The words. The thoughts. The journal.

June 29, 2018

Daftar Produk Skincare Pemula Untuk Tipe Wajah Oily

Halo, apa kabar?

Buat perempuan, pasti seneng banget sama perawatan apalagi bagian wajah. Iya dong, dapet anugrah pasti kudu ada usaha dijaga biar tetap sehat. Rajin ngerawat wajah apalagi dengan skincare jadi makin mengerti diri sendiri lho, produk apa yang cocok, bagian mana yang sensitif, terus kebutuhannya apa aja. Seperti saya dulu benci banget sama wajah yang oily dan emang bawaan tubuh mudah berkeringat, jadi rasanya kudu berkali-kali lap pake tisu. Terus setelah belajar tentang skincare jadi bersyukur banget dong walaupun punya wajah tipe oily, tapi nggak gampang jerawatan, gak gampang ngelupas dan kulit keliatan tetap segar.

Meskipun begitu, tetep tricky sih pilih-pilih produknya. Daftar produk di sini adalah yang cocok di saya dan mungkin bisa jadi rekomendasi kamu:


1. Facewash. Kunci utama biar wajah enak diatur dan nggak bandel ya facewash!

- Kelly Lemon Soap (12k): Waaa ini produk udah lama banget dipakai dari jaman SMP. Dikenalin sama mama, sampai sekarang masih suka dipakai karena bikin wajah berminyak jadi keset dan rasanya bersih, terus wajah jadi terlihat cerah dan segar juga.


- Cetaphil Oily Cleanser (130kan-beli yang preloved nyisa banyak atau share in jar aja): Kalau ini saya pakai kalo ada duit lebih dan gantian sama kelly. Cetaphil ini jatuhnya di kulit jadi lembut tapi nggak begitu keset, terus saya suka banget aromanya. Kalau yang oily harus pakai yang ini ya jangan yang gentle cleanser, di saya nggak mempan soalnya. 


- Acnes Natural Care Facewash Oil Control (16k). Wow wow wow ini bener-bener favorit buat ngempesin jerawat dan ngurangin minyak. Ini saya temukan saat KKN karena iklim dan airnya nggak cocok, jadi mukanya bruntusan, dan jadi gampang jerawatan padahal sebelumnya nggak pernah. Sempet bingung juga kan karena makin meluas aja, nah begitu nyoba Acnes ini ternyata cocok di muka.



2. Sun Protection.

- Skin Aqua Moist Milk UV SPF 50 (45k-50k). Lumayan mahal sih ini tapi di saya cocok walaupun digabung dengan BB cream atau foundie tipis-tipis kemudian bedak. Wajah keliatan masih cerah dan nggak bikin muka jadi kaya kilang minyak. Kemasannya mungil, imut, dan travel-friendly jadi gemes banget bawaanya. Oh iya ini masih ada kandungan paraben ya, buat yang menghindari mungkin tak direkomendasikan.



3. BB Cream
- Pixy BB Cream Bright Fix (30k)
Waaaaa ini juga produk yang saya temukan karena KKN lagi-lagi hihi. Setelah kurang cocok sama Kelly sebagai foundie, nyoba yang ringan tapi di muka nggak ngefek entah jerawat atau kusut gitu. Dan nemulah Pixy ini yang suka direkomendasiin dan ternyata cocok di saya. Dipakai itu rasanya ringan dan menyatu dengan warna kulit, kalau saya pakai varian Cream karena kalau pakai Ocre atau Beige jatuhnya warna kulit kurang cocok, terus dibersihinnya juga gampang, dan kalau kena kain gampang dibersihinnya.



4. Bedak
- Marcks (16k). Nyahaha seneng banget bedak sejuta umat ini juga bagus di saya! Belajar pakai bedak pakai marcks ini karena sebelumnya ngandelin bedak bayi. Ya bedak bayi kan putih gitu ya di wajah jatuhnya suka terlalu cerah, saya nggak terlalu suka putih cerah gitu jadi marcks ini cocok banget warnanya. Warna yang saya pilih creme, dan walaupun terkena keringat tapi tetep nggak kusem.



5. Cleanser
- All Viva Toner Cleanser (7k). Ini juga murah, mudah didapat, terus ampuh juga. Paling suka varian yang bengkoang karena mirip air terus bikin seger tapi kurang suka yang lemon. Kadang pakai varian astringent juga buat deep cleansing.



6. Toner
- Emina The Bright Stuff Toner (20-25k). Kalau ini di saya hasilnya kulit wajah jadi lembut dan ngaplikasiin base dan bedak jadi mudah.



