The words. The thoughts. The journal.

December 05, 2018

ProKlim Cilongok: Upaya Peningkatan Kesadaran Adaptasi dan Mitigasi Pada Masyarakat Desa

Halo, apa kabar?

Sebagai mahasiswa yang berasal dari desa, tentunya sadar dan pengin dong kalo punya kontribusi lebih apalagi dari orang asli desa tersebut. Kemudian udah ditambah pengalaman KKN juga di desa orang, makin-makin dong pengin berkontribusi lebih dan maksimal, dan timbulah kira-kira pertanyaan gimana cara memulainya, alat dan perangkat apa yang dibutuhkan, dan kira-kira bisa untuk jangka waktu yang lama atau tidak. Nah kebetulan juga kemarin sempet sih diajak sama Bapak buat ikut semacam kunjungan ke desa lain yang katanya buat desa wisata percontohan dalam peningkatan pendapatan ekonomi. Dari situ juga kepikiran kalau ada benernya juga mengunjungi dulu desa-desa percontohan yang mulai mandiri membangun dan berkembang.


Daaan ternyata ada dong dan masih satu kabupaten dengan desa saya, yaitu Desa Langgongsari di Kecamatan Cilongok yang juga merupakan salah satu program CSR Astra Group bernama Kampung Berseri Astra (KBA). KBA sendiri merupakan program kontribusi sosial berkelanjutan dalam pengembangan di bidang pendidikan, kewirausahaan, lingkungan, dan kesehatan. Tujuannya di sini agar masyarakat dan pihak yang terkait dapat membangun dan mewujudkan sendiri wilayah yang bersih, sehat, cerdas, dan produkti hingga nantinya kualitas hidup mereka sendiri meningkat. Berdasarkan web Astra sih ada 5 bidang kampung unggulan yang mereka canangkan yaitu Kampung Produktif, Kampung Cyber, Kampung Budaya, Kampung Hijau, dan Kampung Wisata.

Kembali ke ProKlim Cilongok yang berada di desa Langgongsari. Berada di bawah tanggung jawab Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Jateng, kegiatan multi bidang/sektor ini memiliki jenis aksi Joint Adaptation Mitigation atau JAM. JAM ini memiliki sasaran penggunaan energi baru, budidaya pertanian, peningkatan tutupan vegetasi, dan pencegahan dan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan. Terus tujuan dari ProKlim ini apa sih? Nah ProKlim Cilongok yang udah terdaftar dengan nomor REG-10-PK-IX-2017-0697 ini memiliki tujuan umum dan khusus. Kalau umumnya ini menyebarkan informasi mengenai dampak perubahan iklim terhadap sektor kegiatan masyarakat serta kebutuhan adaptasi dan mitigasi. Selain penyebaran info juga ada pemahaman mengenai perubahan iklim dan dampaknya sehingga semua pihak terdorong untuk melakukan aksi yang nyata nih dalam masyarakat dalam memerkuat ketahanan masyarakat dalam menghadapi perubahan iklim. Kemudian tujuan khususnya lebih ke meningkatkan kapasitas masyarakat untuk melakukan identifikasi kegiatan adaptasi dan mitigasi perubahan iklim, pengembangan potensi di tingkat likal, serta penyerbarluasan kegiatan mitigasi dan adaptasi yang berhasil ke daerah lain.

Nah dilihat dari tujuannya udah menarik banget nih, sama-sama bekerja sama dengan seluruh elemen yang ada di desa tersebut. Kegiatan ProKlim di Langgongsari yang dibina oleh CSR PT. Pamapersada Nusantara Head Office, Jakarta ini bisa dilihat di media sosial Instagram Proklim Langgongsari dong tentunya dan salah satunya udah pernah didatengin sama acara Kick Andy! Kegiatannya banyak yaitu :
  • Pembuatan BIOGAS dari sampah organik.
  • Taman Baca dengan syarat menabung sampah sebelum meminjam buku
  • Galeri UMKM ProKlim dengan menyediakan produk hasil olahan dari limbah sampah seperti tas, tikar, dan kerajinan lainnya dari bungkus kopi, pupuk cair hasil komposter, hiasan-hiasan dan lain-lain.
  • Pemanfaatan Bank Sampah
  • Pemanfaatan Pekarangan Rumah
  • Pembuatan 16 titik sumur resapan di Agrowisata Bulak Barokah
  • Pengenalan sistem pertanian organik oleh santri Ponpes Al Huda ke masyarakat
  • Kegiatan rutinan kerja bakti bersih dan pelatihan pengelolaan limbah untuk masyarakat, bantuan bibit tanaman, lomba rumah bersih sehat dan hijau, dan lain-lain.




Kegiatan-kegiatan tersebut tentunya disesuaikan dengan kondisi di Kampung Bulakan Asri, Desa Langgonsari ini terutama pemilahan dan pemanfaatan sampah. Nah demikian salah satu dari Kampung Berseri Astra, masih ada 76 desa yang lain loh. Menarik banget nggak sih dan seneng juga lihatnya padahal yang di atas baru satu desa. Kalau kalian, ada cerita menarik apa dari Kampung Berseri Astra? Share yuk, siapa tahu desa tersebut dekat dengan kalian, atau malah tinggal di salah satu Kampung Berseri Astra?
***

No comments:

Post a Comment

Hai. Terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca. Jika postingan ini menarik/menginspirasi, jangan segan untuk dibagikan ke media sosial agar blog ini terus semangat memberi manfaat. Jangan segan juga untuk memberi kritik/masukan/komentar. Tetap berlangganan agar tak ketinggalan postingan terbaru ya. Salam, Marfa.