Rekomendasi Tema Artikel Blog untuk Portofolio dan Paling Banyak Dicari

Daftar Isi Postingan [Tampilkan]
Ketika ditanya mengenai topik tulisan apa yang sebaiknya ditulis di blog untuk pemula, saya akan selalu menjawab dengan tema yang paling mudah dan paling dekat dengan diri sendiri terlebih dahulu. Untuk urusan tulisan, memang perlu terbiasa terlebih dahulu dan menemukan polanya sendiri. Namun jika sudah memiliki tujuan akan niche blog, bisa memilih beberapa rekomendasi tema artikel blog berikut:

tema artikel blog

1. Artikel Tutorial

Terkadang kita kesulitan akan mengerjakan sesuatu hal dalam hidup, dan itu tak hanya terjadi sekali dua kali. Sudah umum juga salah satunya untuk memecahkan masalah atau menemukan jawaban tersebut yaitu melalui mesin pencari. Untuk itulah, artikel tutorial-tutorial ini hadir dan bisa dipraktikan. Misalnya saja tutorial mengatur program tertentu di laptop, mengatasi masalah yang ada di gawai atau laptop, tips memilih hosting dan domain blog, sampai mengatasi sim card yang error.

Tak terbatas hanya masalah di teknologi saja, tips tutorial ini juga bisa menerangkan sebuah proses pembuatan tertentu misalnya resep atau dekorasi. Di dalam artikel ini pastinya mengandung alur dan cara demi cara untuk mencapai tujuannya.

2. Artikel Ulasan

Artikel ulasan bisa mewadahi bagi yang suka menceritakan pengalaman dalam memakai sebuah produk, tempat, atau layanan. Selain itu tema artikel ulasan ini juga memiliki banyak peminat karena orang biasanya mencari ulasan jujur sebelum membeli atau menggunakannya. Apalagi jika yang diulas tersebut sedang mencari topik pembicaraan atau banyak orang yang merekomendasikan.

Jenis artikel ulasan ini ada banyak, misalnya ulasan produk teknologi seperti perangkat elektronik, ulasan produk kecantikan, ulasan makanan, ulasan jasa, ulasan penggunaan aplikasi, dan sebagainya. Tak hanya sebatas ulasan karena telah menggunakan saja, bisa juga mengulas produk pop culture seperti ulasan film dan buku. Beberapa tipe ulasan dalam artikel juga bisa bersifat evergreen atau akan terus ada pembacanya tiap tahunnya.

3. Artikel Catatan Traveling

Siapa yang tak suka untuk mengunjungi tempat baru, dari lokal, nasional, atau bahkan sampai internasional. Artikel traveling ini memiliki banyak peminat karena banyak alasan di dalamnya, misalnya jadi tahu tempat baru, tips traveling ketika di luar negeri, mengatur keuangan dengan budget minimum, mencicipi makanan khas suatu daerah, atau sesederhana selalu menyenangkan untuk membaca pengalaman bepergian.

Menulis artikel perjalanan juga bisa dilakukan sebagai salah satu cara membangun branding di bidang traveling. Ditambah saat ini mulai banyak yang sedang mempersiapkan perjalanan-perjalanan karena tertunda dua tahun, jadi bisa sekaligus dijadikan referensi. Bagi yang memiliki stok foto dan cerita perjalanan, menulis artikel blog tema travel bisa dimulai dari sini.

4. Artikel Digital Marketing dan Media Sosial

artikel tema digital marketing
pict: geralt, pixabay

Digital marketing menjadi hal yang tak terpisahkan saat ini, terutama bagi yang memiliki usaha atau bisnis. Bukan hanya ada di dalam pekerjaan, namun mulai banyak juga course-course dengan topik digital marketing ini. Selain itu memang topik dari pemasaran digital ini juga luas, tergantung kebutuhan dan tujuan yang akan dicapai masing-masing.

