Begini Ciri-Ciri Tempat Belanja Online Terpercaya

Daftar Isi Postingan [Tampilkan]
Semakin banyak bermunculan tempat belanja online membuat Anda harus lebih berhati-hati. Pasalnya tidak sedikit toko online yang pada akhirnya tidak bisa memberikan pelayanan yang terbaik. Anda tentu tidak ingin mengalami hal-hal yang tidak menyenangkan seperti barang tidak sesuai, tertipu dan sebagainya.

tempat belanja online
pict: pexels.com

Untuk berbelanja online memang sangat mudah untuk dilakukan. Akan tetapi, Anda perlu mengetahui ciri-ciri tempat belanja online terpercaya, agar nantinya bisa belanja dengan nyaman. Karena bagaimanapun, sebagai pembeli Anda tentu ingin mendapatkan pelayanan terbaik dari pihak toko online.

Ciri-Ciri Tempat Belanja Online Terpercaya

Untuk Anda yang suka belanja online, informasi ini penting untuk diketahui. Dengan mengetahui informasi ini, Anda akan lebih aman dalam berbelanja.

ciri ciri olshop terpercaya
pict: pexels.com

  • Dikelola Oleh Perusahaan/Pihak yang Jelas

Sebelum memutuskan untuk berbelanja, ada baiknya untuk mencari tahu pihak yang mengelola toko onlinenya. Khususnya untuk Anda yang baru pertama kali belanja di toko tersebut. Pada umumnya, mereka mencantumkan informasi tersebut di bagian bawah websitenya. Anda bisa mengeceknya terlebih dahulu untuk memastikan.

Lalu apakah toko online yang dikelola pribadi tidak aman ? Saat belanja online, lebih disarankan memang untuk belanja di toko online yang dikelola perusahaan. Karena dari segi pelayanan tentu akan ada perbedaan yang signifikan. Namun hal itu tidak menjadikan belanja di toko online pribadi tidak aman, untuk memastikannya cek poin berikut ini.

  • Tercantum Alamat Kantor

Tempat belanja online yang kredibel, pasti akan mencantumkan alamat kantornya di website mereka. Pencantuman alamat ini menjadi bukti bahwa mereka siap untuk menerima komplain, saran maupun keluhan dari konsumennya. Anda bisa melihat, semua toko-toko online besar pasti mencantumkan alamat kantornya dengan jelas.

Selain alamat, nomor telepon akan dicantumkan untuk memudahkan konsumen berkomunikasi. Sebaiknya urungkan niat Anda untuk belanja di toko online yang tidak memberikan alamat kantor dan nomor telepon yang jelas.

  • Pelayanannya Cepat

Ciri tempat belanja online yang terpercaya lainnya adalah memberikan pelayanan yang baik. Pelayanan dalam hal ini berkaitan dengan respon mereka dalam menjawab pertanyaan dan keluhan. Anda bisa bertanya mengenai kualitas produk yang akan dibeli, kabar pengiriman hingga melakukan komplain saat produk tidak sesuai.

Anda perlu memperhatikan betul hal ini, hindari toko online yang tidak memiliki pelayanan yang cepat. Karena akan sulit bagi Anda untuk mendapatkan informasi mengenai barang yang dibeli. Tak jarang, toko online hanya mementingkan kuantitas transaksi saja, dan mengesampingkan pelayanan mereka.

  • Mencantumkan Testimoni yang Transparan

Untuk mengetahui tempat belanja online terpercaya atau tidak, bisa dilihat dari testimoni pelanggannya. Testimoni yang berasal dari konsumen bisa menjadi gambaran kualitas toko online ini. Toko online yang tidak menampilkan testimoni akan terlihat kurang terpercaya.

Tapi tunggu dulu, Anda perlu memastikan testimoni tersebut benar-benar berasal dari konsumen. Caranya dengan melihat kalimat yang dituliskan konsumen apakah apa adanya atau dibuat-buat. Karena pastinya tidak semua konsumen akan puas dengan suatu toko online, jadi mungkin saja akan ada satu atau dua testimoni negatif yang diberikan.

