5 Tempat Wisata di Labuan Bajo yang Wajib Dikunjungi

Sebagai daerah yang menjadi tempat wisata prioritas di Indonesia, ada banyak tempat wisata di Labuan Bajo yang keindahannya tak perlu diragukan lagi. Saking indahnya banyak turis mancanegara yang menjadikan Labuan Bajo sebagai pilihan utama berwisata selain Bali. 

Labuan Bajo sendiri adalah nama desa di provinsi Nusa Tenggara Timur yang saat ini tengah berbenah agar terlihat lebih menarik di mata wisatawan dunia. Karena selain Pulau Komodo, ada banyak hidden treasure lain yang pantas dilirik. Tempat wisata tersebut adalah:

1. Pantai Pink 

pantai pink lombok
gambar: penjelajah.com

Tempat wisata di Labuan Bajo yang pertama adalah Pantai Pink. Seperti namanya, daya tarik dari pantai ini adalah pasirnya yang berwarna pink. Warna pink pada Pantai Pink sendiri berasal dari hasil pigmen hewan bernama Foraminifera. 

Bukan hanya itu saja, para wisatawan yang datang akan dibuat takjub dengan keindahan bawah laut dan terumbu karang yang begitu mempesona. Cocok buat Anda yang senang diving maupun snorkeling. 

2. Goa Rangko 

gambar: irfanishere.com
Goa Rangko kini memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang ingin menyaksikan keindahan stalaktit yang menghiasi dinding goa. Selain itu terdapat kolam biru jernih yang bisa digunakan untuk berendam melepas penat setelah menempuh perjalanan jauh. 

Goa Rangko berada di Pulau Gusung, Desa Rangko, Manggarai Barat. Dari Labuan Bajo pengunjung bisa menggunakan kapal cepat atau perahu kayu yang banyak disewakan di dekat dermaga. 

Sepanjang perjalanan menuju Goa Rangko, pengunjung akan dimanjakan dengan pemandangan laut dan pasir putih yang mampu menyihir setiap pasang mata. 

3. Pulau Padar 

pulau padar nusa tenggara barat
gambar: superadventure.co.id
Tempat wisata di Labuan Bajo selanjutnya adalah Pulau Padar. Popularitas pulau ini dianggap mampu menyeimbangi Pulau Komodo karena banyaknya wisatawan yang berkunjung apalagi saat musim liburan. 

Biasanya wisatawan yang datang ke sini karena tertarik dengan hamparan perbukitan yang memenuhi sekeliling pulau dan saat mencapai puncak bukit akan terlihat panorama berupa lautan biru yang tak terlukiskan keindahannya. 

Sedikit tips buat Anda yang ingin berkunjung ke Pulau Padar, pastikan membawa peralatan hiking yang lengkap karena jalur yang akan dilewati begitu terjal dan mungkin terasa berat bagi Anda yang belum pernah melakukan pendakian. 

4. Danau Kelimutu 

gambar: nttprov.go.id 
Danau Kelimutu terkenal karena keindahan air danaunya yang memiliki tiga warna berbeda. Uniknya warna-warna tersebut akan berubah dalam waktu tertentu. Bukan hanya itu saja, di sini wisatawan juga bisa menyaksikan keindahan matahari terbit. 

Ada banyak spot foto Instagramable di sekitar lokasi, jadi jangan lupa untuk mengisi penuh baterai ponsel atau membawa kamera dengan resolusi tinggi agar hasil foto lebih bagus. 

5. Pulau Bidadari 

pulau bidadari labuan bajo
gambar: backpackerjakarta.com
Objek wisata di Labuan Bajo yang wajib dikunjungi selanjutnya adalah Pulau Bidadari, atau dulunya dikenal dengan nama Pulau Bidara karena ada banyak pohon bidara yang memenuhi pulau ini. 

Terletak di antara gugusan pulau, Pulau Bidadari menjadi pusat wisata bahari di Labuan Bajo yang mampu memikat wisatawan dengan keindahan terumbu karang, air laut, dan pasir pantainya yang berwarna putih. 

Dengan dianugerahi kekayaan alam yang luar biasa, pantas rasanya Labuan Bajo dipilih sebagai daerah wisata prioritas oleh pemerintah. Selain rekomendasi tempat wisata di Labuan Bajo di atas, ada juga Pulau Komodo yang memberikan sensasi liburan sambil melihat hewan purba. 

Sudah memutuskan mau ke mana saja? Kelima wisata tersebut sangat menggiurkan untuk didatangi, semoga barang ada waktu dapat ke sana!
Show Comments/Tampilkan Komentar
Hide Comments/Sembunyikan Komentar

No comments

Hi! Lemme know you read this story by drop your perspective through a comment below :) (p.s: a comment with active url will be deleted)