Indonesia Fundraising Award 2020: Penghargaan Untuk Gerakan Kemanusiaan di Indonesia

Daftar Isi Postingan [Tampilkan]

Kamis, 9 Juli 2020 kemarin saya berkesempatan mengikuti Indonesia Fundrasing Award 2020 yang disiarkan secara langsung melalui Zoom dan disiarkan oleh RASFM. Kegiatan yang diinisasi oleh Institut Fundraising Indonesia yang sudah berdiri dari 2012 ini juga merupakan pengalaman pertama saya untuk menyaksikan penghargaan kepada lembaga zakat dan lembaga kemanusiaan.

Saya jadi teringat mengenai misi-misi kemanusiaan yang sudah lekat sekali dalam kehidupan dan memberi suatu pelajaran dalam hidup bahwa kita saling membutuhkan orang lain. Ketika sekolah misalnya, kita sudah dikenalkan bentuk misi kemanusiaan melalui kesukarelawanan dalam kegiatan ekstrakulikuler Palang Merah Remaja (PMR), Pramuka yang ikut membantu dalam bencana alam, atau penggalangan dana oleh kegiatan keagamaan siswa. Ketika menjadi mahasiswa pun, kegiatan kemanusiaan ini lebih luas lagi bukan hanya dalam Unit Kegiatan Mahasiswa atau UKM, namun juga komunitas-komunitas yang bergerak di luar kampus.

Melihat betapa banyaknya dampak manfaat dari kegiatan kemanusiaan ini dari sekecil apapun komunitasnya, bagaimana jika dilakukan secara bersama-sama dalam jumlah orang yang banyak? Tentunya akan semakin banyak manfaat yang didapatkan.

Mengenal Apa Itu Indonesia Fundraising Award

indonesia fundraising awards 2020

Indonesia Fundraising Award (fundraisingindonesia.org) ini adalah suatu ajang apresiasi untuk insan dan lembaga kemanusian yang bergerak aktif dalam fundrasing yang diadakan oleh Institut Fundraising Indonesia (IFI). IFI ini sendiri merupakan lembaga yang bergerak di bidang training, consulting, dan publishing di bidang fundraising. Tujuan dan manfaat yang diharapkan dari penghargaan IFA 2020 ini sendiri yaitu untuk mendorong lembaga zakat dan kemanusiaan yang sudah ada agar lebih termotivasi, profesional, dan transparan.

Apa yang ada di benak kita ketika mendengar lembaga kemanusiaan? Tentu saja kumpulan orang-orang yang peduli menyisihkan waktunya untuk berkontribusi dalam bidang kemanusiaan dan segala tantangannya. Padahal belum tentu mendapat keuntungan untuk diri sendiri karena fokusnya adalah menolong saudara-saudara kita yang membutuhkan. Nah dengan adanya Indonesia Fundraising ini diharapkan memberikan apresiasi tersendiri bahwa betapa kebaikan efek positifnya luar biasa melalui misi-misi kemanusiaan.

Tujuan dan Manfaat dari Indonesia Fundraising Award 2020

Manfaat apresiasi ini tentunya saja bukan hanya dirasakan oleh lembaga tersebut saja namun orang-orang di luarnya atau masyarakat umum. Karena nih, menurut laporan World Giving INDEX 2018, Indonesia berada di nomor pertama sebagai negara yang paling dermawan di dunia. Penilaian tersebut dinilai dari kegiatan membantu orang yang tak dikenal, memberi sumbangan, dan menjadi relawan. Nah jadi banyak juga nih orang-orang baik yang terbantu menyalurkan bantuannya melalui lembaga-lembaga ini jika misalnya belum bisa bergerak langsung. 

Tujuan lain yang diharapkan adalah semakin banyak juga anak muda yang mau berjuang, mendedikasikan dirinya dalam kegiatan fundraising sosial yang ada di Indonesia. Dengan begitu, harapannya dapat turut membantu dan memberdayakan kesejahteraan rakyat Indonesia, serta menjadi manfaat terutama bagi masyarakat yang membutuhkan.

