Cara Mengatasi Kebiasaan Buruk Menunda Pekerjaan (Prokrastinasi)

Daftar Isi Postingan [Tampilkan]
Masuk semester baru artinya tugas-tugas baru dan tanggung jawab baru, apalagi menuju tahun akhir. Ya, sampai juga di titik ini padahal masih berjiwa mahasiswa baru tanpa sadar sudah mempunyai dua periode adik tingkat. KRSan terasa sengaja dilambat-lambatkan karena merasa liburan masih kurang dan juga denial untuk menyambut semester baru, tapi toh akhirnya dilakukan juga. Nikmati, nikmati, syukuri adalah sugesti ajaib buat menjauhkan dari kemalasan. Siap.

The Productive Procrastinator

Minggu pertama udah ada tugas dan ternyata kebiasaan buruk menunda-nunda jadi terbawa sampai sekarang. Diawali dengan tugas hanya disuruh membaca contoh skripsi, nunda-nundanya keterlaluan sampai semacam tiba-tiba punya pobhia terhadap mantan file yang kemudian dijauhi. Eh tapi produktif juga sih, nundanya soalnya dengan ngeberesin blog dengan total, ngeberesin kamar kos, dan juga beberapa kali jadi punya ide postingan. Nyahaha, bahkan rasanya nggak pernah sedetail ini ngurusin blog.

mengatasi prokrastinasi
Tugasnya apa, yang dikerjain apa

Cara Mengatasi Kebiasaan Buruk Menunda (Prokrastinasi)

Jadi beginilah, hidup seorang penunda yang produktif! Nggak baik juga sih sebenernya karena pasti hasilnya bakal tetep aja kurang kalau dikerjakan udah deket tenggat waktu. Rasanya juga jadi lari-larian mengejar waktu. Gara-gara ini juga kemarin jadi eksperimen enaknya gimana buat ngatur waktu lagi sebaik-baiknya dan lumayan ada perubahan. Mungkin tips di bawah ini akan berbeda hasilnya atau bahkan nggak mempan sih, karena yang tahu kan diri sendiri, tapi nggak ada salahnya buat berbagi.

1. Jaga Badan Dalam Kondisi Segar dan Siap

Seperti halnya memulai untuk mencintai seseorang, memulai mengerjakan tugas yang lumayan berat juga harus siap. Mandi, jika habis beraktivitas dan menggunakan pakaian yang nyaman, area belajar juga jangan berantakan. Perut juga jangan kosong seperti hati. Meskipun kelihatannya sepele, hal ini menambah semangat sih menurut saya.

2. Jauhi Smartphone

Ini adalah hal yang sangat-sangat penting, jauhi segala smartphone apalagi yang ada koneksi internetnya. Percayalah smartphone itu bener-bener godaan terbesar, selalu ada rasa pengin ngecek akun-akun media sosial. Kalau perlu emang hapus aplikasi aja sih biar nggak gatal tangannya. Nyahaha, ayo jangan mau jadi budak teknologi apalagi budak cinta. Sebisa mungkin fokus sama laptop, meskipun laptop tetep bisa nyambung ke internet, akan tetap ada hasilnya dengan membaca atau mengetik-ngetik ringkasan atau materi.

3. Priotitaskan Betul Daftar

Jangan karena udah ngejauhin smartphone, malah pindah ke laptop. Jangan dong, Milea nggak suka. Bikin folder tersendiri dan jadikan ikon di desktop, lambang folder juga diganti. Kan seneng kalo diprioritasin gitu, jadi rasanya berarti dan dianggap.

4. Jangan Langsung Turuti Nafsu Makan (Impulsif)

Ini berlaku kalau lagi gugup stres jadi rasanya pengin makan mulu sih walau perut udah kenyang. Kalo saya udah ngerasa hawa-hawa laper dan tergoda buat delivery order, biasanya lebih minum air putih yang banyak juga peregangan kecil di kamar. Sebisa mungkin jangan turuti lapar yang semu itu karena nanti malah jadi berakhir ngantuk, makanya sebelum mengerjakan juga perlu makan dulu yang cukup.

5. Jeda untuk Merilekskan Badan

Setiap setengah jam sekali perlu sih istiahat, dengan menghirup udara segar, baring-baring sebentar namun jangan sampai ketiduran.

