Review eBright Skin Acne Series, Skincare Untuk Kulit Berminyak dan Berjerawat

Setuju nggak kalau bangun pagi terus melihat cermin, wajah terlihat cerah dan nggak kusut? Kalau saya sih iya, misal bangun-bangun melihat wajah cerah walaupun ada satu dua jerawat tuh bawaanya seneng. Bisa bikin good mood seharian dan seakan jadi booster tersendiri untuk memulai hari. Beda banget sih kalau kelupaan atau ketiduran buat skincarean malem, pasti paginya entah jadi berminyak atau muka terlihat kusut. Jadi setuju yah kalau skincarean sebelum tidur itu penting banget, nggak lupa selalu jadiin rangkaian skincare untuk kulit berminyak sebagai starter pack.

Kulit wajah saya tipenya oily, namun dengan kondisi tertentu beda juga produk skincare yang digunakan atau nggak menetap di itu-itu saja. Misalnya ketika saya berkuliah dan di rumah, sabun mukanya pasti berbeda karena diakibatkan perbedaan suhu dan air. Atau saya pernah waktu kegiatan Kuliah Kerja Nyata dengan kondisi lebih panas dan kemungkinan tak cocok dengan kualitas air tiba-tiba berjerawat. Panik banget dong karena biasanya nggak pernah berjerawat di dahi, kala itu hampir menyebar. Belum lokasi posko jauh dari swalayan, beli facewash lain juga belum tentu langsung cocok. Untungnya nggak keterusan sampai selesai KKN sih, kulit jadi normal kembali. Fiuh, senangnya.

skincare doodle images
pict: royaltuesday.wordpress.com

Sejak itu jadi lebih memerhatikan kebutuhan kulit wajah bahwa nggak selamanya stay di satu produk skincare apalagi kalau udah mulai bertambah masalahnya. Misalnya, kebiasaan saya buat nulis kadang bikin saya lupa waktu jadi sering begadang, masih suka makan junk food, dan minuman manis. Duh bahaya banget nggak sih, efeknya itu bukan hanya ke kesehatan badan namun juga kulit wajah. Jadinya karena muncul jerawat dan bukan hanya berminyak, agak tricky sih memilih perawatan yang cocok untuk wajah. Belum kan walaupun misalnya udah dikhususin buat kulit berminyak, berjerawat, atau kering pun ternyata masih ada kandungan yang nggak cocok di kulit.

Nah terus gimana nih, cara memilih skincare yang cocok untuk kulit wajah terutama skincare untuk kulit berminyak dan berjerawat? Kira-kira kalau berdasarkan pengalaman saya, gini nih:

Tips Memilih Skincare untuk Kulit Berminyak dan Berjerawat

1. Selalu Biasakan Gaya Hidup Sehat

First thing first, yang paling penting nih sebelum lanjut ke memilih skincare. Perlu dicek dahulu bagaimana gaya hidup sehari-hari, apakah cukup olahraga, apakah makan dengan baik, apakah cukup minum air putih, dan tentunya apakah ada alergi tertentu. Nah yang terakhir ini bisa alergi dairy atau olahan susu, alergi pada protein telur, gula, atau makanan berminyak. Karena bisa jadi walaupun kita doyan-doyan aja atau tubuh nggak ada masalah, namun efeknya bisa ke kulit wajah dengan menimbulkan jerawat. Setidaknya kalau udah tahu penyebab jerawat jadi bisa untuk dihindari, tinggal nyari skincare untuk wajah berminyak yang cocok aja deh.

Beri mantra baik-baik, misalnya skincare untuk kecantikan nggak ditanggung asuransi, kulit wajah itu aset, dan atau ingin terpancar aura positif dari kulit wajah yang sehat.