  • Harga yang Ditawarkan Masuk Akal

Mungkin Anda sering menemukan toko online yang menawarkan harga barang yang tidak masuk akal. Biasanya mereka berdalih menjual produk original dengan harga murah, namun kenyataannya barang yang dijual ternyata palsu. Sebelum membeli, Anda harus mengetahui dahulu berapa harga pasaran barang yang diincar.

Pastikan tempat belanja online termurah menawarkan barang dengan harga yang masuk akal. Untuk memastikannya, Anda bisa melakukan perbandingan harga dengan beberapa toko online lain. Jika perbedaannya tidak terlalu signifikan, maka dapat dikatakan toko online tersebut terpercaya.

  • Foto Produk Jelas

Untuk mengetahui suatu toko online terpercaya atau tidak, bisa dilihat dari foto produk yang ditampilkan. Toko online terpercaya pasti akan menampilkan foto produk yang jelas dan berkualitas. Biasanya mereka juga menambahkan watermark di setiap foto produknya. Tujuannya agar tidak bisa digunakan oleh toko online lain.

Jika menemukan toko online yang menggunakan gambar orang lain, Anda harus menghindarinya. Mereka sudah tidak bisa dipercaya lagi dan dikhawatirkan akan melakukan penipuan saat Anda berbelanja.

  • Memiliki Fitur Keamanan

Saat belanja online, Anda perlu memberikan informasi mengenai nama lengkap, alamat hingga nomor telepon. Informasi tersebut sebenarnya menjadi privasi Anda, dan akan berbahaya jika banyak orang yang mengetahui. Maka dari itu, pastikan Anda memilih toko online yang menjamin keamanan data yang diberikan.

Hal yang paling mudah untuk mengetahui keamanannya, bisa dengan melihat apakah website tersebut memiliki sertifikat SSL atau tidak. Ini bisa diketahui dengan melihat alamat websitenya yang menggunakan https dan ikon gembok. Sebagai orang awam, mungkin akan sedikit sulit untuk mengetahui keamanan suatu website. Anda bisa memperhatikan poin-poin di atas sebelum berbelanja.

Untuk Anda yang sedang mencari tempat belanja online terpercaya, Ladara.id sangat direkomendasikan. Toko online ini dikelola oleh pihak yang jelas sehingga tidak perlu khawatir dengan kredibilitasnya. Mereka juga menampilkan kontak yang jelas, sehingga Anda bisa berkomunikasi dengan mudah.

Ladara.id menyediakan berbagai produk kebutuhan sehari-hari, aksesoris, peralatan dapur dan masih banyak lagi. Belanja di sini sangat mudah dilakukan, mereka menyediakan banyak metode pembayaran dan pilihan jasa pengiriman. Sehingga sebagai pembeli, Anda bisa lebih fleksibel dalam berbelanja.

Itulah ciri-ciri tempat belanja online terpercaya yang perlu Anda perhatikan. Sebagai pembeli, Anda harus bisa membedakan antara toko online terpercaya dan tidak. Dan yang jelas, jangan sampai Anda tergoda dengan tawaran harga produk yang murahnya tidak masuk akal.

Referensi:
  • https://www.aditya-web.com/2021/02/5-ciri-ciri-toko-online-yang-aman-dan-terpercaya.html
  • https://midtrans.com/id/blog/5-ciri-situs-jual-beli-online-terpercaya
  • https://mjurnal.com/tekno/toko-online-terpercaya/
  • https://beritateknologi.id/ciri-ciri-toko-online-terpercaya/
Show Comments/Tampilkan Komentar
Hide Comments/Sembunyikan Komentar

No comments

Hi! Lemme know you read this story by drop your perspective through a comment below (p.s: Mohon klik "NOTIFY ME" untuk mengetahui balasan komentar melalui email)