Berawal dari Jajanan Anak Sekolah, Makanan Ini ‘Naik Kelas’ Menjadi Menu Andalan di Café

Siapa yang masih ingat, waktu jaman sekolah dulu jajanan apa aja yang sering dibeli? Meskipun masih ada beberapa jajanan jaman dulu yang bertahan hingga saat ini, namun perkembangan kuliner yang tidak pernah berhenti juga terus-menerus menciptakan aneka ragam inovasi-inovasi baru untuk para masyarakat pecinta kuliner. Mulai dari kue cubit, kue lekker, pisang goreng, hingga telur gulung sering kali dijadikan sebagai jenis jajanan anak sekolah paling favorit saat ini.

Namun, siapa sangka bahwa jenis jajanan anak sekolah yang bisa kamu temukan dengan mudahnya di depan gerbang sekolah dengan harga ribuan, justru ‘naik kelas’ menjadi menu andalan di café-café mahal dengan harga yang mencapai puluhan ribu. Nah, di artikel kali ini, kita akan melihat jenis jajanan anak sekolah yang bertransformasi menjadi menu andalan di café-café. Pasti dari beberapa jajanan ini sudah kalian temui juga di café-café.

1. Kue Cubit 

kuecubitkekiniancafe
imgsc: opensnap.com

Siapa yang tidak kenal dengan kue kecil berbentuk bulat yang digemari oleh anak-anak ini? Biasanya gerobak kue cubit satu gerobak dengan kue laba-laba dan bisa ditemukan di depan gerbang sekolahan. Namun seiring berjalannya waktu, kue cubit bukan lagi hanya dijual di gerobak pinggir jalan, melainkan ‘naik kelas’ menjadi menu andalan di café mahal.

Tidak hanya memiliki harga yang jauh lebih mahal, bentuk dari kue cubit itu sendiri berkembang diikuti dengan sentuhan ala anak muda, menjadi lebih berwarna dan bervariasi. Yang pada awalnya hanya memiliki rasa vanilla dengan topping meses, saat ini sudah memiliki beraneka ragam rasa yang bisa dijadikan pilihan, seperti rasa green tea, coklat, dan red velvet. Untuk topping nya itu sendiri, konsumen juga bisa memilihnya sesuai dengan selera dari masing-masing individu, mulai dari kacang, keju, nutella dan orea, hingga aneka ragam saus pasta yang begitu menggugah selera.

2. Lekker 

crepes lekker kekinian
imgsc: caramudah.com

Bagi yang senang berjalan-jalan di mall, pasti kalian sering dong melihat atau justru membeli camilan ringan bernama crepes. Nah, lekker merupakan versi murah dari kue crepes ini. Sering ditemukan di gerbang sekolah, saat ini lekker juga ikut ‘naik kelas’ menjadi menu andalan di café. Jika di depan sekolah kamu bisa mendapatkan 10 biji kue lekker dengan harga Rp. 10 ribu, maka di café dengan nominal yang sama kamu hanya bisa mendapatkan 4 atau 5 biji kue lekker saja.

3. Pisang Goreng 

pisang goreng cokelat keju kekinian
imgsc: fimela.com

Pada awalnya, pisang goreng merupakan salah satu menu yang sering dijual oleh para pedagang gorengan, dijadikan satu dengan tempe dan tahu goreng. Banyak dijadikan sebagai kudapan favorit masyarakat, pisang goreng akhirnya diangkat menjadi salah satu menu camilan yang dijual di café dan dilengkapi dengan aneka ragam topping sesuai dengan selera konsumen, mulai dari keju, meses, kental manis, dan masih banyak lagi.

4. Roti Bakar 

roti bakar cafe kekinian
imgsc: food.detik.com

Untuk yang senang berburu kuliner, mungkin sudah tidak asing lagi dengan tulisan ‘roti bakar’ di beberapa café, khususnya di Jakarta. Dengan berbagai variasi rasa dan topping, tak jarang banyak masyarakat yang menjadikan roti bakar sebagai camilan favoritenya. Tak hanya dijual di gerobak pinggir jalan saja, melainkan juga menjadi menu andalan di café-café. Mulai dari variasi rasa sederhana seperti meses dan keju hingga variasi rasa baru seperti milo, green tea, dan nutella bisa dijadikan pilihan oleh konsumen sesuai dengan selera dari masing-masing individu.

