Peran Kurikulum Internasional Pada Mahasiswa dan Pendidikan di Indonesia

Daftar Isi Postingan [Tampilkan]
Sudah lewat dari 3 tahun masa perkuliahan selesai, ternyata mengenang masa kuliah adalah hal yang normal bagi teman-teman seangkatan. Awalnya aku mengira bahwa aku yang belum move on dari nuansa perkuliahan, namun ternyata satu dua orang teman rutin mengunggah foto lama pada momen tertentu pada kegiatan perkuliahan. Memang harus diakui, kuliah adalah privilese dan waktu-waktu yang sangat menyenangkan baik kegiatan akademik, non akademik, maupun dinamika pertemanan di dalamnya.

kurikulum internasional

Menyoal Kurikulum Terbaru

Ketika sedang bernostalgia, pasti selalu ada bahasan mengenai perbandingan kuliah angkatan kami dan angkatan yang sekarang. Padahal jaraknya hanya berbeda 3 tahun, namun rasanya begitu jauh dan sangat berbeda. Hal tersebut karena adanya MBKM atau kurikulum Merdeka Belajar. Singkatnya, kurikulum ini memfasilitasi mahasiswa untuk dapat mengembangkan minat dan keilmuan yang lebih luas, bahkan memungkinkan untuk belajar multidisiplin ilmu. Kegiatannya juga beragam ada magang, studi independen, mengajar, pertukaran pelajar, dan yang terbaru ini adalah kesempatan belajar di luar negeri selama satu semester. Semua kegiatan ini bisa dikonversi menjadi SKS di semester tertentu tergantung kebijakan fakultas.

Kami sering berkelakar bahwa, menyenangkan sekali menjadi mahasiswa sekarang karena tersedia wadah-wadah yang lebih luas. Dibandingkan dengan dahulu untuk pertukaran pelajar saja misalnya, saingannya lebih banyak karena tingkatnya universitas. Menjadi mahasiswa saat ini juga berkesempatan untuk magang di perusahaan besar yang bekerja sama dengan kurikulum terbaru ini saar masih aktif menjadi mahasiswa. Ah, ingin rasanya kembali ke masa mahasiswa, tapi yang kurikulum sekarang hihi.

Efek dari kegiatan perkuliahan yang lebih berwarna ini tentunya tak hanya berakhir di masa-masa kampus, namun berkelanjutan saat persiapan ke dunia kerja. Sudah rahasia umum bahwa syarat mencari pekerjaan semakin memiliki standar yang perlahan tinggi, begitu juga dengan persaingannya. Dari kurikulum ini, mahasiswa setidaknya sudah memiliki bekal kompetensi bekerja dari pengalaman langsung melalui magang maupun nantinya mengembangkan minatnya sendiri dan mandiri. Begitu juga jika ingin melanjutkan ke jenjang pendidikan magiser, akan ada alasan yang lebih kuat dan komprehensif dalam mendasari tujuan melanjutkan kuliah tersebut.

Kurikulum Internasional di Indonesia

Menyoal pendidikan, akan ada masing-masing pilihannya sesuai dengan tujuan maupun kebutuhan. Satu hal yang sama bagi para orang tua, maupun pelajar yang akan melanjutkan ke kuliah yaitu mendapatkan sistem yang terbaik. Mengapa demikian? Hal tersebut berbeda ketika naik jenjang saat sekolah, kuliah sendiri merupakan gerbang akan ke mana seorang insan manusia di tengah masyarakat nanti ketika lulus.

Persaingan secara global juga tak bisa dipisahkan seiring dengan kemajuan peradaban, bukan hanya pada sumber daya manusianya melainkan juga pada sistem pendidikan. Untuk tahu dan terbuka pada dunia yang lebih luas, perlu jembatan untuk itu. Caranya? Banyak, ada yang melalui berkuliah di luar negeri, mengikuti pertukaran pelajar (exchange) di luar negeri, mengikuti international program seperti short/summer course.

Kuliah sarjana di luar negeri sendiri bisa jadi membutuhkan banyak sekali persiapan dan juga biaya, belum lagi adaptasinya karena biasanya kuliah dimulai pada usia belasan akhir. Jika demikian, apakah ada opsi lain untuk hal ini? Jawabannya adalah kurikulum internasional yang diterapkan di Indonesia. 

