Asuransi Unit Link AXA Mandiri, Asuransi Sekaligus Investasi

AXA Mandiri - Kita semua setuju bahwa dalam mengelola keuangan, tak hanya bisa menempatkan pada satu saja produk keuangan misalnya pada tabungan saja. Karena kini harus memperhitungkan produk keuangan yang lain, misalnya asuransi dan investasi. Siapa sangka, dua produk keuangan tersebut kini bisa digabungkan, karena saat ini sudah ada Asuransi Unit Link dari AXA Mandiri.


unit link AXA Mandiri

Memiliki asuransi sekaligus investasi rasanya dapat menjadi lebih ringkas dengan dapat mendahulukan kedua kebutuhan tersebut secara bersamaan. Asuransi unit link AXA Mandiri ini dapat dijadikan pertimbangan bagi yang ingin mendapatkan kedua manfaat sekaligus yaitu proteksi atau perlindungan jangka panjang dan juga dana akan dialokasikan untuk investasi yang dikelola oleh manajer investasi. 

Jenis produk dari asuransi ini sendiri bernama unit linked yang tentunya berbeda dari produk asuransi kesehatan atau asuransi jiwa, namun sebelum memilih jenis asuransi tersebut untuk dijadikan pilihan sebaiknya mengenali terlebih dahulu beberapa poin penting mengenai unit link ini.

Apa Itu Asuransi Unit Linked AXA Mandiri? 

Jenis asuransi unit link ini memiliki tujuan untuk memberikan rasa aman dari perlindungan untuk diri sendiri maupun bersama keluarga dan memiliki pertanggungan asuransi sampai 99 tahun. 

Unit link memberikan proteksi akan kemungkinan buruk atau risiko yang terjadi dalam hidup seperti misalnya biaya perawatan atau pengobatan di rumah sakit dengan mengajukan klaim. Sedang untuk bagian investasi yang dikelola oleh manajer investasi akan disalurkan umumnya pada instrumen investasi seperti saham, reksa dana, obligasi, atau pasar uang. 

Asuransi Unit Link AXA Mandiri Bukan Tabungan

Meskipun sama-sama produk dari bank, unit link berbeda dengan tabungan karena fungsinya sendiri adalah investasi dengan tujuan yang telah ditentukan dan memiliki perbedaan dalam return. Hal ini perlu dipelajari dahulu agar nantinya nasabah tak merasa dirugikan dalam memilih produk. 

Dalam unit link memiliki karakteristik yang berbeda seperti perbedaan dalam risiko dan dalam jangka waktu. Dalam pembayaran untuk investasi juga bersamaan ketika kapan premi harus dibayarkan. 

Unit Link AXA Mandiri Tidak Sama dengan Investasi 

Unit link sendiri merupakan sebuah produk asuransi yang menggabungkan dua produk keuangan, yaitu asuransi dan investasi. Produk ini menentukan bagaimana tujuan nasabah dalam berinvestasi seperti misalnya perlindungan jiwa, dana pensiun, ataupun pendidikan.

Meskipun sama-sama menyebutkan investasi, antara unit link dan instrumen investasi lainnya memiliki perbedaan. Misalnya perbedaan dalam jumlah, waktu, biaya, hingga hasil dari investasi. Investasi dalam unit link sendiri memiliki ketentuan tersendiri dalam penentuan jumlah, biaya, maupun waktu karena terkait dengan fungsi asuransi. 

Namun yang pasti perbedaan yang paling mencolok adalah dalam unit link, dalam berinvestasi dapat memiliki proteksi. 

Manfaat dan Keuntungan Asuransi Unit Link 

Unit link memberikan dua manfaat sekaligus yaitu perlindungan dari asuransi pada diri maupun anggota keluarga lainnya maupun barang-barang. Kemudian diikuti manfaat investasi yang dapat memberikan imbal balik yang dapat dijadikan aset dalam jangka waktu yang ditentukan. 

Unit link ini merupakan investasi yang cocok untuk jangka panjang dan bukan untuk tujuan konsumtif. Keuntungan lain dengan memilih produk unit link adalah melatih disiplin karena pembayaran premi yang telah ditentukan untuk kedua manfaat tersebut. 