2. Cek Kandungan Pada Produk Skincare

Ini nih, tentu saja! Pertama-tama jangan laper mata dulu dengan produk yang lagi viral atau rekomendasi karena belum tentu cocok dengan kulit wajah, sekalipun sudah dikhususkan untuk jenis kulit. Kalau di saya sendiri, nggak cocok dengan kandungan aloe vera, snail product, dan tea tree. Khusus untuk tea tree, sebenarnya ditujukan untuk wajah berjerawat—namun untuk saya sendiri, beberapa produk dengan kandungan tea tree kurang cocok dan mungkin perlu ukuran yang pas.

Untuk kulit berminyak, perhatikan juga untuk jangan menggunakan skincare berbahan natural oil seperti coconut oil, shea butters, dan vegetable oil. Nah, ketahui ya untuk kandungan apa saja dalam skincare yang tidak cocok di kulit wajah mulai dari facewash, pelembab, micellar water, sleeping mask, toner, serum, dan yang lainnya. 

3. Gunakan Facewash yang Lembut 

Tips yang kedua yaitu memilih pembersih wajah yang sesuai dengan kondisi kulit. Kulit berminyak biasanya nggak jauh-jauh dari masalah jerawat. Jangan salah, beberapa mungkin udah coba menggunakan facewash yang dapat menghilangkan minyak dan ingin membuat terlihat tanpa kilap. Namun hati-hati karena bisa membuat wajah justru jadi kering dan memicu produksi minyak lebih banyak dan iritasi. Cek juga lipatan di hidung dan di bawah bibir, jika kulit mengelupas artinya tak cocok.

Baiknya gunakan facewash yang lembut dan menghilangkan minyak namun kulit tetap lembab dan sehat. Tentu saja karena kondisi kulit yang bagus setelah cuci muka, akan mudah untuk pengaplikasian tahapan skincare lainnya. Eits, inget juga ya selalu lakukan double cleansing, apalagi untuk wajah berminyak yang rentan timbul jerawat.

4. Pilih Sunscreen yang Sesuai Dengan Kebutuhan Kulit Wajah

Tak lupa menggunakan suncreen tiap hari ya agar wajah lebih terlindungi dari bahaya sinar UV. Menggunakan suncreen juga bukan hanya melindungi kulit, namun menjaga kulit lebih sehat dan mencegah penuaan dini.

Nah memilih sunscreen ini juga tentunya disesuaikan dengan kondisi kulit ya. Kalau saya sendiri lebih cocok dengan sunsreen yang teksturnya seperti cream dan kurang cocok dengan tekstur gel atau lotion. Nah, padahal kan aturannya kalau kulit berminyak itu lebih cocok ke gel, namun kondisi lagi-lagi berbeda. Jadi, gunakan sunscreen yang nyaman di kulit yah, jangan malah membuat wajah semakin berminyak dan sulit diaplikasikan dengan skincare/make up.

5. Hati-Hati Menggunakan Face Scrub

Untuk kulit wajah berminyak dan berjerawat, hati-hati dalam memakai scrub. Tentunya menggunakan dengan melihat kondisi wajah, hindari area berjerawat dan  usap perlahan agar scrub tak justru membuat pori lebih terbuka. 

6. Gunakan Masker Wajah Berbahan Charcoal atau Clay 

Pasti pengin dong punya hasil terbaik untuk wajah dengan usaha perskincarean ini. Untuk masker wajah, gunakan dengan bahan clay yang berfungsi untuk mengontrol minyak dan mengempiskan jerawat. Untuk bahan dengan charcoal sendiri berfungsi untuk mengangkat bakteri, kotoran, hingga komedo yang ada pada wajah. 

7. Gunakan Sleeping Mask

Well, saya menggunakan sleeping mask ini agar wajah lembab dan bangun tidur berasa ada kesan lembutnya. Sekalian buat pengganti sheet mask sih, karena menurut saya kurang efektif dengan sheet mask. Inget ya, walaupun berminyak wajah harus terjaga kesehatannya dengan menjaga kelembaban dan terhidrasi. Kulit jadi lebih tenang untuk daily make up dan siap menyongsong hari.

