7 Tips Mudah Makan Mie Instan Agar Tetap Sehat Saat Diet

Daftar Isi Postingan [Tampilkan]
Banyak orang yang sangat ingin menurunkan berat badan tapi masih banyak pertimbangan karena berpikir diet tidaklah mudah. Padahal selagi ada keinginan dan komitmen yang tinggi kita akan bisa menjalankan dengan nyaman dan tetap menyenangkan.

Oleh karena itu, carilah metode yang tepat untuk program dietmu agar kamu bisa tetap menjalaninya dengan enjoy. Kamu juga tidak perlu memberikan batasan yang terlalu ketat karena malah akan memberatkan dan mempengaruhi mood-mu menjadi berantakan.

Mie Instan Sehat Saat Diet
pict: Unsplash/Onder Ortel

Sama halnya ketika menerapkan pantangan makanan yang justru akan meningkatkan hormon kortisol yang dapat memicu terjadinya stress. Apalagi jika menerapkan pantangan yang tidak realistis untuk dilakukan jangka panjang hingga membuat kamu kelaparan. Bisa saja dilakukan, namun tentunya dengan proses sedikit demi sedikit.

Misalnya, jika kamu ingin mengkonsumsi mie instan maka boleh saja menjadi selingan sesekali dan gunakan cara yang tepat. Berikut tips mudah bagi kamu yang tetap aman makan mie instan saat sedang proses menurunkan berat badan.

1. Jangan Makan Bersama dengan Sumber Karbohidrat Lain

Sumber karbohidrat lain yang sering disandingkan seakan menjadi pasangan yang serasi dengan mie instan, sebut saja seperti nasi. Banyak orang menyukai perpaduan ini karena memberikan rasa kenyang lebih lama sehingga lebih puas.

Tapi cara ini benar-benar tidak boleh dilakukan saat kamu sudah berkomitmen untuk mengurangi berat badan ya. Jangan sampai kamu gagal diet hanya karena tidak bisa menghindari kebiasaan ini dalam kurun waktu tertentu saja.

Dampak buruk yang lain yang membuat perpaduan menu ini harus dihindari adalah meningkatnya kadar glukosa dalam tubuh. Gula dari karbohidrat yang berlebih juga dapat mengganggu fungsi pankreas karena harus memproduksi hormon insulin lebih tinggi.

2. Tambahkan Makanan Sumber Protein

Agar mie instan lebih bergizi, kamu bisa menambahkan makanan bergizi lain seperti telur atau daging sebagai sumber protein. Selain sebagai salah satu sumber energi, menambahkan asupan protein juga dapat membantu produksi enzim dan hormon.

Protein dapat meningkatkan hormon kenyang GLP-1, peptide YY dan cholecystokinin dan mengurangi kadar hormon lapar (ghrelin). Dengan begitu, rasa kenyangmu akan awet hingga tidak mudah merasa lapar dimana keduanya telah dikendalikan oleh otak.

3. Tambahkan Makanan Kaya Serat

Selain protein, kamu juga bisa menambahkan topping sayur agar rasa dan warna mie lebih menarik dan lengkap. Ada banyak manfaat dari sayur terutama sayur hijau sebagai sumber serat dan nutrisi jika kamu tambahkan pada mie instan.

Dengan menambahkan banyak jenis sayur, kamu juga bisa menetralkan rasa gurih pada mie instan. Tidak hanya menggunakan sayur pada umumnya seperti wortel dan sawi kamu juga bisa memilih jenis mie yang mengandung sayuran.

Misalnya kamu bisa merasakan manfaat dari kandungan brokoli dan bayam dari varian gorengnya Mie Jiwa Pagi. Ada juga untuk rasa lain seperti wortel dan buncis hijau pada rasa ayam bawang dan soto seger.

4. Makan Setengah Porsi Saja

Cara ini harus kamu lakukan untuk berjaga-jaga agar kamu tidak terlalu mengkonsumsi mie secara berlebihan dengan membaginya ke porsi yang lebih sedikit. Apalagi jika sudah banyak ditambahkan asupan protein dan serat yang sudah pasti membuatmu lebih cepat kenyang.

Berbagilah dengan orang di sekitarmu, ajak makan bersama agar bisa mengurangi porsi makanmu. Apalagi jika kamu memilih mie kuah tentu akan membuatmu lebih kenyang dan jangan lupa untuk minum air sebelum makan.

5. Kurangi Bumbu Instan dari Mie

Bumbu instan pada mie biasanya mengandung MSG yang tidak baik jika dikonsumsi dalam jangka panjang. Kamu bisa mengurangi jumlah bumbu yang disediakan dalam kemasan mie dan menggantinya dengan bumbu homemade racikan sendiri.

Tambahkan bawang merah dan putih yang dihaluskan untuk membuat rasa mie instan jadi lebih otentik. Jika suka rasa asam manis yang kuat, kamu juga bisa menambahkan cabai, tomat, dan kecap asin.

Dampak buruk dari MSG benar-benar harus dihindari perlahan karena terkadang seseorang sangat susah untuk meninggalkan makanan tanpa MSG. Namun kamu tidak perlu khawatir karena saat ini kamu bisa mendapatkan mie tanpa MSG dari Mie Jiwa Pagi.

6. Jangan Terlalu Sering

Segala sesuatu yang dilakukan terlalu sering memang tidak baik ya, apalagi jika itu berurusan dengan konsumsi mie instan. Ditambah lagi ketika makan mie instannya saat diet, maka itu benar-benar harus kamu tahan keinginan itu.

Jumlah porsi yang disarankan untuk mengkonsumsi mie instan saat diet adalah satu minggu sekali atau sepuluh hari sekali. Ingat bahwa mie instan adalah selingan atau jadikanlah pilihan saat cheating day dengan cara yang benar.

7. Pilih Mie Instan yang Akan Dikonsumsi

Beragam mie instan telah ditawarkan di pasaran, oleh karena itu cermatlah memilih mie instan saat diet. Kamu bisa memilih mie instan sehat dari Jiwa Pagi yang dibuat dengan cara dipanggang, bukan digoreng. Dengan begitu kamu tidak perlu mengganti air rebusan mie karena tidak perlu lagi menghilangkan minyak bekas penggorengan.

Demikian tips yang bisa kamu praktekkan sebelum menuruti keinginan makan mie saat diet yang bahkan dihindari oleh sebagian orang. Tapi tentu bukan lagi jadi masalah jika kamu sudah mengimbanginya dengan melakukan tips-tips yang telah dijelaskan di atas.

Tunggu apalagi? Segera beli Mie Jiwa Pagi dan kreasikan sesukamu sebagai selingan menu diet harian yang sudah membuatmu bosan. Harga Mie Jiwa Pagi juga tergolong murah untuk kualitas yang ditawarkan daripada kamu harus meracik mie sehat sendiri.
***

Tidak ada komentar

Halo, terima kasih sudah berkunjung!^^ Mohon klik 'Notify Me/Beri Tahu Saya' utk mengetahui balasan komentar via email.