Ingin Jualan di Desa? Ini yang Perlu Kamu Lakukan!

Daftar Isi Postingan [Tampilkan]
Halo, apa kabar?

Zaman sekarang ya, menghasilkan tambahan penghasilan ataupun dijadikan penghasilan utama dapat dimulai dari mana saja. Termasuk berjualan di desa yang bukan halangan untuk mendapatkan keuntungan yang besar. Saat ini, banyak platform digital yang bisa membantu Anda untuk meningkatkan penjualan dengan menjangkau lebih banyak pelanggan dari berbagai dari daerah. Penggunaan internet cepat dan ponsel pintar juga sudah umum digunakan di desa-desa.

Peluang Jualan di Desa
pict:AAGraphics, pixabay

Selain itu, ada beberapa tips yang dapat dilakukan ketika berniat untuk berjualan di desa. Simak penjelasannya di bawah ini yuk:

1. Cari Produk yang Banyak Dibutuhkan Orang

Ketika ingin berjualan di desa, tidak bisa jika hanya menjual barang yang diinginkan atau sesukanya saja. Sebab, bukankah tujuan berjualan ini agar bisa mendapatkan keuntungan dan menjalan bisnis dalam waktu yang lama?

Untuk itu, perlu melakukan riset terhadap barang-barang yang banyak dibutuhkan orang. Contoh saja, ketika pandemi masker dan hand sanitizer adalah barang yang sangat dibutuhkan. Maka, ketika banyak yang kemudian menjualnya karena permintaan pasar yang sangat tinggi dan terjadi secara terus menerus. Contoh lain lagi adalah melihat bulan-bulan musiman, pakaian muslim, hijab dan kue kering, akan meningkat permintaanya ketika menuju hari raya yang bisa dimanfaatkan peluangnya.

Untuk mengetahui hal ini, ada beberapa tips untuk mengetahui produk yang banyak dibutuhkan orang:

  • Perhatikan barang yang sedang trend di media sosial
  • Menggunakan pencarian pada Google Trends maupun pencarian di Google
  • Cermati trend di lingkungan sekitar sekitar
  • Bagikan kuesioner, bisa via online
  • Perhatikan pada media sosial maupun media cetak
  • Survei produk di marketplace

2. Pastikan Hanya Jual Produk Berkualitas

Menjual produk berkualitas akan membuat pelanggan percaya pada toko Anda, dengan demikian akan banyak pembeli yang kembali lagi dan bahkan merekomendasikan toko Anda secara sukarela. Tentunya, ini akan menjadi sarana promosi gratis yang tentunya akan menguntungkan.

Untuk hal ini, pastikan Anda mengecek terlebih dahulu semua barang yang akan dijual dan memastikan semua dalam kondisi yang baik dan layak jual. Buatlah daftar centang untuk memudahkan pekerjaan. Kemudian, barang yang sudah Anda sortir tadi merupakan jaminan kualitas yang diberikan pada pelanggan. Menjual barang yang berkualitas juga bisa meningkatkan value bisnis di mata pembeli.

3. Tentukan Platform Media Sosial

Jangan lupa untuk menentukan media sosial apa yang akan digunakan untuk berjualan. Bahkan, Anda juga bisa melakukan riset terlebih dahulu. Pemilihan media sosial yang tepat sama dengan menjangkau konsumen dengan tepat.

Memilih media sosial ini juga berdasarkan target konsumen yang dituju. Misalkan target pasar adalah kalangan usia muda, maka media sosial yang banyak digunakan adalah Instagram dan TikTok.

Dari referensi ulasan yang ada di situs teknologi Pricebook, ada lho akun TikTok yang bisa mendapatkan penghasilan puluhan juta hanya dari satu konten videonya. Contohnya akun Eat Sambel, Ririnsya yang jualan kurma, skincare Skintific, dan masih banyak lagi.

4. Manfaatkan e-Commerce dan Marketplace

Manfaatkan Koneksi Internet Cepat dan Stabil Untuk Bisnis

Di era digital, marketplace juga telah menjangkau masyarakat di berbagai wilayah, termasuk di pedesaan. Dengan memanfaatkan marketplace ini juga akan menjangkau lebih banyak konsumen. Hal ini dikarenakan dapat memanfaatkan fitur promosi yang ada karena promo seperti diskon, gratis ongkir, akan disukai oleh calon pelanggan.

