Aneka Kudapan Homemade Lezat dari Tepung Jagung

Daftar Isi Postingan [Tampilkan]
Sedang tinggal di area pedesaan membuat saya akrab dengan aneka kudapan, baik yang berupa kue basah maupun camilan-camilan gurih yang tak pernah gagal menggoda. Hal tersebut dikarenakan kultur di tempat saya tinggal saat ini memiliki begitu banyak acara tradisi dan bersifat kebudayaan yang cenderung turun temurun. Dari sekian banyaknya acara tersebut, pasti selalu banyak makanan melimpah ruah termasuk kudapan homemade dan jajanan pasar.

Tepung Jagung

Turut serta dalam membuat makanan sampai jadi hidangan sehat atau dibungkus satu per satu menjadi kegiatan yang sering saya ikuti. Mulai dari nasi lengkap dengan lauk pauk, minuman, sampai kudapan atau camilan enak. Lama-lama jadi terbiasa dan cukup familiar dengan bahan-bahan pembuatnya, yang mana kalau untuk camilan pasti tak jauh-jauh dengan tepung.

Dari sana jadi tahu beraneka jenis macam tepung dan masing-masing peruntukannya. Termasuk ketika tahu bahwa tepung jagung dan maizena itu berbeda. Maizena atau pati jagung memang berasal dari jagung, namun unsurnya berbeda dengan tepung jagung. Baru tahu juga? Nah dari pada bingung, boleh nih simak perbedaanya di bawah mulai dari asal, tekstur, penggunaan, dan nutrisi.

Perbedaan Tepung Jagung dan Tepung Maizena

Kemungkinan besar kita akan mengenal maizena sebagai campuran untuk pengental kuah atau membuat gorengan menjadi lebih renyah, sedangkan jika untuk membuat kudapan bukanlah maizena melainkan tepung jagung. Tepung jagung berasal dari biji jagung keseluruhan yang digiling menjadi bubuk halus dan memiliki warna yang cenderung kuning. Untuk itulah semua kandungan yang ada di dalam jagung tersebut sama seperti ketika berbentu jagung utuh.

Untuk maizena sendiri berasal dari bagian tengah dari biji jagung yang bertepung, untuk itulah mengapa biasa juga disebut sebagai pati jagung. Kandungan protein dan serat dari biji jagung ini telah hilang untuk mendapatkan bubuk pati yang berwarna putih ini. Untuk tekstur, maizena lebih halus dari pada tepung jagung.

Perbedaan paling kontras dapat dilihat melalui peruntukannya dari keduanya, untuk tepung jagung bisa digunakan seperti tepung terigu, misalnya aneka kue basah dan pudding. Sedangkan untuk tepung jagung maizena lebih untuk pengental masakan seperti pada kare, sup, capcay, teriyaki, fla,  menambahkan tekstur renyah pada gorengan, membuat daging tetap juicy dengan direndam, dan bisa menjadi pengganti tepung kue.

Manfaat Tepung Jagung

Dilansir dari laman portal informasi kesehatan, tepung jagung ini memiliki banyak manfaat berkat kandungan yang ada di dalamnya. Kandungan gizi maizena berupa serat, vitamin, magnesium, zat besi, kalsium, selenium, karbohidrat, dan mengandung sedikit protein.

Tepung Jagung Maizena

1. Sebagai Sumber Energi

Tepung jagung ini mengandung tinggi karbohidrat yang manfaatnya digunakan sebagai sumber energi bagi tubuh sehingga aneka olahannya cocok disantap ketika sedang atau sehabis melakukan aktivitas yang menguras energi.

2. Membantu Mencegah Hipoglikemia

Tepung jagung mempunyai indeks glikemik yang cukup tinggi yaitu sebanyak 85 dan dapat membantu mengurani risiko hipoglikemia atau kadar gula darah di bawah normal. Tubuh akan mencerna cadangan glukosa yang berada dalam usus dari tepung jagung ini dalam kurun waktu 6-8 jam dan berpengaruh ke kadar gula darah kembali normal.

3. Bebas Gluten

Tepung jagung ini ramah terhadap bagi yang memiliki intoleransi pada gluten, sehingga ketika mengonsumsi tak akan menimbulkan efek samping negatif. Namun tetap memperhatikan bahan lainnya ya jika ada pada olahan makanan.

