Ingin Memulai Bisnis? Berikut Jenis-Jenis Asuransi Dalam Bisnis Yang Perlu Dipersiapkan

Daftar Isi Postingan [Tampilkan]
Asuransi, seperti diketahui secara kebanyakan memberikan keuntungan berupa proteksi jika terjadi hal-hal di luar kendali. Tak hanya digunakan untuk pribadi dan keluarga seperti asuransi jiwa dan asuransi pendidikan, asuransi juga ada dalam bentuk lainnya terutama dalam bisnis. Asuransi tersebut seperti misalnya asuransi kendaraan, asuransi properti, hingga asuransi elektronik murah yang dapat melindungi usaha atau bisnis. Hal ini perlu diperhatikan bagi yang sedang ingin memulai sebuah usaha atau bisnis.

bisnis
sc: pixabay, Free-Photos

Ada beberapa pertimbangan untuk ditinjau sebelum memulai bisnis, dimulai dari jenis bisnis apa yang ingin didirikan, segmen masyarakat mana yang menjadi sasaran, strategi marketing atau pemasaran, bagaimana cara mendapatkan modal, rencana scale up, hingga mempertimbangkan untuk memiliki beberapa asuransi sesuai kebutuhan. Karena bisnis terdiri dari banyak hal yang kompleks, maka tentunya perlu persiapan yang detail dan paripurna agar bisnis tetap mempunyai resiliensi meskipun kondisi sedang berada di garis grafik yang menurun. Dengan persiapan yang baik, maka bisnis atau usaha akan tetap terjaga performa di tengah derasanya persaingan pasar dan berikut jenis asuransi dalam bisnis yang perlu diketahui dan dipertimbangkan:

1. Asuransi Properti Bisnis

Selain kendaraan, asuransi yang perlu dimiliki selain untuk melindungi aset bergerak adalah asuransi properti. Dalam bisnis, properti memainkan sebagian besar dalam usaha baik dalam administrasi maupun produktivitas. Kejadian di luar kendali seperti bencana alam, pencurian, hingga kebakaran dapat sewaktu-waktu terjadi dan properti tersebut perlu dilindungi dengan asuransi properti. Dalam hal ini, properti tentu saja rentan akan risiko dan dengan asuransi properti, maka dapat terlindungi dan terhindar dari kerugian yang besar serta risiko hutang yang melonjak.

2. Asuransi Kendaraan

sc: pixabay, Free-Photos

Rata-rata bentuk bisnis memiliki kendaraan sebagai akses baik untuk mobilitas perputaran barang atau untuk mobilitas jasa dalam perorangan. Memiliki kendaraan sendiri dinilai lebih hemat dan menguntungkan dari pada menyewa, karena bisa langsung diatur sendiri jika sedang ada pemesanan untuk kapan dikirimkan maupun keperluan pengantaran. Asuransi kendaraan penting karena berfungsi melindungi bisnis jika terjadi hal di luar kendali seperti kecelakaan yang dapat mengakibatkan kerugian serta menghambat produktivitas dalam usaha. Dengan memiliki asuransi kendaraan, maka akan tercover penanganan dalam perbaikan maupun penggantian sesuai klaim yang telah dipilih dan disetujui.

3. Asuransi Gangguan Bisnis

Risiko hal-hal yang tidak diinginkan bisa terjadi bukan hanya pada asset bergerak maupun tak bergerak saja dalam suatu usaha maupun bisnis, namun bisa juga risiko yang bisa menyebabkan lumpuhnya bisnis secara keseluruhan seperti bencana alam atau terjadi peristiwa tertentu. Hal ini bisa mengakibatkan berhentinya produksi maupun jasa, serta berpengaruh terhadap orang-orang yang dipekerjaakan dalam bisnis tersebut. Jika tak dicover dengan asuransi, maka usaha lama kelamaan akan menemui gagal bayar, pailit, hingga memiliki banyak hutang. Memiliki perlindungan saat kondisi pendapatan sedang lamban atau kehilangan produktivitas dapat dilindungi dengan asuransi dengan diberikannya kompensasi atas risiko tersebut.

