The words. The thoughts. The journal.

September 17, 2019

Tips & Pentingnya Melatih Kecerdasan Spiritual Sejak Kecil

Setiap orang memiliki tingkat kecerdasan dalam hal spiritualnya masing-masing. Kecerdasan spiritual  atau yang biasa disebut dengan spiritual quotient (SQ) sudah seharusnya dilatih sejak dini. Karena, dengan melatih kecerdasan tersebut akan membantu dalam keseharian dalam tumbuh dan berkembang nantinya. Mereka akan mengingat bagian yang menjadi dasar-dasar yang diajarkan sejak usia dini. Terutama, untuk konteks dalam menjalani kehidupan sosial, berbagai macam persoalan tentu bisa saja terjadi. 

kecerdasan spiritual
Imgsc: Markus Spiske pexels

Penting untuk melatih kecerdasan spiritual sejak dini agar terbiasa dengan hal yang sederhana kemudian berlevel. Karena jika sudah besar nanti akan lebih rumit seiring bertambahnya aneka problematika yang dihadapi dan kemampuan dalam menyikapinya tentu saja berbeda. Orang tua dalam hal ini tentu saja harus memiliki kesadaran betapa pentingnya melatih kecerdasan spiritual sejak dini secara tepat.

Tips Melatih Kecerdasan Spiritual 
Setiap orang, maupun anak memiliki cara dan perlakuan tersendiri untuk melatih kecerdasan spiritual. Beberapa tips berikut bisa menjadi acuannya:

Bergabung Dengan Aktivitas Sosial

Jadikan anak terbiasa untuk bisa bergabung dengan aktivitas sosial. Sifat anti terhadap sosial akan berakibat negatif. Bergabung dengan aktivitas atau kegiatan sosial maka akan menumbuhkan rasa untuk bisa berkomunikasi dan empati terhadap lainnya. Tentunya, memiliki manfaat untuk batin yang luwes namun bisa juga menempatkan kapan harus tegas.

Sifat berempati yang dilatih dari aktivitas sosial bukan saja bermanfaat bagi diri sendiri namun dapat memberikan manfaat yang baik bagi sekitar. Untuk itu, sebagai orang tua memang dianjurkan untuk bukan hanya menyuruh namun memberikan teladan melalui aktivitas sosial bersama. Seperti melibatkan anak di gotong royong warga, memberi contoh mengasihi sesama, dan lain-lainnya.

Ajarkan Sifat Saling Berbagi Kebaikan

Menjalani kehidupan ini memang tak sendirian dan saling membutuhkan. Untuk itu, harus memiliki sifat untuk dapat berbagi kebaikan dan tak egosentris. Kebaikan bukanlah hanya sekedar uang melainkan masih banyak hal baik yang bisa diberikan. Seperti contohnya, memberikan bantuan tenaga, waktu dan lainnya.

Hal ini alangkah lebih baiknya untuk bisa diajarkan kepada anak sejak dini. Karena, dengan mengajarkan kepada anak akan membuat jiwa spiritualnya lebih terbentuk. Anak mungkin tak akan langsung paham mengenai konsep berbagi kebaikan, namun dengan kebiasaan mereka dapat terlatih sendiri sampai nanti beranjak remaja dan dewasa.

Ajarkan Anak Untuk Bersyukur

Kehidupan akan menjadi lebih bermakna jika selalu bersyukur. Ajarkan kepada anak mengenai pentingnya bersyukur dan tak mengejar ambisi secara berlebihan. Sangat mudah untuk mengajarkannya, yaitu dengan menjalani kehidupan yang cukup dan senantiasa memberikan syukur seperti kata terima kasih. Meskipun mudah, bersyukur ini merupakan kebiasaan yang senantiasa harus diulang dan dipupuk.

Ajarkan Untuk Tidak Sombong

Ajarkan bahwa jangan pernah sekalipun untuk memiliki perasaan sombong. Berikan contoh-contoh cerita akibat dari sombong ini sendiri agar konsep tak hanya lewat di kepala. Anak juga perlu belajar memahami sendiri sombong dan mengapa hal tersebut tak baik karena akan merugikan dirinya sendiri.

Beberapa tips melatih kecerdasan spiritual di atas tentu bisa dicoba. Khususnya, kepada anak yang memang harus diberikan pelatihan sejak dini. Semoga dapat memberi manfaat yaa!

***

2 comments:

  1. Duh ini gak cmn buat anak saya, saya juga jadi tersentuh.. trims mba

    ReplyDelete