Kurikulum internasional ini berbeda lho ya dengan pengajaran dengan menggunakan bahasa Inggris. Melalui pengantar bahasa Inggris belum tentu kurikulum internasional, namun dengan kurikulum internasional sudah pasti menggunakan bahasa bilingual atau bahkan wajib bahasa Inggris. 

Kesempatan Gemilang Itu Ada di Sampoerna University

Sampoerna University

Bagi para calon mahasiswa yang mengikuti pop culture berupa film-film Hollywood, cita-cita berada di pendidikan internasional Amerika bisa diwujudkan di dalam negeri. Yup benar, terdapat kurikulum internasional tepatnya standar kurikulum Amerika Serikat yang diterapkan di Sampoerna University. Standar kurikulum pendidikan internasional ini bekerja sama dengan University of Arizona dan terdapat program double degree atau gelar ganda selama 4 tahun belajar di Jakarta dan lulus dengan 2 derajat kesarjanaan yaitu Gelar Sarjana AS dan Gelar Sarjana (S1) dari Sampoerna University yang terakreditasi.

  • Mengapa Standar Kurikulum Pendidikan Amerika?


Alasan standar kurikulum yang diterapkan di Sampoerna University ini tentu saja memiliki akar yang kuat. Berdasarkan survey global, Amerika memiliki sistem pendidikan kurikulum terbaik bukan hanya dalam sistem pendidikannya itu sendiri, namun juga relevansinya ke industri. Terdapat 40% dari 200 universitas terbaik di dunia juga berada di Amerika Serikat.

pendidikan internasional

Sedangkan mitra dari Sampoerna University yaitu University of Arizona ini memiliki peringkat 46 dunia berdasarkan Council of World University Rankings (CWUR) tahun 2020-2021. Penerapan kurikulum standar Amerika di Sampoerna University ini merupakan satu-satunya universitas di Indonesia dan menjadikannya unik karena penyelarasan antara kurikulum Amerika dan Indonesia.

  • Fasilitas Pendukung Pembelajaran

Sampoerna University

kurikulum internasional

pendidikan internasional

Bukan hanya standar kurikulum AS saja yang diterapkan, namun standar tersebut juga meliputi fakultas, fasilitas, hingga operasional. 70% dari anggota fakultas di Sampoerna University sendiri memiliki gelar doktor dan juga memiliki program terkurasi untuk persiapan karir untuk dukung kompetensi bekerja di tingkat nasional maupun internasional.

Beberapa program yang ada meliputi layanan konseling karir, pengembangan mahasiswa, magang, organisasi dan klub mahasiswa.

  • Visi Sampoerna University

Sampoerna University memiliki visi membina pemimpin masa depan dengan karakter moral yang kuat dan keahlian dengan berdaya saing internasional serta partisipasi aktif dalam membangun Indonesia yang lebih sejahtera, adil, dihormati, dan berdaya saing secara global.

Untuk itulah misi dilakukan dengan menyediakan akses pendidikan standar internasional. Meskipun demikian, biaya pendidikan internasional dapat dihemat hingga 75% di sini karena biaya kuliah lokal. Terdapat 4 fakultas di Sampoerna University, yaitu: Fakultas Bisnis, Fakultas Teknik dan Teknologi, Fakultas Ilmu Pendidikan, dan Fakultas of Arts & Science. 

Kurikulum AS di Sampoerna University: Selaras dengan Tujuan Akademik dan Profesional

kompetensi bekerja

My take on this pendidikan internasional dari kacamata pernah menjadi mahasiswa dan juga first-jobber, mengikuti kurikulum dengan standar AS merupakan hal yang kupilih seandainya memiliki kesempatan mengulang waktu. Dengan sistem pendidikan ini, kesempatan akademik dan skill bisa didapat dengan daya saing global. Terlebih lagi standar di AS sudah mengikuti relevansi industri dan teknologi di masa mendatang, jadi akan terbiasa dengan melatih kemampuan berpikir kritis maupun pemecahan masalah.

