Review The Gifted Graduation 2020

Halo, apa kabar?

Setelah menahan-nahan buat nggak nonton dulu The Gifted Graduation dan nunggu semua seriesnya selesai aja, akhirnya nggak tahan buat nonton apalagi sudah banyak bertebaran teori The Gifted. Saya termasuk beruntung sih karena tahun ini memang baru menonton The Gifted yang tayang pada tahun 2018 itu jadi nggak perlu waktu lama untuk menunggu The Gifted Graduation tayang. 

the gifted graduation

Nonton TGG ini langsung maraton sampai 4 episode dan bawaanya pengin langsung review, tapi ditunda buat nonton episode 5. Sayangnya memang enakkan nonton maraton langsung full episode sih biar ceritanya nggak nguap duluan. Tapi tetap lah ya, review tipis-tipis dulu dan bakal terus diupdate sampai episode terakhir. Oh ya reviewnya mungkin nggak sedetail The Gifted 2018 juga karena sambil enjoy nontonnya nggak nyengaja buat review yang detail banget. So, here we are:

Sinopsis The Gifted Graduation

The Gifted Graduation ini melanjutkan petualangan Pang dan teman-teman kelas Giftednya dalam misinya menguak misteri dan sistem yang ada di Ritdha High School dua tahun setelah kejadian dari series pertama. Jadi setelah terjadinya kekacauan, kelas Gifted ditiadakan untuk adik kelas angkatan Pang namun kembali diadakan pada tahun 2020 ini. Seleksinya bukan hanya pada murid baru (kelas 4) namun juga kelas 5, jadi dua angkatan sekaligus.

Nah selama beberapa jeda nggak ada kelas Gifted itu, ternyata ada beberapa hal yang ikut "tumbuh". Kalau yang mengikuti The Gifted pasti tahu, kelas Gifted angkatannya Pang ini mencoba agar sistem sekolahnya tuh nggak dibeda-bedakan dan harapannya adil pada semua siswa. Namun tentu saja kan hal itu hanya di permukaan saja, kalau sudah bertahun-tahun pasti ada yang banyak belum diketahui. Nah karena angkatan Pang ini sedikit banyak mulai yang dinamakan "percikan-percikan kecil", jadi efeknya bukan hanya kelas Gifted dan sekolah namun juga siswa lain dengan munculnya Anti Gifted. Nah tuh, siapa coba yang di balik layarnya?

Jumlah Episode The Gifted Graduation

Series The Gifted Graduation terdiri dari 13 episode dan tayang setiap hari Minggu pukul 20.30 yang ditayangkan di YouTube GMMTV. The Gifted Graduation sendiri sudah mulai tayang sejak 6 September lalu.

Perbedaan The Gifted Graduation dengan The Gifted Sebelumnya

Dari pada bahasan nanti ngelantur ke mana-mana, saya coba bagi menjadi beberapa poin di sini agar bisa lebih fokus. Tentu saja sih nggak jauh-jauh dari bandingin dengan The Gifted sebelumnya baik dari pengembangannya maupun ide ceritanya sendiri. 

1. Dari Segi Alur dan Jalan Cerita

wave claire the gifted

Karena saat ini baru mau masuk ke tengah-tengah dari keseluruhan episode, kesannya masih numpuk dan belum nemu titik tengah yang saling berhubungan. Tapi so far ya masih ala The Gifted sih di mana bikin penonton menebak-nebak dan seringnya nggak disangka-sangka. Sebenernya sih dari awal dikasih trailer The Gifted Graduation ini udah banyak yang mencoba mecahin easter eggnya, cuma saya lebih mengikuti jalan cerita secara langsung biar tetap seru. Kalau kamu punya banyak easter egg The Gifted Graduation ini, ramein di kolom komentar ya.

Terus karena di The Gifted Graduation ini nambah karakter yang jadi murid baru kelas The Gifted (Time, Third, Grace) jadi sepertinya lumayan PR nih buat sutradara. Murid baru kelas Gifted sejauh ini difokusin hanya tiga itu saja sih, mungkin biar fokus juga kali ya karena sebelumnya kan banyak ada Pang, Wave, Claire, Mon, Ohm, JJ & AJ, Korn, dan Punn yang sudah menjadi karakter favorit penikmat The Gifted. 

The Gifted Graduation alurnya lambat seperti The Gifted sebelumnya, dan menurut saya untuk konflik mulai naik di episode ke 7 dan seterusnya. Rasa emosional, kehilangan, dan ketakberdayaan mulai dari episode tersebut.

2. Dari Sisi Sistem di Ritdha High School

Ritdha High School sendiri setelah terjadi kekacauan jadi ada perubahan misalnya jadi ada student inspector dan perubahan penasihat akademik ke Ms. Darin. Sejauh ini sih intensitas antara dengan murid biasa berkurang karena cerita lebih fokus ke angkatan gifted Pang dkk, gifted adik kelas Pang, dan pejabat-pejabat sekolah belum lagi cerita mengenai masa lalu.

