A lifelong learner's digital journal you will read passionately

October 18, 2019

2019, Lagu-Lagu, dan Menghidupi Hidup

Halo, apa kabar?

Sudah lama saya nggak update playlist di blog ini, terakhir tuh Running Song Playlist dan sudah lebih dari setahun yang lalu. 

Insert emot senyum dulu. :)

Dan sejak berkenalan dari yang namanya patah hati sama hidup, sama ekspetasi-ekspetasi yang berbeda, sama kekecewaan diri sendiri, hingga kebingungan di persimpangan jalan lagu-lagu yang diputar itu berubah. Biasanya sok keminggris, tapi lagu-lagu karya orang Indonesia bagus-bagus juga loh, banyak banget malah. Kemudian, Bahasa Indonesia bagi saya juga punya mantra tersendiri yang walaupun diterjemahkan ke bahasa lain, feelnya tetep beda.

Ya, yang akan diulas singkat nantinya tetep ada yang Bahasa Inggris sih, cuma mayoritas playlist saya kali ini lagu-lagu indie. Lagu-lagu di bawah udah berbulan-bulan ndengerin tapi masih tetep nggak bosen. Mungkin, yang membawa pesan dari dalam akan memberi kesan yang dalam pula. Langsung aja berikut daftarnya, siapa tahu buat yang belum tahu ingin mendengarkan dan juga jatuh cinta!


1. DANILLA

- Dari Sebuah Mimpi Buruk

Jika ku sandingkan ku dengannya
Tiada habis lara
Yang ada hanya ada tangis belaka
Dan berbuah luka

Ya ampun cici! Pertama kenal karyanya Danilla dari lagu ini dan langsung jatuh cinta. Pernah denger namanya sih dua tahun sebelumnya, ternyata karya-karyanya murni, jujur, dan sedalam itu.  Danilla juga idola saya sih karena demi apapun, jadi diri sendiri banget! Cuma beberapa orang yang bisa, saya aja nggak bisa nyahaha.

- AAA


Benarkah bila Kau sudah terabaikan di sana Rekatnya tekanan tak buatmu jera

Lagu Danilla favorit sepanjang masa, jika tubuhmu kelelahan dan kebingungan maka lagu ini cocok untuk escaping. Bawaanya lagi di pinggir pantai dan ujan jadi rasa basahnya itu dobel gitu. Lagu ini juga yang selalu saya nantikan kalau lagi ke gigsnya Danilla, karena ada sensasi menghayati dan heningnya sih—kalau lagu Danilla lainnya kan pendengar turut nyanyi.

2. PAMUNGKAS

- I Love You But I’m Letting Go

 Cause you know what they say
If you love somebody
Gotta set them free

Saya lupa kapan pertama kali kenalan sama Mas Pam, sepertinya dari twitnya Bang Nikko Ilham sih. Lagu ILYBILG ini dalem banget maknanya, ngeliat video clipnya juga udah sana kalian pada ngambyar. Dalam VCnya ini di kolom komentar, Mas Pam juga menulis patience, love takes time. Pasti kita pernah berada dan merasa saat-saat seperti ini.

Lagu ini nggak ada bosen-bosennya kalau lagi perjalanan ke rumah, atau waktu itu ke Bandung di dalam bis lagunya ini mulu alias nggak diacak. Apalagi jika kamu mendengarkan pada jam 2 pagi, astaga. Jangan skip dulu karena cinta-cintaan, lama kelamaan kalau denger lagu ini tuh jadi paham betapa banyak hal-hal dalam hidup yang tak bisa digenggam erat-erat seusaha apapun itu. Hmm, sad hour.

- Break It


Ini juga sama, kalau umur sekarang mah memaknai patah hatinya itu lebih luas ya—lebih patah hati ke hidup. Lagu ini juga cocok ketika kita sedang pamit ke diri sendiri yang lama baik bagian yang baik maupun yang buruk. Sedih boleh, patah hati boleh, nyekip dulu boleh, tapi jangan berhenti dan jangan nyerah okay okay?

