The words. The thoughts. The journal.

September 22, 2018

Tips Tetap Produktif Saat Traveling Dengan Membawa Laptop

Hola, apa kabar?

Saya mau nanya, siapa yang hobi banget wara-wiri? Pokoknya ke mana aja, karena kalo kelamaan di kamar bawaanya malah pusing dan overthink? Kalo ada, yuk kita TOS online! Nah, akhir-akhir ini saya baru tahu walaupun saya introvert, namun saya suka jalan-jalan, ketemu orang baru, dan wawasan baru. Intinya, ngebangun jaringan itu ternyata seru. Wah, padahal dari dulu saya kira saya lebih jodoh sama kesunyian yang melahirkan ide-ide puisi, atau cerpen. Memang ya, manusia itu misterius, ada aja hal yang bakal bikin kita amazed oleh diri kita sendiri. 

Termasuk backpackeran, antusias banget saya, kalo gratis apalagi. Saking antusiasnya sama yang namanya backpackeran, kehidupan sehari-hari juga nggak lepas dari ransel—kemana pun, jauh atau dekat, dan hampir acara apapun. Karena rasanya jalan kaki sambil bawa tas ransel di komplek sekitar aja udah kaya traveller ala-ala. Terus juga simpel, nggak perlu repot mindahin barang-barang yang selalu ada di tas ke tas yang lain. Pun, lama-lama jadi ciri khas, kalau cari Marfa itu gampang. Cari aja yang suka pakai jaket polos, bawa tas ransel, pakai kerudung instan, dan suka wara-wiri.


Namun, nggak semua rencana wara-wiri lancar atau benar-benar lepas dari kejaran realita. Misalnya, udah ngerencanain sebulan sebelumnya di hari Jumat-Minggu buat ke luar kota, tiba-tiba ada tugas yang kudu diselesein. Mau cancel, sayang dong pasti ada potongannya juga. Mau undur rencana, biasanya nanti harganya beda lagi. Udah, akhirnya ngambil opsi tengah-tengah, yaitu bawa laptop. Apalagi sekarang saya menuju, eh malah sudah semester akhir. Jadi, ngelakuin hobi boleh, asal nggak lupa sama tugas utama nyelesein studi. Juga, saya suka sekali mencatat biar nggak kelupaan, jadi biasanya langsung ketak-ketik di laptop kemudian lanjut ngedraft.

Kan riskan nih kalau bawa laptop selama perjalanan. Saya ada beberapa tips yang mungkin bisa sedikit ngebantu kamu, kalian, para multitasker berjiwa muda yang pasti suka ke mana-mana namun tetap produktif. Cie.

Pertama, meskipun judulnya backpackeran dan biasanya bawanya sedikit namun tetap perlu dipersiapkan dari jauh-jauh hari. No dadakan, no nunda-nunda! Pilih ransel yang kuat, nyaman, dan muat banyak sekaligus untuk keperluan pribadi. Bagusnya sih yang banyak sekat atau kantong, khususnya buat laptop, juga nanti buat misahin barang-barang yang lain. Jangan lupa juga, laptop gearnya jangan ketinggalan seperti charger, mouse, dan peralatan yang biasanya dibutuhin.



Kedua, atur penyimpanan di ransel. Setiap barang diberi label atau dirapihin dengan kantung berlabel atau semacamnya biar kalau mau ambil nggak perlu bongkar-bongkar karena lupa. Jangan lupa juga hati-hati dengan barang yang sifatnya cair karena bawa laptop juga. Nggak mau kan zonk karena ketumpahan, amit-amit deh. Terus atur juga posisi biar laptop nggak tertimpa barang bawaan, lapisi dengan wadah yang ada busanya. Biasanya bawaan laptop atau sekat di tas sudah ada.

Ketiga, posisi di bagasi kendaraan. Kalau misal posisi di bagasi malah bikin laptop tertimpa isi barang bawaan di ransel, sebaiknya dipangku atau ditaruh di sebelah kita duduk. Kalau pengalaman saya sih naik kereta saya taruh di bawah kursi dan diikat ke sepatu nyahaha, atau di kursi sebelah. Liat kondisi juga crowded atau tidaknya. Yang penting jangan polosan keliatan laptop, harus ada bungkus penutupnya.

