Memilih Kursus Bisnis Digital Online Terbaik 2023

Daftar Isi Postingan [Tampilkan]
Semakin ke sini, saya semakin sadar bahwa untuk mendapatkan ilmu baru, mengaplikasikannya, atau bahkan mengupgrade kemampuan diri yang sudah ada tak harus saklek melalui ruang kelas formal. Dengan materi serupa dan sama-sama memiliki tutor yang ahli di bidangnya, akses mengikuti pembelajaran maupun pelatihan dapat dilakukan dengan lebih efisien tenaga dan waktu melalui jalur daring.

Kemudahan Hadirnya Layanan Kursus Online

kursus bisnis digital online
Image sc:  Unsplash

Kita tak perlu lagi mengakses satu per satu tutorial atau mengumpulkan berbagai sumber karena sudah banyak yang menyediakan rangkuman maupun materi secara urut. Hal tersebut mempermudah kita untuk mencari referensi topik terkait maupun lanjutannya. Paket-paket materi tersebut ada yang tersedia secara gratis, ada juga yang berbayar. Yang kedua biasanya lebih lengkap dan disertai berbagai pendukung, misalnya sesi tanya jawab maupun konsultasi dengan instruktur/tutor, bonus materi tambahan lainnya, akses layanan, dan sebagainya.

Online courses yang disediakan berbagai platform ini akan memudahkan semua orang yang mengaksesnya karena butuh dan tujuannya masing-masing. Misalnya fresh graduate yang sedang meningkatkan kemampuan untuk bekal melamar kerja, pelaku UMKM yang ingin usahanya terdigitalisasi, internet marketer yang ingin lebih luas jangkauan bisnisnya, dan sebagainya. Jadi meskipun online, tak hanya menguntungkan bagi yang melakoni kegiatannya secara online saja.

Tips Memilih dan Mengikuti Online Courses

kursus bisnis online
Image sc:  Pixabay


Kendati demikian, ada banyaknya pilihan ini dapat menimbulkan tsunami informasi jika diambil semuanya. Semua terasa penting, namun akan sia-sia jika tak merancang fokus apa aja yang akan diambil dan kurang eksekusi. Bisa jadi juga akan stuck atau tidak level up karena mengambil topik dengan level yang sama, bukan level lanjutan atau advanced.

Memilih kursus online juga sebaiknya relevan dengan perkembangan terbaru di topik yang akan diambil. Lihat terlebih dahulu daftar materi yang akan diberikan, dan jangan hanya berfokus pada judul kursus tersebut. Opsional, lihat juga latar belakang pengajar, semakin relevan dengan apa yang dilakukan, semakin sesuai juga dengan apa yang diajarkan.

Kursus tipe seperti ini hadir di GreatNusa, memiliki 100 lebih kelas kursus online dengan pengajar yang berasal dari praktisi dan akademisi institusi pendidikan terkemuka. Topik kursus online yang dihadirkan juga relevan dengan industri saat ini, terutama yang berkaitan dengan bisnis.

Kursus Bisnis Digital di GreatNusa

kursus bisnis digital


Bagi pelaku UMKM, calon entepreneur muda, maupun yang sedang merintis usahanya, adalah kesempatan yang bagus untuk upgrade skill dengan waktu yang fleksibel melalui kursus online bisnis digital di GreatNusa. Beberapa topik rekomendasi yaitu:

1. Strategi Mengoptimalkan Penjualan UMKM

Di online course ini, kita akan belajar mengenai pembuatan kanvas model bisnis, digital banking dan financial technology, konsep orientasi kewirausahaan, analisis brand pada media digital, dan strategi bisnis digital. Kelas ini cocok untuk yang sedang merintis atau pemula, dan kursus dapat diakses selama 12 bulan jadi tak terbatas dalam waktu yang singkat.

2. Strategi Pengembangan Bisnis E-Commerce

Penggunaan platform online untuk penjualan produk sudah bukan lagi barang baru. Kebanyakan perilaku konsumen sudah meninggalkan cara konvensional dan selalu bertanya apakah toko usaha kita ada di platform online. Akan kemudahannya ini, tetap perlu strategi dalam mengembangkan bisnis e-commerce.

Di kursus ini, materi yang ada meliputi fitur unik e-commerce, tipe, model bisnis e-commerce, sampai pendekatan inovasi taktis dalam memahami e-commerce. Jadi akan membekali dan tak lagi meraba-raba atau trial error dari awal.

3. Data Analisis untuk Menentukan Langkah Bisnis

Data Analisis untuk Menentukan Langkah Bisnis

Meskipun sudah mengikuti banyak langkah berdasarkan contoh-contoh yang ada, faktor kesuksesan sebuah bisnis tetap berbeda-beda. Misalnya dalam kurun waktu tertentu penjualan tetap atau bahkan menurun meski strategi marketingnya sudah optimal, maka perlu dianalisis kembali untuk menemukan kesalahannya.

Untuk itu penting menganalsis data dalam perjalanan bisnis atau usaha kita. Tak dipungkiri, data inilah justru yang akan membantu karena jadi tahu bagaimana kebiasaan dan minat calon pelanggan potensial. Di kelas ini, kita akan belajar mulai dari pengumpulan data, analsisi media sosial dan perbincangan di media sosial, perbandingan dengan kompetitor, sampai dengan penyajian data.

4. Strategi Bisnis Digital

Kursus Digital Marketing GreatNusa


Kursus yang terdiri dari 5 sesi ini memiliki pengajar mitra dari BINUS University dan membahas lengkap mengenai bisnis digital. Mulai dari infrastruktur bisnis digital, lingkungan bisnis digital, platform teknologi bisnis digital, e-procurement, sampai model bisnis digital. Kursus ini cocok untuk wirausahawan yang ingin level-up maupun para profesional.

Di GreatNusa juga terdapat kursus digital marketing gratis yang bisa diakses, lumayan banget kan ilmunya? Ambil aja contohnya kursus Spill Strategi Digital Marketing Terupdate, seperti yang kita tahu bahwa digital marketing ini tentu saja mengikuti perkembangan dan tren yang dapat digunakan sebagai strategi meningkatkan penjualan. Ada juga kursus Memahami Konsep Bisnis dan Strategi Marketing di Era Digital yang juga sama-sama dapat diakses gratis. Jadi, sudah siap level-up dengan GreatNusa?
***

Tidak ada komentar

Halo, terima kasih sudah berkunjung!^^ Mohon klik 'Notify Me/Beri Tahu Saya' utk mengetahui balasan komentar via email.