The words. The thoughts. The journal.

October 25, 2018

Youth Adventure Day 2018 In a Kit



'Sebuah bangsa tidak akan kehilangan sosok pemimpin selama pemudanya sering bertualang di hutan, gunung, dan lautan.'- Henry Dunant.
 (YAD 2018, Yogyakarta, 5-6 Okt 2018)

Halo, apa kabar?

Pernah kebayang nggak ngumpul bareng pemuda dari seluruh penjuru Indonesia dan saling membicarakan mimpi masing-masing? Saya pernah dan rasanya bener-bener LUAR BIASA! It was really a great occasion to be one of Youth Adventure 2018 participant! Ceritain dulu ya awalnya gimana. Dulu begitu liat ada informasi tentang YAD 2018 ini langsung ngunduh semua info-info pentingnya pas 4 Juli 2018. Langsung isi form? Nggak, seperti biasa sebagai the productive procrastinator tentu saja diendepin begitu saja. Nyahaha, ampun deh yang ini mah jangan ditiru karena kalau keterusan lupa bisa fatal of course. Lanjut, setelah lama nunda akhirnya ngelengkapin data di 18 Juli 2018 dong itu pas banget sehari sebelum KKN, sehari sebelumnya udah ngisi sih jadi tinggal ngerapihin aja istilahnya. Dalam berkas itu ada beberapa pertanyaan yang harus dijawab dan tautan ke video singkat di Instagram. Nah yang video ini juga sebelumnya drama bangetlah harus take berkali-kali karena ngakak terus, makasih banget buat sohib Ayu Pangesti udah bantuin kebetulan dia butuh foto cantik buat profil KKN nyahaha. Dan makasih juga Hanggit ma lovely roommate udah minjemin kaos dong nyahaha.


Motivasi buat ikut YAD 2018 ini banyak sih dimulai dari yang ngerasa diri ini sangat sangat nol, pengin ikut acara ke luar nggak cuma jalan-jalan aja, pengin dapet wawasan dan jaringan baru, dan ngeberaniin diri sendiri buat ngelakuin hal yang baru. Later on pas lagi di lokasi KKN tanggal 10 Agustus dapet email kalau saya lolos jadi calon main participant. Nggak nyangka kan pasti dari sekian banyak pelamar saya bisa jadi salah satu peserta, dilanjut buat membayar commitment fee sebanyak 200rb dari total 500rb. Pas di lokasi KKN kan susah ya kalau mau ke bank, mana lagi sibuk proker juga. Namun Alhamdulillah selalu diberi pertolongan melalui sahabat baik buat ngutang dibayarin terlebih dahulu, terima kasih Yessy Anggraeni walaupun awalnya kendala sinyal susah juga.

Lanjut ke seminggu sebelum keberangkatan, nekat “naruh” proposal di fakultas sama salah satu bank karena siapa tau ya kan dapet bantuan uang saku nyahaha. Pesimis juga sih karena bukan lomba atau ngewakili UKM buat lomba gitu, dan ya ternyata belum rejeki hehe. Lanjutlah kita berangkat dengan bawaan yang lumayan berat di punggung. Dibagi perhari ya.


Hari pertama, 5 Oktober 2018: Alumni Sharing Session & Knowing Yourself



Sampai di tanah Jogja, muter-muter dulu bentar kemudian langsung ke GOR Among Rogo. Udah ada beberapa anak dan langsung kumpul sekelompok fasilitator akhirnya. Yang biasanya cuma di grup “Kayan Mentarang” aja akhirnya ketemu Ka Eka, Isna, Chyntia, Delfa, Syahril,Teguh, Rahmat, Nur, Afina, dan Azmi. Semuanya ramah-ramah dan bikin nyaman sampai hari terakhir walaupun ketemu tuh ternyata cuma pas mau makan atau pembagian adventure kit aja nyahaha, soalnya kelompok per hari itu bisa diacak-acak lagi sih. Terus dari GOR itu diangkut deh kita ke Kebun Raya Mangunan, lumayan jauh juga ternyata.

Begitu sampai di KRM, kumpul buat opening, diriin tenda (dan ya teman tenda beda lagi dong), ibadah, makan, dan malamnya dilanjutkan dengan Sharing Alumni. Di sesi ini ada Kak Saskia dan Kak Dio yang sama-sama Alumni YAD 2017 lalu. Kedua orang ini sama-sama hebat tentunya, yang Kak Saskia udah punya karya berupa buku berawal dari keseriusan dengan passionnya menulis, dan Kak Dio yang sedang ngejalanin proyek Jalanan Belajar. Kedua orang tersebut bagi pengalaman masing-masing bagaimana sih mereka menghidupkan hidup mereka. Tentang sikap pada proses, tentang keluar dari zona nyaman, tentang mengabdi. I was inspired by them! 


