5 Aplikasi Seru Belajar Bahasa Inggris Untuk Anak SD

Daftar Isi Postingan [Tampilkan]
Kemampuan bahasa Inggris anak saya masih sangat kurang? Anak saya sangat sulit diajari bahasa Inggris dan lebih memilih bermain gadget? Kira-kira bagaimana cara yang tepat untuk mengatasi masalah seperti ini, ya?

Mama dan papa perlu kreatif dalam mengajari anak bahasa Inggris. Jika anak ternyata senang bermain gadget, jadikanlah gadget tersebut bermanfaat dan bisa menjadi media belajar bagi si kecil. Saat ini, Mama Papa bisa mengajari si kecil dengan memanfaatkan aplikasi belajar bahasa Inggris anak.

Aplikasi Seru Belajar Bahasa Inggris Anak

aplikasi untuk belajar bahasa inggris
pict: Pexels

Aplikasi-aplikasi tersebut dirancang memang untuk memudahkan si kecil memahami bahasa Inggris dengan cara yang menyenangkan. Mama Papa saat ini bisa menemukan begitu banyak pilihan aplikasi belajar bahasa Inggris anak melalui Google Play Store. Jika si kecil saat ini menduduki sekolah dasar, berikut ini ada beberapa rekomendasi aplikasi yang cocok untuk usia mereka:

1. Duolingo

Aplikasi belajar bahasa Inggris anak pertama yang bisa Mama pilih untuk si kecil adalah Duolingo. Mama bisa menginstallnya di Smartphone kemudian kenalkan kepada si kecil tentang cara penggunaannya. Aplikasi ini merupakan aplikasi gratis yang akan membuat si kecil bersemangat untuk belajar bahasa Inggris.

Mama Papa juga bisa ikut belajar bersama si kecil agar suasana belajar semakin menyenangkan. Di dalam aplikasi ini terdapat banyak fitur yang menarik lho Ma. Beberapa fitur yang disediakan antara lain seperti tingkat pembelajaran yang berbeda, pilihan bahasa yang bervariasi, fitur belajar kosakata dan fitur menarik lainnya.

Jika si kecil sudah mahir bahasa Inggris, Mama bisa mengajari bahasa lain seperti bahasa Jerman, Spanyol dan bahasa negara lainnya menggunakan aplikasi belajar bahasa Inggris anak SD ini.

2. Memrise

Mama sadar tidak, jika usia si kecil saat ini adalah usia yang sangat bagus untuk mengingat sesuatu. Usia anak sekolah dasar akan mudah untuk mengingat pelajaran dibandingkan orang yang sudah dewasa. Salah satu aplikasi yang mengerti akan keadaan si kecil saat ini adalah Memrise. Aplikasi belajar bahasa Inggris anak ini bisa diunduh secara gratis Ma.

Di dalam aplikasi belajar bahasa Inggris anak ini, si kecil bisa menemukan begitu banyak video edukatif tentang bahasa Inggris. Si kecil akan menyukai aplikasi ini karena memiliki konsep yang menarik dan menyenangkan.

3. Hello English

aplikasi hello english
pict: ftp.wowkeren.com

Mama masih ingin mencoba mencari aplikasi belajar bahasa Inggris anak menarik lain yang cocok untuk si kecil? Coba unduh aplikasi hello English Ma. Aplikasi ini menjadi salah aplikasi terbaik yang bisa diunduh secara gratis.

Di dalam aplikasi belajar bahasa Inggris untuk si kecil ini terdapat banyak game seru dengan bahasa Inggris. Belajar bahasa Inggris menggunakan game tentu akan lebih menyenangkan untuk si kecil. Beberapa contoh permainan yang tersedia antara lain seperti game cari kosakata, game cara baca vocabulary dan yang lainnya.

Hal menarik yang bisa dilakukan maka dan si kecil dengan menggunakan aplikasi ini yaitu bisa berinteraksi dengan pengguna lainnya. Ajak si kecil untuk berani berinteraksi dengan pengguna aplikasi lain agar kemampuan conversation semakin terlatih ya Ma.

4. English for Kids

Si kecil saat ini sedang senang dengan warna dan gambar ya Ma? Nama bisa memilih karena aplikasi belajar bahasa Inggris anak English For Kids. Aplikasi ini memiliki tampilan yang menarik karena didalamnya ada banyak materi pelajaran bahasa inggris khusus untuk anak-anak.

Si Kecil bisa belajar menghafal vocabulary tentang buah-buahan, makanan, warna, hewan, angka dan materi bahasa inggris lainnya. Si kecil akan lebih mudah mengingat vocabulary apabila menggunakan aplikasi yang seru seperti ini.