Go on and take my heart and break it~~

3. NADIN AMIZAH
- Rumpang

Katanya mimpiku kan terwujud
Mereka lupa tentang mimpi buruk
Tentang kata "Maaf, sayang aku harus pergi."
Sudah kuucap semua pinta
Sebelum kumemejamkan mata
Tapi selalu saja kamu tetap harus pergi

Cakecaine! Yes, sejak munculnya lagu Rumpang, Nadin memang punya pendengar sendiri. Nadin punya karakter dan sekarang sedang berkembang. Lagu lainnya yang nggak kalah bagus juga ada seperti Sorai atau Seperti Tulang, namun bagi saya Rumpang itu yang paling apik. Pernah, bangun tidur langsung mendengar lagu ini untuk lebih tegar lagi nyahaha. Jika kamu pernah mendengar Amin Paling Serius, itu suara Nadin juga bersama Sal Priadi.

4. HINDIA
- Secukupnya

Kapan terakhir kali kamu dapat tertidur tenang?
Tak perlu memikirkan tentang apa yang akan datang
Di esok hari?
Tubuh yang berpatah hati
Bergantung pada gaji
Berlomba jadi asri
Mengais validasi

Parah, suka, banget, kebangetan. Jarang banget ada lagu yang mengajak kita untuk bersedih, untuk sesekali nggak papa gagal bahkan yang gagal banget. Ada kan kalau menangis tapi nggak bisa berbuat apa-apa, melalui Secukupnya diajak untuk menangis dengan lapang. Hidup itu nggak harus dapet bagus terus, nggak nanjak terus. Jadilah manusia.

5. RARA SEKAR ft Hindia
-Membasuh


Ketika Baskara Putra dipadu dengan Rara Sekar, sudahlah mari mendengarkan karya ini mengenai konsep menjadi manusia yang less transactional.

Telat kusadar
Hidup bukanlah
Perihal mengambil yang kau tebar

6. EFEK RUMAH KACA
- Putih




Lagu ERK banyak yang bagus sampai bingung milih, namun Putih ini sangat menarik bagi saya. Rasanya bingung juga kalau mau dideskripsikan dengan kata-kata, cukup bisa dijelaskan kalau kamu coba mendengarkan. Yang saya suka adalah ada kata tahlilan, okee… Sangat mengglokal.

Akupun ikut tersedu sedan
Akhirnya aku usai juga
 
7.  TEDDY ADHITYA
- Why Would I Be



Why would I be
Strained by the rain of those memories of you
Why would I be
Trapped in a place without no name

Bertemu lagu ini ketika Spotify muter acak lagu dan kebangun pas jam 2 pagi. Rasanya gimana gitu, mengingatkan akan patah hati yang sudah terlewati.

8. KUNTO AJI
- Mengunci Ingatan (Cover Barasuara)

Sembuhkan lukamu yang membiru
Serpihan hatimu yang berdebu
Pagimu yang terluka
Malammu yang menyiksa
Hal yang ingin kau lupa
Justru semakin nyata


Jadi, siapa yang sama-sama tahu lagu cover ini dari webseries Mengakhiri Cinta Dalam 3 Episode? Biar dengernya lebih klik, sambil nonton webseriesnya aja. 

- Saudade

Jadilah besar bestari
Dan manfaat tuk sekitar

Lagunya Kunto Aji memang khas dan serba self healing. Yang paling suka sih ini, aransemennya enak didengarkan.

-Mercusuar



Dari yang sudah sudah
Cinta hanyalah bualan
Dari yang sudah sudah
Hanya rasa tanpa tujuan
Aku ingin berhenti
Lelah aku mengarungi
Aku ingin bersandar
 

Ditambahkan pada awal November 2019 yang penuh dengan hujan, lagu ini cocok untuk kembali jatuh cinta lagi bukan karena ingin melupakan yang lama namun karena memang butuh dan lelah sendiri. BTW, MVnya keren.