8. Beli Produk Ukuran Travel Size/Starter Kit

Ini hack sih biar skincare yang dibeli kalau pengin coba bakal cocok apa enggaknya. Belinya versi yang kecil biasanya dalam bentuk travel size atau starter kit. Bakal lebih hemat pengeluaran apalagi misal skincare yang kamu beli tuh serangkaian gitu dalam satu produk, jadi kalau cocok jadi tinggal lanjut aja.

Review eBright Skin Acne Series Travel Kit, Rangkaian Skincare Untuk Kulit Wajah Berminyak dan Berjerawat

Karena kebiasaan yang kurang sehat, saya jadi memiliki beberapa masalah pada kulit wajah seperti jerawat yang menetap dan susah hilang bekasnya, dan kusam akibat sering begadang. Lebih sulit mencari jenis skincare dan berbeda produk karena belum tentu kalau digunakan secara bersamaan (dalam tahapan skincare) akan bekerja maksimal. Karena nggak mau keterusan bahkan sampai parah, udah saatnya nih beli yang sepaket produk sekalian. Beberapa minggu yang lalu saya nyoba skincare produk lokal dari Bandung yaitu eBright Skin.

ebright skin acne ultimate series

eBright Skin yang memiliki tagline Natural, Flawless, Affordable ini punya beragam paket perawatan yang terdiri dari body care, kosmetik, dan skin care. Di pilihan body care ada body butter, body scrub, dan body serum. Untuk di pilihan kosmetik ada BB cushion, lip tint, compact powder, dan loose powder. Sedangkan untuk skincare ini lebih bervariasi mulai dari paketan seperti whitening series, glowing series, acne series (acne sensitive ultimate & acne ultimate) dan dalam bentuk satuan seperti lip serum, mask, essence, sampai sunscreen cream. 

eBright Skin ini sudah terdaftar di BPOM dan bersertifikat halal MUI. Untuk bahannya sendiri menggunakan bahan natural dengan konsep natural skin care based in technology yang disesuaikan dengan jenis kulit wanita Indonesia. Kecenya lagi nih, harganya terjangkau. Review di bawah selanjutnya bisa menjadi pertimbangan untuk kamu mencoba produk skincare lokal yang satu ini.

Karena kondisi wajah seperti yang telah disebutkan, saya memilih eBright Skin Acne Series sebagai skincare untuk wajah berminyak dan berjerawat. Klaimnya sih selain membantu menyembuhkan jerawat, bisa membuat wajah lebih cerah. Karena memang sedang butuh untuk kedua hal tersebut dan sekalian ketemu dengan satu paket dengan harga terjangkau ini. Penasaran dong mau nyoba?

Tahapan Penggunaan eBright Skin Acne Series

ebright skin acne ultimate

Satu paket travel size Acne Series terdiri dari facial wash, refreshing toner, serum cream, dan day/night cream. Untuk facial wash dan toner berisi 30ml, sedangkan untuk ketiga cream berukuran 5gr yang kira-kira habis dalam penggunaan 2 minggu. Tapi kalau di saya, serum creamnya abis duluan sih haha. Tahapan penggunaanya yaitu bersihkan muka dengan facewash, semprot toner ke wajah, lanjut cream serum kemudian baru deh yang terakhir acne day cream untuk pagi atau acne white cream untuk penggunaan malam.

Review Isi Paket eBright Skin Acne Series

Seperti biasa, setiap mencoba produk skincare saya tak menaruh ekspetasi yang terlalu tinggi dan lebih membiarkan prosesnya bekerja. Jadi kalau cocok artinya saya beruntung nemu yang cocok, kalau belum berarti pencarian masih panjang. Azig! Nah bagaimana dengan eBright Skin Acne Series Travel Size ini?

1. Acne Refreshing Facial Wash

ebright skin acne series

ebright skin facial wash acne

Untuk tekstur berwarna bening dan liquidnya hampir seperti gel namun lebih ringan. Wanginya ala tea tree gitu jadi memberikan wangi segar dan menenangkan, wanginya ya bukan rasa. Sebenarnya untuk pemakaian sampai ke 4x baik-baik saja dan tak membuat wajah ketarik. Namun saat pemakaian selanjutnya, bagian lipatan hidung dan di bawah bibir saya kurang cocok karena mengelupas. Agaknya ada bagian tertentu di kulit wajah saya yang sensitif terutama bagian lekukan, namun tetap saja saya tak melanjutkan. Ini secara personal di saya ya, karena tentu saja kondisi lagi-lagi berbeda.

