A lifelong learner's digital journal you will read passionately

March 18, 2019

Podcasts You Should Listen To

Halo, apa kabar?

Podcast menjadi pilihan yang menyenangkan akhir-akhir ini bagi saya untuk asupan otak. Lebih simpel dari pada video karena cuma ndengerin aja, jadi hemat waktu juga. Selain itu, say juga jadi sering dengerin podcast dari pada dengerin musik lagi. Sambil beberes kamar, sambil nyetrika, bahkan sambil jogging. Nyahaha yang terakhir enggak sih, paling kalo lagi di jalan.

Podcast yang berbahasa Indonesia sendiri juga banyaak banget yang enak didengerin. Siapa tahu ada yang suka dengerin podcast juga bolehlah dengerin beberapa favorit saya ini. Sempet saya bikin utasan di Twitter juga, kalau berkenan silakan ikuti juga di @_marfadoc. Tetep dong, celah. Yuk langsung aja:



INI FAVORIT ABIS! Sungguh, karya-karyanya itu cerdas sekali menurut saya. Lebih banyak konten di YouTube sih. Isinya ngambil banyak cerita dari masing-masing perspektif. Misalnya dari sudut pandang agama, kekurangan diri, penerimaan diri, hubungan dengan orang lain, kotemplasi, dan lain-lain. Ya, sesuai namanya jadi lebih ke membawa kita ke sisi-sisi manusia lebih detail dan dalam. Saya dapet banyak insight dari sini juga sampai-sampai rasanya pengin aja kerja macem ginian maduin media sama karya-karya yang sastrawi abis.

Kalau podcastnya dikit sih episodenya, di YouTube juga ada. Judul-judul skripsi favorit saya yaitu Sabtu Pagi, Tentang Cinta, Belajar Memahami, Saling, Catatan dari Seorang Manusia Lamban, Cinta yang Tak Dibahas Orang. Beda lah podcast bikinan Menjadi Manusia ini, bukan tipe podcast yang didengerin sekali aja tapi berkali-kali. Saya juga sering muter berulang kali kalau sore-sore senja kopi dan proposal skripsi, kala pagi-pagi di hari libur terutama Sabtu, atau jam-jam tengah malam pas lagi hening-heningnya. 



Tau dong siapa podcaster di balik ini. Yup, Iqbal Hariadi! Enak banget sih pembawaanya, isinya juga relate ke anak-anak muda milenial sekarang. Jadi berasa lagi ngobrol bareng aja dari kakak tingkat semester akhir atau temen tongkrongan. Nggak cuma anak muda dan segala keresahannya aja sih tapi juga bahas branding dari konten digital, bahas startup, sampai ke personal development. Yang dibicarain Iqbal juga beberapa tentang keresahan-keresahan atau pertanyaan-pertanyaan dalam hidup kaya quarter life crisis, work life balance, dan lain-lain. Cocok didengerin buat yang saat ini lagi kuliah, sekolah hampir lulus, atau yang lagi menekuni hobi atau passion. Episode favorit saya antara lain: 

Kenapa Kuliah Aja Ga Pernah Cukup
Random Thoughts tentang Kuliah, Kerja, dan S2
Quarter Life Crisis & Self Awareness
Prinsip Hidup Yang Gue Pelajari Dari Gary Vee
I Thought Life Was Easy

3. RUANG CERITA (ceritaperempuan.id)


Girl corner yuhuu! Di sini tentu saja mengambil banyak cerita dari perempuan ya dan tiap episodenya tuh hangat-hangat semua bawaanya. Lebih ke pilihan hidup bagi masing-masing perempuan sih, ke kerjaan lah, ke misi-misi hidupnya lah. Pokoknya menginspirasi banget apalagi didengerin kalau lagi loyo-loyonya. Nambah semangat buat melakukan apa yang diyakini, nambah pengin banyak melakukan kebaikan. Sukak deh pokoknya. Episode favorit saya sejauh ini yaitu:

Fransisca Anindya: Berbagi Kebaikan Tanpa Terduga
Mellyana Frederika: Menyeimbangkan Karir dan Kebutuhan Diri
Azizah Assattari: Mimpi dan Parameter Kebahagiaan
Kenya Rinonce: Menjeda untuk Tetap Berkarya



Kalau ini sih podcast bikinan anak-anak cowo kelas saya dan baru ada tiga episode. Isinya ya nggak jauh-jauh dari anak kuliahan kalau ngumpul gitu. Durasinya lumayan panjang lebih dari satu jam jadi disaranin didengerin jangan pas mau tidur malah jadinya ketiduran nyahaha. Yang saya suka sih akhirnya kerecehan mereka bisa diketahui banyak orang dari podcast ini. Humor-humor recehnya mereka suka ada aja gitu—renyah, asal ceplos, dan tak terpikirkan sebelumnya. Episode favorit saya yaitu Kita, Kota, dan Kata-Kata lainnya.