9. TULUS
-Monokrom


Lembaran foto hitam putih
Aku coba ingat lagi
Warna bajumu kala itu
Kali pertama di hidupku
Manusia lain memelukku

Tulus juga memiliki penggemarnya sendiri, dan dikenal memiliki pribadi yang ramah. Sering sih denger lagu-lagunya Tulus, cuma sampai saat ini baru 3 yang menjadi favorit saya. Yang monokrom ini saya dengarkan pertama kali saat KKN bukan di desa penari.

- Cahaya

Ratusan alasan kamu cahaya
Semampuku kau akrab dengan senyum
dan tawa
Semampuku tak lagi perlu kau takut
cinta
Kalau untuk Cahaya ini saya tahu dari Kak Bulan, die hard fansnya Tulus nyahaha! Lebih enakan yang versi live sih menurut saya, atmosfirnya kerasa beda.

- Langit Abu-Abu

Di bawah basah langit abu-abu
Kau dimana?
Di lengannya malam menuju minggu
Kau dimana?

Ini juga indah! Lagu yang membuat kita ingat kita pernah sememastikan itu siapa kita dalam diri seseorang.

10. COLDPLAY
- Paradise

When she was just a girl she expected the world
But it flew away from her reach and the bullets catch in her teeth
Life goes on, it gets so heavy
The wheel breaks the butterfly every tear a waterfall
In the night the stormy night she'll close her eyes
In the night the stormy night away she'd fly

Well, saya suka lagu Paradise ini karena Coldplay menggunakan kata “she”, berasa bermakna aja dan memang nada-nadanya bagus.

11. NOVO AMOR
- Anchor

And I hear your ship is comin' in
Your tears a sea for me to swim
And I hear a storm is comin' in
My dear is it all we've ever been?

Lagunya Novo Amor memang punya karakteristik tersendiri, dan jenis musik yang ketika kamu mendengar meskipun belum pernah sebelumnya kamu bisa menebak siapa itu. Mungkin karena settingnya di laut juga saya tertarik sama Anchor ini, nggak perlu dimaknai dalem-dalem banget sih intinya bagus, cocok didengarkan di kereta malam.

12. EDDIE VEDDER
-Guaranteed


Lagu lawas sih ini, tapi saya baru dengerin pas tahu ada di film Into the Wild. Yap, kalau soundtrack film itu punya sensasinya sendiri karena narasi divisualkan.

13. RICH BRIAN
 - Drive Safe


Rich Chigga alias Rich Brian alias Brian Imanuel sejak kemunculan pertamanya ngerap udah menunjukan bahwa dirinya memiliki potensi yang cerdas. Drive Safe ini masterpiece, jenius, asli! Kamu harus liat video clipnya juga. Rich Brian membawakan bagaimana seorang anak di luar negeri sana kemudian kembali ke memori masa kecil di tanah Indonesia di album The Sailor. Saya selalu terharu sih sama cerita-cerita begini. Drive Safe cocok didengarkan saat kamu merasa terasing di kota orang atau perjalanan pulang larut malam.

All these thoughts I have in my head
Got me blinded from the sunset
I'm tryin' hard to stop the rain
'Cause smilin' doesn't feel the same
14. KODALINE
- High Hopes


I remember it now, it takes me back to when it all first started
But I've only got myself to blame for it, and I accept that now
It's time to let it go, go out and start again
But it's not that easy

Hayo siapa yang suka sama Kodaline dengan lagu andalannya, All I Want? Lagu-lagunya Kodaline memang semenyihir itu juga sih buat tetap tegar meski dunia sedang nggak berpihak pada kita. Ketemu High Hopes gara-gara ada fanvideo di YT yang memadukan film Love, Rosie pakai film ini. Karena saya sendiri suka film tersebut dan love storynya berliku-liku, jadi kerasa ikut berjuang aja sama karakternya nyahaha.

- Shed a Tear


It's harder to see through the eyes of a stranger
It's easy to love when the world doesn't hate ya
When you tryna send out but nobody hears a word
It's easy to swim when the tide's not against ya 

Lagu Shed a Tear menemani kala diri lagi bungkam-bungkamnya, kadang amazed sih dengan lagu aja bisa sembuh esoknya dan siap menghadapi hari. Shed a Tear ini ngerangkul dalam bentuk lagu.

