Jenis Pakan Bernutrisi untuk Burung Kicau

Daftar Isi Postingan [Tampilkan]
Kontes atau perlombaan burung bagi saya merupakan hal yang unik, lebih mengejutkannya lagi ketika perawatan untuk burung kesayangan tersebut. Seperti hewan yang dipelihara dan dirawat, burung juga membutuhkan perhatian dan perawatan dari pemiliknya. Terutama bagi burung kicau, dari segi asupan makanan nutrisi ternyata penting untuk diperhatikan.

jenis pakan untuk burung kicau
img by benhil(dot)net

Bagi yang tidak memelihara jenis burung ini atau tidak akrab, pasti di benak akan terpikir bahwa memelihara semua jenis burung akan sama saja. Yang penting makan dari biji-bijian atau buah-buahan tercukupi. Tentu tidak dong ternyata, ada beberapa jenis pakan untuk burung kicau terutama yang bernutrisi. Apa saja jenis pakan tersebut? Berikut dijabarkan di bawah ini:

1. Biji-Bijian

pakan burung kicau
img: wirestock, freepik

Jenis ini merupakan pakan yang paling populer untuk pakan burung. Biji-bijian sendiri memiliki kandungan lemak yang bagus untuk burung karena dapat digunakan sebagai sumber energi dan menjaga agar suhu tetap hangat di kala cuaca dingin. Fungsi lainnya dari lemak yang berasal dari biji-bijian ini yaitu membantu penyerapan vitamin bagi burung.

2. Buah-Buahan dan Sayur

Buah-buahan mengandung banyak vitamin yang bermanfaat bagi burung. Untuk buah-buahan yang mengandung vitamin A akan menjaga bulu burung tetap sehat. Buah-buahan yang mengandung vitamin C dapat menjaga daya tahan tubuh burung, sedangkan dengan kandungan vitamin D untuk kesehatan tulang dan paruh pada burung. Tak lupa juga sayur-sayuran yang mengandung vitamin K juga bagus untuk burung yang manfaatnya membantu luka cepat sembuh jika sewaktu-waktu sedang mengalami luka.

3. Kroto

Kroto atau telur semut mengandung nutrisi berupa protein namun rendah lemak dan kalori sehingga baik untuk burung. Kandungan lainnya juga terdapat zat besi, kalsium, potassium, vitamin sehingga cukup lengkap. Manfaatnya untuk burung kicau sendiri yaitu untuk menjaga tubuh burung tetap fit dan berpengaruh terhadap performa kicauan.

4. Mineral

Mineral bagus untuk burung kicau terutama untuk performa karena dapat memperkuat sel sehingga tidak mudah mengalami stres atau jatuh sakit. Mineral juga bermanfaat untuk memperkuat pertumbuhan bulu pada burung, menjaga nasfu makan, dan menjaga proses metabolisme pada burung. Kandungan mineral ini dapat berasal dari cangkang telur yang dihaluskan, kulit tiram, dan kulit kepiting.

5. Voer/Pelet Burung

makanan bernutrisi untuk burung kicau
img: Racool_studio, freepik

Selain pakan-pakan utama di atas, pelet merupakan jenis makanan burung kicau yang bernutrisi dan dengan kandungan yang lebih akurat dan tepat untuk kesehatan burung. Pelet ini dapat digunakan sebagai pelengkap di sela-sela biji-bijian atau dicampur keduanya. Untuk pelet atau voer sendiri memiliki banyak jenisnya, namun pastikan memilih dengan kandungan gizi yang lengkap yang memenuhi kebutuhan nutrisi burung.

makanan burung kicau

Voer untuk burung peliharaan biasa akan berbeda dengan pakan burung untuk kontes. Misalnya burung kicau kontes yang membutuhkan nutrisi lebih agar performanya suara kicauan tetap terjaga. Salah satu rekomendasi makanan burung kicau bernutrisi ini ialah Tory Fighter. Pakan burung Toy Fighter memiliki kandungan protein, lemak, serat kasar, kalsium, dan fosfor. Keunggulan dari produk ini selain dapat meningkatkan energi, juga dapat menstabilkan emosi dan meningkatkan fungsi otak pada burung.

Selain memperhatikan asupan nutrisi burung kicau dengan memberi jenis pakan di atas, penting juga untuk memperhatikan faktor lainnya berupa perawatan seperti cukup sinar matahari, rutin membersihkan kandang agar terhindar dari penyakit, memperhatikan keadaan bulu burung, dan hindarkan burung kicau dari penyebab stres serta tambahan suplemen jika dibutuhkan.
***

Tidak ada komentar

Halo, terima kasih sudah berkunjung!^^ Mohon klik 'Notify Me/Beri Tahu Saya' utk mengetahui balasan komentar via email.