Dalam digital marketing, ada media sosial di dalamnya. Topik mengenai social media ini akan lebih spesifik pembahasannya, namun masih dalam ranah yang berhubungan. Antar satu platform juga berbeda, misalnya Instagram, Twitter, TikTok, dan Facebook.

5. Artikel Finansial dan Bisnis

Bagi yang sedang mencari tipe gaya penulisan dengan sedikit formal dan memiliki latar belakang di dalamnya, bisa menulis tema artikel bisnis atau finansial. Meskipun begitu, dapat dibawakan dengan tanpa kaku, misalnya mengkombinasikan antara pengalaman atau berbagai mengenai insight. 

6. Artikel Hobi Spesifik

Hobi tertentu juga bisa dijadikan ide tulisan, misalnya trik fotografi, tips kriya, tips berkebun, atau traveling tadi. Artikel dari hobi spesifik ini bersifat lebih fresh dan tentunya tak banyak tulisan serupa sehingga bisa menjadi ciri khas tersendiri.

7. Artikel Produktivitas & Personal Growth

Topik mengenai produktivitas dan pengembangan diri juga sedang banyak dibicarakan, di sisi lain memang banyak orang yang membutuhkannya. Biasanya topik ini gencar di kalangan muda karena berkaitan dengan pekerjaan, keseimbangan dalam hidup, atau yang masih dalam proses mencari jati diri. Bisa juga disisipkan dengan cerita pengalaman reflektif sehingga tak begitu teknikal, sehingga proses pembacaan akan bisa lebih menyenangkan.

8. Artikel Pendidikan

blog tema pendidikan
pict: kreatikar, pixabay

Artikel tema ini termasuk dalam tema yang spesifik, namun sifatnya bisa evergreen. Hal tersebut karena antara satu tema dengan yang lainnya berkaitan atau bisa dijadikan referensi. Meskipun spesifik, tema di sini elaborasinya bisa banyak, misalnya dari suatu subjeknya sendiri, atau mengenai jurusan kuliah, pengalaman berada di jurusan tertentu, rekomendasi tempat bimbel, pengalaman lolos seleksi universitas, pengalaman KKN, proses mencapai beasiswa, tips menyelesaikan skripsi, dan seterusnya.

Tips Optimasi Artikel Blog

Untuk performa artikel blog yang maksimal, maka proses tak berhenti hanya dengan merampungkan artikel. Ada beberapa tips yang dapat dilakukan untuk mendukung agar artikel banyak dibaca dan meningkatkan tingkat engagement blog, yaitu:

  • Pelajari Copywriting

Gaya tulisan memang bebas-bebas saja jika mengikuti gaya tulisan personal. Namun tak ada salahnya juga dengan memadukannya dengan teknik copywriting agar pembaca betah berlama-lama. Teknik copywriting juga bisa meninggalkan kesan atau ciri khas sebagai penulis artikel tersebut.

  • Atur Tampilan Blog

Menulis artikel blog artinya kita juga mengatur sendiri bagaimana desain rumah dari tulisan-tulisan kita ini nanti. Periksa ulang muatan blog apakah dapat diakses dengan responsif atau berat, misalnya dengan mengecek widget dan ukuran gambar. Pilih template yang tepat dan gunakan navigasi yang memudahkan pembaca atau pengunjung dalam blog, serta ketersediaan menu-menu seperti contact dan fitur pencarian. 

  • Pemilihan Hosting dan Domain

hosting murah gratis domain
pict: mohamed_hassan, pixabay

Selain faktor template, ada saatnya juga kita memilih domain kita sendiri dan tak lagi menggunakan fasilitas free dari platform yang dipilih. Menggunakan domain sendiri akan lebih mudah diingat karena penyebutannya akan lebih pendek. Pilihlah domain dengan status TLD atau top level domain dan gunakan kata yang mudah diucapkan.