Kemudahan yang diberikan oleh e-commerce juga telah menjadi bagian dari kebiasaan masyarakat berbelanja. Sebab, tidak perlu bertatap muka untuk mendapat barang yang dibutuhkan dengan harga yang sesuai budget.

5. Pelajari Cara Pengemasan Produk

Jangan salah, pengemasan produk adalah hal yang sangat penting. Pengemasan produk yang baik juga bisa menjadi media pemasaran bisnis Anda. Juga tak sedikit konsumen yang akan berbelanja karena kemasan produk sangat menarik yang terlihat di mata.

Ada beberapa manfaat dari pengemasan produk yang baik, antara lain :

  • Menjaga produk agar tidak cepat rusak.
  • Memberikan kepercayaan kepada pelanggan.
  • Menambah ketertarikan pembeli.
  • Promosi produk.
  • Membedakan bisnis kita dengan orang lain.

6. Buat Strategi Penjualan Online yang Tepat Sasaran


Strategi marketing untuk penjualan online juga perlu disiapkan dengan matang, agar apa yang menjadi tujuan bisnis bisa tercapai dengan mudah dan cepat. Beberapa strategi yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan penjualan online, adalah :

  • Menentukan target pasar yang dituju.
  • Menggunakan media digital yang sesuai pasar.
  • Melakukan pemasaran digital.
  • Membuat database konsumen.

Agar bisa menjalankan strategi penjualan online yang tepat sasaran, usahakan untuk menggunakan koneksi internet yang cepat dan stabil, misalnya menggunakan koneksi internet IndiHome dari Telkom Indonesia yang sudah menggunakan fiber optic.

Dengan koneksi internet yang cepat dan stabil, Anda bisa membuat konten promosi dengan lebih efektif dan efisien, bahkan biaya berlangganannya pun bisa disesuaikan dengan budget yang tersedia.

7. Logistik dan Pengiriman

Kemudian perhitungkan juga bagaimana cara Anda akan menyimpan barang-barang dagangan dan pengiriman barang ke konsumen. Mengingat bisnis Anda dilakukan secara online, maka butuh tindakan yang cepat dan efisien. Anda bisa menggunakan beberapa jasa logistik dan pengiriman untuk menjaga agar proses distribusi berjalan sesuai dengan rencana.

Mendapatkan Penghasilan Tambahan dari Bisnis Afiliasi

Bisnis Online Affiliate
pict: WilliamsCreativity, pixabay

Ada peluang lain untuk mendapatkan penghasilan tambahan kalau ingin mencoba membangun bisnis online meski tinggal di desa, misalnya bergabung dengan program afiliasi. Bisnis afiliasi sendiri sistemnya yaitu dengan mempromosikan produk atau jasa orang lain dengan tautan atau link afiliasi, kemudian kita akan mendapatkan komisi jika ada orang yang membeli atau melakukan transaksi dari link yang kita share tadi.

Keuntungan dari bisnis afiliasi adalah Anda tidak perlu memiliki produk atau layanan sendiri. Cukup bergabung dalam program Sobat IndiHome. Kemudian lakukan promosi produk atau layanan orang lain melalui tautan afiliasi dan akan mendapatkan komisi setiap kali ada orang yang membeli melalui tautan tersebut. Cara lengkapnya bisa Anda baca di situs SOBI.

Berjualan di desa bukanlah halangan atau hal ketidakmungkinan. Anda bisa mendapatkan keuntungan dalam kurun waktu yang lama selama bisnis dijalankan dengan perencanaan yang matang. Selain itu, tidak ada salahnya untuk bertanya pada pebisnis yang Anda anggap senior untuk mendapatkan berbagai saran dan solusi.
***

Tidak ada komentar

Halo, terima kasih sudah berkunjung!^^ Mohon klik 'Notify Me/Beri Tahu Saya' utk mengetahui balasan komentar via email.