3. Dari Segi Pengembangan Karakter

the gifted graduation

Yang paling ditunggu dan disorot dalam The Gifted Graduation ini tentu saja pengembangan karakter dari Pang dkk. Pengembangan karakternya loh ya bukan kekuatan mereka yang berkembang setelah jarak 1 tahun kekosongan itu kira-kira bagaimana. Eh anyway kalau satu tahun kosong, harusnya ada series judulnya The Gifted Gap-Year nih, hahaha skip lanjut. 

Sejauh ini dari pengembangan karakter, saya paling suka pengembangan karakter dari Wave yang sudah nggak menjadi outlier dari The Gifted namun sudah menyatu. Ini mungkin terlihat sederhana dan biasa saja sih untuk beberapa orang, namun melihat Wave yang kebutuhannya nggak tercukupi dan memiliki trust issue kemudian dapat berteman dan membaur tanpa diberi sekat itu adalah pencapaian yang luar biasa. Apa masih tetap tengil dan kocak? Ya masih, dong. Tapi ini belum sampai akhir episode sih jadi ya tunggu saja. 

Kemudian yang kedua adalah mengenai jidat Punn, saya kangen banget sih Gun Atthapan dengan jidat sebagai Punn haha. Karena di sini tokoh Punn ini memiliki poni seperti Gun biasanya, namun kalau saya boleh berasumsi ini juga salah satu perkembangan karakter di mana tokoh Punn sudah bisa "berdamai" dengan menjadi siapa dirinya sendiri baik dari kelemahan dan kelebihannya. Bedanya dari The Gifted adalah tokoh Punn di series sebelumnya itu masih menggunakan topeng sebagai tokoh yang melindungi, memimpin, memiliki tanggung jawab.

Kemudian beralih ke karakter The Trio atau Time, Third, dan Grace. Sejauh ini saya menyorori karakter Grace yang terlihat firm di awal namun di tengah-tengah mulai berbeda, masih jadi pertanyaan sih apakah diset seperti itu atau memang tiba-tiba saja masuk ke ketidakkonsistenan. Sementara karakter Time yang di sini seakan menjadi versi Pang belum juga menonjolkan bagaimana ia tegak berdiri sebagai karakter walaupun di awal series sangat menggebu. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, kesimpulan mengenai bagaimana keseluruhan dari pembagian karakter di GMMTV belum dapat disimpulkan. Berharapnya sih bakal sesuai dengan porsi dan nggak mengecewakan.

4. Dari Sisi Konflik

the gifted graduation 2020

Kalau dibandingkan dengan series sebelumnya, The Gifted Graduation ini konfliknya nggak dua arah aja yang ada dalam kendali baik dari grup Pang dkk vs grup petinggi sekolah. Namun ada konflik internal dalam grup Pang dkk, grup Pang dengan Anti Gifted, dengan petinggi sekolah, Pang dengan adik kelas di bawahnya, dan kemungkinan muncul konflik-konflik lainnya.

Jika dalam The Gifted, kita dibawa ke seakan-akan konflik masih dalam satu area yang bisa dikendalikan dengan cara-cara tertentu, TGG ini lebih luas dan akhirnya memang solusi terbaik adalah mengikuti jalan ceritanya, jadi nggak perlu overthinking dulu harus ini itu yah. Terlepas dari pola dalam series The Gifted yang masih sama, saya rasa TGG ini alurnya juga terasa lebih cepat.

5. Misteri Yang Lebih Banyak

The Gifted Graduation ini lebih banyak misteri-misteri yang diletakkan menjadi satu dan saling berhubungan. Meskipun kesannya jadi terlalu banyak, namun hanya beberapa orang saja lho yang teliti kalau The Gifted Graduation ini sudah memberikan beberapa "bocoran" jalan cerita baik melalui poster, trailer, maupun clue-clue lain seperti saat para pemain live dan seru jika diikuti karena kita menebak-nebak. 

6. Kejutan yang Tak Disangka-sangka

Nonton The Gifted Graduation ini kaya naik roller coaster, awalnya diberikan alur yang lambat dan asyik. Terus episode ke episode lainnya tuh diberi kejutan-kejutan atau plot twist yang bikin perasaan campur aduk, entah kalau nggak kesel ya kesel banget, nggak nyangka, atau dibawa ikutan iba. Kaya misalnya lagi biasa aja tiba-tiba ada aja yang bikin kaget, teka tekinya lebih oke sih. Apalagi mulai episode 7, perasaanmu akan dipermainkan karena permainan emosinya lebih bagus dari pada season sebelumnya.