5. BIJAKSANA’S


Kalau ini personal podcast dari M. Kurnia Bijaksana, salah satu role model saya dalam mencintai ilmu pengetahuan. Sebelumnya dia pengguna Twitter yang suka bikin utasan tentang kuliah, beasiswa, CV, kerjaan yang anti mainstream sih. Beberapa tipsnya tentang branding dan pengembangan diri juga saya ikutin dan works! Makanya begitu dia bikin podcast langsung dengerin sih. Saya suka perspektif dan semangat hidupnya dalam terus mengembangkan diri. Seperti dalam episode dengan judul: Milenial dan Investasi: Pengenalan dan Tips Memulai, Skill yang Seharusnya Diajarkan di Sekolah, dan Nasihat Untuk Kita Yang Baru Beranjak Dewasa. 




Ini juga masuk podcast baru, sesuai namanya lebih ke bahas apa aja sih. Semua episodenya favorit saya, karena ya ini podcast iseng yang niatnya ingin diseriusin bikinan saya sih NYAHAHAHA. Doakan saja terus bertambah episodenya, masih suka ngadat nih. Penasaran, langsung klik aja ya haha mangga didengerin sambil dikritisi. Kalau mau kolab juga hayuk! Ingin jadi bloger yang ngepodkes juga awuwu~

7. BENANG MERAH


Iya jadi bisa dilihat sendiri deskripsi podcastnya. Karena saya suka mengikuti Rara Sekar dan Ben tentang cara pemikirannya, karyanya, bagi-bagi perspektifnya maka walaupun baru saya udah pasti mengikuti sih. Karena Rara dan Ben ini suka terhadap isu social dan pendidikan, maka ngikutin podcastnya menurut saya juga salah satu cara buat nambah insight.

8. PODCAST KUTU BUKU



Kalo dengerin podcast ini jadi kaya denger radio gitu hihi. Ini bisa jadi alternatif buat yang susah nyari waktu buat baca, jadi bisa tahu beberapa hal penting dari sebuah buku atau juga review sebelum membeli buku.

9. LEVEL UP WITH BENAKRIBO


Begitu ngeshare postingan ini di WhatsApp story, ada yang ngerespon kalau Benakribo punya podcast yang keren. Daaan sedep abis sih, rata-rata singkat tapi mengena. Enak juga didengerin walaupun dia beberapa episode cuma sendirian. Fix, favorit ini mah! Nah episode-episode yang saya suka dan perlu banget kalian coba dengerin adalah:

Buat Elo Yang Diremehin Orang Lain
Kenapa Attitude Lo Penting Saat Kerja?
Kita Cuma Punya Waktu 7,5 Tahun Untuk Hidup
Elo Tuh Nggak Sibuk!!!
Disiplin Adalah Kunci
Tips Biar Nggak Males Ngerjain Skripsh*t?! 
Listen to this // You actually know your problems  // Muhasabah

10. INDOPROGRESS

podcast indoprogress

Siapa yang suka membaca artikel-artikel alternatif dari IndoProgress? Yas, ada akun siniarnya juga dan menjadi alternatif saya selain membaca. Rasanya jadi seperti ke seminar-seminar juga dan lebih mudah masuk ke akal hehehe. Episode favorit saya yaitu Kupas Singkat 01: Marx dan Agama, Opini Hizkia Yosie Polimpung tentang Revolusi Industri 4.0, dan Kuliah: Perdebatan Kiri Klasik dan Relevansinya Saat Ini.

11. PODCAST WISNU PRASETYA

podcast wisnu prasetya

Jika kamu ingin mendalami mengenai media dan jurnalistik, podcast Wisnu Prasetya ini cocok didengarkan untukmu. Bukan alur atau tata cara, melainkan dikaitkan dengan isu yang ada saat ini. Diperbarui secara aktif juga jadi kamu nggak perlu nunggu lama dan keburu bosen. Favorit saya yaitu: Eps 2 - Media Sosial dan Matinya Kepakaran, Eps 5 - Perlukah Bergabung dengan Pers Mahasiswa?, Eps 7 - Media dan Rasisme, Eps 8 - Sayap Kiri dan Kanan di Media Inggris, Eps 13 - Belajar Dari Media Koperasi, dan Eps 18 - Media di Tengah Aksi-Aksi Mahasiswa.


12. PODCAST SELEPAS KERJA

podcast selepas kerja

Akun siniar ini menyenangkan kalau ngomongin politik dan mudah dipahami, hanya saja sudah lama tak update.

13. FINANSIALKU TALKS

podcast fintalk

Saya merekomendasikan akun ini terutama bagi milenial muda untuk belajar dan mulai merencanakan keuangan. Isinya tips yang sangat renyah sekaligus memotivasi kita untuk nggak hedon nyahaha. Sok gih, jangan nabung mulu namun mulai investasi. Favorit saya yaitu:

· Yuk Mulai Investasi Pertama, Investasi Apa yang Cocok untuk Milenial?
· Asuransi untuk Milenial, Apakah Perlu? Kenapa?
· Bagaimana Mengurus Keuangan untuk Milenial Tanpa Harus Berhemat Parah
· Bicara “Uang” untuk Generasi Milenial
· 5 Cara Berinvestasi untuk Milenial
· Halusinasi Financial Freedom, Masih Muda Sudah Mikir Financial Freedom?

