Dear Blogger, Sudahkah Emailmu Bersignature?

Daftar Isi Postingan [Tampilkan]
Halo, apa kabar?

Wah, judulnya berantakan banget ya? Bisa-bisa disemprot Uda Ivan Lanin nih. Baiklah, biar nggak seberantakan itu diperbaiki aja di postingan ini ya, jadinya:

“Teruntuk Bloger, Sudahkah Pos Elektronikmu Bertanda Tangan?”

Mantap, udah kaya judul skripsi aja pake revisi segala. Skip, balik ke bahasan. Akhirnya ada postingan tutorial lagi di blog ini, mungkin beberapa surelnya udah punya signature tapi bolehlah bagi-bagi info buat yang belum tahu atau yang masih biasa aja. 

Nah, saya sendiri baru-baru kemarin pasang mailsign, yang kemudian ternyata menurut saya jadi hal yang lumayan penting. Alasan lainnya juga sederhana aja sih biar terlihat bahwa kita nggak main-main sebagai bloger atau profesional, kan bisa jadi salah satu bentuk terus belajar juga dalam blog. Eh, ini juga berlaku selain bloger juga sih pokoknya yang berhubungan dengan konten di sosial media. Kalau udah mulai dilirik agensi buat kerja sama, masa iya sih kita bakal biasa-biasa aja? Mailsign ini bisa jadi salah satu branding loh biar yang ngajak kerja sama bisa balik nawarin atau bahkan mempertimbangkan lamaran kita.

Dan ini kira-kira tampilannya:



Oh iya ini berlaku di Google mail platform atau gmail aja ya. Bikin mailsign ini gampang banget ternyata, bahkan udah banyak  free online generator dan kita tinggal pilih aja. Saya sendiri kemarin memilih di mail-signatures.com karena templatenya bervariasi. Begini langkah-langkahnya:

1. Buka mail-signatures.com dan pilih bagian Signature Templates.


2. Pilih template yang disuka kemudian klik Edit signature.


3. Di bagian ini bakal ada isian untuk ditampilkan di signature mulai dari personal data sampai social media links. Untuk mengisinya mudah sekali dan bisa kustom milih data apa aja yang mau ditampilkan. Oh iya di bagian isian foto memang harus pakai tautan atau link gitu, lebih mudah pakai foto kita yang ada di profil blog atau media sosial lain asal berformat belakangnya jpg, png, dan format lainnya. Caranya di foto tinggal klik kanan dan lihat gambar/view image dan klik linknya. Kemudian jangan lupa klik logo Gmail biar hasil htmlnya nanti cocok. Hasil jadi pun akan terlihat melalui preview atau peninjauan.


4. Kalau udah tinggal klik apply your signature dan klik copy signature to the clipboard. Pada tahap ini masih bisa tetep ngedit data kok dan nggak perlu mulai dari awal. Seru kan? Paling nanti tinggal ulangi copy signature aja.


5. Buka Gmail dan meluncur ke Settings/Pengaturan! Kemudian cari bagian signature/tanda tangan. Dan di bagian sini kalau masih tertulis plain text mau dipaste kaya apapun kan bentuknya tetep teks aja tuh, perlu diganti dulu sama rich text. Caranya di nomor 6.


6. Klik compose atau buat email baru dulu kemudian dihapus centang di bagian Plain Text. Kalau udah tinggal keluar dan refresh laman pengaturan tadi.


7. Taraaaa udah format rich text deh, tinggal paste aja dan hasilnya akan terlihat.


Gimana gampang kan cara bikin tanda tangan di email? Dan satu catatan lagi bahwa (sayangnya) signature ini hanya muncul jika berkirim pesan di PC, sementara kalau di Andoid hanya bisa muncul plain text. Kalau ada yang kurang jelas bisa ditanyakan di komentar ya atau jika punya referensi free online signature generator bisa bagi-bagi di sini. Terima kasih dan sampai jumpa!
***

34 komentar

  1. Berkat postingan ini email kini ada signaturenya..

    Thanks for share.. Betul" bermanfaat.. hehe

    BalasHapus
  2. Wah asik juga sih ini, aku belum kepikiran ada tanda tangan kece gini buat email. Coba ah. Terimakasih atas sarannya, dan semoga tidak kena sambaran Uda Ivan Lanin. Hahaha

    BalasHapus
  3. aku juga perlu ini, biar terlihat (((terlihat))) profesional, thank you ya tutorialnya, aku bookmark dulu deh, entar kalau praktek gak susah nyarinya...

    BalasHapus
  4. Emailku yang lama udah tapi yang baru belum hehe.
    Jd inget email lama itu kukasi quote di bawa TTD dan quote agak2 nasehatin org gtu wkwkwk, pdhl itu NTMS benernya :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dulu aku juga pakai nama alay gitu deh gatau motivasinya apaan XD

      Hapus
  5. Aku kalo nulis di laptop, ada signature nya. Tp kalo dari hp ga muncul signaturenya kenapa ya, apa salah setting

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bawaan gmail emang gitu kak jadinya textnya aja kalo di andro

      Hapus
  6. Belum sempat buat signaturenya. Masih suka nulis via hp. Segera deeh

    BalasHapus
  7. Email aku udah bersignature sejak lama. Soalnya lucu aja sih haha. Tapi emang banyak manfaatnya sih itu.

    BalasHapus
  8. Emailku udah ada, tp gak pakai gambar sih. Kalau mau liat siapa saya, boleh cek sosmed, eh hahaha

    BalasHapus
  9. Wah aku baru tahu!!! 😍 Mau bikin juga ahhh makasih mbak

    BalasHapus
  10. Bookmark dulu deh. Udah lama pengen bikin ginian tapi belum sempet-sempet. Ini mau bikin tapi kok ngantuk banget ya. Hahaha. Derita saya :D

    BalasHapus
  11. Yang email Yahoo sudah ada signature-nya sejak belasan tahun lalu, entah kenapa yg Gmail tidak terpikir. Mungkin krn saat itu masih bekerja. hihihi
    malah curhat.
    Terima kasih remindernya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku pakai yahoo sebentar doang dan lupa password malah XD

      Hapus
  12. Yass, ada tutorial kece gini, mesti dipraktikin nih. Tentu email signature sgt berguna ya buat menunjukkan keprofesionalan seorang blogger. Terima kasih sdh mmbuat tutorial ini mbak Marfa.

    BalasHapus
  13. Saya juga suka lihat ada yang pakai email signature waktu mengirimkan surel. Keliatan kereen!
    Penasaran juga dengan cara buatnya, ternyata bisa juga pakai mail-signatures.com ya... terima kasih sharingnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya aku juga karena penasaran jadi ya coba2 unyu dulu hihi

      Hapus
  14. Wah Mbak kebetulan banget aku lagi nyari cara buat signature di email. Bookmark ah. Oh ya kalau mau edit bisa juga kah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa banget kok mbak, sama sekali nggak ribet hihi

      Hapus
  15. Asiik...
    Jadi terasa lebih keren yaa...

    Mau coba jugaa...

    BalasHapus
  16. Oh gitu caranya. Aku udah lama pengen. Biar keliatan esklusif gitu. Hihihi. Makasih ya infonya mbak. Laksung praktek deh

    BalasHapus
  17. Tipsnya bermanfaat banget neh. Yuk ah yang emailnya belum bersignature bisa dicoba

    BalasHapus

Halo, terima kasih sudah berkunjung!^^ Mohon klik 'Notify Me/Beri Tahu Saya' utk mengetahui balasan komentar via email.