Di usia anak-anak memang sebaiknya Mama mengajak belajar si kecil dengan teknik belajar yang seru. Buat suasana belajar yang menyenangkan agar si kecil semakin senang dalam belajar materi bahasa inggris.

5. Game Anak: Belajar Bahasa Inggris

Apakah si kecil termasuk anak yang mudah bosan ketika belajar Ma? Mama bisa memilihkan aplikasi game anak belajar bahasa inggris. Aplikasi ini berupa game, akan tetapi sangat efektif untuk membantu pembelajaran bahasa inggris untuk si kecil.

Si kecil bisa memainkan beragam game seru yang akan membantu meningkatkan vocabulary dan kemampuan bahasa inggris dari aplikasi ini. Hal yang menarik dari game ini adalah adanya lagu-lagu bahasa inggris untuk si kecil. Mama juga akan sangat menyukai aplikasi ini, nantinya si kecil bukan hanya pandai bahasa inggris namun juga pandai menyanyikan lagu-lagu berbahasa asing.

Mama kini tidak perlu merasa bingung lagi ketika si kecil suka bermain gadget. Jadikan gadget sebagai tempat belajar si kecil dengan menginstall aplikasi-aplikasi yang telah direkomendasikan untuk Mama di atas ya!

Mama harus selalu mengarahkan si kecil pada hal-hal yang positif. Jangan biarkan si kecil terlalu lama bermain gadget karena hal ini sangat tidak baik untuk perkembangan mereka. Berikan waktu beberapa menit saja dalam sehari untuk si kecil menggunakan gadget Mama Papa.

Pastikan saat si kecil memegang gadget, Mama Papa mengawasi mereka. Ajari si kecil menggunakan aplikasi pembelajaran bahasa inggris di atas ya. Setelah itu, berikan pengertian agar segera menghentikan kegiatan tersebut apabila dirasa sudah cukup.

Jika Mama Papa ingin potensi anak dalam belajar bahasa Inggris anak dapat dioptimalkan, Mama bisa juga memasukkan si kecil ke kursus bahasa Inggris Kiddo.id. Platform ini menyediakan beragam kursus pilihan termasuk kursus bahasa Inggris untuk si kecil. Selain itu Mama juga bisa memanfaatkan platform kiddo.id untuk mendapatkan ribuan konten parenting dan konten edukatif lainnya di sini.

Referensi:
  • https://www.popmama.com/big-kid/6-9-years-old/sysilia-tanhati/aplikasi-belajar-bahasa-inggris-untuk-anak-sd
  • https://www.idntimes.com/tech/gadget/alfonsus-adi-putra-qalfonsus/aplikasi-belajar-bahasa-inggris-terbaik-untuk-anak
  • https://play.google.com/store/apps/details?id=com.sekar.belajarbahasainggris&hl=in&gl=US
  • https://www.indozone.id/tech/1xs9zB/aplikasi-belajar-bahasa-inggris
  • https://kiddo.id/kursus-bahasa-inggris-anak-di-jakarta
Show Comments/Tampilkan Komentar
Hide Comments/Sembunyikan Komentar

46 comments

  1. Aku juga suka banget sama aplikasi Duolingo, seru aja mainnya.. Jd makin ngerti bahasa inggris dr dasar banget, hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seru kan yak kaya permainan gitu Mbak El :D

      Delete
  2. Mungkin nanti bagus juga Mbak kalau dibuat tulisan tentang belajar bahasa Inggris menyenangkan dengan anak tanpa gadget. Soalnya, aku lagi berusaha supaya anak nggak terlalu interaksi dengan gadget. Takutnya ntar FOMO.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah ide yang bagus, biasanya dari bacaan sih namun jangan yang full text namun semacam cerita bergambar dan bertahap. Kalau masih kecil kan mudah menyerap pengetahuan + kosa kata :)

      Delete
  3. Terimakasih mba...
    infonya berguna sekali buat saya...
    di masa pandemi saya pengen masukan anak ke les inggris tapi ya sulit diizinkan karena situasi.
    selama ini kami pake aplikasi online yang berbayar...
    ini ada aplikasi yang gratisan... syuka saya... segera di oprek..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama, Mbak

      Saya sndiri pakai Duolingo berdasarkan rekomendasi dosen, itu bisa bahasa lain selain Inggris juga :D jd bisa untuk segala usia

      Delete
  4. Wah kelihatan nya seru juga ya belajar bahasa Inggris pake aplikasi gini. Belum pernah coba n anak² udah lewat SD sayangnya. Nnt sy rekomendasiin tuk ponakan deh

