7 Cara Menjaga Kepadatan Tulang Agar Tetap Kuat dan Sehat

Daftar Isi Postingan [Tampilkan]
Bergerak secara aktif dan ringan adalah kenikmatan tersendiri baik dalam mobilitas harian yang padat atau juga dalam melakukan hobi. Pertumbuhan tulang sedang aktif-aktifnya saat memasuki usia pubertas dan berakhir pada usia akhir belasan atau awal 20. Selanjutnya, kalsium berperan penting dalam kesehatan tulang ini dengan menjaganya agar tetap kuat dan sehat. Namun tentu saja, kemampuan pertumbuhan menggantikan sel tulang yang rusak akan semakin menurun seiring usia.

cara menjaga kepadatan tulang
img: T-P-G, pixabay

Selain karena faktor usia, menurunnya kepadatan tulang juga bisa ditambah pada beberapa hal lain seperti kurangnya konsumsi kalsium, pengaruh dari obat-obatan tertentu, kekurangan vitamin D, jarangnya berolahraga, merokok, dan terlalu banyak mengonsumsi kafein karena bisa menurunkan efisiensi penyerapan kalsium pada usus. Berkurangnya kepadatan tulang pada wanita juga dipengaruhi ketika memasuki masa menopause karena kurangnya esterogen. 

Umumnya, kepadatan tulang akan mulai menurun ketika memasuki usia 30an. Terlalu lama duduk dalam pekerjaan yang menyita waktu sehingga tulang kurang aktif juga dapat meningkatkan risiko berkurangnya kepadatan pada tulang. Maka dari itu, tak perlu menunggu masalah pada tulang datang, berikut cara-cara untuk menjaga kepadatan dan kesehatan tulang:

1. Konsumsi Makanan Mengandung Kalsium

susu kalsium untuk kesehatan
img: Couleur, pixabay

Kalsium bermanfaat bukan hanya untuk tulang namun juga sekaligus untuk kesehatan gigi. Manfaat lain dari kalsium juga dapat turut serta berperan dalam kesehatan jantung dan juga menjaga fungsi dari syaraf. Makanan yang mengandung kalsium ini mudah ditemukan dalam keseharian seperti susu, yoghurt, sayuran hijau, makanan laut, kacang-kacangan atau biji-bijian, dan juga keju.  Rata-rata harian untuk kecukupan kalsium bagi orang dewasa adalah 1.000 mg.

2. Berolahraga Secara Rutin

Berolahraga ini memang manfaatnya hampir untuk semua aspek kesehatan pada tubuh kita, termasuk kepadatan tulang. Dengan banyak bergerak, tulang akan menyesuaikan juga dan menggunakan lebih banyak kalsium sehingga menjadi lebih sehat dan padat. Selain itu dengan berolahraga, berat badan juga akan lebih terjaga sehingga tak membenani kerja tulang akibat terlalu berat. Berolahraga juga baik untuk sendi dan membuat sirkulasi darah lebih lancar pada tulang dan sendi.

3. Cukup Vitamin D 

Dalam prosesnya menyerap kalsium, tubuh membutuhkan bantuan Vitamin D yang bisa didapat dari makanan seperti ikan salmon, ikan tuna, ikan sarden, dan juga kuning telur. Cukup sinar matahari juga bisa membantu tubuh membentuk Vitamin D sendiri dengan cara yang murah dan murah. Sedangkan untuk kebutuhan atau kondisi tertentu, tambahan Vitamin D dalam bentuk suplemen juga bisa dibutuhkan.

4. Hindari Kebiasaan Merokok dan Minuman Alkohol

Bagi yang mempunyai kebiasaan merokok atau minum alkohol, ada baiknya segera mengurangi bahkan menghentikannya jika ingin kesehatan tulang tetap terjaga. Hal itu karena merokok dan minum beralkohol dapat meningkatkan risiko pada osteoporosis. Merokok juga dapat mempercepat degernerasi pada tulang rawan sendi yang meningkatkan risiko osteoarthritis atau kerusakan pada sendi.

5. Konsumsi Sayuran

sayuran yang baik untuk tulang
img: JillWellington, pixabay

Bukan hanya Vitamin D dan kalsium yang terutama dibutuhkan dalam kepadatan tulang, sayur juga berperan penting dalam memproduksi sel-sel pembentuk tulang. Pilih sayuran yang mengandung Vitamin C karena berfungsi sebagai antioksidan yang bagus untuk tubuh dan juga melindungi sel tulang.

6. Menjaga Berat Badan Ideal

Seperti yang disebutkan pada poin kedua, bertambahnya berat badan juga dapat membebani kerja tulang dan risiko akan cedera. Saat berat badan berlebih, lutut akan mengalami peningkatan beban dan juga akan timbul rasa nyeri. Hal ini bisa meningkatkan risiko penuaan sendi dan selain itu, berat badan berlebih juga mengakibatkan sakit pada pinggang yang menyebabkan rasa tak nyaman dan menganggu produktivitas harian terutama saat duduk.

7. Mengonsumsi Suplemen Kalsium

Menjaga kepadatan tulang dapat didukung dengan mengkonsumsi suplemen seperti CDR Orange yang tersedia dalam 4 varian yaitu strip 2s, tube 10s, tube 15s, dan tube 20s. Suplemen ini tak hanya mengandung kalsium yang dibutuhkan tulang namun formulanya lebih lengkap dengan Vitamin C, D, dan B6. Suplemen CDR membantu menjaga kesehatan tulang terutama pada orang dewasa dan kebutuhan kalsium pada ibu hamil. Memenuhi hidup yang sehat dilengkapi dengan suplemen merupakan perpaduan yang ampuh dalam menjaga kesehatan dan kepadatan tulang.

Itulah beberapa cara dalam menjaga kepadatan tulang terutama bagi orang dewasa, namun juga kebiasaan seperti pola makan yang baik juga memang sebaiknya dimulai dari usia muda. Cara satu dan yang lainnya saling berhubungan dan melengkapi, jadi kita tak bisa menggantungkan satu cara saja dalam menjaga kesehatan tulang. Yuk sayangi tulang kita dengan menjaga dan merawat sebaik-baiknya!
Show Comments/Tampilkan Komentar
Hide Comments/Sembunyikan Komentar

3 comments

  1. pengen banget rutin olahraga minimal pas weekend setiap pagi hari tapi kebablasan bangun siang terus :(

    ReplyDelete
  2. Menjaga berat badan ideal.

    Sampai di poin ini, saya langsung merasa, kalau punya badan ideal itu memang perlu. Selain untuk membuat tubuh terasa ringan saat diajak beraktivitas, juga menjaga tulang tetap mampu menopang tubuh.

    ReplyDelete
  3. Tapi seiring usia juga tidak bisa dicegah. Manusia hanya mampu memperlambat tapi tidak mencegah.

    ReplyDelete

Hi! Lemme know you read this story by drop your perspective through a comment below (p.s: Mohon klik "NOTIFY ME" untuk mengetahui balasan komentar melalui email)