2. Acne Refreshing Toner

skincare toner

ebright skincare toner

Sesuai dengan namanya, toner ini memang kesannya jadi menyegarkan karena memiliki aroma yang khas. Yang saya suka dari spray toner ini adalah cepat meresap dan nggak membuat kulit wajah kering. Jadi walaupun hampir sama dengan facewash, kulit wajah saya tetap aman dan cocok menggunakan toner ini. Enak banget sih kalau abisan mandi dan setelah capek ngadep laptop terus. Jadi good mood lagi.

3. Essential Acne Prone Serum

ebright skin serum cream

Wow, maaf sekali sayangnya saya lupa mengambil gambar untuk isian essential serumnya ya. Serum yang berbentuk krim ini dipakai setelah menggunakan toner sebelum day/night cream. Ah iya untuk ketiga kemasan dari cream ini dikemas dengan wadah akrilik ya, unik banget jadi terkesan nggak biasa. Untuk tanggal produksi tertera dengan tercetak di luar dan untuk ingredients tersedia di balik tutup kemasannya. Wadahnya ini rapat jika ditutup memutar jadi nggak masalah kalau ada acara jatuh, hahaha.

Untuk cream serum ini, warnanya hijau muda dan berbentuk seperti gel dan menurut saya membuat kulit wajah jadi lebih tenang. Jadi, bagus untuk pengaplikasian sebelum cream selanjutnya. Kalau saya, sengaja memberi jeda agak lama sebelum menggunakan cream agar meresap dahulu walaupun memang tak perlu menunggu waktu yang terlalu lama.

4. Acne Day Cream 

ebright skin acne cream

Tekstur dari Acne Day Cream ini ringan dan tak lengket pengaplikasiannya di wajah, ya tentunya asal secukupnya aja sih hihi. Kalau untuk pagi, bisa menjaga kelembaban kulit ya jadi nggak kering atau setidaknya sekalian berfungsi untuk melindungi kulit dari pengaruh sinar matahari. Hanya saja secara personal, tak bisa digunakan dalam waktu yang lama seiring aktivitas dan wajah memproduksi minyak. Beda dengan malam hari karena kulit wajah sambil beristirahat.

Kemudian, kalau di saya kurang cocok juga apabila sebagai base sebelum rangkaian make up. Namun karena saat ini aktivitas saya kebanyakan di rumah, jadi baik-baik saja sebagai perawatan kulit wajah harian dan bisa bekerja secara maksimal.

5. Acne White Cream

acne white cream ebright skin

ebright skin acne

I like this one karena kan pakainya malem sebelum tidur dan dibasuhnya pagi-pagi. Jadi punya waktu yang cukup lama untuk cream ini dapat bekerja. Sejauh ini dengan rangkaian dari tahapan skincare tersebut, hasilnya wajah jadi lebih halus, minyak berkurang pada pagi hari, jerawat dan bekasnya memudar, serta warna kulit jauh lebih cerah secara merata.

Kesimpulan Hasil Penggunaan eBright Skin Acne Series

+ Hasil muka jadi lebih cerah merata.
+ Jerawat mengempis dan bekas jerawat pudar
+ Wajah terlihat lebih lembut.
+ Tidak ada efek samping (iritasi).
+ Seperti yang saya sebutkan di atas, sebenarnya saya agak was-was dengan kandungan tea tree atau aloe vera. Namun di produk ini formulanya sepertinya pas dan tak terlalu berlebihan jadi di wajah saya pas atau nggak kaget. 

- Personally, kulit wajah saya tak cocok dengan facial wash.
- Cream pagi tak cocok jika digunakan bersama make up.