7. Foundie
- Kelly Pearl Cream (6k). Nyahaha produk femonenal! Yang katanya berbahaya lah, mengandung merkuri lah, namun sudah terdaftar dan aman kok, harganya juga murah. Bersyukur sekali wajah saya cocok sama si kelly cream ini, pakainya tipis-tipis aja dan kudu rata. Produk ini juga dikenalkan oleh mama yang emang udah lama pakai sama yang sabun juga. Dulu saya kan belang tuh gara-gara ikut pramuka terus pakai sepeda kalau sekolah, mulai deh pakai krim ini dan manjur, wajah juga nggak kusam.


8. Scrub
- St Ives Apricot Scrub
 Cinta banget sama produk ini, bikin kulit bener-bener bersih dan halus. Berharap banget juga ini sabun muka jadi bisa dipakai tiap hari gitu, wanginya juga enak. Ini saya pakai tiga kali dalam seminggu, pijat-pijat ringan aja biar kulit nggak makin tipis. Terus kalau pas abis berkendara juga juara banget bikin muka kinclong.


9. Moisturizer
- Hada Labo Perfect x Simple Ultimate Moisturizing Light Lotion (33k)
Ini di keterangannya emang cocok buat wajah oily, kalo buat saya malah manjur buat ngempesin jerawat dan muka jadi lembab tapi nggak berminyak. Apalagi dipakai setelah Acnes Facewash Oil Control atau buat sleeping mask, besoknya langsung lebih cerah. Produk ini juga saya temukan saat KKN, dikenalin temen hahaha.



Tambahan

10. Penebal Alis
- Cream Alis (20k). Karena saya orangnya simpel dan nggak mau nyiapin riasan lebih dari setengah jam, makanya saya pakai yang simpel-simpel aja atau natural look. Termasuk untuk urusan alis, belum belajar pakai pensil alis dong atau ngalis nyahaha. Sementara emang ngatur budget buat skincare dulu jadi fokus aja ke perawatan wajah, kan kalau tambah ngalis mungkin perlu nyari yang waterproof dan lain-lain lah. Makanya untuk alis ini saya pilih yang alami aja dulu karena alis saya memang tipis sebelah. Produk ini bagus kok dan gampang digunakan dari pada penebal yang bentuknya minyak, teksturnya kaya lip balm gitu Prosesnya lama yah sister-sister jadi kudu sabar tiap malem oles-oles hihi. Mudah dicari di toko daring.



11. Lip Care!

- Vaseline Lip Therapy Rosy Lips (25k). Ini dipakai tiap malem kalau mau tidur kalau nggak kelupaan haha. Sejauh ini bikin bibir lembut dan nggak gampang mengelupas, terus beberapa pengguna bisa balikin warna bibir jadi natural, tapi di saya cuma melembutkan sih.




- Maybelline Baby Lips Pink Lolita (37k). Ini saya pakai sebelum pakai lipstick, nggak berwarna di bibir terus terlalu greasy sih cuman kalau ditap-tap tisu dulu oke juga.


- Felinz Cherry Kiss Lip Scrub (10k-beli preloved)
So far pakai ini kulit bibir jadi lebih lembut dan ngangkat kulit yang ngelupas gitu, enak juga baunya, ada butiran kecil-kecil gitu kaya scrub kebanyakan.



Daftar-daftar produk di atas akan ditambah apabila saya menemukan produk yang rekomen atau cocok. Kalau kamu nemu yang holy grail buat wajah oily boleh banget ayo diskusi di kolom komentar, bisa ngebantu teman-teman yang mau belajar skincare hihi. Btw, nggak semua yang di atas saya pakai sekaligus dong dalam satu waktu bersamaan, beberapa aja hihi. Sampai jumpa!
***

36 comments:

  1. Terimakasih kak ulasannya sangat bermanfaat hehe

    ReplyDelete
  2. Kalo pake cleanser tuh rasanya adem ya mba dan kulit pun terasa enak ketika disentuh gitu. Dari sekian banyak skin care jangan asal pakai tuh mba perhatikan kulit kita sendiri klo tidak cocok bahaya bagi kulit

    ReplyDelete
    Replies
    1. So pasti kak, di balik postingan ini banyak skincare yang gakepakai sih huhuhu:(

      Delete
  3. Marcks itu katanya skrng ada "adiknya" ya? Cuma lupa nama brandnya, bentuknya compact powder gtu mbak. Itu bedak andalan yang bikin hepi saat masa muda (MUDA) dulu haha. Tengkyu rekomendasi produk2 sikincare-nya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah kalau saya belum tahu malah kak, coba nanti cari-cari info dulu :D

