Inspirasi Produk Daur Ulang Plastik PET

Daftar Isi Postingan [Tampilkan]
Plastik PET adalah bahan yang digunakan dalam pembuatan botol kemasan dan sangat berguna bagi kehidupan kita sehari-hari. Di sisi lain, keberadaan plastik ini menjadi masalah serius bagi lingkungan. Sebab, sampah plastik cenderung sulit diuraikan secara alami dan akan menumpuk jika tidak ditangani dengan benar. Melakukan daur ulang plastik adalah solusi yang tepat untuk mengurangi penumpukan sampah plastik sekaligus mengubahnya menjadi benda yang mempunyai nilai lebih.

Inspirasi Daur Ulang Plastik PET

Nah, apa saja benda yang dapat dibuat dari daur ulang plastik PET ini? Simak beberapa di antaranya berikut ini!

1. Pakaian

Pernahkah Anda terbayangkan mengenakan pakaian yang berasal dari sampah plastik? Dengan teknik khusus, plastik PET bisa diubah menjadi pakaian stylish yang dapat Anda kenakan setiap hari. Botol PET akan dikumpulkan, disortir lalu dibersihkan sampai bersih. Plastik yang sudah bersih akan diparut menjadi serpihan kemudian diubah menjadi serat poliester daur ulang.

Daur Ulang Plastik PET


Setelah jadi serat poliester daur ulang, plastik akan digabung bersama bahan katun. Dan plastik pun sudah siap diolah menjadi berbagai macam pakaian, mulai dari hoodie sampai celana panjang. Salah satu merek pakaian yang pernah memproduksi pakaian dari produk daur ulang adalah H&M bekerja sama dengan Danone Indonesia.

2. Tempat Alat Tulis

Benda daur ulang yang satu ini tidak membutuhkan teknik rumit seperti mengubah plastik menjadi serat poliester. Anda cukup membutuhkan botol plastik ukuran 600 ml atau 1 liter yang sudah dicuci bersih, amplas, dan cat.

Cukup potong bagian atas botol, setelah itu amplas bagian yang tadi dipotong agar tidak tajam dan melukai tangan. Lalu Anda dapat menghias plastik tersebut dengan cat atau bisa juga ditambahkan ornamen yang menarik seperti manik-manik atau pita dengan motif yang lucu.

3. Pot Tanaman

Sementara untuk galon air plastik yang berukuran besar, Anda dapat mengubahnya menjadi pot tanaman. Cara pengolahannya pun juga hampir sama dengan daur ulang botol plastik di atas. Anda hanya perlu memotong bagian atas botol dan melubangi bagian bawah untuk tempat air keluar. Jika Anda suka, Anda juga bisa menghias pot tersebut agar tampak lebih menarik.

4. Karpet

Tak hanya menjadi pakaian, plastik PET juga bisa diubah menjadi karpet. Prosesnya pun juga hampir sama dengan daur ulang plastik menjadi pakaian, yakni dengan mengubahnya menjadi serat poliester terlebih dahulu sebelum dicampurkan dengan bahan lain.

Karpet berbahan serat poliester cukup tahan noda dan tahan lama, tetapi tetap lembut seperti karpet lain. Jika dibandingkan dengan bahan karpet berbahan nilon, karpet dari poliester cenderung menghasilkan listrik statis yang jauh lebih sedikit. Sehingga karpet poliester cocok digunakan pemilik rumah yang tinggal di iklim yang sangat kering.

5. Boks Penyimpanan

Keunggulan dari plastik PET adalah sifatnya yang mudah didaur ulang menjadi berbagai benda. Bahkan, plastik PET pun juga bisa diubah kembali menjadi plastik namun sebagai boks penyimpanan. Kemasan boks penyimpanan berbahan plastik dapat ditemukan di berbagai industri, contohnya kecantikan, otomotif, sampai farmasi.

Keberadaan plastik yang menggunung bisa menyebabkan masalah lingkungan yang serius. Namun hal ini bisa ditangani dengan rutin mendaur ulang sampah plastik. Proses daur ulang sendiri bisa dilakukan secara individu maupun melalui perusahaan atau organisasi tertentu. Selain mendaur ulang, Anda pun juga mulai dapat mengurangi penggunaan sampah plastik ini. Jika bukan kita yang menjaga lingkungan, tentunya siapa lagi?
***

Tidak ada komentar

Halo, terima kasih sudah berkunjung!^^ Mohon klik 'Notify Me/Beri Tahu Saya' utk mengetahui balasan komentar via email.