The words. The thoughts. The journal.

September 16, 2018

Kisah Dalam Potret



Tuhan mengabulkan harapan-harapan di bulan Agustus kemarin dengan sangat romantis. Bagaimana tidak, banyak hal yang saya dapatkan selama 35 hari di bawah langit Desa Bulaksari-Cilacap, sekitar 2 jam jauhnya dari Purwokerto di mana saya mencari jati diri dengan proses bernama kuliah. Benar, 35 hari bernama KKN

Surga kecil itu saya temukan di sela-sela debu tanah jalanan Desa Bulaksari, panas yang menyengat, air yang tak cocok di kulit, dan sinyal yang memilih untuk menghilang. Ada banyak cerita tiap Subuh dan Maghrib di rumah-rumah Tuhan yang banyak tersebar, selalu ada interaksi yang hangat dan hidup di dalamnya. Kemudian wajah anak-anak yang murni haus akan ilmu pengetahuan, kaki-kaki mereka masih tak kenal lelah untuk berlari-larian seharian. Kemudian, petani dan pengusaha skala kecil yang juga tak kalah semangat membaranya.

Tidak, saya tak belajar sendirian. Saya bersama sembilan manusia berlabel mahasiswa lain untuk belajar mengabdi di masyarakat, untuk mengingat kembali masih begitu banyak masalah yang perlu diatasi, untuk kembali membuka hati bawasanya hidup bukan selalu tentang ambisi-ambisi pribadi. Tanpa mereka, mungkin proker hanya sebatas formalitas dan angin lalu kemudian selesai. Tanpa mereka, mungkin rasa bahagia dan euforia saya tak sebesar ini sampai sekarang.
September 14, 2018

Nyari Roommate? Cek Dulu Deh Hal-Hal Berikut

Halo, apa kabar?


Manusia-manusia rantau pasti nggak jauh-jauh dari yang namanya nyewa ruangan. Entah dari kost-kostan, kontrakan, atau asrama. Setelah pertimbangan fasilitas, lokasi, dan harga tentunya kita nggak bisa jauh-jauh dari kenyamanan dong. Salah satunya adalah apakah akan individu atau ada temen sekamar. Nah pilihan nomer dua nih yang jarang diambil, makanya saya mau bagi-bagi sedikit pertimbangan apabila ada yang berminat untuk nyari roommate atau memertimbangkan kamar mana sih yang bagus atmosfirnya kalau kita milih kamar yang isinya dua tiga orang sekaligus. Karena ada hal-hal kecil yang perlu diperhatikan dan jangan sampai terlewatkan, biar nantinya nggak ngganjal dan bisa lebih fokus buat istirahat.


September 13, 2018

KKN: Talk More, Laugh More, Happier!



Kata Kak Uni Dzalika, dalam berdoa itu harus lengkap dan sungguh-sungguh agar apa yang kita dapatkan juga tak setengah-setengah. Biar apa? Biar nggak ngeluh-ngeluh lagi kalau dapet rezeki. Dan Alhamdulillah, puji syukur saya pernah berdoa pada Tuhan supaya dikumpulkan dengan orang-orang yang unik, menyenangkan, dan ditempatkan pada suasana yang hangat. Dan KKN adalah jawaban dari doa tersebut bahkan lebih. Saya juga akhirnya paham kenapa KKN dilaksanakan di semester menuju tujuh bukan di semester tiga atau empat, biar wajah-wajah kusut kenyang akan dunia kampus kembali berseri-seri nyahaha. Sempet sih mikir KKN ini kok kayanya tanggung banget dilaksanain pas menuju semester akhir, pas tekanan lagi berat-beratnya buat nyoba nyicil tugas akhir. Rasanya udah deh pengin cepet-cepet berakhir aja KKN, padahal mah positif kan kegiatannya buat pengabdian masyarakat. 

September 12, 2018

Dear Mahasiswa Baru, Mari



Dear mahasiswa baru,

Selamat atas keberhasilan kalian memasuki dunia kampus. Selamat datang, selamat berbahagia. Saya tak akan memberi semacam arahan-arahan seperti mahasiswa harus selalu visioner, mahasiswa selalu jadi penyetus perubahan, mahasiswa selalu jadi penggerak dan hal-hal lain yang mungkin terlalu dapat memenuhi ruang dalam otak kalian. Karena makin diamanahi umur, manusia akan semakin kehilangan kebebasannya nyahaha. Namun selaku kakak tingkat kalian, ada beberapa hal yang mungkin akan kalian temui juga dan bagaimana seharusnya segala hal tersebut dipersiapkan secara matang.

Rumit. Namun saya akan tetap mencoba, anggap saja sebuah wejangan yang bisa menjadi catatan agar tak menyesal karena melewati banyak hal.

Mari dimulai dari hal yang sederhana. Awal semester kalian akan disibukkan dengan euforia kegiatan kampus yang membuat kalian penasaran. Dimulai dari mengenal kegiatan perkuliahan di kelas, proyek-proyek dengan dosen, proposal-proposal kegiatan dan akademik, organisasi hingga komunitas. Memang, kuliah adalah saatnya seorang anak manusia buat mandiri, belajar networking, dan bagaimana biar nggak tenggelam atau kalah dengan ego diri sendiri atau malah potensinya nggak bisa dieskpresiin. Wah keliatan bingung ya? Gini aja deh, saya mau nyoba kasih arahan tentang perkuliahan dimulai dari awal kuliah hingga menuju akhir semester kuliah ini. Cie, semester tua.