Tidak Main-Main, Ternyata Inilah Manfaat Jinten Hitam untuk Kesehatan

Daftar Isi Postingan [Tampilkan]
Jinten hitam atau yang lebih populer dengan nama habbatussauda merupakan salah satu rempah yang banyak tubuh di wilayah Asia. Bahkan rempah yang satu ini juga banyak diekspor hingga ke luar negeri. Memang, jika dilihat dari segi khasiatnya sendiri juga tidak main-main. Ia kerap kali dijadikan sebagai bahan campuran untuk obat-obatan dan juga produk kecantikan. Seringkali juga didapati harga jual yang cukup mahal jika sudah diolah menjadi produk lain. Berbicara mengenai manfaat jinten hitam ini sendiri, memang ada cukup banyak penelitian yang sudah membuktikannya. 

manfaat jinten hitam
pict: Jubair Bin, pexels

Manfaat Jinten Hitam untuk Kesehatan

Berikut ini diantaranya beragam jenis manfaat dari habbatussauda bagi kesehatan yang berkhasiat, yaitu:

1. Mengatasi Gejala Asma

Asma termasuk salah satu gangguan kesehatan yang terjadi pada saluran pernapasan. Asma membuat penderitanya kerap kali kesulitan dalam bernapas yang bisa terjadi kapan saja terutama jika ada bahan alergen yang memicunya. Mengonsumsi jinten hitam secara rutin bagus untuk mengurangi gejalas asma dan membuat pernapasan menjadi semakin ringan. 

2. Menjaga Stabilitas Kadar Gula dalam Darah

Bagi penderita penyakit gula darah tinggi atau yang dikenal juga sebagai diabetes melitus, menjaga kadar gula darah agar tetap stabil menjadi hal yang sangat penting untuk dilakukan. Hal tersebut bertujuan untuk mencegah resiko penyakit bertambah semakin parah atau meningkatkan resiko komplikasi dengan beragam jenis masalah kesehatan yang lainnya. Sejumlah riset membuktikan bahwa dengan mengonsumsi jinten hitam secara rutin, maka bisa membantu untuk jaga gula darah agar tetap stabil. 

3. Mencegah Terjadinya Infeksi

Mengonsumsi jinten hitam secara rutin ternyata juga berkhasiat didalam cegah terjadinya infeksi, mulai diantaranya adalah infeksi yang dipicu oleh virus flu, kemudian juga virus hepatitis C sampai dengan HIV. Habbatussauda sendiri mengandung ada senyawa di dalamnya yang bersifat antivirus dan juga antijamur dan dapat bekerja untuk melawan terjadinya infeksi dalam tubuh. 

4. Meminimalkan Resiko Penumpukan Kolesterol dalam Darah

Kolesterol jahat yang menumpuk terlalu banyak dalam darah ternyata mampu untuk memicu penyakit-penyakit serius. Jika dibiarkan secara terus menerus, mulai diantaranya adalah gangguan pada jantung sampai dengan stroke. Ada banyak penelitian yang menyebutkan bahwa dengan konsumsi jinten hitam ini maka bisa menurunkan kadar kolesterol jahat atau yang dikenal juga sebagai LDL dalam darah. 

5. Cegah Penyakit Kanker

Kanker termasuk momok yang sangat menakutkan bagi siapa saja, karena ini merupakan kondisi kesehatan yang serius dan dapat berakibat kematian jika tidak ditangani secara tepat. Namun ternyata jinten hitam ini sendiri juga mengandung senyawa yang mampu untuk menghambat perkembangan dari sel-sel kanker tersebut. Antioksidannya yang cukup tinggi juga berguna dalam mencegah penyakit kanker. 

6. Sebagai Obat untuk Penyakit Rematik

Dalam sebuah riset juga ditemukan bahwa minyak jinten ini ternyata dapat membantu untuk mengobati penyakit rematik. Masalah kesehatan yang memang sangat umum diderita oleh orang tua. Ia juga mampu untuk mengurangi peradangan yang ada pada sendi. 

Dengan begitu banyaknya manfaat jinten hitam tak heran ada banyak juga di antara suplemen yang menggunakan bahan tersebut dalam produk mereka, termasuk di antaranya Anda bisa mendapatkan yang murni dan juga kaya akan khasiat dari Herbana. Produknya bisa dibeli secara mudah online dan ada banyak juga pilihan obat-obatan herbal yang dijual dari merk ini.

1 comment

  1. manfaat rempah2 yang banyak di negeri kita ya. Harusnya kita semua kuat dan sehat karena masakan kita banyak menggunakan ini

    ReplyDelete

Hi! Lemme know you read this story by drop your perspective through a comment below (p.s: Mohon klik "NOTIFY ME" untuk mengetahui balasan komentar melalui email)