7 Strategi Meningkatkan Brand Awareness untuk Mengembangkan Bisnis

Bisnis bisa dikatakan sukses kalau sudah dikenal oleh banyak orang. Entah itu bisnis digital, makanan, atau bahkan bisnis pakaian sekalipun. 

Mungkin kita sering melihat bisnis yang stuck di tempat atau bahkan gulung tikar, padahal baru jalan beberapa bulan. Biasanya hal itu terjadi karena kurangnya ketertarikan konsumen dengan produk bisnis tersebut atau sasaran marketnya tak ada.

brand awareness bisnis
pict: Mnz, pexels

Lalu bagaimana caranya agar suatu bisnis bisa dikenal oleh konsumen? Salah satunya dengan meningkatkan brand awareness. Kemudian, bagaiamana cara meningkatkan brand awareness? Berikut ulasan lengkapnya yang penting untuk perkembangan bisnis. 

Cara Meningkatkan Brand Awareness 

Secara harfiah brand awareness adalah kesadaran akan merk terhadap produk yang kita miliki, yang artinya dimana pelanggan atau konsumen dapat mengenali suatu merek dengan sangat baik. Biasanya dalam membangun brand awareness diperlukan proses yang panjang, bahkan terbilang sulit bagi pebisnis pemula. Namun meskipun sulit, bukan berarti tak bisa bukan?

Pasalnya, beberapa bisnis hanya fokus pada hal-hal yang terlihat secara fisik, dan mengesampingkan brand atau merek yang menjadi salah satu pondasi dalam sebuah bisnis. Berikut beberapa cara meningkatkan brand awareness untuk bisnis yang sedang digeluti: 

1. Bangun Identitas dengan Logo dan Tagline 

Ada banyak kejadian dimana pebisnis yang harus menutup bisnisnya dalam waktu singkat. Setelah dievaluasi, ternyata salah satu penyebabnya adalah logo dan tagline mereka kurang menarik di mata konsumen. 

Tak perlu membuat tagline yang panjang, cukup beberapa kata saja namun memiliki pesan. Anda juga bisa membuat tagline yang ‘provokatif’, namun dalam artian yang baik. Sehingga mudah diingat dan melekat di hati masyarakat. 

Coba ambil contoh Alfamart, meskipun logonya terlihat sederhana, namun dengan tagline ‘Belanja Puas Harga Pas’, membuat minimarket yang sudah memiliki cabang di Filipina ini mudah diingat dan menarik perhatian. 

2. Aktif Membangun Interaksi di Media Sosial 

Sejak awal kemunculan hingga perkembangannya saat ini, media sosial menjadi salah satu faktor penting dalam pemasaran brand bisnis. Melalui media sosial, suatu brand dapat menjangkau konsumen dengan lebih efektif dan efisien. 

Kita bisa memperkenalkan brand kepada konsumen dan membuat mereka terlibat dalam narasi brand yang kita ciptakan. Jika ini dilakukan dengan tepat, kepercayaan konsumen terhadap brand akan meningkat. 

Namun, cara meningkatkan brand awareness yang satu ini akan berhasil jika dilakukan secara konsisten. Yang artinya kita harus aktif di media sosial seperti Instagram, dengan merespon segala tanya maupun memberikan tawaran-tawaran yang menarik. 

3. Buat Website dan Isi dengan Konten Informatif 

Website bisa jadi sarana untuk memperkenalkan brand kepada konsumen dengan lebih lengkap. Meskipun sudah ada media sosial, namun website juga wajib dimiliki karena bisa menjadi identitas dari sebuah brand

Buatlah website yang menarik dan dapat diakses dengan baik oleh pengunjung. Dan pastikan buatlah konten yang informatif dan bisa menjawab rasa penasaran konsumen. Anda juga bisa membuat konten berupa kampanye produk, event, promo, hingga profil bisnis. 

4. Kerjasama dengan Brand Ternama 

Hampir sama dengan website dan konten, menjalin kerjasama dengan brand besar bisa jadi cara membangun brand awareness yang ampuh. Anda bisa menjadi sponsor atau menggelar event bersama dengan brand yang sudah punya nama. 

Dengan begitu, logo brand bisnis Anda akan terpampang di spanduk atau banner promosi dari brand besar tersebut. Selain itu, besar kemungkinan akan mendapatkan kesempatan untuk beriklan di media cetak maupun elektronik dengan harga 'teman'. 

Tapi yang perlu diperhatikan, kita harus memilih brand yang memiliki produk dan target pasar yang sama. Karena akan percuma bekerjasama dengan brand pakaian, sedangkan bisnis yang sedang dikerjakan bergerak di bidang F&B. 

5. Promo dan Giveaway 

Belakangan ini giveaway menjadi topik yang sering dibicarakan. Banyak public figure hingga brand ternama yang mengadakan giveaway untuk mendapatkan pengunjung dan membangun brand awareness

Tak sedikit orang yang skeptis dengan ini, namun bukan berarti ini salah. Selama tidak ada pihak yang dirugikan dan brand atau public figure tersebut mendapatkan feedback yang positif kenapa tidak? 

Kalau tersedia modal untuk promo ini, strategi giveaway ini bisa dicoba. Selain giveaway, Anda juga bisa memberikan promo berupa potongan harga ataupun cashback. Namun dengan menawarkan syarat-syarat tertentu, seperti membagikan postingan produk dari brand Anda di Facebook ataupun media sosial lainnya. 

6. Pasang Iklan 

Membuat materi iklan dan memasangnya di media digital maupun media cetak bisa Anda coba sebagai strategi membangun brand awareness. Iklan bisa jadi jembatan untuk menjangkau konsumen dalam cakupan yang luas. 

Anda bisa membuat iklan dalam bentuk gambar ataupun video yang menjelaskan brand dan produk Anda secara komplit. 

7. Gaet Influencer 

Selain bekerja sama dengan brand ternama, Anda juga bisa membayar influencer untuk mempromosikan brand Anda. Memang dibutuhkan biaya yang tidak sedikit, namun dengan menggaet influencer yang potensial, brand Anda akan lebih mudah untuk dikenal. 

Apalagi bila Influencer tersebut memiliki pengaruh yang cukup besar. Setiap brand atau produk yang dipromosikan, pasti menjadi inspirasi tersendiri bagi followers-nya. Cara meningkatkan brand awareness yang satu ini sangat populer digunakan para pebisnis untuk memperkenalkan brand yang baru mereka dirikan. 

Kesimpulan 

Salah satu contoh brand awareness yang sering kita lihat adalah bisnis yang dijalani oleh public figure dapat berkembang dalam waktu singkat karena berhasil mendapatkan perhatian konsumen dengan brand interest yang mereka bangun. Tapi apakah kalau ingin membangun brand awareness harus menjadi public figure? Tentu saja tidak. 

Siapapun memiliki kesempatan untuk membangun brand awareness dalam bisnisnya asal salah satunya mengikuti beberapa cara meningkatkan brand awareness pada ulasan di atas. Kuncinya, selalu cari ilmu-ilmu baru mengenai perkembangan bisnis di era digital. Semoga bermanfaat!
Show Comments/Tampilkan Komentar
Hide Comments/Sembunyikan Komentar

No comments

Hi! Lemme know you read this story by drop your perspective through a comment below :) (p.s: Sorry, a comment with an active url will be deleted)