3 Perangkat untuk Video Editing yang Wajib Ada

Daftar Isi Postingan [Tampilkan]
Saat ini, konten video memiliki banyak penikmatnya terutama di platform TikTok maupun Instagram. Bagi creator atau video maker, mempersiapkan perangkat untuk editing menjadi bagian yang penting saat proses pembuatan video. Editing ini dilakukan sebelum nanti hasil finalnya diunggah ke platform tertentu dengan keperluan sesuai tujuan.

Perangkat Untuk Edit Video

Video editing merupakan proses yang bisa digunakan untuk menyunting sebuah media audio visual agar lebih mudah dinikmati oleh penonton. Proses ini memungkinkan hasil akhir video menjadi lebih halus, visual yang lebih menarik, dan juga tujuan dapat lebih tersampaikan. Melakukan proses pengeditan pada video juga bisa membantu mengetahui mana bagian yang kurang berkualitas. 

Proses edit video saat ini bisa dilakukan dengan mudah karena ada berbagai macam perangkat yang berkembang sesuai dengan inovasi teknologi saat ini.

Perangkat untuk Video Editing yang Dibutuhkan

Ada berbagai macam kebutuhan yang harus disiapkan jika ingin melakukan edit video. Mempersiapkan perangkat tersebut bisa membantu proses edit video berjalan dengan lancar tanpa adanya hambatan. Berikut ini berbagai macam perangkat yang harus disiapkan:

1. Perangkat Keras untuk Edit Video

Perangkat untuk video editing pertama yang harus disiapkan adalah hardware atau perangkat keras. Kamu bisa menggunakan komputer untuk melakukan video editing, tetapi belakangan ini juga banyak orang yang tertarik menggunakan gadget, laptop, tablet, dan lain sebagainya.

Disarankan memang menggunakan komputer dengan layar yang jauh lebih besar sehingga bisa membantu untuk menjangkau bagian-bagian detail ketika melakukan proses edit. Mungkin kamu akan merasa kesulitan jika melakukan edit video dengan mengandalkan smartphone terutama jika file yang dipunyai memiliki kapasitas besar.

Tidak perlu membeli perangkat komputer yang mahal untuk edit video, pastikan saja bahwa perangkat tersebut memiliki monitor berkualitas bagus. Jika ada tergantung menggunakan tablet maupun smartphone dalam proses edit video, maka lakukan dengan hati-hati, sehingga bagian kecil bisa diperhatikan dengan baik.

2. Siapkan Software untuk Edit Video

Setelah mendapatkan hardware yang sesuai dengan kebutuhan, maka selanjutnya adalah software untuk melakukan proses edit. Tanpa adanya software tentu tidak bisa melakukan edit video secara maksimal.

Sekarang ini ada banyak sekali software yang bisa digunakan untuk mengedit video dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Kamu bisa menemukan software yang sesuai dengan kebutuhan sehingga membuat video tampak lebih berkualitas.

Berikut ini beberapa software yang direkomendasikan untuk edit video:

  • Adobe Premiere
  • Sony Vegas
  • CyberLink Power Director

Pilih salah satu dari tiga software tersebut untuk membantu proses edit video menjadi lebih mudah dan tampak berkualitas sesuai dengan kreativitas. 

Jika menggunakan smartphone, maka pilihlah aplikasi pendukung seperti contohnya CapCut, FilmoraGo, sampai dengan KineMaster.

3. Siapkan Perangkat Penyimpanan

Tidak hanya hardware dan software, perangkat untuk video editing selanjutnya juga berupa penyimpanan. Sebenarnya dengan menggunakan komputer dan software yang tepat proses edit bisa dilakukan dengan maksimal. Namun harus memperhatikan bagaimana project tersebut berjalan ke depan.

Bisa saja komputer terasa terbebani dengan berbagai macam file yang dibutuhkan, seperti audio, footage, dan beberapa komponen lain untuk melakukan penyuntingan video tersebut. Maka dari itu, sebaiknya gunakan perangkat penyimpanan tambahan.

Perangkat tersebut akan berfungsi sebagai media penyimpanan dari berbagai macam komponen video yang belum diedit dan bisa dilakukan untuk menyimpan video yang sudah terjadi. Jika perangkat penyimpanan disediakan dengan baik maka tidak akan memberikan beban di komputer. Penyimpanan ini juga berfungsi sebagai arsip yang mempermudah data atau file lebih terorganisir.

Demikian tiga perangkat yang tak terpisahkan dalam proses editing video. Bagi calon video maker ataupun creator, pastikan memiliki tiga komponen ini agar proses editing lebih lancar dan juga memanfaatkan fitur yang memudahkan tersebut.
***

Tidak ada komentar

Halo, terima kasih sudah berkunjung!^^ Mohon klik 'Notify Me/Beri Tahu Saya' utk mengetahui balasan komentar via email.