      Delete
  4. Ternyata produk untuk perawatan wajah banyak juga, tetapi harganya juga masih cukup wajar. Namun, demi penampilan yang bagus rasanya tak apa, selama sesuai dan aman untuk kondisi kulit.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar, biar kulit senantiasa terjaga

      Delete
  5. Merknya beda beda ya kak. Memang sih yang paling penting cocok untuk wajah. Karakternya memang berbeda. Kalau aku wajahnya cenderung normal tapi kadang kadang berminyak. Nungguin bahasan produk cowoknya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi iya kak beda2 krn ga ada yg nyediain semuanya, kalaupun ada misal toner bedak pelembab sunpro tp ga cocok di akunya

      Delete
  6. kayaknya aku bisa coba penebal alis itu deh, belum pernah coba. solanya suka males kalau make alis saat au pergi, lamaaaaaaaaa..............................

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahahah iya lama banget belum kalo nggak simetris duh

      Delete
  7. Kulitku pun oily banget, hahaha duluuu pernah pakai kelly dan hasilnya memang kulit muka bersih, tapi karena isu bahaya dan mengandung mercury, akhirnya distop,jadi kangen pengen pake lagi, harga murmer tapi mujarab

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dari dulu ada isu itu tapi nyatanya nggak ditarik2 dan ada terdaftar kok, mungkin karena murah ya hihi

      Delete
  8. Wah, banyak ya kalo perawatan buat golongan hawa.
    Tapi diantara semua produk kecantikan menurut yang paling terkenal itu Kelly Pearl Cream, sebab waktu kecil aku sering lihat Nenek ku pake itu barang... Heehe
    Ternyata masih awet Kelly Pearl Cream sampe ke generasi Millenial

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nih, masih ngebantu sampe sekarang

      Delete
  9. Aku dulu pake kelly, jaman bahula. Sama Marcks. Tapi kemudian sadar bahwa wajahku normal. Jadi kuhentiin deh. Untuk Vivanya biasanya pakai yg bengkuang. Kalau mentimun malah gak enak di wajahku

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi, marcks segala jenis ya :D

      Delete
  10. Cethapil itu direkomendasikan sama dokter ku karena memang kandungannya nggak aneh-aneh. Aku juga oily dan berjerawat lagi parah2nya nih:(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pakai cetaphil dulu aja kak buat perawatan pertama hehe

      Delete
  11. aku penasaran sama cethapil, baca baca reviewnya kok bagus semua... betewe aku juga masih pakai viva, tapi yang warna putih. Pakainya juga ga sering beberapa kali aja seminggu, udah terlalu cinta sih hihihi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi viva juga segala umat ya :D

      Delete
  12. Wajah saya cenderung kering. Gak bisa pakai produk-produk yang sudah disebutkan, dong ya...
    Eh ada Kelly, krim wajah yang terkenal dari zaman dulu,ya ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin cetaphil kak tapi yang gentle hehe

      Delete
  13. wajah saya termasuk yang oily mba.. sekarang sih sudah berkurang karena tiap mandi selalu cuci muka pake sabun cowok gitu.. Kadang istri juga makein viva cleansing kalo habis kerja luar yang panas gitu, katanya biar minyak nya habis hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Heheh kalo laki2 beda lagi kulitnya tapi biasanya pake sabun udah mulus tuh nggak ribet kaya perempuan XD

      Delete
  14. Setau aku skin aqua buat oily itu yang gel bukan yang milk deh. Apa aku salah ya. Terus better kalo oily jangan pake kelly, trigger buat more oil karena bikin kulit kering

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah tapi kubelum nemu yang cocok selain kelly sih kak

      Delete
  15. Good job mbak.. ulasannya membantu banget untuk yg berkulit berminyak. Krn memang jenis kulit yg ini iarus Hati Hati memilih yang pas dan cocok

    ReplyDelete
  16. wah yuuuk kita menuju kinclong 2018 wkwkwk aku seneng banget kalo udah bahas skincare hehehe

    ReplyDelete
  17. Butuh mengembalikan warna bibir lagi niih...
    Rekomended pakai vaselin yaa...?

    Kalau di scrub, gimana menurut Marfa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo discrub aku jarang gitu si soalnya malah jadi mengelupas kak

      Delete
  18. chetapil nih bagus banget ya mbak untuk kulit yang oily banyak yang rekomendasi dan cocok juga.. aku mau coba ah setelah sabun wajahku yg ini habis

    ReplyDelete

Hai. Terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca. Jika postingan ini menarik/menginspirasi, jangan segan untuk dibagikan ke media sosial agar blog ini terus semangat memberi manfaat. Jangan segan juga untuk memberi kritik/masukan/komentar. Tetap berlangganan agar tak ketinggalan postingan terbaru ya. Salam, Marfa.