A lifelong learner's digital journal you will read passionately

October 21, 2019

Kerajinan Dari Limbah Plastik Bernilai Jual Tinggi

Limbah plastik bisa dimanfaatkan untuk dibuat berbagai macam kerajinan. Kerajinan dari limbah plastik jelas memiliki nilai yang lebih jika diolah dengan kreatif. Selain itu juga harus memiliki nilai manfaat yang dapat digunakan jadi bukan hanya berkreasi. Ngerasa guilty nggak sih kalau tiap membuang sampah plastik yang masih bisa dikreasikan ulang?

Caranya, bisa dengan menjadikannya sebagai kerajinan atau DIY. Bahkan kalau kita ikut komunitas bisa bernilai dan bisa dijual ulang. Nah tapi kalau buat sehari-hari di rumah atau kostan sih bisa lebih bebas berkreasi sesuai dengan keinginan kita. Beberapa hasil kerajinan dari limbah plastik yang bisa kamu buat yaitu:
Gantungan Pot 
kerajinan dari limbah plastik
sc: Juanjo Menta pexels

Limbah plastik yang sering sekali dianggap sebelah mata ternyata bisa dijadikan sebagai gantungan pot. Saat ini, banyak sekali dari limbah plastik yang beredar yaitu berupa botol. Buat yang suka menanam sayuran atau bunga-bungaan ada baiknya memanfaatkan limbah botol untuk pot.


Untuk membuatnya juga tidaklah sulit, cukup mempersiapkan beberapa botol bekas dengan ukuran 1.5 liter. Setelah itu, bisa memotongnya menjadi 3/4 bagian atau sesuai kebutuhan. Jika sudah, tambahkan hiasan berupa lukisan yang menarik. Terakhir tinggal dikasih tali aja sebagai gantungan.

Bunga Hias

Contoh DIY yang lain adalah menjadikan limbah ke kerajinan berbentuk bunga hias. Biasanya diolah dari sedotan bekas dan dibentuk seaneka rupa. Buat yang perempuan nih inget nggak jaman SD suruh bawah bekas sedotan plastik untuk dibuat kerajinan saat sekolah dulu? Kalau nggak bikin bingkai ya bunga-bungaan kemudian buat pajangan.
Pastikan sebelum memulai DIY dibersihkan benar-benar dan dikeringkan. Selain untuk pajangan, bisa dijuga dirangkai menjadi tirai di pintu. Dari pada beli, lebih baik membuat sendiri kreasi kita bukan?
Tempat Pensil 
kerajinan dari limbah plastik
sc: pexels Piotr Korab

Dari pada membeli tempat pensil untuk diletakan di meja kerja lebih baik memanfaatkan barang yang ada misalnya bekas botol plastik, bekas wadah skincare, atau gelas plastik yang sudah tak terpakai. Tinggal kasih aksesori lain misal dengan pita atau sisa manik-manik. Selain nambah kreativitas sesuai dengan khas kita, siapa tahu bisa jadi inspirasi teman-teman yang lainnya bukan?

Nah siapa yang suka nge DIY tempat pensil kaya gini? Lebih enak dari bahan plastik bekas sih biar kalau ke mana-mana nggak berisik dibanding dengan bahan seperti kaleng. Kemudian pastikan tatakannya nggak gampang selip ya kalau isinya banyak. 

Gantungan Kunci (Keychain)
 
Hampir semua orang menyukai souvenir berupa gantungan kunci. Di sekitar kita banyak limbah plastik yang nggak terpakai dan bisa kita rombak nih jadi gantungan kunci. Kalau misal desain kita bagus, bisa kita jual untuk menambah penghasilan. Kalau misla untuk diri sendiri boleh juga sih, jadi nggak ada yang nyamain. Iya kan?

Nah, itulah kerajinan dari limbah plastik yang bisa dibuat. Caranya gampang dan alat serta bahannya mudah untuk ditemukan. Masih banyak lho kreasi lain selain barang jadi di atas. Bisa sekaligus untuk mengisi waktu luang, atau nantinya jadi social project bersama-sama. Ayo, dari yang biasa saja jadikan sesuatu atau kerajinan yang estetik dan bernilai jual tinggi. Ceritain juga dong, biasanya suka DIY limbah dan jadi bentuk apa?
***

2 comments:

  1. Limbah plastikpun bisa diolah dan berubah menjadi barang baru dengan nilai jual yang tinggi, selain itu dampak positif terpenting adalah dapat mengurangi limbah plastik yang berdampak buruk terhadap lingkungan.

    ReplyDelete
  2. Iya kak, sedih kalau ngeliat banyak sampah :(

    ReplyDelete