Sejauh ini, keenam hal tersebut berhasil membuat tugas selesai dan juga berisi. Karena saya sadar kebiasaan buruk menunda tentunya bakal berdampak buruk di segala sisi kehidupan. Dan berusaha untuk tak menunda adalah bentuk penghargaan dan kasih sayang pada diri sendiri. Semoga bermanfaat.
***

*Saat membuat postingan ini, saya memutar beberapa lagu antara lain: rumahsakit – Duniawi, Fourtwnty – Fana Merah Jambu, Novo Amor – Weather, Daramuda (Apati) – Rara Sekar, dan Keaton Henson – Sweetheart, What Have You Done Done To Us. Mungkin saja kamu juga suka.

26 komentar

  1. Segala sesuatu yang terbiasa pada nantinya akan menjadi sebuah kebiasaan, baik atau buruknya kebiasaan tsb tentu hanya kita yg bisa.menentukannya..

    Dan.biasanya, untuk menyikapi.hal hal yg berhubungan dengan menunda pekerjaan sebisa mungkin aku akan membuat daftar prioritas mana saja yg perlu didahuluka untk dikerjakan..

    BalasHapus
  2. Jeda untuk merilekskan badan, yup. Kita butuh itu mbak. Jangan pula karena sibuk kita lupa kalau badan kita butuh rehat sejenak. Semangat kuliahnya ya :)

    BalasHapus
  3. Aku setuju dengan tips no 1. Badan memang harus dalam keadaan siap, kalau perlu wangi sehingga kita sendiri merasa nyaman. Paling utama sih ini sama yang ngejauhin koneksi internet. Asli, internet bikin susah fokus.

    BalasHapus
  4. No 2 dan 4 paling sulit bagiku. Secara, apa2 kerjaan semua di smartphone dan memang akhirnya jd lalai karena nyambi ngobrol sm orang2.
    Dan sejak ada go-food, memang godaan delivery itu makin menjadi. Hiks..

    BalasHapus
  5. Aku sering banget begitu, menunda-nunda pekerjaan . Hadeuh, apalagi kalau udah megang gawai, tadinya ah buka 5 menitan aja, dah gitu mau bikin tulisan di blog. Bulshit, yang ada aku malah ngehabisin beberapa jam buat main gawai, dan malahan males bikin tulisan. Hadeuh...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nahkan mbak, kudu bener2 disingkirin dulu hihi

      Hapus
  6. Daftar tipsnya memang benar-benar solusi buat rata-rata pemalas.. hohohoho. nice.

    BalasHapus
  7. Badan siap dan jangan lupa pasang lagu, hehehe. Diaku itu lumayan bantu. Kalau bosen selingin jg dg sesuatu, misal liat tanaman

    BalasHapus
  8. Nomor 2, jauhi smartphone itu sebetulnya kurang tepat.

    Diganti jadi jauhi internet.

    Karena, saya pernahz hape udh dimatiin. Karena internet masih konek, pas nyalain laptop ya internetan dulu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oooh mungkin bisa seperti itu ya kak, soalnya saya kalo buka laptop walaupun ada inet selalu lumayan fokus sih walaupun awalnya ya cek2 dulu

      Hapus
  9. yang paling penting cukup tidur dan makan, karena ini adalah sumber kebahagiaan untuk menyelesaikan semua tugas dan jadwal kuliah yang padat hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyap benar sekali, ada energinya mwahaha

      Hapus
  10. Jauhi smartphone.
    Ini yg susah..
    Meski di silent..tp sering diintip jg
    Kecuali dimatikan..baru aman

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener2 ditaruh di tempat lain dulu mba hihi

      Hapus
  11. Semua tips a menurut ku bisa saja dilakukan tapi tak selamanya. Apalagi menjauhi smartphone ini.
    Hehehehe.
    Tapi kalo aku sendiri sih, pake daftar aktivitas saja.

    BalasHapus
  12. Tambahin satu lagi, berkumpul dengan teman-teman yang rajin ngaruh juga loh jadi kita ikut-ikutan rajin ngerjain skripsi/tugansnya hehe (berdasarkan perngalaman pribadi)

    BalasHapus
  13. Huahahaha, ini cara-cara yang sama kulakukan waktu masih kuliah dulu. Nanti deh, kalo udah kerja tahapnya beda lagi dan bakal ilang itu yang namanya kebiasaan nunda-nunda pekerjaan kalo nggak mau di-kill boss. Nikmati dulu masa-masa kuliahmu, nak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya sih sedang saya nikmatin juga kak, ya soalnya dosen nyuruh ini itu sih wkwkwk

      Hapus

Halo, terima kasih sudah berkunjung!^^ Mohon klik 'Notify Me/Beri Tahu Saya' utk mengetahui balasan komentar via email.