Kiat dan Persiapan Menghadapi Tes CPNS 2021

Daftar Isi Postingan [Tampilkan]
Bekerja menjadi PNS masih memiliki peminat yang besar dan terus bertambah akibat kondisi pandemi. Hal tersebut karena pekerjaan ini dinilai stabil dan memiliki dana pensiun sehingga menjadi pekerjaan impian. Namun tentu saja bukan perkara gaji saja, namun dapat bekerja di lembaga pusat/daerah ataupun kementerian merupakan cita-cita bagi beberapa pendaftar. Berkarir PNS juga sekaligus cara mengabdi pada negara dengan melayani masyarakat.

tes cpns 2021
credit: antara foto/Nova Wahyudi

Jauh sebelum masa pendaftaran dibuka, bahasan mengenai CPNS sudah banyak dan seringkali berlalu-lalang. Banyaknya jumlah pesaing dari berbagai latar belakang yang relevan dan usia mungkin sedikit membuat khawatir. Namun harapan itu ada dan tentu saja patut serta harus dicoba, ibaratnya jangan kalah dahulu sebelum berperang. Di luar perihal hasil, menikmati proses seleksi nantinya tentu saja akan membawa pengalaman berharga tersendiri.

Mengikuti seleksi CPNS artinya mempersiapkan diri sepenuhnya dari awal hingga akhir secara teliti., termasuk mempelajari Latihan Soal CPNS 2021 Setelah diumumkan lolos seleksi administrasi, maka fokus selanjutnya adalah mempersiapkan diri menghadapi tes CPNS. Ada beberapa kiat dan pentingnya persiapan menuju tes CPNS, yaitu:

  1. Update dan Catat Jadwal

Hal pertama yang penting dalam persiapan tes CPNS ini adalah mengecek jadwal dan mencatatnya. Disarankan mencatat secara langsung atau manual agar tak mudah terlupakan atau terabaikan. Mencatat di smartphone memang bisa menjadi opsi, namun tak ada salahnya mencatat secara manual karena kita dapat mengecek dan membuat rencana seperti alur belajar dan persiapan. Pastikan teliti dalam menuliskan jadwal dan cek informasi secara berkala jikalau terjadi perubahan jadwal.

  1. Membuat Alur dan Checklist Kebutuhan

Langkah selanjutnya yaitu dengan mencatat alur dan membuat checklist kebutuhan. Tips ini barangkali mudah terlewat namun mencatat juga perlu teknik. Catat alur persiapan sebelum jadwal tes, kapan harus belajar latihan soal, kapan harus evaluasi, dan juga mencatat kebutuhan-kebutuhan pribadi untuk tes nanti. Langkah ini bermanfaat bagi yang mudah terkena distraksi atau terbiasa mengingat dalam kepala, dengan mencatat dan membuat alur dengan detail maka kesalahan minor yang efeknya bisa fatal tak akan terjadi.

  1. Tekun dan Fokus Dalam Latihan Soal

Tes CPNS untuk seleksi pertama ini yaitu Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) yang terdiri dari Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensi Umum (TIU) dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP). Bagi waktu dalam mengerjakan masing-masing jenis latihan soal dan usahakan agar fokus. Manfaatkan waktu sebaik-baiknya untuk mengetahui di bagian mana kemampuan latihan tes soal CPNS masih kurang maksimal.

Perhatikan jenis soal-soal dalam latihan agar bisa menentukan strateginya. Untuk TWK berisi soal mengenai pengetahuan dan kemampuan empat pilar kebangsaan (Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika, dan NKRI). Untuk jenis soal TIU meliputi kemampuan verbal baik lisan maupun tulisan, kemampuan numerik, dan berpikir logis. Yang terakhir adalah TKP yang berorientasi pada diri seperti kreativitas, pengendalian diri, sampai kemampuan diri.

