Membuat Short Movie dengan Ponsel? Intip Tips Berikut Ini

Daftar Isi Postingan [Tampilkan]
Film yang memiliki kualitas bagus sering kali dihasilkan menggunakan alat-alat yang bagus serta canggih. Namun, tahukah teman-teman bahwa ada beberapa adegan film yang diambil menggunakan ponsel? Hal ini dapat dilakukan dengan hati-hati dan tidak terburu-buru untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Apalagi saat ini sudah banyak model ponsel berkamera canggih sehingga dapat digunakan untuk membuat film.

cara membuat film pendek dengan ponsel
pict: Bokskapet, Pixabay


Teknologi ponsel pintar juga telah meningkat pesat dalam beberapa tahun terakhir, yang berarti bahwa kurangnya peralatan kamera dan pencahayaan kelas atas tidak lagi menjadi penghalang bagi calon pembuat film. Di Youtube, ada beberapa film pendek yang direkam menggunakan Samsung S22 Ultra serta ponsel iPhone dan menghasilkan kualitas video yang jernih serta bagus.

Jika Anda tidak memiliki ponsel dengan merek dan jenis tersebut, jangan khawatir! Saat ini, sebagian besar ponsel pintar modern memiliki fitur yang sebanding yang memudahkan pengambilan gambar singkat dengan sedikit pemikiran kreatif. Selain itu, dibutuhkan beberapa langkah agar film pendek buatan Anda terlihat profesional. Yuk, simak langkah-langkahnya berikut ini!

1. Ide yang Out of The Box

Satu hal yang akan menarik perhatian terhadap sebuah film adalah alur dan jalan cerita. Hal ini karena orang akan lebih tertarik pada cerita yang tidak biasa tapi terasa seru. Banyaknya film yang mengambil tema itu-itu saja membuat penonton sudah malas melihatnya sebelum menonton. Untuk itu, buatlah ide yang out of the box agar film pendek yang Anda buat menarik perhatian.

Ide yang tidak biasa akan membuat film tersebut terasa menarik meskipun diambil menggunakan ponsel. Jika Anda ingin mengunggahnya ke channel Youtube, Anda juga harus memikirkan tentang judul yang akan menarik para peminat. Jangan lupakan untuk memasang tagar yang sesuai dengan tema yang ada di dalam film tersebut. Hindarilah gimmick agar penonton puas dan menontonnya hingga selesai bahkan penasaran akan karya selanjutnya.

2. Properti yang Memadai

Meskipun hanya film pendek, Anda harus memikirkan matang-matang tentang properti yang akan digunakan di dalam set film dan aktor. Bukan untuk membuatnya terkesan ‘niat’ agar tidak terlihat asal-asalan dan malah menurunkan minat penonton, namun properti juga sangat penting untuk membuat penonton mengerti akan jalur dan latar yang ada di dalam cerita.

Jika Anda menggunakan properti seadanya, aturlah agar tata letaknya sesuai dan barang-barang digunakan juga tidak melenceng dari cerita. Tidak perlu properti yang mahal, Anda dapat menyesuaikan budget dan memilih barang-barang yang harganya sesuai. Sebaiknya, tim dan kru harus mendiskusikan terlebih dahulu apa-apa saja yang harus dibeli dan dimasukkan ke dalam set film.

3. Gunakan Mode Resolusi Tinggi

Semua kerja keras akan menjadi percuma jika Anda tidak mengatur mode di dalam pembuatan video. Ini sangat penting agar video yang diambil memiliki kualitas yang jernih sehingga penonton akan lebih betah dalam menonton. Selain itu, mode resolusi tinggi akan sangat berguna untuk membuat hasil film menjadi lebih detail dan tidak buram.

Terkadang, yang membuat film pendek menjadi kurang diminati adalah kualitas videonya yang tidak bagus. Ini menjadi tanda bahwa Anda harus mengatur dan memastikan bahwa video yang diambil harus menggunakan mode resolusi tinggi. Kualitas video yang dapat diatur pada ponsel modern saat ini bisa sampai resolusi 8K. Jika ponsel Anda tidak memiliki resolusi setinggi itu, pertimbangkan untuk merekam dalam resolusi tertinggi yang tersedia untuk kualitas gambar berkelas.

4. Storyboard

membuat film dengan smartphone
pict: mohamed_hassan, Pixabay

Sebagian besar pembuat film tidak hanya muncul di lokasi syuting dan mulai berimprovisasi. Sebaliknya, mereka setidaknya memiliki storyboard kasar dari pengambilan gambar yang berurutan. Papan cerita bisa berupa strip komik, tetapi tidak harus digambar dengan terlalu detail. Gambar garis sederhana dan tulis catatan apakah Anda ingin close up atau wide shot sudah cukup.

Dengan menggunakan storyboard, aktor-aktor yang berperan di dalam cerita juga bisa lebih memahami situasi dengan lebih jelas. Para kru juga akan mendapat banyak gambaran tentang bagaimana kamera harus diatur pada beberapa adegan. Jadi, meskipun film pendek yang Anda akan buat menggunakan HP Android, dengan storyboard semua akan tampak profesional.

5. Audio

Audio sangat penting dan tidak boleh diabaikan. Jika memungkinkan, rekam film Anda tanpa rekaman audio langsung di lokasi syuting. Hal ini karena proses merekam suara di lokasi justru akan menambah kerumitan. Misalnya, lokasi yang bising, perekam suara yang tidak terampil atau tidak ada perekam suara sama sekali, atau Anda tidak memiliki peralatan yang mumpuni.

Oleh karena itu, Anda mungkin lebih baik membuat film berdasarkan aksi atau memiliki suara narator, yang dapat Anda rekam nanti. Suara juga memiliki peranan penting agar penonton tidak terganggu saat menonton. Jika ada suara gaduh yang di luar script, orang malah jadi fokus pada kesalahan tersebut.

Membuat film pendek dengan ponsel tidak selalu sebagus menggunakan peralatan yang lebih modern dan canggih. Akan tetapi, ini bisa diakali dengan beberapa hal agar film dapat tetap maksimal. Itulah 5 tips untuk membuat film pendek dengan ponsel. Semoga bermanfaat!
***

Tidak ada komentar

Halo, terima kasih sudah berkunjung!^^ Mohon klik 'Notify Me/Beri Tahu Saya' utk mengetahui balasan komentar via email.