Dua Strategi Siap Hadapi UTBK SNBT

Daftar Isi Postingan [Tampilkan]
Haloo, pejuang kampus impian angkatan 2024! Bagaimana persiapan UTBK SNBT 2024 sejauh ini? Kira-kira masih ada waktu sebanyak 6 bulan lagi nih sebelum tes SNBT dimulai. Pastinya sudah mantap ya memilih jurusan dan kampus impian, tinggal berfokus pada strategi belajar yang ditentukan di awal. Atau masih ada yang belum mantap memilih jurusan kuliah? Yuk ikuti tulisan ini, barangkali bisa mendapatkan secercah pencerahan.

Les Matematika Privat Khusus UTBK.jpg

Strategi Memilih PTN dan Prodi Kuliah

Sebelum beranjak ke strategi belajar untuk menghadapi soal-soal SNBT, kita mampir dulu yuk ke strategi memilih prodi kuliah dan perguruan tinggi ini. Kalau kamu sudah menentukan kampus dan jurusan pilihan, bagian ini bisa skip saja ya dan bisa langsung ke strategi belajar SNBT.

1. Sesuaikan dengan Minat dan Potensi

Paling mudah untuk langsung mengarah ke jurusan kuliah adalah mengenai minat dan potensi, serta melihat prestasi di bagian mana saja kita menguasai. Betul memang nilai tinggi bukan selalu menjadi acuan, terdapat juga beberapa bidang yang diminati meskipun faktor nilai tidak selalu tinggi. Selain faktor preferensi atau minat, pastikan tetap membaca dengan detail mengenai jurusan yang akan dipilih tersebut.

2. "Kepo" dengan Mata Kuliah Jurusan 

Ada cara lain untuk mengetahui minat mengenai bidang apa yang kita sukai, yaitu dengan melihat langsung mata kuliah-mata kuliah jurusan. Saat ini tentu saja sudah mudah mengetahui apa saja mata kuliah yang dipelajari nantinya, biasanya tersedia di website resmi kampus. Ini juga bisa jadi akan memudahkan pilihan condong ke mana jika terdapat beberapa minat jurusan yang serumpun.

3. Cari Informasi Detail Mengenai Prodi dan PTN

Selain mendalami lebih detail jurusan kuliah, pertimbangkan juga prodi dan PTN, mulai dari akreditasi jurusan dan akreditasi perguruan tinggi, capaian lulusan, visi misi, dan program-program yang dijalankan.

4. Buat Opsi Alternatif

Jangan lupa untuk tetap membuat opsi alternatif dari pilihan prioritas, namun usahakan betul jangan sampai asal saja dalam memilih karena jika dijalani dengan setengah hati, betapa banyak usaha dan waktu yang dihabiskan dengan sia-sia. Opsi alternatif ini bisa diambil dari percabangan minat atau rasa penasaran yang besar akan profesi impian tertentu.

5. Minta Pendapat Mentor

Jika masih terdapat sedikit keraguan, ingin melihat apakah terdapat potensi lain, atau melihat sisi diri dari orang lain yang paham mengenai diri kita, mintalah pendapat dari mentor. Sosok mentor ini bisa beragam, dari guru wali kelas, guru BK, pengajar atau tutor bimbel, atau kakak tingkat yang sudah terlebih dahulu kuliah. 

Mereka yang berada di beberapa tahun di atas kita dan telah berpengalaman bisa saja memberikan masukan atau feedback yang positif mengenai diri sendiri. Ini akan sangat membantu, terlebih lagi bagi lulusan sekolah menengah, tak semuanya langsung mengetahui jalur-jalur mana yang terbaik untuk diri sendiri.

Strategi Belajar UTBK SNBT

Nantinya, peserta UTBK akan bertemu dengan soal-soal dengan jenis materi Tes Potensi Skolastik (TPS), Literasi dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris, dan Penalaran Matematika. Untuk TPS masih dibagi lagi menjadi Kemampuan Penalaran Umum, Kemampuan Kuantitatif (mencakup Pengetahuan dan Penguasaan Materi Dasar), Pengetahuan dan Pemahaman Umum, dan Kemampuan Memahami Bacaan dan Menulis.