4. Bagus Untuk Kesehatan Tulang

Selain dapat untuk sebagai sumber energi, kandungn fosfor, mangan, dan magnesium yang ada dalam tepung jagung ini bermanfaat untuk kesehatan tulang dengan meningkatkan kepadatan tulang dan membentuk struktur yang kuat.

5. Baik Untuk Pencernaan

Jangan lupakan kandungan serat yang ada pada tepung jagung ini di mana membantu menjaga kesehatan saluran pencernaan, mencegah sembelit, dan mencegah dari risiko gangguan pencernaan lainnya.

Aneka Resep Kudapan dengan Bahan Tepung Jagung

Ada banyak resep camilan enak dan kudapan yang dapat dibuat dengan tepung jagung ini, beberapa juga hanya membutuhkan bahan yang sedikit dan cara pengolahan yang mudah pula. Untuk konsumsi pribadi maupun sajian acara, berikut beberapa contoh resep hidangan dari tepung jagung:

  • Pancake

Hidangan Sehat

Stok tepung jagung maizena yang ada di dapur juga bisa digunakan untuk membuat sajian sederhana dan mudah yang cocok untuk sarapan, yaitu pancake. Bahan-bahannya juga mudah saja yaitu tepung terigu (200gr), tepung jagung maizena (1 sdm), gula pasir (4 sdm), bubuk pengembang (1/2 sdt), dan telur ayam yang dipisah bagian kuning dan putihnya (2 butir).

Langkah membuatnya yaitu campurkan tepung terigu, tepung maizena, kuning telur hingga rata atau menggunakan mixer, kemudian masukan baking powder dan aduk kembali. Selanjutnya di wadah yang terpisah, campurkan putih telur dan gula pasir menjadi satu, gunakan mixer agar lebih halus. Kemudian campurkan kedua bahan yang sudah sama-sama diaduk tadi menjadi satu, diamkan selama 10 menit. Jika sudah, tuang adonan dan panggang di atas pan anti lengket. Lakukan berulang sampai adonan habis dan siap disantap dengan tambahan topping sesuai selera.

  • Bolu

Untuk sajian dalam jumlah lebih besar untuk keluarga maupun acara, tepung jagung maizena juga bisa digunakan untuk pembuatan bolu. Bahan-bahannya sendiri simpel dan cara pembuatannya mudah, namun porsi yang didapatkan memuaskan. Untuk bahan dan langkah pembuatannya sebagai berikut:

Bahan
  • Tepung jagung (200gr)
  • Santan (65ml)
  • Gula pasir (200gr)
  • Susu bubuk
  • Super polymer (SP) 1 sdt
  • Margarin (100gr), lelehkan
  • Telur (6 butir)

Cara Membuat
  • Mixer gula, telur, dan SP sampai mengembang, kemudian masukan maizena dan susu kemudian mixer kembali perlahan.
  • Tambahkan margarin dan santan ke dalam adonan, aduk kembali sampai rata.
  • Masukan adonan dalam cetakan yang telah diolesi margarin, kemudian oven selama 10 menit.
  • Bolu nikmat sudah siap disantap dan disajikan bersama kopi atau teh.

  • Kue Donat

Tepung jagung bisa juga digunakan untuk membuat kue donat. Untuk bahannya terdiri dari berikut ini:

  • Tepung terigu 200rg
  • Tepung maizena 75gr
  • Telur 3 butir (ambil kuningnya saja)
  • Ragi instan
  • Margarin 25gr
  • Gula halus 50gr
  • Garam 

Cara membuatnya yaitu dengan mencampurkan semua bahan sampai kalis kemudian diamkan selama 20 menit. Jika sudah, bentuk adonan menjadi donat dan diamkan kembali selama 20 menit. Siapkan minyak goreng dengan api kecil dan jika sudah, goreng adonan donat tersebut sampai matang. Donat yang telah selesai dibuat dapat disajikan dengan taburan gula halus, meises, keju, atau sesuai dengan selera.