4. Asuransi Elektronik

asuransi elektronik
sc: StockSnap, pixabay

Seperti yang kita ketahui, peralatan elektronik memainkan fungsi yang sangat penting dalam keseharian. Bukan hanya keseharian individu, namun juga dalam bisnis terutama dalam kegiatan manufaktur. Apalagi saat ini dengan kemajuan di bidang teknologi maka kegiatan segalanya serba digital dalam memperlancar kegiatan usaha. Karena pentingnya peralatan elektronik ini, maka sangat perlu untuk memilih dan memiliki asuransi peralatan elektronik untuk bisnis. Tentu saja karena semakin sering digunakan, akan juga bisa tak terhindar dari resiko berupa kerusakan, cacat, hingga terjadinya risiko yang dapat mengakibatkan kerugian. 

Asuransi elektronik ini memiliki tujuan penting yaitu dapat memberikan perlindungan dan penggantian ganti rugi pada saat terjadinya kerusakan baik yang dimiliki maupun produk elektronik yang disewa. Contoh dari peralatan elektronik yang dapat diasuransikan yaitu gawai, laptop, peralatan audio, pendingin ruangan, kamere, hingga televisi. Besar kecilnya premi yang dibayar tergantung pada pilihan asuransi elektronik yang diambil, sebaiknya memilih yang terbaik dan cocok agar tak merugikan dan seimbang dengan pengeluaran yang lainnya.

Adapun risiko yang dapat dicover dalam asuransi elektronik ini yaitu seperti kejadian tak terduga berupa bencana alam, terjadinya ledakan, kesalahan perakitan, cacat fungsi karena salah desain, kerusakan komponen, kebakaran, pencurian peralatan, dan risiko yang tak terduga. Perlu diperhatikan juga risiko tak tak dijamin dari asuransi ini yaitu seperto terjadinya perang, terjadinya kelalaian atau kerusakan yang disengaja, dan terjadinya nuklir. Biasanya, asuransi elektronik ini juga ada jaminan tambahan yang bisa dipilih sebagai pengambil asuransi, seperti jaminan kerusuhan, gempa bumi, tsunami, bencana alam angin ribut, dan pencurian.

Untuk harga premi pada asuransi elektronik berbeda-beda tergantung penyedia dan kesepakatan antara kedua belah pihak. Sebaiknya mencari yang terpercaya dan memperhatikan testimoni dari pelanggan sebelumnya sampai mendapatkan asuransi elektronik murah. Ada faktor dalam premi yang dibayar dalam asuransi ini yaiti kondisi dan jenis barang, lokasi atau tempat barang berada, serta pertimbangan berupa kondisi lingkungan sekitar yang mempengaruhi.

Selain mencari asuransi elektronik yang cocok, sebelum mengambil keputusan juga perlu mempersiapkan kelengkapan dokumen seperti kartu identitas, kartu atau dokumen peralatan elektronik serta garansi, kwitansi pembelian, materai, hingga dokumen pendukung lainnya. Siapkan juga cadangan dokumen untuk persiapan jika sewaktu-waktu dokumen tersebut hilang atau disalahgunakan.

Demikian informasi mengenai jenis-jenis asuransi bagi bisnis bagi yang sedang mempertimbangkan untuk memulai bisnis baru. Asuransi di atas masing-masing dapat menjadi prioritas asuransi utama yang dimiliki karena berkaitan dengan kelancaran usaha. Terlebih lagi peralatan elektronik yang sangat penting karena menunjang kebutuhan dalam setiap aspek dalam kegiatan usaha. Untuk informasi asuransi elektronik murah terbaru dan terpercaya dapat selanjutnya diakses di tautan berikut: https://www.cekaja.com/asuransi-elektronik

Tidak ada komentar

Halo, terima kasih sudah berkunjung!^^ Mohon klik 'Notify Me/Beri Tahu Saya' utk mengetahui balasan komentar via email.