Sumber untuk belajar Latihan Soal atau Contoh Soal PPPK 2021 saat ini sudah banyak, tersebar dan tersedia juga yang berbayar maupun gratis. Namun lagi-lagi banyaknya sumber ini bisa jadi distraksi apabila fokusnya hanya mencari latihan soal CPNS, fokuskan pada bagaimana jenis soal, bagaimana skema jawabnya, dan soal mana saja yang jauh dari pemahaman untuk diperdalam.

Jangan juga berpikir terlalu jauh dahulu sehingga menyepelekan latihan soal SKD, fokuslah pada apa yang ada di depan mata. Memang, masih ada tes Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) atau seleksi kedua untuk guru setelah SKD jika lolos. Namun memikirkan terlalu jauh akan memecah pikiran, fokus dan maksimalkan sebaik-baiknya dalam latihan soal-soal CPNS 2021 ini.

  1. Manajemen Waktu dan Menjaga Kesehatan

Persiapan Tes SKD CPNS 2021
credit: pixabay, mohamed_hassan

Memiliki sifat ambisius dan menghabiskan banyak waktu untuk persiapan atau latihan soal sebaiknya juga diimbangi dengan waktu istirahat. Tips ini memang terdengar klise, namun menjaga kesehatan saat ini sangat penting bukan hanya kesehatan fisik melainkan juga kesehatan mental. Pun sebenarnya kedua hal tersebut saling mempengaruhi, misalnya saja ketika kurang tidur maka akan berpengaruh ke suasana perasaan, kosentrasi, dan semangat. Begitu pula ketika tak melakukan manajemen emosi dan energi, dapat berimbas ke fisik.

Tujuannya tentu saja agar badan beserta pikiran tetap prima sampai hari Tes CPNS 2021. Berada dalam kondisi yang sehat akan membuat tubuh nyaman dan lancar dalam kosentrasi. Menjaga kesehatan juga masing-masing memiliki preferensi, seperti imbangi dengan olahraga, menjaga asupan makanan, rutin berjemur, serta menjaga kualitas tidur.

  1. Membaca Pengalaman Untuk Meningkatkan Motivasi

Ada kalanya dalam jeda mengerjakan soal dan mempersiapkan diri, kita butuh tambahan motivasi agar terus percaya dan maju pada pilihan. Sebagai manusia, normal sekali juga memiliki semangat atau tingkat percaya diri yang naik turun. Membaca pengalaman orang yang sebelumnya berjuang hingga lolos bisa menjadi motivasi diri dan menunjang semangat. 

Efek perasaan sama-sama berjuang dari membaca pengalaman dapat juga menumbuhkan rasa memberikan diri sendiri kesempatan untuk melalui serangkaian proses CPNS ini. Bahkan bisa juga mendapatkan tips dari yang berpengalaman secara langsung serta gambaran bagaimana prosesnya.

  1. Memelihara Ekspetasi

Tips terakhir ini tak banyak dicantumkan, atau bahkan menjadi topik yang dihindari. Bukan artinya pasrah dan bukan juga artinya menyerah, namun sebagai bentuk welas asih kepada diri sendiri. Ketika sudah mempersiapkan sampai melakukan sebaik-baiknya, kita juga perlu mempersiapkan kemungkinan buruk yang ada. Minimal dengan memelihara ekspetasi, kita akan tetap menghargai proses diri dan lebih mudah memproses kejadian atau hasil nanti. Selalu ingat bahwa diri kita tak didefinisikan atas satu kegagalan.

Itulah beberapa kiat dan pentingnya melakukan persiapan menuju Tes CPNS 2021. Yang terpenting adalah fokus pada satu tahapan ke tahapan lainnya, di mana tahap ini sedang menuju persiapan tes. Membuat catatan alur secara detail dan menggunakan strategi dalam mengerjakan latihan soal CPNS merupakan dua hal yang menjadi pondasi. Namun jangan melupakan persiapan lainnya yang mendukung seperti menjaga kesehatan. Semoga sukses!
***
Show Comments/Tampilkan Komentar
Hide Comments/Sembunyikan Komentar

28 comments

  1. Mantap nih tips persiapannya, keknya berdasarkan pengalaman pribadi ya kak. Semoga saya juga bisa lolos tes CPNS taun ini. Mohon doanya

    ReplyDelete
  2. Enak ya jadi PNS, nggak terlalu berpengaruh saat pandemi gini. Kerjaan juga bisa diselesaikan secara online. Makanya beruntung banget bagi mereka yang lolos tes CPNS. Pengen deh jadi PNS, tapi......