    ReplyDelete
  5. Saya baru tau ternyaa ada aplikasi belajar bhs inggris,, memang model kayak gini harus ada sih kren selarang ank2 lbih senang megang hp dr pd buku...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah iyak, jd untuk aplikasi yg bisa bermanfaat dimainkan sekalian :D

      Delete
  6. Kak tampilan blognya keceee abis hehe. jadi salfok. tapi serius jadi enak gitu bacanya. Btw aplikasi belajar bahasa inggris untuk anak ini beneran bikin pengennn. Ntar mau nyoba aahh buat anakku

    ReplyDelete
    Replies
    1. HIHII yay thanks a lot kak, it means a lot! :D silakan ya kak :)

      Delete
  7. Saya belum nyoba satu pun aplikasi di atas kak. Tapi anak-anak suka sekali belajar bahasa Inggris lewat nyanyian di yutup.
    Mungkin beberapa channel seperti cocomelon dan Disney cocok buat mereka.

    ReplyDelete
  8. Anakku baru coba Duolingo...boleh nih intip aplikasi lainnya. Mumpung libur lebaran lama dan masih PJJ di Jakarta, bisa dimanfaatkan untuk belajar Bahasa Inggris di rumah aja

    ReplyDelete
  9. Wah informasi menarik nih untuk memilih aplikasi belajar bahasa Inggris untuk anak jadi lebih mudah dan praktis ya belajar bahasa Inggrisnya

    ReplyDelete
  10. Selain Duolinggo ternyata masih banyak aplikasi gratis belajar bahasa inggris. Bisa juga kali ya buat media belajar anak 4 tahun.

    ReplyDelete
  11. Nah dapat rekomendasi nih dari Umi Marfa ya,, platform kiddo buat nambah informasi ttg parenting ya,, suka bangett, soalnya bungsu saya masih 4 tahun usianya.

    ReplyDelete
  12. sebagai pecinta duolingo, sesuka itu deh, mau belajar apapun selain bahasa inggris bisa, pakai level lagi. dan bisa dipakai segala usia. happy bgt bisa bljr bahasa dgn mudah dizaman skrg ini 🥰

    ReplyDelete
  13. Aplikasi yang tidak hanya menyenangkan namun juga menambah pengetahuan Bahasa Inggris untuk anak-anak ya,Mba. Saya selaku guru Bahasa Inggris anak SD pun suka gunakan aplikasi-aplikasi ini juga.

    ReplyDelete
  14. Duolinggo ini saya suka juga buat belajar keponakan, lainnya belom pernah coba, bisa jadi rekomendasi buat saya coba niy

    ReplyDelete
  15. Makasih banyak ya rekomendasi nya keren

    ReplyDelete
  16. Duolingo ada yang buat anak ya sekarang? Dulu aku pakai duolingo untuk aku belajar sendiri. Seru juga kalau ada yg untuk anak usia SD.

    ReplyDelete
  17. Nah ini cocok nih buat anak2ku mereka udh mulai penasaran sama bahasa inggris

    ReplyDelete
  18. Saya belum nyoba satu pun aplikasi di atas kak. Tapi rencannya nanti saya mau coba duolingo siapa tau makin seru belajar bahasa inggris bersama keponakan

    ReplyDelete
  19. Kayaknya gak hanya untuk anak-anak deh, orang dewasa yang baru mulai belajar juga lebih terbantu dengan adanya beberapa aplikasi belajar bahasa inggris tersebut.

    ReplyDelete
  20. Jadi meski mereka suka main gadget, kita bisa menyiasati dengan memasang aplikasi belajar bahasa inggris dan membuat mereka tertarik untuk lebih sering membuka aplikasi itu ya kak....

    ReplyDelete
  21. Belajar bahasa Inggris sejak dini gak pakai acara ribet ya 5 rekomendasinya mudah buat diakses via gawai. Jadi nyaman juga anak-anak belajar di rumah sambil diawasi orangtuanya

    ReplyDelete
  22. Platform Kiddo ini membantu banget buat anak belajar bahasa Inggris ya Umi... selain tersedia ribuan konten di platformnya, juga bisa mengalihkan anak dari bermain game lain yang belum edukatif seperti Kiddo ini.

    ReplyDelete
  23. Wah bisa nih jadi rujukan buat ponakan yg lagi pengen kursus bahasa Inggris katanyaaa.