Blog selain tak bisa jauh-jauh dari domain juga berkaitan dengan hosting untuk penyimpanan data dalam blog. Menggunakan hosting artinya kita memiliki kendali penuh dan lebih terlindungi karena dilengkapi dengan keamanan. Selain itu juga mempengaruhi performa karena membantu optimalisasi dengan teknik SEO. Hal tersebut karena penggunaan hosting juga bisa mewadahi instalasi fitur-fitur blog yang lebih advanced.

Pembelian keduanya atau sepaket akan jauh lebih menghemat biaya dari pada terpisah. Untuk lebih untung, lebih baik pilih layanan sewa hosting murah gratis domain sehingga hanya perlu membayar langganan tahunan. Memilih pembayaran beberapa tahun sekaligus juga bisa lebih hemat, namun pastikan mengoptimalisasi fasilitasnya supaya biaya yang dikeluarkan berjalan bersamaan dengan tujuan yang ingin dicapai.

  • Ikuti Komunitas Blogger 

Komunitas blogger ini mewadahi anggotanya dalam mengoptimalkan blog, salah satunya untuk saling berbagi tautan blog dan mengunjunginya (blogwalking). Kita dapat bertukar komentar di sini dan saling memberikan feedback positif mengenai artikel blog. Selain itu, komunitas blog juga biasanya mewadahi anggotanya untuk saling bertukar informasi seputar blog maupun event yang tentunya bermanfaat sebagai sarana mengembangkan blog ke arah yang lebih baik.

  • Pantau Kesehatan Blog

Jangan lupa untuk tak melewati langkah ini karena blog tempat bernaung artikel-artikel yang sudah dikompilasi. Selain itu, tampilan blog yang menarik dan rapi bisa menjadi nilai tambah jika dijadikan untuk portofolio. Pantau dan rawat kesehatan artikel dengan mengecek apakah adanya broken link di dalam artikel maupun di komentar yang mengandung spam. 

  • Masukkan Kata Kunci dan Optimalisasi Gambar

Pembaca artikel biasanya berasal ari mesin pencari, otomatis pasti peran kata kunci di sini berpengaruh besar. Penggunaan dan penyebaran kata kunci yang tepat dapat membantu meningkatkan jumlah pembaca dan tentu akan menaikan posisi artikel di halaman muda mesin pencari. Bukan hanya di artikel dalam penempatan kata kunci, namun juga judul artikel, dan alternative description pada gambar.

  • Pelajari SEO 

manfaat seo untuk blog
pict: fidsor, pixabay

Beberapa poin di atas sebetulnya sudah menyebutkan beberapa teknik SEO. Namun masih ada banyak hal yang bisa dipelajari dalam meningkatkan kualitas blog dengan penggunaan SEO ini. Terutama dalam optimalisasi artikel, seperti memisahkan poin per poin dengan tulisan berbentuk listicle, dukungan optimalisasi melalui media sosial maupun iklan, dan sebagainya.

Penggunaan teknik SEO juga dapat membantu mempersonalisasi ke arah yang lebih profesional karena akan lebih tertata dan rapi. Selain dari tulisan, tinggalkan juga kesan profesional dengan menggunakan hosting email murah yang alamatnya dapat dicustom sesuai dengan domain blog. 

Menulis blog memang memiliki banyak manfaat, mulai dari menyalurkan hobi sampai dijadikan portfolio terutama bagi yang ingin memiliki skill dalam copywriting. Membuat artikel blog juga dapat menjadi tantangan tersendiri terutama jika sudah menentukan satu tema tertentu di awal, dan perlu beberapa kiat pendukung agar mendapatkan banyak jumlah pembaca. Contohnya seperti mempelajari SEO dan mengikuti komunitas bloger.
***

2 komentar

  1. Tulisan yang sangat bermanfaat mba.. jadi punya beberapa ide untuk next blog post nih..

    BalasHapus

Halo, terima kasih sudah berkunjung!^^ Mohon klik 'Notify Me/Beri Tahu Saya' utk mengetahui balasan komentar via email.