Cukup banyak ya yang harus dikerjakan ini nantinya? Perlu strategi nih untuk mendalami atau bahkan menguasai jenis soal UTBK di atas, beberapa tipsnya bisa dengan langkah berikut:

1. Bagi Waktu Untuk Pendalaman Materi

Tips ini mungkin sudah banyak sekali yang menuliskan, tapi memang efisien untuk membagi fokus dan tenaga. Jangan sepelekan kekuatan manajemen waktu ini, jika rapi dalam membagi waktu dan disiplin dalam mengikuti jadwal, maka niscaya hasilnya akan terlihat. Terlebih lagi, biasanya peserta sekolah yang baru lulus ini masih membagi waktunya untuk kegiatan sekolah. Jadi, bertahap ya dalam membagi waktunya ini.

2. Ikuti Try Out Secara Berkala

Namanya juga belajar buat tes, udah pasti dong kita belajar juga lewat simulasi tes dalam bentuk try out. Jadi setelah pendalaman materi melalui latihan-latihan soal, jadwalkan juga untuk try out. Dari sini kita dapat mengukur kapasitas mana saja tipe soal yang belum dikuasai dan memperkirakan waktu. Mengikuti try out secara berkala juga sifatnya challenging, buat sobat ambis pasti makin kepo dan tertantang sampai bisa menyelesaikan soal-soal dengan baik dan tahu proses mencari jawaban tepatnya.

3. Buat Evaluasi Latihan Soal dan Try Out

Jangan hanya puas dengan hasil try out, namun lakukan juga evaluasi setelahnya. Dari sana kita dapat melihat materi mana yang belum dipahami dan butuh pendalaman lagi. Manfaat evaluasi ini kita juga dapat merefresh materi yang telah kita pelajari atau menemukan jenis soal yang membuat kita semakin tertantang. 

4. Ikuti Les Privat UTBK

Dalam proses belajar, ada kemungkinan bahwa kita akan mengalami stres atau bosan. Belajar UTBK SNBT ini bisa dilakukan dengan cara yang menyenangkan dengan mengikuti les privat khusus UTBK, belajar dengan metode dua arah ini akan memberikan lebih banyak keuntungan jika belajar mandiri. Misalnya dapat lebih paham akan materi dengan bertanya langsung pada tutor, diberikan saran metode belajar yang paling cocok, hingga konsultasi terhadap dunia perkuliahan.

Kemudian pastikan memilih les privat UTBK yang paling cocok sesuai dengan kebutuhan. Salah satunya les privat dari Ruangguru yang memiliki pengajar dengan kompetensi terbaik di bidangnya, memiliki jejak prestasi, lulus dari universitas ternama, dan memiliki pengalaman mengajar tahunan. Selain itu, ada juga garansi untuk ganti pengajar jika di tengah jalan merasa kurang cocok saat proses belajar.

Adapun keunggulan les privat UTBK Ruangguru lainnya yaitu bebas dalam menentukan les privat yang disesuaikan dengan jadwal, mencakup semya jenjang dan kurikulum, terdapat kelas pengembangan diri, try out, sampai tes minat bakat. Jadi, terdapat paket les UTBK dan sudah lengkap mencakupi semuanya. Memangnya selengkap apa sih? Boleh dong ya spill tipis-tipis dulu:

Les Privat UTBK

Kalau di atas contoh paket untuk online, ada juga paket tatap muka yang tersedia di seluruh Brain Academy yang ada di Indonesia. Kalau mau nggak ambil selengkap itu dan hanya beberapa mata pelajaran saja? Bisa banget dong, bisa pilih les privat materi tertentu saja untuk UTBK, misalnya saja Les Matematika Privat Khusus UTBK.

5. Tempel Tulisan-Tulisan Motivasi di Meja Belajar

Jangan salah, tulisan-tulisan dalam kertas kecil atau sticky note bisa membangkitkan semangat lebih dalam belajar untuk UTBK. Ada kalanya kan jenuh, khawatir, atau mengalami perasaan-perasaan lainnya. Tulisan motivasi ini bisa bukan hanya jurusan dan kampus impian, namun cita-cita di masa depan, lanjut studi di luar negeri jika lulus nanti, mengejar beasiswa, atau menulis alasan-alasan kuat seperti orang-orang terdekat dan tersayang yang selama ini mendukung. Kalau kata-kata sekarang sih, anggap saja sedang bermanifestasi. Hihi.

Yup segitu aja sedikit tulisan mengenai UTBK edisi kali ini. Semoga lancar di hari ujian, jangan lupa minta doa restu orang tua, dan semoga mendapatkan jurusan dan kampus yang selama ini diimpikan ya. Semoga sukses!
***

Tidak ada komentar

Halo, terima kasih sudah berkunjung!^^ Mohon klik 'Notify Me/Beri Tahu Saya' utk mengetahui balasan komentar via email.