    ReplyDelete
  24. Allhamdulillah dapet rekomendasi kece, makasih Mbak Umi.
    Bisa aku rekomendasikan ke emaknya keponakan-keponakanku yang ngeluh anaknya susah belajar english nih

    ReplyDelete
  25. DuoLingo sering kupakai untuk belajar dibanding anak hehehe...Kalau anak belajar bahasa Inggris pakai Lingokids..Senang pakai DuoLingo karena pilihan belajar bahasanya banyak dan kayak ada poinnya gitu..

    Terima kasih ya untuk rekomendasi lainnya, mau dicoba ah buat anak

    ReplyDelete
  26. Keponakanku kemarin belum ada pelajaran bahasa Inggris, tapi gak tahu ya nanti kelas 4. Dia juga udah tanya-tanya kosa kata bahasa Inggris waktu dengar lagu. Kayanya kukasih belajar pakai aplikasi di atas aja ya

    ReplyDelete
  27. Wahhh sama dong. Aku juga usernya duolingo hihi. Asyik ada fitur streak jadinya kita semangat gitu belajarnya. Thx 4 sharing mba <3

    ReplyDelete
  28. ternyata aplikasi untuk belajar bahasa inggris ada banya ya mbak
    selama ini aku baru oakai duolingo aja

    ReplyDelete
  29. Pernah dengernya yg duolingo. Tapi blm pernah intip aplikasinya sih. Asik juga ya belajar bahasa Inggris bisa pake aplikasi yg sesuai dg anak2, fun gitu. Kalo game nyari kosakata itu favorit aku, hehe. Masih suka mainan kayak gitu akutuh

    ReplyDelete
  30. kalau memudahkan seperti ini pasti bakalan disukai orang tua. BTW duolingo lumayan lengkap ngga cuman inggris doang. aku suka pake juga

    ReplyDelete
  31. Wah aplikasinya, sama kak. Adekku juga gemar pakai duolingo. Ragam materi nya oke punya. And sure, ngebantu banget buat belajar

    ReplyDelete
  32. Wah aplikasinya, sama kak. Adekku juga gemar pakai duolingo. Ragam materi nya oke punya. And sure, ngebantu banget buat belajar

    ReplyDelete
  33. Wah aplikasinya, sama kak. Adekku juga gemar pakai duolingo. Ragam materi nya oke punya. And sure, ngebantu banget buat belajar

    ReplyDelete
  34. Kalau Salfa langsung belajar sama saya. Aplikasi baru ngeh ada ketika Salfa sudah usia 2 tahunan. Itu pun dia sudah bisa ngomong banyak kosakata.
    Aplikasi di atas kuteruskan ke adik buat anaknya

    ReplyDelete
  35. Nah ini, anakku kalau belajar pakek aplikasi ujung-ujung nge-game, bener-bener harus diawasi. Btw. untuk Duolino ini emang ada yg khusus anak atau gimana ya? Kami sudah pakai cuma ya yang biasa orang dewasa pakai itu.

    ReplyDelete
  36. dapet rekomendasi kece nih, bisa kubagikan ke emaknya keponakan biar pada download

    ReplyDelete
  37. Saya baru paham aplikasi Duolingo dan English for kids, seringnya pakai english for kids sih. Ternyata masih ada beberapa juga aplikasi belajar bahasa inggris lainnya. Oh ya, ini saya pakai buat diriku sendiri ya bukan buat anak SD, secara english-ku masih gak karuan, mungkin malah lebih parah dari anak SD hahaha.

    ReplyDelete
  38. Saya baru tahu nih Mbak ternyata ada banyak aplikasi yang bisa digunakan ya sebagai media belajar bahasa inggris anak dengan asyik dan menyenangkan

    ReplyDelete
  39. Wah, aku baru tahu ada aplikasi kek gini. Selama ini anak-anakku belajar bahasa Inggrisnya dari Disney Junior, wkwk. Native speakernya mereka ya tokoh-tokoh di sana. Sampai terpukau emaknya sama vocab mereka yang cukup oke.. apalagi adik kakak bisa komunikasi pakai English juga, padahal emaknya nggak ngajarin, wkwk.

    Hmm, kudu kukenalin sama salah satu aplikasi ini nih. Biar belajarnya semakin terarah.

    ReplyDelete
  40. Si Kakak juga senang lho belajar bahasa pakai Duo Linggo, gak cuma Bahasa Inggris aja ada bahasa lainnya juga. Saya juga malah nostalgia belajar Bahasa Jerman, dulu SMA pernah belajar ini karena masuk di jurusan Bahasa pas kelas 3 :D

    ReplyDelete

Hi! Lemme know you read this story by drop your perspective through a comment below (p.s: Mohon klik "NOTIFY ME" untuk mengetahui balasan komentar melalui email)