  • Muffin

Muffin bisa menjadi ide sajian untuk acara keluarga, acara arisan, sampai kedatangan tamu. Bahan-bahan yang diperlukan yaitu:

  • Bahan kering: Tepung kue, tepung jagung, baking powder, garam
  • Bahan basah: Susu, telur, gula, dan perisa vanili

Cara membuatnya yaitu dengan mencampurkan bahan basah menjadi satu sampai rata, begitu juga dengan bahan kering di wadah yang terpisah. Jika sudah sama-sama rata, baru keduanya dicampur sampai teraduk sempurna. Jika sudah, masukan ke dalam cetakan, tata dalam loyang yang sudah dilapisi mentega sebelumnya dan panggang di oven selama 15 menit. Muffin siap sisajikan.

Kunci Sajian Kudapan Lezat, Tepung Maizenaku

Tepung Maizena dari egafood

Membuat aneka resep hidangan sehat di atas akan mudah jika memiliki stok bahan-bahannya di rumah. Pastikan stok tepung Maizenaku selalu aman di dapur karena mempunyai kandungan gizi maizena yang lengkap mulai dari vit B kompleks, vit D, vit C, kalsium, zat besi, magnesium dan pastinya halal MUI dan terdaftar BPOM. Tepung jagung maizena juga 2x dapat mengentalkan lebih kuat dari merk lain dan non GMO atau genetically modified organism atau tidak ada unsur dari hasil rekayasa generika dari organisme.

Tepung Maizena dari egafood terdiri dengan berbagai ukuran kotak maupun plastik yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan jumlah hidangan yang akan dibuat. Hasil kudapan seperti kue yang dihasilkan dengan bahan Tepung Maizenaku ini akan memiliki tekstur yang lembut, kokoh, warna cerah, dan beraroma yang harum. Nah, untuk hidangan sehat dan nikmat yang cocok untuk berbagai acara ini, pastikan stok Maizenaku di rumah aman ya!
***

9 komentar

  1. diriku salah satu orang yang selalu menyimpan tepung jagung dirumah lho. ngga bikin kue sih, lebih banyak buat masakan dan emang sangat berguna. Jadi pengen cobain resep praktisnya nih

    BalasHapus
  2. Hemmm... Awak pikir sebelumnya Tepung Maizena dengan tepung Jagung sama ternyata beda. Tapi iya tepung Jagung memang sari pati jagung bahan dasarnya sanhat banyak manfaat untuk berbagai resp masakan.

    BalasHapus
  3. Jadi tahu bedanya tepung jagung dan maizena, kirain ya sama aja :D
    Ternyata manfaat tepung jagung bagus yaa.
    Eh aku juga pakai Maizenaku itu tapi biasanya emamng buat pengental. Ternyata bisa juga dimanfaatkan kek tepung terigu gitu ya? Coba nanti aku baca2 lagi deh kemasannya :D
    BTW terima kasih ya resep2nya :D

    BalasHapus
  4. Ada banyak manfaat dan kegunaan dari tepung maizena. Saya juga punya stok Maizenaku di rumah, stok bahan untuk membuat donat.

    BalasHapus
  5. Wahh baru tau ternyata tepung jagung dan maizena berbeda. Aku pikir ya sama2 aja gitu dari jagung. Jd penasaran pengen coba beli nanti

    BalasHapus
  6. Wah, itu terdengar menggiurkan! Tepung jagung memang bisa memberikan sentuhan lezat pada kudapan. Apa saja kudapan homemade yang bisa dihasilkan dari tepung jagung? Mungkin ada resep favorit yang ingin kamu bagikan? Saya penasaran dengan kreasi kuliner homemade-nya!

    BalasHapus
  7. Diajarin Ibuku buat pakai Tepung Maizenaku kemarin pas masak donat kentang.
    Jadi sekarang punya stok. Rasanya masih belum bisa membedakan kegunaan berbagai macam tepung. Tapi naking, masak itu kudu mengikuti resep, mengikuti feeling dan mood yang baik.

    BalasHapus
  8. Saya baru tau kalau ternyata tepung jagung dan tepung maizena itu ternyata berbeda, dari sekian banyak pilihan makanan dari resep tepung jagung, bolu dan pancake menjadi menu yang relatif lebih mudah utk dibuat di rumah ya

    BalasHapus
  9. Jadi pengen cobain bikin sendiri Mba, heheheh enak banget pasti ya
    pancake yang paling aku suka nih

    BalasHapus

Halo, terima kasih sudah berkunjung!^^ Mohon klik 'Notify Me/Beri Tahu Saya' utk mengetahui balasan komentar via email.