Dari sisi linguistik juga ada pengaruhnya, yaitu dari sisi keterampilan berbahasa Inggris dan juga bagaimana memahami secara komprehensif atau kemampuan literasi. Lulus dengan memiliki segudang pengalaman juga akan membuka banyak kesempatan, terutama jika sesuai dengan link & match selama pendidikan. Akan menyenangkan dan prospektif jika mendalami dua hal sekaligus yang diminati ini.

Saranku untuk adik-adik yang sedang mempersiapkan masa depan impian, pilihlah kurikulum yang mendukung seperti kurikulum internasional yang ada pada Sampoerna University ini. Semoga bermanfaat ya!
***
Referensi Tulisan Kurikulum Internasional

46 komentar

  1. Sampoernya University bisa menjadi solusi buat anak-anak kita nantinya ya, kuliah di Indonesia dengan gelar International.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yess, akan dapat pilihan double degree untuk jurusan tertentu dan dengan pengalaman pendidikan tinggi internasional di Indonesia karena sudah mendapatkan pengakuan kredit dari University of Arizona.

      Hapus
  2. Melihat ruangan-ruangan fasilitas pendukung pembelajaran di Sampoerna University rasanya memang pantas menyandang lembaga pendidikan baik dengan dukungan kurikulum internasional yang akan membuatnya menambah kepercayaan dari para mahasiswanya untuk menimba ilmu di Sampoerna University

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju karena dari segi kurikulum yang sudah internasional, fasilitasnya juga mendukung untuk kegiatan kampus yang optimal :D

      Hapus
  3. Masa kuliah memang masa paling menyenangkan ya kak. Kurikulum internasional memang sedikit banyak mempengaruhinya mahasiswa sekarang. Tapi dengan Sampoerna university, Kurikulum internasional semakin baik lagi dicerna karena dibarengi dengan keahlian mahasiswanya di dunia kerja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sangat setuju, pengalaman kuliah S1 itu membekas sekali dalam hidup. Apalagi jika mendapatkan kesempatan pengalaman kuliah dengan kurikulum internasional

      Hapus
  4. Jangankan yang cuma beda 3 tahun..aku dong dah hampir 3 dekade kuliah dan merasa duh enak benar sekarang ya...
    Apalagi kalau ada kurikulum internasiona dengan program kerjasama dengan perguruan tinggi di Amerika seperti yang ada di Sampoerna University ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yaaa kan Kak Dian, rasanya pengin ikut mengalami juga kuliah yang sekarang2 ini. Brt sudah waktunya nanti di masa depan, anak-anak kita yang berhak mendapatkan kesempatan kuliah dg kurikulum terbaik menyesuaikan kebutuhan

      Hapus
  5. Kalo mau bersaing secara global, jangan tanggung-tanggung deh ya, langsung aja kuliah di Sampoerna University yang sudah menerapkan kurikulum internasional. Lulusannya dijamin berkualitas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul kak, tentunya dengan kegigihan, kerja keras, dan semangat selama menempuh pendidikan agar masa depan cerah

      Hapus
  6. Bisa lulus dengan 2 gelar ini yang bikin bahagia, karena bisa digunakan sebagai bekal untuk meraih peluang kerja di perusahaan impian.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Begitu juga kesempatan untuk melanjutkan S2, pengalaman kuliah yang nantinya lulus juga akan begitu terasa manfaatnya

      Hapus
  7. Kemajuan suatu bangsa bisa dilihat dari para pemudanya. Mudah2an dengan upaya peningkatan pendidikan ini Indonesia bisa semakin maju ya mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin, doa-doa terbaik untuk para pemuda dan generasi mendatang ya kak

      Hapus
  8. Yaampun salfok sama gedung dan fasilitas di dalamnya 😍😍😍😍
    Jujur jadi pengen kuliah lagi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Relate banget, Kak Siti. Jadi pengen jadi mahasiswa lagi :D

      Hapus
  9. Bener. Kuliah di kampus yang sudah pakai kurikulum Internasional tuh kayak kita kuliah di luar negeri. Apalagi kalau kampusnya sudah kerja sama dengan kampus luar negeri kayak Sampoerna University yang udah kerja sama dengan Unuversity of Arizona.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jadi bisa merasakan dan mendapatkan pengalaman walaupun jaraknya jauh dari negara asal kurikulum ini ya kak hihi

