tips berwisata air
pict: dimitrisvetsikas1969. Pixabay

Tidak hanya orang dewasa saja yang membutuhkan sunscreen sebagai perlindungan tubuh, anak-anak bahkan bayi pun perlu. Kulit anak-anak masih sangat sensitif dan rentan saat terkena paparan sinar matahari. Jadi perlindungan dengan sunscreen sangat diperlukan agar kulitnya tidak kemerahan dan iritasi. Untuk memilih produk sunscreen yang tepat, perhatikan apakah produk tersebut memang ditujukan cocok untuk kulit anak-anak atau dewasa. Karena jika menggunakan formula untuk kulit dewasa, ditakutkan justru akan menimbulkan iritasi karena bahannya terlalu keras. Jadi, sebaiknya membawa dua sunscreen terpisah antara untuk anak-anak dengan dewasa.

6. Siapkan Kondisi Prima dan Bawa P3K

Selain membawa baju ganti dan perlengkapan mandi, jangan lupa selalu bawa juga perlengkapan P3K. Ini bermanfaat bukan hanya untuk anak namun sekaligus persediaan untuk orang dewasa. Syukur-syukur memang tak perlu terjadi apa-apa, namun berjaga-jaga lebih baik apalagi jika dalam perjalanan panjang. Maka dari itu, sebaiknya bepergian dalam kondisi prima dengan cukup istirahat dan sudah makan secara baik.

Itulah 6 tips ketika mengajak anak untuk wisata air, biasanya anak akan senang dan gembira jika bertemu dengan suasana alam atau suasana menyenangkan untuk bermain. Pastikan anak untuk selalu dalam pengawasan sembari menikmati momen, ya!

Tidak ada komentar

Halo, terima kasih sudah berkunjung!^^ Mohon klik 'Notify Me/Beri Tahu Saya' utk mengetahui balasan komentar via email.