Harga dan Official Store

ebright skin acne ultimate

Untuk harga Acne Series travel size dengan 5 produk di atas hanya dikenakan Rp 185.000. Sedangkan kalau satuan dalam ukuran travel size, sebagai berikut:

  • Acne day cream 5gr — Rp 50.000 
  • Acne white cream 5g— Rp 60.000 
  • Essential acne prone serum 5ml —  Rp 45.000
  • Acne refreshing facial wash 30ml — Rp 25.000
  • Acne refreshing toner 30ml — Rp 25.000

Sedangkan untuk ukuran normal dan satuan khusus varian Acne Series sebagai berikut:

  • Acne day cream 10gr — Rp 100.000 
  • Acne white cream 10gr — Rp 120.000 
  • Essential acne prone serum 15ml —  Rp 125.000
  • Acne refreshing facial wash 100ml — Rp 75.000
  • Acne refreshing toner 100ml — Rp 75.000

Untuk harga produk lainnya bisa dilihat di official store, stokis, atau highlight Instagram eBright Skin dengan judul e-Katalog ya. Di mana bisa mendapatkan eBright Skin? Mudah dicari kok, ada di marketplace seperti Tokopedia dan Shopee, stokis atau admin di kotamu atau kota terdekat, atau melalui website. Bingung mau pilih produk mana yang cocok di kulit wajah? Tenang, kamu bisa juga  untuk konsultasi  terlebih dahulu ya.

Repurchase?

YES, namun khusus untuk toner, cream serum, dan creamnya saja karena saya membutuhkan fungsi yang ada dalam ketiga jenis skincare tersebut. Sejauh ini jika dipadukan dengan produk facial wash yang saya gunakan tetap aman dan cocok-cocok saja, jadi tak ada masalah. 

Lega juga kalau menemukan produk skincare untuk kulit berminyak lokal yang cocok dan sesuai dengan budget. Jika teman-teman skincare enthusiast terutama dengan permasalahan kulit yang hampir sama dengan saya, boleh dicoba menggunakan Ebright Skin Acne Series. Variannya bisa dipilih sendiri sesuai dengan kebutuhan, ada paket lengkap dalam bentuk travel size, ada juga dalam bentuk satuan. Bagaimana, penasaran nyoba, atau pernah nyoba produk ini sebelumnya? Tulis-tulis di komentar ya!
Show Comments/Tampilkan Komentar
Hide Comments/Sembunyikan Komentar

21 comments

  1. Nah saya tuh belum ngeh kalau Sunscreen yang dipilih itu harus sesuai dengan kebutuhan kulit wajah ya.

    Acne Series travel size dengan 5 produk lebih murah ya ketimbang belinya satu satu.

    ReplyDelete
  2. Bener tuh, ngga hanya tampilan yang bagus, harus cek juga komposisinya jangan2 ada bahan merkuri yang berbahaya ya

    ReplyDelete
  3. Aku termasuk yang nggak telaten pakai make up ataupun skincare. Nyadar sih kalau wajah itu aset, tapi ya itu, kebanyakan malesnya ahahhaha.


    Liat mereknya kirain tadi skincare merek luar, ternyata lokal toh. Seneng kalo denger ada brand lokal bermunculan, karena aku termasuk yang yakin kalo brand lokal juga banyak yang bagus dan mampu bersaing.


    Ntar kalo someday aku memutuskan nyoba pakai skincare, mungkin pilihan akan jatuh ke Ebright skin acne series, soale kulitku berminyak dan berjerawat.

    ReplyDelete
  4. bener, harus tau kandungannya juga jangan sampai hanya lihat merk ternyata didalamnya ada merkuri yang bahaya untuk kulit.