Lanjut, masih ada dong karena hari pertama ini nyampe sekitar jam 12an malem. Ngaret sih sebenernya dari rundown tapi karena acaranya asyik gitu pesertanya tetep enjoy! Dilanjut dengan Knowing Yourself dengan Kak Putri Fathia Fadilla. Saya paling suka public speaking dan penguasaan apa yang dibawain sih. Udah banyak banget pasti jam terbangnya, jadi pengin dilatih. Di sesi ini lebih mendalam lagi mengenal diri sendiri, dan untuk LEBIH BAHAGIA. Nah kan, jadi nggak cuma cari-kenal diri sendiri dengan datar-datar aja namun dengan perasaan bahagia. Ada sesi hypnotherapy juga dan diteriakin satu grup tentang kelemahan diri. No baper baper club di sini tuh ya malah lega banget. Di sesi hypnotherapy ini semua peserta disuruh untuk berdamai dan menyelesaikan masa lalu, buat lebih berjalan maju dan menyelesaikan dengan diri sendiri. Lega banget sih luar biasa, kaya ya udah gitu saya meninggalkan semua luka, penyesalan, dan masa lalu di sini, sudah cukup. Kemudian refleksi diri lagi, mau dikenang bagaimana, mau jadi apa? Malam-malam di tanah Jogja, kurang romantis apa. Selamat datang diri ini yang baru.


Hari kedua, 6 Oktober 2018: THE DAY! Adventure Day, Dream Planning, Firewalking!

MY FAVORITE YAD DAY EVER! Hari kedua ini bener-bener full otomatis ya dari bangun sampai tidur lagi. Di hari kedua ini saya bener-bener banyak AMAZEDnya parah nggak ngerti lagi gitu nyahaha. Oke tahan-tahan, dimulai dari ngerasa di Jogja tapi sama sekali nggak ada Jawa-Jawanya bahkan bahasa. Emang sih pesertanya dari seluruh Indonesia gitu, jadi gini ya mungkin rasanya jadi orang Jabodetabek kalo kuliah di Purwokerto nyahaha. Kedua, bener-bener amazed sama peserta dengan total 80an mungkin. Padahal yang diterima tuh 120 dari 900AN berkas lengkap, dan 2400an pelamar. Luar biasa banget bisa bareng mereka yang saya bukan apa-apa ini. Apalagi yang dari luar Jawa, perjuangannya pasti luar biasa. Ada anak SMA yang udah paham pendanaan kegiatan nyarinya ke mana aja, ada yang pinter banget communication skillnya, ada yang udah sering exchange, sering jadi pembicara dan lain-lain. Banyak juga yang masih muda tapi pengalamannya lebih dari saya, juga anak SMA yang semangatnya menggebu-nggebu. Seneng sih liatnya, saya yakin masa depan mereka bakal cerah! Nah, mereka hebat-hebat ini nggak sombong-sombong ya. Ramah-ramah semua jadi rasanya nggak perlu canggung, udah kaya temen lama aja. 



Hari kedua ini kan Adventure Day, ini lebih dari outbound manapun yang saya ikuti. Ya, bisa dibilang tracking mengelilingi hutan di area KMR ini lah. Capeknya bahagia karena sepanjang jalan bareng tim yang kocak abis! Jalannya panjang banget, asyik parah karena alamnya enak banget dipandang, ke hutan pinus juga. Ih, asyik pisan dan baru kelar maghriban padahal mulai pagi. Untung saya dapet kelompok awal sih jadi jam 2an udah sampai dan bisa mandi. Pas awal poster YAD 2018 ini diumumin kan emang ditujukan buat pemuda yang suka alam tuh, kebukti pas Adventure Day ini nggak ada yang sakit. Sehat-sehat semua staminanya luar biasa. Seneng nggak sih lihat masih muda, sehat, suka berpetualang, suka berinteraksi. Menyenangkan!

Masih lanjut nih malemnya yang nggak kalah menarik. Buset, nggak ada capeknya pokoknya. Ada Total Coaching oleh Kak Puguh pendiri Indonesian Youth Dream ini. Lagi-lagi super keren dan berisi sih. Kita tuh diajak total dan eksrim dalam bermimpi, kerjain lah hal biasa dengan luar biasa, mimpilah dengan detail. Nah kalau misal mimpi tuh jangan nyerah, jangan ganti mimpi dulu tapi ganti caranya gimana. Nggak cuma total eskrim tapi gimana juga ngejalanin hidup yang seimbang baik untuk diri sendiri dan sesama orang lain. Manusia itu emang yah, padahal punya banyak potensi tapi kurang percaya diri. Di sini Kak Puguh ngencourage kita buat lebih dan lebih, yakin, dan terus menerus. Dilanjut dengan nulis mimpi jangka pendek dan jangka panjang, disertai dengan doa agar benar-benar terkabul.

Next, setelah ada sharing mimpi oleh beberapa peserta yang total ekstrim itu, dilanjut dengan firewalking atau berjalan di atas bara api. Nggak cuma sekadar jalan tapi sembari meneriakan mimpi di tengah lingkaran kemudian diaminkan bersama-sama. Panas? Nggak sama sekali, dan nggak ada luka. Keren banget? Mantap!