Pelajari Kemungkinan Risiko Pada Unit Link 

asuransi investasi AXA Mandiri

Dalam setiap menyalurkan keuangan pada asuransi maupun investasi, tentu saja selalu ada kemungkinan risiko yang terjadi. Pada unit link sendiri, ada beberapa kemungkinan risiko yang perlu dipertimbangkan misalnya hangusnya uang premi meskipun tak ada klaim pada jangka waktu yang telah ditentukan atau pengajuan klaim yang tak mendapat acc karena perbedaan pada perjanjian. 

Itulah mengapa penting untuk secara detail dan mendalam memahami terlebih dahulu dalam memilih produk unit link terutama pada perjanjian awal dari perusahaan asuransi supaya manfaat yang didapat maksimal.

Biaya yang Dikeluarkan Untuk Unit Link 

Selain kewajiban dalam membayar premi dan memiliki fungsi ganda, ada beberapa biaya yang perlu turut dibayar dalam unit link ini seperti biaya administrasi, biaya alokasi premi, dan juga biaya pengelolaan investasi.

Jenis-Jenis Instrumen Investasi Unit Link Berdasarkan Alokasi Premi 

Karena masih berkaitan dengan investasi sebagai manfaat dari unit link, ada beberapa instrumen investasi yang menjadi tujuan hasil dalam pengelolaan sebagai berikut: 

1. Saham

Saham dinilai memberikan peluang dan potensi return atau imbal hasil yang tinggi dari pertumbuhan harga maupun dividen. Sekaligus menjadi pertimbangan dari nilai investasinya yang yang besar, unit link saham juga memiliki risiko yang besar pula sehingga jenis ini cocok untuk yang telah terbiasa mempelajari investasi tingkat lanjut. 

2. Pasar Uang

Berbeda dengan instrumen investasi dalam bentuk saham, produk unit link ini memiliki risiko yang rendah sehingga imbal hasil juga relatif lebih rendah pula atau terbatas. Instrumen investasi pasar uang ini sesuai untuk nasabah yang ingin memiliki keuntungan yang lebih stabil dengan resikonya rendah. Penempatan dana dalam jenis ini sendiri misalnya seperti pada surat utang berjangka atau pada deposito berjangka. 

3. Pendapatan Tetap

Dana investasi pada jenis ini ditempatkan dan dikelola pada surat utang atau obligasi dan dibagi juga dengan pasar uang. Baik keuntungan maupun resiko pada penempatan di pendapatan tetap ini lebih tinggi dari penempatan di pasar uang namun masih di bawah saham. 

4. Campuran 

Pada jenis ini, dana yang dikelola sesuai namanya yaitu lebih beragam jenis instrumen seperti campuran antara saham, pasar uang, atau obligasi. Namun karena masing-masing memiliki karakteristik yang dapat dipengaruhi berbagai hal dalam prosesnya, imbal hasil bisa jadi lebih banyak namun bisa juga tetap sama dengan pasar uang maupun pendapatan tetap. 

Miliki Proteksi Sekaligus Berinvestasi dengan AXA Mandiri

manfaat proteksi AXA Mandiri

Setelah mempelajari beberapa poin dari unit link di atas, Anda dapat memilih jenis asuransi ini pada produk asuransi AXA Mandiri seperti AXA Signature Link atau Maestro Prestige Link yang dapat dipilih sesuai tujuan dan kebutuhan nasabah AXA Mandiri. 

Pada AXA Signature Link dan Maestro Prestige Link, Anda dapat memilih satu dari 8 jenis pilihan dana investasi dengan risiko dari rendah ke tinggi. Manfaat yang dari produk AXA Signature Link yaitu manfaat asuransi dasar, manfaat nilai investasi, manfaat loyalitas, dan manfaat asuransi tambahan. Sedangkan pada produk Maestro Prestige Link menawarkan manfaat kematian, manfaat akhir kontrak, dan manfaat bonus loyalitas serta asuransi tambahan. 