    ReplyDelete
  5. jerawat emang jadi masalah banget ya kak dan penting melakukan perawatan rutin agar tak tambah meradang dan hilang tanpa bekas

    ReplyDelete
  6. Semenjak yang kemana mana kudu pake masker, sekarang wajah ku gampang banget jerawatan dah :( kayaknya aku perlu memasukkan Ebright skin acne series ke skincare routine ku

    ReplyDelete
  7. Perawatan lengkap bagi kulit berjerawat ini emang dibutuhkan banget ya kak, apalagi kalau emang ada bakat. kudu dirawat beneran supaya ngga tambah parah

    ReplyDelete
  8. Iya nih. Saya lebih suka beli travel pack. Lebih sering habis terpakai daripada dibuang karena melebihi waktunya tapi belum habis. Selain itu, lebih murah dan berasa beli baru. Hihihi.
    WAh, produk ini bisa jadi rekomendasi bagus bagi pencari skincare pemilik kulit berminyak ya

    ReplyDelete
  9. Senang ya sekarang produk lokal sudah bagus-bagus, semoga makin dipercaya masyarakat

    ReplyDelete
  10. Rangkaian produk skincarenya lengkapnya. Jadi nggak bingung lagi milihnya. Apalagi ini produk lokal, jadi bisa benar-benar sesuai dengan kondisi kulit kita.

    ReplyDelete
  11. Kemasan creamnya cute amat ya. Memang yg paling penting jaga pola hidup sehat siy trus pilih skincare yg cocok buat kita dan klo udah cocok ya udah itu aja jangan sering ganti2 klo aku siy

    ReplyDelete
  12. Produk seperti ini bisa dipakai buat cowok nggak? Kadang saya bingung kalau mau beli skincare, alhasil ya cuma produk minimarket biasa saja.

    ReplyDelete
  13. Tertarik banget sama acne prone serumnya nih, anakku kebetulan lagi jerawatan nih dan sering muncul terus terusan

    ReplyDelete
  14. Cek kandungan yang terdapat di dalam skin care perlu banget dilakukan, jadinya biar nggak mubazir juga ya udah ke beli tapi ternyata kurang cocok untuk wajah kitanya

    ReplyDelete
  15. keren banget ini ada produk lokal kosmetik bandung
    pokoknya yang penting halal, ada BPOM nya ya
    plus harga terjangkau
    saya kulitnya berminyak dan kadang berjerawat
    pengin nyoba nih

    ReplyDelete
  16. Kulit wajahku termasuk yang normal to dry, tapi kendalanya hampir sama kalau gak cocok sama skincare bruntusan dan jerawat.
    Produk ebright ini aman nih, udah halal dan ada BPOM nya, coba deh nanti aku cari info lebih lanjut soal produknya

    ReplyDelete
  17. Aku kalau dengar produk skincare ada sertifikasi halal nya langsung lega. Bawaannya pengen langsung nyoba juga

    ReplyDelete
  18. Oke ternyata tadi aku salah komen karena kolomnya tersembunyi malah jadi ke kontak wahahha maaffff! Kondisi kulitnya sama kayak aku nih berminyak dan berjerawat. Aku pribadi baru kepikiran buat memperbaiki kondisi wajah aku selama pandemi ini. Karena nganggur banget kali ya jadi ya yaudahlah wkwkwk. Jadi masih kerasa banget hype-nya nyoba ini itu kira-kira cocok apa enggak di aku. Dari beberapa produk di atas aku paling penasaran coba tonernya sih.

    ReplyDelete
  19. Wah lengkap banget ini tulisannya.. cocok pula buat aku yg kulitnya berminyak. Makasih yaa tipsnya.. aku baru tau nih akibatnya soal pemakaian scrub.. aku keseringan pake deh kayaknya.. haha.

    ReplyDelete
  20. Kulit aku berminyak dan berjerawat juga nih, tertarik mau coba rangkaian produknya deh, harganya juga lumayan terjangkau

    ReplyDelete
  21. Ini skincare wajib gak sih harus diperiksa dokter estetika? Soalnya mukaku sensitif banget selalu pakai resep dokter. Jadi mulai dari masalah kulit harus sesuai check up dokternya.

    ReplyDelete

Hi! Lemme know you read this story by drop your perspective through a comment below :) (p.s: Sorry, a comment with an active url will be deleted)