Cara Mengobati Sariawan di Lidah Samping

Daftar Isi Postingan [Tampilkan]
Begitu menyenangkan ketika kita menyantap makanan kesukaan dan mengecap aneka rasa di lidah. Sayangnya, kenikmatan itu tak dapat dirasakan atau berkurang ketika kita sedang mengalami sariawan di lidah samping. Sayang sekali ya, terlebih jika sudah menanti cukup lama sebelum menyantap makanan kesukaan sebagai self-reward dan harus menunggu lebih lama untuk penyembuhannya terlebih dahulu.

cara mengobati sariawan di lidah samping
Image by Racool_studio (Freepik)


Terkadang membuat penasaran dan bertanya-tanya, apa penyebab munculnya sariawan yang menimbulkan rasa nyeri ini. Terutama ketika sebelumnya lidah tidak mengalami luka seperti tergigit atau tergores makanan. Selain dua penyebab tersebut, ternyata ada faktor lainnya yang dapat menyebabkan munculnya sariawan di lidah samping ini.

Penyebab Sariawan di Lidah Samping

Berikut beberapa penjelasan mengenai penyebab sariawan di lidah samping:

1. Iritasi karena Makanan Tertentu

Makanan dengan cita rasa kuat seperti terlalu asam atau terlalu pedas dapat menjadi penyebab sariawan. Hal ini karena dapat menimbulkan iritasi pada lidah dan dapat berkembang menjadi sariawan. Makanan dengan tekstur yang keras juga dapat melukai lidah dan menjadi sariawan, misalnya keripik, kacang, ayam goreng tepung, dan es batu.

2. Luka karena Gesekan

Sariawan di lidah samping dapat timbul dari efek gesekan seperti behel, bagian gigi yang tajam, atau terkena gigi palsu. Selain itu, luka juga dapat timbul secara tak sengaja ketika membersihkan mulut dengan tusuk gigi atau terkena alat makan.

3. Peradangan

Iritasi yang kemudian berkembang menjadi sariawan tak hanya berasal dari makanan melainkan juga faktor kebersihan mulut. Jika kebersihan gigi dan mulut tidak maksimal maka dapat menimbulkan infeksi dan terjadinya peradangan di rongga mulut, termasuk efeknya pada sariawan di lidah.

4. Kekurangan Vitamin C, Vitamin B12 dan Zinc

Munculnya sariawan di lidah samping juga artinya mengindikasikan bahwa tubuh kita sedang kekurangan vitamin C, Vitamin B12 dan Zinc. Cek kembali ke beberapa waktu terakhir apakah nutrisi yang masuk ke dalam tubuh sudah tercukupi atau belum. Tidak harus suplemen, nutrisi dari buah dan sayur dapat membantu mencegah sariawan seperti buah jeruk, pisang, dan sayuran hijau.

5. Dehidrasi

Kurangnya volume air putih yang dikonsumsi harian juga dapat berpengaruh ke kesehatan mulut. Tak hanya berdampak bagi tubuh, jika dehidrasi juga dapat membuat mulut menjadi kering dan memudahkan terjadinya iritasi, sehingga menimbulkan sariawan.

6. Sedang dalam Kondisi Kesehatan Tertentu

Munculnya sariawan juga dapat dipicu oleh kondisi kesehatan tertentu yang terjadi pada tubuh, misalnya stres dan cemas berlebih, kurang tidur, atau perubahan hormon saat kehamilan. Adapun kondisi medis lainnya penyebab sariawan seperti penyakit kronis seperti diabetes dan kanker, efek obat-obatan tertentu atau kemoterapi.

Cara Mengobati Sariawan di Lidah Samping

Biasanya sariawan tidak berlangsung lama untuk penyembuhan, namun sebaiknya tetap dibantu dengan cara mengobatinya agar tidak mengganggu ketika makan dan minum. Cara mengobatinya juga dapat menggunakan bahan-bahan alami yang cenderung mudah didapat dan juga dapat dilakukan di rumah, tanpa harus mendatangi dokter. Cara-caranya yaitu dengan:

1. Menggunakan Obat Kumur atau Air Garam

Untuk meredakan sariawan dengan praktis, dapat dilakukan dengan menggunakan obat kumur yang dijual bebas baik di toko-toko maupun apotik. Obat kumur sariawan biasanya mengandung zat antiseptik yang membantu untuk membunuh bakteri penyebab infeksi, kortikosteroid untuk mengurangi peradangan pada sariawan, dan juga zat antihistamin untuk mengurangi rasa nyeri.

Selain berkumur dengan obat kumur, dapat juga dengan larutan air garam. Garam sendiri dapat membunuh bakteri penyebab infeksi sehingga mengurangi rasa nyeri yang disebabkan sariawan di lidah samping.

2. Menggunakan Bahan-Bahan Alami

cara mengobati sariawan di lidah samping
Image by Arwin Neil Baichoo (Unsplash)


Selain garam sebagai obat kumur, mengobati sariawan juga dapat dilakukan dengan mengoleskan bahan-bahan alami seperti madu murni dan minyak kelapa. Madu sendiri memiliki sifat anti bakteri dan anti inflamasi sehingga meredakan peradangan. Selain itu, mengoleskan madu juga dapat membantu agar tak terjadi infeksi lebih lanjut akibat sariawan ini. Sementara itu, minyak kelapa juga dapat digunakan karena mengandung asam laurat tinggi yang bersifat anti mikroba. Seperti halnya madu, minyak kelapa juga dapat meredakan sariawan yang meradang.

3. Mengonsumsi Yogurt

Bagi yang menyukai yogurt, maka mengonsumsinya menjadi cara yang menyenangkan ketika sedang mengalami sariawan di lidah samping. Bukan hanya baik untuk pencernaan karena mengandung bakteri Lactobacillus acidophilus akan membantu proses penyembuhan sariawan. Pastikan juga yogurt yang dipilih tanpa tambahan pemanis.

4. Minum Alang Sari Cool

Alang Sari Cool Obati Sariawan

Tak hanya dapat meredakan panas dalam, Alang Sari Cool juga dapat membantu mengatasi sariawan dengan kandungan bahan alami di dalamnya. Alang Sari Cool mengandung sari jeruk nipis yang kaya antioksidan dan vitamin C yang dapat memperkuat sistem imun, akar alang-alang untuk anti-radang pada sariawan, dan cincau hijau untuk sensasi menyejukkan tubuh.

5. Menggunakan Obat Salep

Selain dengan bahan alami, mengobati sariawan di lidah samping dapat dengan mengoleskan salep sariawan yang mengandung triamcinolone. Namun untuk obat ini perlu dengan resep dokter, untuk opsi obat salep lainnya tanpa resep dokter dapat berkonsultasi di apotik.

Untuk mencegah datangnya sariawan, pastikan untuk menyikat gigi dengan hati-hati, cukup asupan yang mengandung vitamin, cukup asupan air putih, dan mengunyah dengan pelan-pelan. Perhatikan juga jenis makanan dan teksturnya yang berpotensi dapat menyebabkan timbulnya panas dalam. Agar kesehatan mulut senantiasa terjaga dan terhindar dari sariawan, jangan lupa juga untuk tetap menjaga kebersihan di dalamnya.
***

Tidak ada komentar

Halo, terima kasih sudah berkunjung!^^ Mohon klik 'Notify Me/Beri Tahu Saya' utk mengetahui balasan komentar via email.