Telah terdaftar dan diawasi OJK berdasarkan Surat Ijin Usaha no. 612 / KMK.017 / 1995 tanggal 22 Desember 1995, PT AXA dalam pengelolaan dana unit link pada produk tersebut bekerja sama dengan beberapa manajer investasi seperti PT AXA Asset Management Indonesia, PT Schroder Investment Management Indonesia, PT BNP Paribas Investment Partner, PT Mandiri Manajemen Investasi, BlackRock, dan AXA Investment Managers yang akan membantu Anda dalam pengelolaan dana investasi dan juga proteksi.
Show Comments/Tampilkan Komentar
Hide Comments/Sembunyikan Komentar

15 comments

  1. Wah jadi kalau bukan nasabah bank mandiri bisa gak kak? Atau harus buka akun dulu?

    ReplyDelete
  2. Zaman now segalanya dibuat mudah dan praktis ya, Mbak. Termasuk soal AXA Mandiri ini. Investasi dan Asuransi sudah digabung. Jadi bisa fokus. Karena memang dua hal ini membuat bercabang kalau ada dana. Mau investasi dulu, tapi harus pikir asuransi dulu.

    ReplyDelete
  3. Makin melek asuransi ni aku, karena memang lagi memahami bagaimana investasi dan perlindungan yang bisa membuat aku merasa oh ini loh pilihan asuransiku🤗

    ReplyDelete
  4. Enak banget zaman now ya Kak, investasi dan asuransi bisa satu paket. Jadi keuntungannya ganda deh, ya proteksi kesehatan keluarga juga imbal investasi yang suatu saat terus meninggi. Udah terdaftar resmi di OJK lagi, jadi ga ragu lagi deh. Kudu selektif memang biar ga kedodoran atau malah rugi.

    ReplyDelete
  5. Dulu-dulu kalo ke Bank Mandiri selalu ditawari asuransi AXA Mandiri ini sama agennya. Tapi kebetulan dulu itu udah punya asuransi lain.

    Intinya sih, emang perlu ikut asuransi. Dan yang penting, klaim asuransinya nanti gampang.

    ReplyDelete
  6. Asuransi Unit Link bukan tabungan bener banget, makanya nasabah harus bener-bener ngerti ya saat memilih arusansi unit link. Asuransi ibarat payung ya sebagai proteksi kita

    ReplyDelete
  7. Kudu dibaca dan dipelajari bener bener ya, biar asurandi yang kita pilih itu seduai denagn apa yang kita butuhkan..

    ReplyDelete
  8. Sekarang kita bisa mempunyai dua aset keuangan sekaligus , ya. Dengan Linked AXA, kita bisa berinvestasi sekaligus memiliki asuransi. Jadi bisa memudahkan ya...

    ReplyDelete
  9. Makin banyak ya macam asuransi sekarang ini. Malah ini ada asuransi dan investasi juga. Tapi aku pernah dengar kabar kurang baik tentang beberapa asuransi saat ini. Mungkin perlu dipelajari lebih detail dulu sampe paham baru mulai mencoba produk asuransinya.

    ReplyDelete
  10. Benar banget kak kalau unit link ini jadi investasi yang cocok untuk jangka panjang dan bukan untuk tujuan konsumtif. Paling penting iitu, bukan untuk tujuan konsumtif.

    ReplyDelete
  11. Produk asuransi makin beragam. Sebagai calon nasabah, kita bener-bener harus jeli meihat peluang dan mempelajari program asuransi yang kita inginkan, ya. Soalnya kalau cuma ikut-ikutan aja juga bahaya nanti di belakangnya kalau sampai ada suatu hal yang kita enggak tahu syarat dan ketentuannya.

    ReplyDelete
  12. Setuju mba kita kalau beli asuransi harus dipelajari dulu resiko dan asuransi apa yang mau diikuti, bahwa asuransi beda dengan investasi, kadang suka gak ngeh

    ReplyDelete
  13. Aku baru aja habis ngetwit soal AXA Mandiri yang menawarkan Unit Link
    Pengalaman temanku sih katanya recommended
    Makanya ini semoga bertahan

    ReplyDelete
  14. Proteksi penting banget, terutama dikenakan kepada orang yang sudah mendapatkan penghasilan. Nah unit link ini produk yang menarik, terutama karena kombinasi asuransi dan investasi. Pada masa tertentu, hasil imbal balik dari investasi bisa digunakan untuk membayar premi asuransinya.

    ReplyDelete
  15. Sekali dayung dua tiga pulau terlampaui. Terobosan terbaru ya kak bisa sekaligus investasi. Cuma lagi-lagi kalau soal asuransi pilih yang sesuai kebutuhan

    ReplyDelete

Hi! Lemme know you read this story by drop your perspective through a comment below :) (p.s: Sorry, a comment with an active url will be deleted)