Terakhir, hati-hati. Nah ini yang kadang lupa, hati-hati kalau jalan, perhatikan gerak sendiri. Nggak lucu kelupaan loncat-loncat, nanti komponen laptop bisa rusak apalagi kalau udah sensitif. Jadi kalau mau quality time taruh dahulu laptop di penginapan atau semacamnya.


Nah, semoga bermanfaat dan membantu ya. Tips-tips di atas nggak bakalan ada kalau nggak ngalamin sendiri tentunya. Namun saya sendiri kadang lupa, suka khilaf dan excited lari sana-sini nggak peduli seberapa berat bawaan backpack saya. Atau senderan di tas yang isinya laptop, duh nggak banget. Kalau kamu, suka wara-wiri bawa laptop juga? Bagi dong pengalamannya yuk!
***

30 comments:

  1. Dulu pernah jadi pkl saya jualan produk ini

    ReplyDelete
  2. Asus dg batre yg tahan lama ya oke banget. Bisa jalan dan juga kerja. Sayang kan kalau ada ide lewat

    ReplyDelete
  3. a.....laptop baru, aku mau latop baru. laptop yang sednag dipake ini udah rada-rada gimana, banyak tombol yang rusak :D

    ReplyDelete
  4. Produk ASUS yang ini cocok banget buat traveling atau bepergian dengan banyak tingkah penggunanya, ya. Hahaha. Bandel soalnya. Katanya, sih :)

    ReplyDelete
  5. Aku juga pas nih beli laptop baru, memang niatnya hanya untuk produktif menulis dan berkarya. Meski, tiba-tiba ada wacana untuk bikin video lagi dan terasa nyesel. Tapi, gapapa lah. Coba dulu aja bikin karya dengan menulis. Semoga lancar aja ke depannya.

    Sembari menabung buat beli laptop yang cukup speknya untuk video editing.

    ReplyDelete
  6. ASUS gak pernah mengecewakan.
    Tangguh.
    Jadi makin mantap beli laptop barruu...

    ReplyDelete
  7. Keren abis deh produk ASUS ini, luar biasa keunggulannya. Aku juga #2018gantilaptopasus aamiin

    ReplyDelete
  8. Tipe asus ini cocok utk travel blogger ya. Dibawa ngetrip oke bgt. Ngedukung kerjaan sbg bloger juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyash bener kak, mengerti travel blogger

      Delete
  9. Saya kalau bepergian keluar kota jg pasti bawa laptop hehe. Soalnya ngerjain kerjaan jg. Kalau punya Asus ZenBook UX331UAL lbh enak kali ya. Tipis, ringan jd enak banget buat traveling

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya saya juga ingin laptop idaman seperti itu

      Delete
  10. Sama MB.. in idaman aku jg.. btw aku udah pernah nginjek ini Zenbook loh. Video Ada di IG aku. Zenbooknya ga kenapa kenapa.. Mantap tahan Banting banget loh mb

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ih mbaaak aku juga ingin memilikinyaa

      Delete
  11. Asik banget nih buat yang suka nulis pake laptop. Apalagi yang kerjanya sambil wara wiri kaya gini pasti dijamin membantu banget.

    ReplyDelete
  12. kebetulan saya juga pakai laptop ASUS mba... tapi tipe A42UR... sepertinya boleh juga nih ganti laptop tahun depan soalnya spesifikasi mantab juga... Semoga menang ya lombanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga dapet produk yang diimpikan juga ya :3

      Delete
  13. Saya bener-bener berminat dengan lappy yang awet baterai, karena di lappy memang banyak lebihnya dibanding HaPe sebetulnya, mungkin boleh lah cek nanti di toko lappynya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga dapet laptop yang diidam-idamkan yaa

      Delete
  14. Kalau suka traveling emang kudunya sih laptopnya sturdy n kuat!

    ReplyDelete
  15. iya nih, pengen laptop yang ringan
    tapi ringannya gak mudah remek, harus tangguh
    idaman kita semua lah yaaa~~~

    semoga disegerakan punya zenbook yaaa

    ReplyDelete

Hai. Terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca. Jika postingan ini menarik/menginspirasi, jangan segan untuk dibagikan ke media sosial agar blog ini terus semangat memberi manfaat. Jangan segan juga untuk memberi kritik/masukan/komentar. Tetap berlangganan agar tak ketinggalan postingan terbaru ya. Salam, Marfa.