      Hapus
  10. semoga kedepannya sistem pendidikan nasional bisa dipadukan dengan kurikulum internasional, tentu untuk sekarang pilihan terbaik adalah dengan memilih lembaga pendidikan dengan kurikulum internasional dengan fasilitas yang mendukung pula

    BalasHapus
    Balasan
    1. Turut mengaminkan dengan doa-doa terbaik pendidikan di Indonesia di masa depan :D

      Hapus
  11. saya udah rasain banget nih penerapan kurikulum K13 menyongsong merdeka di sekolah dasar bareng anakku, tapi kalau dibangku kuliah gimana ya aku belum ngerasain. tapi mungkin gak jauh beda. so far sih aku bisa adaptasi dengan kurikulum k13 dan merdeka, ngebayangin penerapan kurikulum merdeka di bangku kuliah pasti gak jauh beda ya, itu hal yang bagus karena pasti jauh beda dengan sistem belajar jaman aku kuliah. apalagi kalau kuliahnya dengan kurikulum internasional, wah alumnusnya bakalan makin-makin punya banyak skill hebat untuk sukses di dunia kerja di era globalisasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah kalau dari SD ini manfaatnya malah mengakar ya, menumbuhkan inisiatif, kemandirian, dan berpikir kritis :D sistem pendidikan memang mempengaruhi sekali siswa ataupun mahasiswanya

      Hapus
  12. Dari sini kita bisa tahu betapa pentingnya kurikulum internasional dalam mendukung peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia. Namun, kalau kurikulumnya sudah internasional tentu tenaga pendidiknya juga harus ditingkatkan kualitasnya agar balance dan sistem pendidikannya berjalan dengan baik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yes setuju Kak Rizki, penerapannya harus all in bukan hanya kurikulum dan fasilitas, namun juga dari tenaga kependidikannya. Di Sampoerna University pun demikian karena lebih dari 70% anggota fakultas memiliki gelar doktor. Misalnya di Fakultas Bisnis Sampoerna University ini memiliki lebih dari 75% pengajar dengan gelar doktor (jumlahnya 5x di atas rata-rata Fakultas Bisnis di Indonesia)

      Hapus
  13. udh mumpuni banget yaa ini kurikulum, fakultas sama fasilitas pendidikan yang tersedia di Sampoerna University, tapi belum liat budget nya nih, cobaa cek ahhhh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi mantap ya kak, di Sampoerna University juga ada program beasiswa kok. Infonya bisa didapatkan di https://www.sampoernauniversity.ac.id/id/award-tution-grant-2/ atau Instagram sampoerna.university

      Hapus
  14. Dengan adanya kampus yang meneraqpkan kurikulum iternasional membuat mahasiswanya lebih mudah bersaing pada tingkat global ya, Mbak. Rupanya Sampoerna University recommended ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul krn satu-satunya kampus di Indonesia yang menawarkan pengalaman tinggi Amerika di Indonesia. Kalau aja aku saat ini anak kelas 12, mau ngejar scholarshipnya :D

      Hapus
  15. Kurikulum internasional saat ini dibutuhkan untuk mendongkrak pendidikan di negara kita ya. Biar makin maju dan berkembang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku setuju dengan ini, harapan ada pada lulusan-lulusan muda yang bukan hanya skilled dan passionate namun juga memiliki leadership skills, kaitannya dapat membangun Indonesia lebih baik ke depannya

      Hapus
  16. Melihat perbedaan kurikulum jaman kita kuliah dengan adik-adik (padahal jaraknya nggak jauh jauh amat) malah berasa jauh memang perbedaannya. Tapi kurikulum saat ini beneran membuka lebih banyak kesempatan untuk berkarir secara global sih ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yups kak jadi ada hubungannya antara dunia pendidikan dan lulusannya nanti, bukan cuma skill yang bisa bermanfaat dalam skala nasional namun juga secara global