Isu yang Sedang Diangkat

1. Selalu Ada Celah Kecil dalam Sistem/Rencana

Premis ceritanya sebetulnya sudah ditunjukan dari awal banget series ini mulai, yaitu bagaimana sebuah rencana atau sistem selalu ada celahnya meskipun sudah begitu matang. Misalnya kalau dari sisi rencana Pang dkk di The Gifted, mereka butuh kekuatan kolektif dan persamaan visi untuk tujuan yang sama karena sudah melalui pengalaman luput akan konflik personal masing-masing karakter misalnya Wave maupun Pang. Sedangkan jika di TGG ini meskipun sudah lama bersama-sama merencanakan, apakah lama-kelamaan masih dalam satu visi yang sama? Apakah yakin tetap tenang-tenang saja dan naif tak akan ada yang meracuni dan membuat tercerai berai?

Padahal lingkup yang diambil dari TGG ini dalam suatu sekolah yang artinya konflik utama bisa dikatan dari murid dan pihak sekolah saja. Namun merepresentasikan sedikit keadaan-keaadaan di kehidupan nyata yang bernama kepentingan. 

2. Meminjam Pengalaman Orang Lain itu Penting

Ini bicara hidup secara keseluruhan aja sih tentang bagaimana kita menyikapi suatu hal kan kadang butuh pengalaman pribadi. Namun gimana kalau untuk beberapa hal dirasa terlalu lama atau merasa nggak yakin? Ya pinjam pengalaman orang lain dan belajar dari sana, diambil apa yang seperlunya diambil dan disesuaikan. Penting juga ini misal kalau mau untuk mengenali bagaimana melihat celah kecil musuh.

3. The Devil is in the Detail

Masih sedikit nyambung dengan  kedua poin di atas, penonton di sini bakal dibuat "gemas" betapa banyak dari karakter yang tetap melakukan hal yang sama dan kurang detail. Memang sih sebagai tokoh anak sekolah itu wajar banget karena lebih gerak dulu baru berpikir, namun kalau sudah bersama dan berencana dalam waktu dua tahun pastinya seharusnya beda, ya nggak? Hihi 

4. Anak Muda, Jangan Remehkan yang Namanya Pengalaman & Power

Meskipun bagi kita-kita nih yang masih muda terlihat ambisius, berpotensi, terencana, punya taktik namun jangan sekali-kali meremehkan apa yang hanya terlihat di luar. Jangan meremehkan pengalaman orang yang lebih tua atau senior, apalagi yang sudah menahun. Bisa saja mereka hanya memperlihatkan sebagian kecil padamu, padahal di dalamnya nggak tahu seberlapis-lapis apa pengalaman mereka. Makanya kalau ada gap usia di real life tuh menang kalahnya di pengalaman dan power.

Hal Favorit dari The Gifted Graduation

pang the gifted graduation

Ada beberapa hal favorit saya selama nonton The Gifted Graduation ini yang mungkin bakal kamu rasakan juga kalau penikmat The Gifted sebelumnya, seperti:

1. Bertemu Kembali Pang dkk

Kemunculan pertama "ranger" atau Pang dkk di series The Gifted Graduation dan kekuatan mereka yang sudah berkembang lebih jauh. Memang saat awal series ini dimulai, nggak langsung ditampilin Pang dkk melainkan tokoh adik kelas. Setelah nunggu beberapa lama dan muncul, rasanya tuh kaya ketemu sesuatu yang berasal dari waktu yang jauh sekali.  Kaya kangen usilnya Ohm bagaimana, kangen pasangan Pun-Claire, dan kangen Wave yang suka tengil. Mungkin ibarat nonton Harry Potter, bakal tetep excited nonton Fantastic Beast.

2. Quotes di Akhir Series

Adanya quotes di tiap akhir series yang merangkum salah satu kata-kata dari ucapan karakter. Jadi bukan hanya cuplikan selanjutnya yang bikin penasaran sama kelanjutan series berikutnya.

3. Backsound The Gifted Graduation yang Khas

Ini mungkin terdengar receh, namun favorit banget bisa dengerin lagu opening backsound dari The Gifted yang khas abis. Jadi tiap nonton ya itu, selalu excited haha.

4. Punn Taweesilp

Punn Taweesilp

punn taweesilp the gifted


Well ini personal banget sih hahaha. Kalau di postingan The Gifted saya lebih condong menyukai karakter Wave, di TGG ini saya memilih Punn. Bagaimana dia mengontrol dirinya dan benar-benar memutuskan bagaimana pilihan, adalah sesuatu hal sulit yang turut terasa. 