- Head Held High 


You need a little light to guide the way
Waiting on the sun to shine again
You got to keep your head up high
You got to keep your head up high

Gokil sih suka banget sama video clipnya, memberi guyuran semangat kalau kita itu boleh dan harus terus bermimpi, untuk terus memiliki mimpi sampai kapanpun nanti. Mimpi kita kadang menjaga akal waras dari kehidupan sehari-hari.

15. AMIDGALA- Tuhan Sebut Kita Sia-Sia

Aku mendakimu jauh sampai patah kaki
Sedang kau mati suri berdendang sendiri
Aku mendakimu jauh sampai patah kaki
Sedang kau mati suri berdendang sendiri
Sejak itu Tuhan sebut kita sia-sia
 
Terakhir suka ya sama yang Kukira Kau Rumah, namun lama kelamaan bosen karena jadi sering dengar dan dinyanyikan. Namun kalau yang ini nggak ada bosen-bosennya ampun deh beneran, dalem banget rasanya.
  
 
Oke, kira-kira itulah lagu-lagu favorit saya di 2019 ini. Untuk rekomendasi lagu-lagu lainnya di blog bisa bisa klik label songs ya. Terima kasih telah mampir dan membaca :)

24 comments:

  1. numpang nyimak aja mba.. Saya roaming.

    Genre saya lagu tembang kenangan, sesuai umur heheeh

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe iya ini saya juga sesuai dg seumuran saya wkwkw

      Delete
  2. Aku pernah tahu lagu Nadin tapi nggak sering dengerinnya heee
    Nah kalau lagu kayak Monokrom nya Tulus aku suka tuh mbak, easy listening juga hee
    Makasih buat sharing list lagu-lagu tsb yah mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya monokrom bikin kangen sama nostalgia sih hehe

      Delete
  3. Taunya cuma Tulus dan Kunto Aji yang lain roaming ga ada yang tau. Hehe

    Salam,
    Anita Makarame

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah banyak juga yang terlewatkan hehe

      Delete
  4. Semua penyanyi dan lagi di artikel ini nggak ada satu pun yang aku tahu, kudet pisan ya, tapi jadi tahulah penyanyi dan lagu yang lagi digandrungi zaman now

    ReplyDelete
  5. Paradise itu sering aku dengar di acara traveling di tv ya, my trip my adventure. Aku suka yg rara sekar. Dan pastinya tulus yg monokrom

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya benar yang ada di MTMA cuma ternyata liriknya keren:)

      Delete
  6. Aku udah lama banget ga bilin playlist di laptop. Di hp pun ga ada lagu. Whoaaa. Keterlaluan banget ga sih? Selama ini aku cuma dengar lagu anak2 sih mbak soalnya kalau aku hidupin lagu kesukaanku, anakku pasti minta diputarin lagu favoritnya

    ReplyDelete
  7. Lagu2nya Mbak Marfa banyak yg indie ya. Saya pernah dengar beberapa di antaranya dan suka juga. Lirik2 di lagu mereka ini memang juara.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak hehe banyak indie yang keren

      Delete
  8. Wah, cuma tiga nama yang saya tahu dari playlist ini : Tulus, Efek Rumah Kaca, dan Kunto Aji. Yang lainnya masih asing. Saya dengerin dulu biar kenal.hehehe

    ReplyDelete
  9. Dari sederet lagu yang disajikan, yg familiar hanya lagunya Mas Tulus. (Jadi ketahuan kudetnya saya akan dunia musik kekinian ya/)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihi Tulus memang di mana-mana ada hehe

      Delete
  10. Beberapa lagunya sudah aku pernah dengarin mba. Seperti Tulus lagunya favorit aku banget deh. Yang lain lagunya kayaknya perlu dicoba play ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. lagunya Tulus enjoy didengerin ya :)

      Delete
  11. paling suka ama rich brian mantep dah

    ReplyDelete