      Hapus
  17. Emang keren ini Sampoerna University.. tapi lagi lagi kalau urusan pendidikan tinggi yang saya perhatikan itu biaya.. berapa UKTnya dan apakah ada program beasiswa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk biaya pendidikan di Sampoerna University bisa dicek di bagian https://www.sampoernauniversity.ac.id/id/biaya-pendidikan/, sama untuk informasi beasiswa full termasuk kurikulumdi dalamnya pengakuat kredit dari University of Arizona bisa dipantau di Instagramnya sampoerna.university atau melalui alamat website ini https://www.sampoernauniversity.ac.id/id/award-tution-grant-2/ kak :D

      Hapus
  18. Dari dulu pengen banget kuliah double degree supaya dapet gelar ganda. Kan lumayan selama 4 tahun bisa dua gelarnya

    BalasHapus
  19. Beberapa kali saya juga dapat info tentang Sampoerna University ini.
    Saya tertarik, buat anak saya kelak. Walau sekarang dia masih SD.
    (Stt,, sejak anak dalam kandungan saja saya sudah cari cari info, mana TK, SD, yang bagus hehe)
    Tapi Sampoerna University ini biayΓ nya besar gak ya?
    Secara sekolah jaman now biayanya bikin tepok jidat

    BalasHapus
  20. Dulu waktu kerja di salah satu media sempat mampir ke Sampoerna University ini. Memanglah keren kalau dilihat secara sekilas. Dan salut mereka upgrade kurikulum setara internasional karena supaya bisa sejajar sama universitas lain di dunia

    BalasHapus
  21. kurikulum internasional jadi acuan untuk persaingan global anak anak masa depan ya. Orang tua kudu beneran bisa mengambil peran dalam mempersiapkan dan memilih sekolah yang tepat untuk anak

    BalasHapus
  22. Dulu aku kuliahnya pake sistem begini mba. Tapi bedanya aku di kampus Malaysia, yg berafiliasi dengan universitas di UK. Jadi kurikulum yg dipakai ya kurikulum UK. Ijazah yg aku dapat juga langsung dari UK.

    Yg aku rasain enak sih, selain ga usah jauh2 ke UK jadi lebih hemat, tapi standardnya udah sama. Dosennya juga native, bahasa yg dipakai jelas Inggris.

    Ternyata di Indonesia juga udah mulai begini Yaa sistemnya. Bagus lah, jadi setidaknya dari segi biaya bisa hemat Krn ga usah jauh2 ke US kan

    BalasHapus
  23. Memang harus banget berpikir visioner seperti memilih sekolah dengan standar pendidikan kurikulum internasional yang juga digunakan di Amerika, sehingga anak zaman sekarang memiliki skills yang tangguh dan mampu bersaing dengan lulusan dari universitas lain.

    BalasHapus
  24. Panjang umur Sampoerna University sudah menjadi salah satu tempat untuk pengembangan insan penerus .

    BalasHapus
  25. kurikulum internasional memberikan peluang besar kepada anak didiknya untuk dapat meraih masa depan di dunia kerja internasional, karena memang dari awal mereka sudah dipersiapkan untuk ke arah sana

    BalasHapus
  26. kurikulum internasional memberikan peluang besar kepada anak didiknya untuk dapat meraih masa depan di dunia kerja internasional, karena memang dari awal mereka sudah dipersiapkan untuk ke arah sana

    BalasHapus
  27. memang jaman sekarang yang makin canggih ini, harus dibarengi sama pendidikan yang canggih juga ya kurikulumnya, biar gak ketinggalan jaman. Apalagi kalau mau go internasional :)

    BalasHapus
  28. Di zaman dengan attanan makin mengglobal, kurikulum internasional jamak menjadi perhatian banyak lembaga dan instansi pendidikan. Kalau ada kampus berkualitas di dalam negeri, tak juga harus memaksakan diri kuliah di luar negeri. Apalagi kalau bisa kuliah di HM Sampoerna. Wah, ini sebuah kesempatan prestisius.

    BalasHapus
  29. Kurikulum internasional ini bagus banget untuk karir di masa mendatang. Karena, bisa meningkatkan skill dengan pemikiran global dan fasih berbahasa inggris.

    BalasHapus

Halo, terima kasih sudah berkunjung!^^ Mohon klik 'Notify Me/Beri Tahu Saya' utk mengetahui balasan komentar via email.