    Beruntung saya bisa nemuin artikel kece badai tornado ini, saya jadi tau bagaimana kiat dan persiapan tes CPNS. Makasih banyak atas sharingnya......

    ReplyDelete
  3. Pekerjaan PNS ini merupakan impian banyak orang tak heran jika peminatnya sangat banyak. Banyak lulusan baru yg mencoba tapi gagal. Semoga tips di atas bisa membantu mereka yg ingin menjadi PNS.

    ReplyDelete
  4. latihan soal dan manajemen waktu emang jadi hal penting sih supaya bisa menyelesaikan soal soal dengan sukses. Tidak akan ada hasil yang mengkhianati usaha, mari berjuang!

    ReplyDelete
  5. membaca kisah kisah inspiratif bisa membuat semangat untuk melakukan yang terbaik agar lulus tes CPNS ini

    ReplyDelete
  6. Harus persiapan ya untuk mendapatkan posisi masa depan hehe. Smoga yg ikut tes CPNS sukses semua

    ReplyDelete
  7. Perlu persiapan memang ya untuk bisa lulus tes cpns. Yang terpenting lagi adalah jaga kesehatan agar bisa menjalani semua tipsnya.

    ReplyDelete
  8. Memang, Mbak. Saat ini keinginan jadi PNS masih sangat tinggi. Ini mungkin karena masa pensiun sudah tenang, karena masih menerima gaji. Dan saya lihat kemarin di televisi, di Aceh kemarin sudah menerima CPNS.
    Pastinya ikut di dearah mana saja, persiapannya harus maksimal, agar peluang lolos semakin besar.

    ReplyDelete
  9. Kebetulan banget adekku lagi persiapan tes CPNS. Aku share ya mbaartikel ini. InsyaAllah manfaat banget dah

    ReplyDelete
  10. Yah kelewat tahun ini daku gak ikutan tes CPNS, kemarin udah nyiapin berkas buat daftar. Cuma karena galau mau daftar ke bagian yang mana, bablas dah baru keinget dua hari kemudian setelah tanggal penutupan haha

    ReplyDelete
  11. Dari dulu animo masyarakat untuk jadi PNS itu memang tinggi, ya...
    Mereka melihat besaran upah dan fasilitas yang bisa dinikmati oleh PNS.
    Tulisan mengenai kiat dan persiapan tes CPNS ini bisa jadi rujukan bagi siapa saja yang akan mengikuti seleksi CPNS

    ReplyDelete
  12. tes cpns saat pandemi itu banyak tantangannyaa ya mba. soalnya kudu jaga kesehatan banget nih karena tetep aja ada beberapa tes yang harus datang ke lokasi dan gak bisa daring

    ReplyDelete
  13. CPNS sampai sekarang masih terus dicari ya, walaupun saingannya banyak. Tapi gak salah untuk mencoba ya siapa tau beruntung. Aku malah belum pernah nih ikutan dulunya, kalau sekarnag udah gak bisa :)
    Menyimak aja persiapan CPNS apa aja siapa tau bermanfaat

    ReplyDelete
  14. tipsnya lengkap sekali kak, terimakasih, jadi berasa dapet asupan energi dan semangat setelah membaca ini, paling challenging banget untuk ngatur jadwal belajar karena udah lama enggak sekolah jadi rasanya wow banget, berasa anak kuliahan lagi kejar target belajar

    ReplyDelete
  15. PNS menjadi primadona untuk sebuah pekerjaan. Tapi untuk mendapatkannya memang perlu perjuangan. Banyak persiapan yang harus disiapkan. Bukan hanya pengetahuan juga, ya. Tapi niat dan tekad yang besar harus menyertainya.

