The words. The thoughts. The journal.

July 15, 2018

Ini Dia 3 Cara Memilih Pinjaman Secara Tepat!

Halo, apa kabar?

Tersedia beragam jenis layanan pinjaman yang ditawarkan oleh berbagai lembaga yang menyediakan pinjaman seperti bank, koperasi, perusahaan kredit, dan sebagainya. Produk pinjaman biasanya dapat dipilih berdasarkan tujuan peminjaman. Ada pinjaman yang dikhususkan untuk usaha, ada juga pinjaman yang dikhususkan untuk pembelian barang konsumsi. Anda bisa memilih pinjaman yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Pertimbangan yang matang perlu dilakukan karena pinjaman yang harus dikembalikan haruslah sesuai dengan pendapatan Anda tiap bulannya. Pastikan juga tidak hanya besaran pendapatan Anda, tetapi juga besaran pengeluaran Anda diluar pinjaman yang akan Anda keluarkan. Kini semakin banyak pinjaman uang tanpa jaminan yang dapat kita gunakan sebagai sumber dana tambahan saat terdesak atau saat kita membutuhkan uang untuk melakukan sesuatu yang penting. Nah, agar Anda dapat memilih pinjaman yang tepat, ada beberapa langkah yang dapat Anda lakukan. Beberapa langkah yang dapat Anda lakukan diantaranya adalah sebagai berikut.


1. Pastikan pinjaman sesuai dengan kebutuhan


Bagi Anda yang sebenarnya tidak membutuhkan uang tambahan, sebaiknya tidak perlu ikut-ikutan untuk melakukan pinjaman. Hal ini justru akan mempersulit keuangan Anda ke depannya. Nah, jika Anda memang membutuhkan uang untuk melakukan sesuatu atau untuk membeli sesuatu, pastikan Anda melakukan pinjaman yang disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Jangan sampai Anda meminjam dengan jumlah yang terlalu besar. Hal ini akan membuat Anda semakin berat dalam melunasinya. Jika Anda ingin menggunakan dana yang Anda dapatkan dari pinjaman untuk usaha, pastikan Anda tidak menyalahgunakan dana tersebut untuk kegiatan yang bersifat konsumtif dan tidak menghasilkan. Anda akan kerepotan saat jatuh tempo jika usaha yang Anda lakukan tidak berhasil bukan?

2. Jaminan

Saat Anda ingin melakukan pinjaman, biasanya Anda akan dimintai jaminannya. Pastikan Anda memiliki jaminan yang sesuai jika Anda meminjam di tempat yang membutuhkan jaminan. Beberapa tempat yang membutuhkan jaminan untuk mengeluarkan pinjaman diantaranya adalah bank dan lembaga kredit. Jaminan yang bisa digunakan adalah benda berharga seperti emas, kendaraan bermotor, sampai dengan properti seperti rumah, tanah, dan sebagainya. Besarnya uang yang dapat dipinjam biasanya disesuaikan dengan nilai barang yang menjadi jaminan. Ada juga pinjaman uang tanpa agunan atau tanpa jaminan. Pinjaman uang model ini kini juga marak dilakukan. Namun, biasanya pinjaman yang tidak menggunakan agunan akan dikenakan bunga yang lebih tinggi karena risikonya yang lebih besar.

3. Bunga pinjaman

Selain jaminan, kita juga harus mempertimbangkan bunga pinjaman. Ada dua bunga yang biasanya diberlakukan. Ada bunga tetap dan ada juga bunga mengambang. Bunga tetap adalah bunga pinjaman yang memiliki jumlah tetap walaupun terjadi perubahan suku bunga di pasar. Hal ini membuat kita lebih diuntungkan terutama karena bunga ini tidak terpengaruh inflasi dan nilai waktu. Bunga mengambang akan berubah sesuai dengan perubahan suku bunga di pasar. Hal yang menguntungkan dari bunga ini adalah bunga akan ikut turun saat suku bunga pasar juga menurun.

Itu tadi langkah-langkah menentukan pinjaman yang tepat untuk Anda. Jangan sampai Anda salah pilihnya. Dengan memperhatikan langkah di atas, Anda dapat menekan risiko yang dapat terjadi saat melakukan pinjaman di badan yang menyelenggarakan pinjaman baik bank, koperasi, penyedia kredit, dan sebagainya baik secara online maupun offline. Memilih pinjaman yang tepat membuat Anda tetap merasa ringan dan memiliki keuangan yang stabil walaupun memiliki cicilan pinjaman yang harus dibayarkan.
***

No comments:

Post a Comment

Hai. Terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca. Jika postingan ini menarik/menginspirasi, jangan segan untuk dibagikan ke media sosial agar blog ini terus semangat memberi manfaat. Jangan segan juga untuk memberi kritik/masukan/komentar. Tetap berlangganan agar tak ketinggalan postingan terbaru ya. Salam, Marfa.