Memulai Bisnis Coworking Space di Jakarta

Seiring dengan perubahan dan struktur tempat kerja, usaha kecil dan besar mencari solusi kantor baru yang memenuhi kebutuhan mereka yang berkembang. Ruang kerja mitra bisnis memenuhi kebutuhan ini dengan menyewa ruang kantor dalam format yang fleksibel. Sektor ruang kerja bersama tumbuh, tumbuh pada tingkat rata-rata 23 persen per tahun sejak 2010. Coworking Space Business bisa menjadi peluang bisnis saat ini jika tertarik dan ingin menggelutinya. 

coworking space
cr: unsplash, alexacea

Jika sudah memiliki ide bisnis Coworking Space di Jakarta yang sempurna, maka sekarang siap untuk mengambil langkah berikutnya. 


Rencanakan Bisnis Coworking Space

Rencana yang jelas sangat penting untuk kesuksesan bisnis yang dirintis sebagai pengusaha. Ini akan membantu pengusaha memetakan bisnis secara spesifik dan melihat kemungkinan-kemungkinan yang akan muncul. Beberapa topik penting yang perlu dipertimbangkan adalah:


  • Berapa biaya awal dan biaya berkelanjutan?
  • Siapa target pasar bisnis tersebut?
  • Berapa lama akan mencapai titik impas?
  • Apa nama bisnis dan bagaimana brandingnya?

Berapa biayanya untuk membuka bisnis ruang kerja bersama?

Perlu diperhatikan juga biaya primer untuk menyewa ruang yaitu:

  • Mebel
  • Peralatan jaringan & listrik
  • Dekorasi
  • Barang-barang lainnya (mis. kantong sampah dan kertas toilet)
  • Asuransi

Cara terbaik untuk menjaga agar biaya dapat dikelola adalah mulai dengan ruang yang relatif kecil (misalkan 1.800 kaki persegi, bukan 4.500 kaki persegi). Ini akan membantu menekan biaya sambil tetap memungkinkan pemilik bisnis untuk menemukan lokasi utama, menggunakan peralatan yang lebih canggih dan memiliki dekorasi yang bagus. Item yang disebutkan terakhir tak boleh diabaikan karena akan berdampak signifikan pada berapa banyak orang yang mempertimbangkan menggunakan ruang kerja bersama. Apalagi dengan ciri khas milenial yang menyukai hal-hal unik maupun estetika.

Berapa biaya berkelanjutan untuk bisnis ruang kerja bersama?

Biaya berkelanjutan untuk ruang kerja bersama umumnya berjalan meningkat untuk keperluan pembayaran sewa, gaji karyawan, biaya internet berkecepatan tinggi, biaya utilitas dan biaya pemeliharaan peralatan.

cr: unsplash, cowomen

Siapa target pasarnya?

Target pasar untuk bisnis ruang kerja bersama adalah pemilik bisnis dan profesional di daerah tersebut. Beberapa ruang kerja yang lebih besar melayani perusahaan besar dengan karyawan yang bepergian, tetapi sebagian besar ruang baru fokus pada melayani pengusaha, pekerja paruh waktu, solopreneur, dan pemilik usaha kecil di komunitas lokal.

Bagaimana ruang kerja mitra bisnis menghasilkan uang?

Sumber utama pendapatan dari ruang kerja rekan kerja adalah biaya berlangganan yang dibayarkan oleh klien sebagai imbalan karena dapat menggunakan ruang tersebut. Banyak bisnis ruang kerja bersama menyewa ruang pertemuan, menawarkan kelas, dan mengadakan acara untuk sumber penghasilan tambahan.

Berapa banyak keuntungan yang bisa dihasilkan oleh ruang kerja bersama?

Karena ruang kerja bersama bisnis menyediakan solusi kantor yang fleksibel, mereka sering memiliki beberapa opsi berlangganan. Misalnya, klien dapat membayar berdasarkan hari, minggu atau bulan. Biaya rata-rata untuk keanggotaan bulanan adalah 600rb-700rb.

Bisnis ruang kerja bersama dapat menghasilkan laba yang solid, dan dapat melakukannya dengan cepat. Perlu diketahui juga sumber pendapatan jangan hanya mengandalkan penghasilan dari sewa ruang namun juga acara kolaboratif dan kreatif yang bisa dimanfaatkan sesuai kebutuhan milenial. Bisa juga dipadukan dengan café.

Banyak coworking space mengenakan biaya lebih untuk meja khusus, kantor atau loker. Beberapa juga mengenakan biaya untuk menggunakan ruang pertemuan, sementara yang lain sudah termasuk ruang rapat. Untuk informasi lebih lengkapnya mengenai bisnis coworking space bisa kunjungi https://www.cekaja.com/info/bisnis-coworking-space-persiapkan-5-hal-ini/
Show Comments/Tampilkan Komentar
Hide Comments/Sembunyikan Komentar

No comments

Hi! Lemme know you read this story by drop your perspective through a comment below :) (p.s: a comment with active url will be deleted)