Misteri dan Pertanyaan yang Belum Terjawab Setelah Menonton The Gifted Graduation

poster the gifted graduation

Ini juga akan diupdate ya karena series belum selesai, masih ada beberapa pertanyaan yang mengganjal misalnya:
- Apakah tokoh AJ & JJ akan sama saja tak disoroti kemampuannya sama dengan The Gifted?
- Masih menjadi misteri bagaimana bibit Gifted itu ada dalam murid-murid yang terpilih. Kalau di The Gifted seakan Pang menjadi anomali baru, di TGG tokoh Time yang seakan "privileged" karena sudah tahu dan kepo terhadap kelas Gifted sejak awal. Ini yang belum ada penjelasan maupun bahasannya. 
- Karena judulnya ada graduationnya, penasaran pastinya bakal gimana nih akhir series bakal dibawa.

Kutipan Favorit dalam The Gifted Graduation

Tentu saja dalam setiap film maupun series saya suka mengoleksi kutipan-kutipan favorit. Dan dalam The Gifted Graduation, favorit saya adalah sebagai berikut:

"No one can be responsible for your action, but yourself. Ask yourself if what you do is based on whole desire. You or someone else?" - Claire

"If you're not happy with how things are, get up and do something. You may not succeed, but at least you may get something in return." - Time

"If you don't grab it, don't come crying later." - Grace

"Young people, at any given time, like to gather to make a social change. But do you know what their main problem is? Their ideology. One day they will find out that, even though their ideology is the same, their true desires aren't. They will argue, betray, and break up. It will take some time for them to learn, that an effective group is not formed based on the same ideology, but on the same interest." - Supot Chueamanee

 "Moving forward but leaving unfixed problems behind does not make things better." Korn

"Strength doesn't come from a fight to beat change. It comes from when we learn to accept it." Punn 

Pemain Tokoh The Gifted Graduation

Nah udah capek review mulu, ayo kita lihat foto-foto dan poster dari pemain The Gifted Graduation. Here we are!

Pemain Utama The Gifted Graduation

  • Pang-Korapat Kirdpan (Nanon)
Pawaret "Pang" Sermrittirong

pang nanon the gifted

pang nanon

  • Wave-Wachirawit Ruangwiwat (Chimon) 
Wasuthorn "Wave" Worachotmethee

wave chimon the gifted

wave the gifted

  • Punn-Atthapan Phunsawat (Gun)
Punn Taweesilp

punn the gifted

gun the gifted

  • Claire-Ramida Jiranorraphat (Jane)
Irin "Claire" Jaratpun

claire the gifted

jane the gifted graduation

  • Mon-Napasorn Weerayuttvilai (Puimek)

Patchamon "Mon" Pitiwongkorn

mon the gifted

puimekster the gifted
  • Korn-Pattadon Janngeon (Fiat)

Thanakorn "Korn" Gorbgoon

korn the gifted

korn flat the gifted graduation

  • Ohm-Harit Cheewagaroon (Sing)
Wichai "Ohm" Sai-Ngern

ohm the gifted

the gifted ohm

  • Jack-Chayapol Jutamas (AJ) & Jo-Chayakorn Jutamas (JJ)

Jack-Chayapol Jutamas (AJ) & Jo-Chayakorn Jutamas (JJ)
twin the gifted graduation

jj aj the gifted

  • Time-Nattawat Finkler (Patrick)
time the gifted thailand

time the gifted graduation

  • Grace-Chanikarn Tangabodi (Prim) 
grace the gifted thailand

grace the gifted graduation

  • Third-Phuwin Tangsakyuwen (Phuwin)
third the gifted thailand

third the gifted

Pemain Pendukung The Gifted Graduation

  • Teacher Pom - Chatchawit Techarukpong (Victor)

Porama "Pom" Wongrattana

pom the gifted

  • Supot Chueamanee - Wanchana Sawasdee (Bird)
Supot Chueamanee

bird the gifted

  • Ms. Darin - Donut Manatsanun Panlertwongskul

darin the gifted

Bintang Tamu The Gifted Graduation

- Mek Jirakit Thawornwong (Chanon)

chanon the gifted

- Lee Thanat Lowkhunsombat (Young Supot)
- Lilly Apichaya Thongkham (Namtarn)
- Namtan Tipnaree Weerawatnodom (Nate)
- Tawan Vihokratana (Yuth)

Bonus foto-foto The Gifted Graduation Gang

foto the gifted graduation

the gifted graduation poster

the gifted thailand

chimon jamet

senja di thailand

the gifted class


Nah itu dia sedikit review dari The Gifted Graduation yang seru untuk ditonton. Anyway kalau kamu diberi kesempatan sebagai seorang gifted, kira-kira kekuatan apa yang kamu inginkan?
***
beberapa gambar diambil dari: YouTube GMMTV dan mgronline.com
Show Comments/Tampilkan Komentar
Hide Comments/Sembunyikan Komentar

No comments

Hi! Lemme know you read this story by drop your perspective through a comment below :) (p.s: Sorry, a comment with an active url will be deleted)