 
12. BUKATALKS

podcast bukatalks

Huyee, udah pasti ini ya masuk rekomendasi. Keren sih konsepnya meskipun nggak semuanya, cuma 15 menit berbicara mengenai topik tertentu dari ahlinya dipaparkan secara padat. Anak muda keren perlu denger juga. Favorit saya banyak, yang bisa kalian dengarkan jug misalnya dengn judul Pandi Pragiwaksono | Anak Muda Harus Buat Karya, Henry Manampirin | Menahan Emosi dan Filosofi Teras, dr. Andreas Prasadja - Tidur Produktif Untuk Tubuh Lebih Sehat, dan Prita Ghozie | Cerdas Finansial untuk Milenial.

13. FROYONION PODCAST

froyonion podcast

Kalau ini nemu pas episode di atas sih, bener-bener insight baru buat otak terutama mengenai kuliah dengan nilai bagus, lulus tepat waktu tuh bisa bikin orang tua seneng meskipun kita biasa aja. Berbagi konsep ngebahagiain orang terdekat misal orang tua itu lebih nyenengin dari pada nyenengin diri sendiri secara berlebihan. Keren banget episode di atas! Tenang aja isinya mah nggak nyindir anak muda yang nggak punya tujuan, murni mereka kaya cerita-cerita biasa aja.

14. uTara Podcast

uTara podcast

Episode dengan Ben Laksana di atas membuat saya mendapat udara baru sekaligus menghidupkan mimpi lama kalau misalnya nanti jadi pekerja ya kamu tetap harus mempunyai mimpi yang lain. Tetap punya alasan mengapa kamu melakukan hal itu. Dan saya setuju sekali kalau pendidikan di Indonesia kalau mau diubah ya dimulai dari peningkatan kualitas guru dan kurikulum karena itu pendidikan yang paling ddasar. Harus banget kalian dengerin dan alasan mengapa kita juga harus berpihak bukan netral.


Nah, kalau podcast favorit kalian apa aja nih?
 ***
All pictures are taken from anchor.fm and soundcloud

12 comments:

  1. Aku kemana aja kok sampe baru banget tau soal podcast ini dan sungguh bikin aku jadi penasaran (ini sih lebay) oke langkah pertama buat nyobain podcast aku harus cobain yang mana dulu nih

    ReplyDelete
  2. wuaw keren ya
    aku gak pernah mainan podcast sih. tapi sedikit paham how podcast work

    namun yang belum kupahami, how we get money from podcast?

    ReplyDelete
  3. Waaah, kok jadi pengen ngepodcast ya. Selama ini belum pernah sama sekali nyobain podcast, cuma dengar-dengar aja.

    ReplyDelete
  4. Aaaa, jadi ngler dengar podcast jg. Thanks rekomndasinya mbak Mrfa, segera meluncur ke akun2 tsb. Selama ini denger podcast dr akun Youtube Gita Savitri doang yang Pagi2.

    ReplyDelete
  5. Sy gk pernah dengar ngepodcast itu seperti apa mba.
    Tapi setelah membaca artikel diatas, jadi saya sedikit mengerti apa itu podcasts.

    Terima kasih informasinya iya mba. :)
    Saya segera meluncur ke akun yang sudah direkomendasikan.

    ReplyDelete
  6. podcast sekarnag ini lagi hype banget ya mba. Saya sering melihat podcast itu dikaskus. Ternuata ada beberapa list podcast yang bagus untuk didengarkan ya mba jadi penasaran deh

    ReplyDelete
  7. Aku pernah denger sama podcast ini mbak, tapi sejauh ini ga cari tahu lebihnya apa wkwk. Makasih buat pencerahan nya Mbak Marfa, nanti mau kepoin deh judul2 podcast itu
    tFS mbak

    ReplyDelete
  8. Wah... setelah dari you tube sekarang beralih ke Podcast nih sepertinya. Dulu aku suka denger podcast radio sih. cocok buat nyari inspirasi materi kalau lagi sumpek siaran. Pod cast emang lebih gampang disimak karena bisa dilakukan nyambi yang lain

    ReplyDelete
  9. Belum pernah dengerin Podcast.
    Dan ku sungguh jadi ingin mencoba.
    Selain blogger, Marfa juga Podcaster euuii~

    ReplyDelete
  10. Waaah keren-keren rekomendasi podcastnyaaa! Menjadi Manusia juga favorite banget paraaaah suka banget sama perspektif yang mereka bangun. Aku mau nambahin satu lagi dong, Magdalene's Mind hehehe

    ReplyDelete
  11. Waaah keren-keren rekomendasi podcastnyaaa! Menjadi Manusia juga favorite banget paraaaah suka banget sama perspektif yang mereka bangun. Aku mau nambahin satu lagi dong, Magdalene's Mind hehehe

    ReplyDelete
  12. Baru tau podcast ini.. kayanya seru ya..

    Apalagi bisa mengakses sesuai minat. Kita bisa cari teman atau sharing sesuai passion..jadi gak akan ada bilang gak nyambung..

    ReplyDelete