Meskipun termasuk ke dalam menu camilan yang sederhana dan mudah dibuat, jenis-jenis jajanan anak sekolah ini bisa dijadikan sebagai peluang usaha yang menjanjikan. Tanpa memerlukan modal yang besar, hal ini justru bisa menghasilkan keuntungan yang fantastis lho dengan inovasi. Ingin mengetahui jenis-jenis jajanan sekolah lainnya yang bisa dijadikan sebagai peluang usaha? Yuk baca informasi lengkapnya di https://www.cekaja.com/info/ide-usaha-jajanan-anak-sekolah-yang-beromzet-jutaan-rupiah/ dan siapa tahu nemu ide bisnis kuliner kekinian dari sini! 
***

14 comments

  1. duh nomor 3 gue banget... gak di mana gak kapanpun

    ReplyDelete
  2. Wah menggoda banget nih Mbak yang pisang goreng itu, sama yang lekker. Enak banget

    ReplyDelete
  3. kue leker bikin kangen deh makan makanan ini. tapi sekarang yang masih eksis tuh makanan roti bakar gitu ya kak banyak banget cafe yang menjual roti bakar gitu

    ReplyDelete
  4. Bagi saya, yang jadi favorit ketika masih sekolah dasar dulu adalah lekker.

    Karena dengan berbagai macam varian rasa yang menggoda selera, harga murah,serta sensasi krispi nya tentu sungguh menggoda hati.

    Selain itu,ditambah dengan adanya perjuangan untuk mendapatkannya tentu menjadi lebih nilai tambah.

    Iya habisnya jadi favorit banyak orang

    ReplyDelete
  5. Hahaha bener banget, aku dulu pernah ngisi salah satu counter di foodcourt jual kue cubit itu laku

    ReplyDelete
  6. Duuh, baca nama kuenya sama lihat penampakannya mendadak lapeer! Semua kesukaan saya waktu sekolah dulu. Etapi ada beberapa yang masih suka buat sendiri seperti lekker, pisang goreng dan roti bakar

    ReplyDelete
  7. KUE CUBIT FAVORITKU!

    Udah lama banget nih gak makan kue cubit. Emang udah banyak banget di cafe yang nyediain dengan kesan high class, tapi aku biasanya tetep lebih suka kue cubit abang-abang pinggir jalan. Rasanya lebih original dan gak berubah kayak pas zaman kecil.

    ReplyDelete
  8. Murah meriah dan ngangenin ya mbak, juga dilihat dari tren makanan di cafe-cafe yang menyajikan menu yang simple dan ada cemistry nya.

    ReplyDelete
  9. Padahal jajanan-jajanan ini kalau diperhatikan, bisa bikin sendiri di rumah yaa..
    Heheh...tapi kalo nongki di cafe, cenderung beli jajanan yang sudah familiar kaya gini...
    Enyaaak~

    ReplyDelete
  10. Bener banget mba. Masih ingat kue cubit dan leker mah didepan sekolahan banget penjualnya bawa gerobak dorong. Harganya murmer. Sekarang di cafe mihil bingits ya

    ReplyDelete
  11. Enak2 semua itu makanannya. Kl naik kelas ke cafe,pahitnya tuh harganya jadi mahal. Hehehe

    ReplyDelete
  12. Kue cubit sering tuh disungguhi pas acara seminar di hotel2, karena pebampilannya yang cantik

    ReplyDelete
  13. Nah itu lekker bahkan ada tuh franchisenya, kira-kira duluan lekker apa franchise yang satu itu ya? Hehe. Emang sih di zaman sekarang ini penting banget sih buat berinovasi

    ReplyDelete
  14. Bener banget kak, stiap ada event di palembang di cafe maupun hotel kayaknya ga asing ada kue cubitnyaa,

    ReplyDelete

Hi! Lemme know you read this story by drop your perspective through a comment below :)