Hari ketiga, 7 Oktober 2018: Outbound Adrenaline!

Hari ketiga nih, ada outbound tapi dipegang sama Saka Wanabakti di daerah Mangunan sana. Kalau ini nggak jauh-jauh dari basecamp sih cuma 4 pos juga, yang adventure kan 10 pos tuh. Asyiknya masih sama sih, ada flying fox, rappeling, nata piramid (nggak berhasil gaes udah panas nyahaha), estafet kelereng dan lain-lain. Hari ketiga ini rasanya singkat gitu aja sih udah mau pulang juga kan. Terus diliatin video selama 3 hari itu, terus ngerasa kangen padahal masih di acara. Dilanjut tukeran kado bareng sekelompok fasil, nulis kesan-pesan buat antar anggota, penutupan dan pemilihan Dream Leader YAD 2018, kesan pesan selama 3hari, foto-foto, dan naik bus deh menuju GOR lagi untuk segera merealisasikan mimpi.



Duh panjang juga ini tulisan, kangen pula.


Overview

Pengalaman selama tiga hari itu bener-bener menyenangkan luar biasa pokoknya. Panitianya profesional semua, minusnya hanya waktu yang masih ngaret dikit sih tapi nggak terlalu fatal ngaruhnya. Masih penasaran juga sama Green Movement yang ke-skip hihi. Good job panitia kerja kerasnya, good job yang buat kumpulan video di hari ketiga dan semuanya. Terus nih awalnya sempet takut karena biaya 500k itu overrated, tapi nyatanya? Lebih banget, lebih lebih lebih kalau dihitung dengan biaya segitu. Pengalamannya, pelatihannya, fasilitasnya dan lain-lain. Duh, panitia yang baca ini jangan dinaikin ya nyahaha.



Terus nih hari kelima pasca YAD lockscreen saya masih rundown YAD18 dong, kangen banget. Kangen kelompok sefasilitatator Kayan Mentarang, setenda nomor 4, sekelompok AD "kelompok settinganq" Alor, kelompok outbound 4. Oh iya, saya dapet kado dari tanah Palembang dong, berharap banget nanti bisa gantian saya yang ke luar tanah Jawa. Amiiin. Ah iya, selama kegiatan saya hampir nggak pernah bawa smartphone jadi dokumentasinya nggak banyak, sengaja sih biar menikmati acara nyahaha.

Intinya, YAD2018 was so AMAZINGLY LIT! Such a great occasion! Semoga bisa tetap nemu kegiatan-kegiatan semacam ini. Nggak terlupakan, luar biasa atmosfirnya! Buat yang mau lihat dokumentasi lengkanya bisa cek Instagram @indonesianyouthdream ya!


Wah, udah panjang banget nih, waktunya untuk sayonara dan terima kasih telah membaca!
***

NB: Baca juga postingan yang lain di kanal-kanal youth&inspire, profiles, dan college life.

10 comments:

  1. Uwaaaah keren nih kamu
    Memang ya selwma jadi mahasiswa harus banyak2 cari ilmu di luar kampus. Ilmu keorganisasian dapat, ilmu bermasyarakat dapat, relasi, dan jodoh juga dapat.

    Eh jadi dapat jodoh gak nih? 😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget Mbak, wah jodoh belum sih ini semoga bertemu di tengah perjalanan wkwk

      Delete
  2. Itu gimana bisa jalan di atas bara api tapi ga panas mbak? Seriusan? Aku ngebayanginnya aja ngeri

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak kak, itu cuma satu meteran lebih sih jadi paling dua tiga langkah aja jadi cepet gitu jalannya

      Delete
  3. Kangen mbolang deh! Aku zaman dulu suka takut kalau ikut PA. Eh sekarang malah ketagihan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga ketagihan kalau ke alam-alam kak, penasaran juga sama kegiatan PA

      Delete
  4. Beruntung banget mbak Marfa bisa ikut acara kayak gini. Saya waktu kuliah dulu juga hobi join kegiatan bermanfaat begini. Bisa dapat banyak pngalaman dan teman baru.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak Alhamdulillah, saya sedang suka mencari pengalaman dan teman baru juga :3

      Delete
  5. Kebayang kok..gimana serunya...apalagi rame begitu 80 and orang pasti seru..
    Memiliki minat yang sama dan ngumpul...jadi gak susah nyambung walau dari daerah yg berbeda .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak, rasanya menyenangkan :D

      Delete

Hai. Terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca. Jika postingan ini menarik/menginspirasi, jangan segan untuk dibagikan ke media sosial agar blog ini terus semangat memberi manfaat. Jangan segan juga untuk memberi kritik/masukan/komentar. Tetap berlangganan agar tak ketinggalan postingan terbaru ya. Salam, Marfa.