    ReplyDelete
  16. Menarik. Tapi sejak aku lulus kuliah itu "seperti nggaka da kesempatan" untuk ikutan tes CPNS. Salah satunya karena backiground pendidikan Tata Buisana. Yang sangat jarang banget ada. Bahkan saat itu isunya mau dihapuskan dari daftar CPNS. Hiksss.. sedih

    ReplyDelete
  17. Saya pernah ikut CPNS di 2 departemen dan berhasil lolos. Yang saya lakukan pada saat itu adalah banyak belajar soal-soal CPNS. Meski soalnya berbeda, tetapi pola soal tetap sama.

    ReplyDelete
  18. Memelihara ekspetasi.

    Aku suka nih, kalimatnya.
    Walau kadang hasil mengkhianati usaha. Gak ada salahnya membangun harapan supaya yetap semangat ya mbak

    ReplyDelete
  19. Aku tahun ini ikutan P3K mbak, belum sempet belajar juga, bismilah nanti klo udh ada pengumuman lolos administrasi baru difokusin

    ReplyDelete
  20. Iya nih marfaaaa
    Aku mau ikut tes cpns
    Kuncinya latihan setiap hari
    Belajar tiap hari
    Harus tiap hari supaya otak terasah

    ReplyDelete
  21. Bisa diinfo ke anakku dan saudara tentang tips test CPNS. Makasih ya mba, semoga yang mau ikutan test bisa lolos. Aamiin

    ReplyDelete
  22. Semoga yang sedang berjuang tes CPNS dimudahkan, ya amiin. Karena perjuangan pasti bakalan terbayar dengan kesuksesan

    ReplyDelete
  23. Sebenarnya memang poin nomor 6 itu yang paling penting. Karena acap kali peserta merasa sudah prepare 100% namun setelah hasilnya keluar malah kecewa dan stres karena nggak sesuai harapan. Bagaimanapun juga ada campur tangan takdir dan ketentuan Allah SWT dalam setiap langkah yang kita lalui.

    ReplyDelete
  24. Waah, udah pada mulai ya tes CPNS? Memang sih ya, tes seakbar CPNS ini kudu dipersiapkan secara maksimal, bakal aku infoin ke sepupu-sepupu deh, banyak yang masih mendamba jadi CPNS

    ReplyDelete
  25. Wow tipsnya mantap sekali
    Berhubung umur saya udah lewat untuk ikutan tes CPNS, maka tips ini akan saya bagikan ke para keponakan yang akan ikut tes

    ReplyDelete
  26. jika kita memang niat tuk daftar CPNS atau daftar apapun itu yang membutuhkan tes, harus fokus dan mengikuti semua alurnya. Benar kata pepatah, usaha tak mengkhianati hasil.
    yuukk, semaangaaat :)

    ReplyDelete
  27. Belum pernah cobain tes PNS, heuheu, soalnya jurusan kuliah ku ini spesifik banget dan agak susah cari instansi yang berkaitan dengan jurusan ku ini. Baru tau juga kalau tes CPNS ada tes wawasan kebangsaan nya juga. Wah, memang harus latihan sih, banyak baca, manage waktu, dan semua tips yang ditulis di sini memang bener banget. Semangat buat semua yang sedang berjuang menjadi PNS..

    ReplyDelete
  28. teman-teman aku lg pada sibuk belajar untuk CPNS
    aku berharap untuk siapapun yang saat ini sedang berjuang, semua mendapat hasil yang terbaik ya
    aamiin

    ReplyDelete

Hi! Lemme know you read this story by drop your perspective through a comment below (p.s: Mohon klik "NOTIFY ME" untuk mengetahui balasan komentar melalui email)