Pengertian dan Jenis Remittance yang Wajib Anda Ketahui

Daftar Isi Postingan [Tampilkan]
Mungkin masih banyak di sini yang belum mengenal istilah remittance. Istilah ini erat hubungannya dengan layanan perbankan yaitu sebuah cara untuk kirim uang dalam bentuk valas dari dalam negeri ke luar negeri dan sebaliknya.

remittance
source: pexels

Pengertian Remittance

Anda harus tahu bahwa remittance sendiri punya sistem yang berbeda dengan sistem kirim uang antar bank dalam negeri. Perbedaannya terletak pada peraturan dan sistem yang dianut oleh bank luar negeri.

Transfer ke luar negeri dengan sistem ini lebih banyak dipilih daripada layanan kirim uang dari luar negeri lainnya. Alasannya tentu saja karena bisa meningkatkan pendapatan negara dikarenakan jumlah yang cukup banyak. Pendapatan negara yang naik tentu akan membantu perkembangan ekonomi negara tersebut.

Produk layanan transfer perbankan ini banyak dipakai oleh masyarakat yang bekerja di luar negeri untuk kirim uang ke negara asal. Jadi tidak heran juga semakin banyak yang membuka rekening bank, agar bisa mengakses layanan transfer uang ini.

Cara kerja layanan transfer ke luar negeri ini hampir mirip dengan layanan transfer uang biasa. Anda tinggal datang ke bank lalu menyetorkan sejumlah uang yang akan dikirim ke luar negeri. Kemudian bisa melakukan proses pengiriman uang seperti biasa.

Jenis-Jenis Remittance

Untuk diketahui ada 2 jenis remittance. Yang pertama yaitu outgoing remittance dan incoming remittance. Keduanya akan diulas sebagai berikut.

  • Outgoing Remittance

Merupakan layanan transfer uang dari dalam negeri ke luar negeri. Sistem kerjanya yaitu pengiriman uang dilakukan dengan menggunakan mata uang lokal. Lalu nantinya diterima dalam bentuk valuta asing.

Sistem ini banyak dipilih oleh orang-orang yang bekerja ataupun sekolah di luar negeri. Tentu saja remittance jenis ini akan memberikan keuntungan pada nasabah dan juga pihak bank.

Pihak nasabah akan mendapatkan kemudahan ketika pengiriman uang ke luar negeri. Sementara bank akan mendapatkan keuntungan karena setiap pengiriman uang dikenakan biaya.

Anda tidak perlu khawatir memilih bank mana yang memiliki sistem transfer uang ini. Karena sudah banyak bank yang berlomba-lomba menggunakan sistem ini. Bahkan terdapat banyak penawaran dan keuntungan yang bisa Anda dapatkan.

  • Incoming Remittance

Sistem ini merupakan kebalikan dari outgoing remittance. Di mana merupakan layanan transfer dari luar negeri, yang akan membuat setiap orang yang berada di dalam negeri akan menjadi pihak penerima. Tentu saja transaksi ini menggunakan mata uang asing yang akan dikonversi ke mata uang lokal.

Layanan ini tentu saja banyak digunakan oleh orang-orang yang bekerja di luar negeri yang akan mengirim uang ke negara asalnya. Incoming remittance ini menjadi salah satu penyumbang devisa negara. Jadi sebenarnya semakin banyak incoming remittance maka akan semakin baik pula perekonomian negara tersebut. Sistem ini adalah salah satu sumber pemasukan terbesar.

Lebih Mudah Transfer Valas Melalui digibank by DBS

Nah salah satu bank yang menerapkan remittance adalah digibank by DBS. Di mana bank ini memudahkan Anda untuk melakukan transfer valas kapan saja dan dimana saja lewat aplikasi digibank by DBS.

Ada beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan jika memilih transfer valas lewat aplikasi digibank by DBS.

  • Akses 24/7

Anda tidak perlu repot-repot lagi ke kantor cabang untuk melakukan transfer uang ke luar negeri atau sebaliknya. Karena kini ada layanan transfer dengan aplikasi digibank by DBS. Bahkan ketika tengah malam Anda membutuhkan transfer uang ke luar negeri tetap bisa dilakukan hanya dengan klik langsung di aplikasi.

  • Transfer Lebih Cepat

Layanan transfer valas dari digibank by DBS mempercepat waktu transfer karena uang akan sampai di hari yang sama. Jadi Anda tidak perlu menunggu lama lagi untuk transfer uang apalagi ketika ada keadaan darurat. Namun untuk diketahui, uang akan sampai pada hari yang sama jika Anda melakukan transfer sebelum batas waktu mata uang.

  • FX Rate Terkini

Ini tentu sangat menguntungkan bagi nasabah yang sering melakukan transfer valas karena layanan ini punya nilai tukar yang sangat kompetitif. Dukungan ini membuat transfer jadi lebih ringan.

  • Gratis Biaya Transfer

Anda tidak akan dikenakan biaya sama sekali untuk transfer uang ke lebih 20 tujuan. Nah sementara itu ada pilihan 7 mata uang ketika Anda akan melakukan transfer. Yakni ada USD, SGD, AUD, EUR, HKD, CAD dan GBP.

Nah sekarang tentu Anda sudah tahu bukan apa itu remittance dan juga jenisnya. Kemudahan dalam transfer dana ke luar negeri Anda bisa pilih layanan transfer valas hanya dari aplikasi digibank by DBS dan rasakan berbagai keuntungan yang bisa Anda dapatkan. Untuk Anda yang belum memiliki aplikasi digibank by DBS, download sekarang juga dan nikmati berbagai fiturnya.
***

Sumber:
https://accurate.id/ekonomi-keuangan/remittance/
https://www.dbs.id/digibank/id/id/tabungan/fitur-aplikasi/transfer-valas
https://www.dbs.id/digibank/id/id/articles/remittance-transfer-valas
Show Comments/Tampilkan Komentar
Hide Comments/Sembunyikan Komentar

No comments

Hi! Lemme know you read this story by drop your perspective through a comment below (p.s: Mohon klik "NOTIFY ME" untuk mengetahui balasan komentar melalui email)