8 Rekomendasi Web Cek Grammar Bahasa Inggris

Daftar Isi Postingan [Tampilkan]
Menulis dalam bahasa Inggris membutuhkan ketekunan, hal tersebut agar sesuai dengan konteks sehingga maksud yang disampaikan sesuai. Untuk memeriksa dari segi grammar apakah sudah tepat, kita perlu memolesnya kembali salah satunya dengan bantuan platform cek grammar. Web cek grammar bahasa Inggris di sini diperlukan untuk mengecek grammar agar menghidupkan kalimat agar tak kaku dan dengan struktur kalimat yang sesuai kaidah.

Website Cek Grammar Bahasa Inggris
Img: StartupStockPhotos (Pixabay)

Rekomendasi Website Cek Grammar Bahasa Inggris

Pada dasarnya suatu keterampilan grammar dan writing ini tak terpisahkan apalagi bukan sebagai penutur asli agar maksud dari penulisan tersebut tersampaikan dengan tepat. Misalnya mencari konteks yang tepat dalam bahasa Inggris, atau dari segi gaya bahasa agar bukan seperti terjemahan kaku. Tidak mudah tentunya, namun jika dilatih dengan rutin dan banyak belajar dari kesalahan maka kemampuan writing ini akan terasah.

Untuk membantu Anda dalam mengecek grammar bahasa inggris, Anda bisa mencoba menggunakan situs web cek grammar Bahasa Inggris berikut ini.

1. Grammarly

Yang pertama ada situs cek grammar bahasa inggris paling populer, yaitu Grammarly. Situs ini dapat membantu memeriksa ejaan dalam bahasa Inggris secara gratis dan cepat, namun membutuhkan login atau mempunyai akun terlebih dahulu. Layanan ini dapat digunakan gratis, namun ada juga yang berbayar untuk level advanced. 

Uniknya pada situs ini juga  didukung dengan fitur yang istimewa yaitu dapat dipakai untuk mengecek plagiarisme secara akurat. Selain itu, pada antarmuka situs ini juga sederhana dan dapat diinstall juga di peramban Chrome sebagai extensions sehingga dapat langsung digunakan ketika sedang mengetik di situs atau platform.

2. Grammar

Selanjutnya, situs grammar ini juga bisa Anda gunakan ketika ingin mengecek grammar bahasa Inggris. Tak hanya itu, situs ini juga dapat memberikan pelajaran mengenai tata bahasa melalui gambar, topik baru, kata-kata yang cocok bagi semua pengunjung. Kemudian, situs ini akan membantu penggunanya dalam memahami suatu informasi secara lebih sederhana dan menjelaskan pengetahuan secara gratis dan efektif.

3. Ginger

Ginger merupakan salah satu tools yang bisa digunakan untuk memeriksa kasalahan yang terjadi pada grammar dan spelling Anda dengan cara menyoroti kesalahan grammar pada sebuah artikel yang sedang ditulis. Namun pada situs ini terdapat kekurangannya, yaitu Anda diharuskan untuk beralih terlebih dulu ke editor teks di platform WordPress.

4. Virtual Writing Tutor

Pada situs cek grammar Virtual Writing Tutor ini akan membantu anda dalam mengidentifikasi kealahan secara umum mengenai grammar dan spelling. Apalagi pada situs ini juga bisa membantu anda untuk memeriksa tulisan dengan cara merekamnya secara langsung.

Tentu hal ini bisa memudahkan karena bisa merekam paragraf yang Anda tulis dan langsung mengunggahnya di situs ini, kemudian situs ini akan memeriksa ejaan secara cepat hanya dalam hitungan detik saja. Sehingga, anda pun tidak perlu khawatir ketika akan menulis essai berbahasa inggris ataupun menyiapkan suatu presentasi dalam bahasa inggris sebab sudah tersedia situs ini untuk solusi grammar Anda.

5. WhiteSmoke

Situs ini adalah salah satu alat untuk mengecek grammar bahasa inggris yang sangat bagus saat digunakan sebagai proofreading. Pada situs ini terdapat banyak fitur yang bisa diandalkan, seperti menerjemhkan, plagiarisme, dan mengoreksi grammar. Meski tampilan pada situs web ini terlihat simpel dan jadul, namun situs ini sangat bisa diandalkan dalam platform proofreading online.

6. PaperRater

PaperRater berguna untuk membantu Anda memeriksa serta memperbaiki grammar bahasa inggris yang Anda tulis tanpa harus mengunduhnya dan bisa digunakan secara gratis. Pada situs ini sangat ramah pengguna dan dapat melakukan koreksi kesalahan grammar dengan cepat. Jadi, jika Anda tidak mempunyai banyak waktu dan terburu-buru dalam mengecek grammar, maka situs ini cocok jika Anda gunakan.

7. ProWritingAid

Web cek grammar bahasa inggris selanjutnya adalah ProWritingAid. ProWritingAid ini telah dikenal sebagai situs untuk cek grammar yang cukup akurat dan bisa mengecek semua tulisan yang Anda unggah.

Pada ProWritingAid juga menawarkan pemeriksaan tata bahasa untuk mendeteksi adanya kesalahan yang terjadi saat menulis, dan laporan mendalam yang bisa membantu Anda dalam memperkuat serta memperbaiki kesalahan ejaan dengan waktu yang relatif cepat.

8. VoiceTube

Untuk mengecek grammar tak selalu dalam bentuk tulisan, Anda juga bisa mengecek grammar dalam bentuk video. Untuk itu, asitus ini cocok untuk dipilih ketika Anda ingin melatih keterampilan dalam menulis, mendengarkan, dan memeriksa kesalahan grammar.

Cara menggunakannya juga mudah, Anda hanya cukup memilih video favorit Anda dan di setiap videonya akan tersedia transkripnya. Ketika selesai mendengarkan video, maka Anda harus mengulangi kalimat yang ada dalam video lalu situs ini akan memeriksa kesalahan yang ada pada grammar Anda.

Itulah beberapa situs atau website yang dapat Anda gunakan dalam memeriksa grammar secara akurat, melatih kemampuan writing, serta dapat membantu Anda belajar bahasa dengan penggunaan rangkaian kalimat-kalimat dengan lebih tepat. Semoga bermanfaat!
***

Tidak ada komentar

Halo, terima kasih sudah berkunjung!^^ Mohon klik 'Notify Me/Beri Tahu Saya' utk mengetahui balasan komentar via email.