A lifelong learner's digital journal you will read passionately

June 21, 2019

Ragam Manfaat Charcoal Untuk Kesehatan Kulit Wajah

Halo guiesse, gimana kabar?

Saat ini berbagai produk kecantikan beredar di berbagai pasaran di Indonesia. Setiap produk menawarkan keistimewaan dan khasiat dari masing-masing produknya. Terlebih lagi masyarakat peminat terutama wanita sangat gemar mencari dan memilih brand-brand tertentu untuk dijadikan sebagai pilihan utama dalam usaha merawat dirinya. Bukan wanita aja, saat ini para pria juga turut memakai produk-produk seperti itu karena adanya produk yang cocok untuk semua kalangan. Ya kan semua berhak perawatan, alias rasa sayang terhadap diri sendiri. Salah satu bahan perawatan yang bisa dipakai siapa saja ini adalah charcoal atau arang aktif.

manfaat charcoal

Charcoal atau arang menjadi produk yang dimodifikasi oleh berbagai produsen untuk produk kecantikan dan digemari oleh banyak beauty blogger dan beauty enthusiast. Banyak sekali produk yang sudah mengkombinasikan charcoal dengan bahan alami yang lain. Manfaat charcoal telah terbukti dapat menangani berbagai macam permasalahan yang berhubungan dengan kulit terutama wajah. Sehingga saat ini begitu banyak masyarakat yang menggunakan charcoal sebagai pelengkap produk kecantikannya.

Salah satu manfaat charcoal atau arang adalah mampu membunuh dan menghilangkan bakteri pada kulit dan membuat kulit terlihat lebih cerah. Ternyata nggak cuma itu aja, ada beberapa manfaat dari charcoal ini, yaitu:

1. Detoksifikasi kulit
Udara yang setiap hari kita bereaksi dengannya mengandung berbagai macam polutan dan dapat membuat banyak masalah pada kulit. Polutan-polutan ini dapat membuat kulit menjadi kering, berpotensi membuat kulit mengalami penuaan dini, dan atau berminyak sehingga perlu untuk didetoksifikasi setiap saat. Salah-satu cara yang dapat digunakan untuk mendetoksifikasi kulit adalah dengan menggunakan charcoal sebagai masker wajah.

2. Membersihkan pori-pori
Kita perlu memperhatikan wajah secara menyeluruh, salah satunya bagian pori-pori ini. Pori-pori pada kulit dalam keseharian kita dapat tertutupi oleh sel kulit mati, racun, serta kotoran lainnya. Hal ini tentunya dapat menimbulkan berbagai masalah pada kulit seperti tumbuhnya jerawat, komedo dan lain-lain. Charcoal dapat menjadi salah satu cara untuk membantu kita membersihkan pori-pori dan menyerap racun.

3. Mengobati jerawat
Jerawat tentunya sangat mengganggu kepercayaan diri seseorang karena wajah jadi susah untuk diaplikasikan make up, dan mengganggu karena beberapa menimbulkan rasa sakit. Charcoal memiliki sifat anti radang sehingga bisa digunakan untuk mengobati jerawat. Penggunaan charcoal untuk jerawat ini bisa digunakan seminggu sekali.

manfaat charcoal

 4. Menyerap minyak berlebih
Penggunaan charcoal dengan sifatnya yang menyerap juga cocok untuk yang memiliki masalah muka berminyak berlebih. Tentu saja karena minyak berlebih ini bisa menimbulkan masalah lain seperti jerawat dan pengaplikasian make up yang bisa saja tak tahan lama karena minyak.

 5. Menghilangkan Komedo
Komedo seringkali menjadi masalah umum yang dialami pada wajah dan sering muncul pada daerah T-zone. Masker charcoal bisa juga jadi solusi untuk menghilangkan komedo jika digunakan secara berkala.

 6. Memperbaiki permasalahan kompleksi pada kulit
Seringkali, secara bersamaan wajah terkena banyak masalah seperti kulit kering, jerawat, dan komedo. Charcoal dapat mengeluarkan dan membunuh bakteri serta membersihkan kotoran sekaligus sehingga juga dapat mengatasi masalah wajah secara bersamaan dan digunakan secara teratur dalam porsi yang tepat.

7. Menghilangkan Whitehead
Pori-pori yang tersumbat oleh sel kulit mati, bakteri, dan minyak dapat menyebabkan timbulnya jerawat yang biasa disebut whitehead. Sama seperti komedo, whitehead akan membuat wajah tampak bergelombang dan kering tidak sehat. Jangan dibiarin dong kalau udah ada tanda-tanda gini, bisa pakai charcoal salah satunya.

8. Melembutkan kulit
Riasan wajah dengan make up yang setiap hari banyak digunakan terutama pada kalangan wanita menyebabkan kulit menjadi kasar, atau kering. Penggunaan riasan yang kadang tidak sesuai juga dapat menyebabkan iritasi pada kulit wajah dan menimbulkan masalah. Oleh karena itu diperlukan suatu upaya yang serius dan intens untuk menangani hal ini dengan charcoal. Namun bukan berarti penggunaan produk yang tak cocok dilanjut ya, tetep setelah perawatan kemudian ganti.

 Banyak kan, nah di sini udah ada yang pernah nyoba perawatan pakai charcoal dan kombinasi bahan lainnya? Share dong, yang paling ampuh ramuan perawatan kaya apa sister-brother!
*** 
sumber gambar: freepik

1 comment:

  1. Wah banyak banget ya Mbak manfaat dari charcoal. Bisa menghilangkan komedo tuh hehe

    ReplyDelete