Proses Penjurian di Indonesia Fundraising Award 2020

Proses penjurian ini sebetulnya mempunyai rencana akan diumumkan pada Maret 2020, namun agenda tersebut ditunda akibat pandemi dan dilaksanakan pada bulan Juli ini. Namun hal tersebut tak menyurutkan semangat dan suasana proses award ini, saya yang menontonnya juga jadi ikut senang dan teringat pada teman-teman saya yang bergerak di dalam bidang kemanusiaan.

Ada 3 dewan juri independen non lembaga dalam award ini yang terpilih dengan menekankan pentingnya kredibilitas dan profesionalitas, yaitu: Bapak Ahmad Juwaini dari KNKS dan sekaligus sebagai Ketua Dewan Juri, Ibu Arlina F. Saliman yang merupakan tokoh muda dan konsultan fundraising lembaga zakat dan kemanusiaan yang sekaligus hadir dalam acara penghargaan ini, serta Bapak Agus Budiyanto yang merupakan direktur eksekutif dari Forum Zakat.

Ahmad Juwaini Indonesia Fundraising Awards 2020

Arlina Saliman Indonesia Fundraising Awards 2020

Agus Budiyanto Juri Indonesia Fundraising Awards 2020

Proses penjurian ini dimulai dari Januari dan melakukan penyeleksian dari Februari, kemudian penjurian dan pemilihan pada bulan Maret. Tahap-tahap penjurian sampai penentuan pemenang ini terdiri dari:

  • Pendataan lembaga zakat, lembaga kemanusiaan, dan Non Government Organization.
  • Seleksi berkas administrasi.
  • Melakukan pemilihan kategorisasi.
  • Pemilihan nominator untuk masing-masing kategori.
  • Melakukan serangkaian metode dalam penilaian untuk penetapan pemenang.

Pemenang Indonesia Fundraising Award 2020 Per Kategori

Total ada 16 pemenang dalam masing-masing kategori dari Indonesia Fundraising Award ini, mereka adalah:

1. Kategori Fundraising Zakat Terbaik: Dompet Dhuafa.

Kategori Fundraising Zakat Terbaik: Dompet Dhuafa

2. Kategori Fundraising Infaq Terbaik: Baitul Maal Hidayatullah.

Kategori Fundraising Infaq Terbaik: Baitul Maal Hidayatullah

3. Kategori Fundraising Kemanusiaan Terbaik: Aksi Cepat Tanggap (ACT).

Kategori Fundraising Kemanusiaan Terbaik: Aksi Cepat Tanggap

4. Kategori Fundraising Qurban Terbaik: Lazis NU.

Kategori Fundraising Qurban Terbaik: Lazis NU

5. Kategori Fundraising CSR Terbaik: Human Initiative.

Kategori Fundraising CSR Terbaik: Human Initiative

6. Kategori Fundraising Digital Terbaik: Baznas RI.

Kategori Fundraising Digital Terbaik: Baznas RI

7. Kategori Platform Fundraising Digital Terbaik: Kitabisa.

Kategori Platform Fundraising Digital Terbaik: Kitabisa

8. Kategori Fundraising Program Kesehatan Terbaik; Palang Merah Indonesia.

9. Kategori Fundraising Program Pendidikan Terbaik: Yatim Mandiri.

Kategori Fundraising Program Pendidikan Terbaik: Yatim Mandiri

10. Kategori Fundraising Anti Korupsi Terbaik: ICW (Indonesia Corruption Watch).

Kategori Fundraising Anti Korupsi Terbaik: ICW (Indonesia Corruption Watch).

11. Kategori Fundraising Program Bantuan Hukum Terbaik: LBH Indonesia.

Kategori Fundraising Program Bantuan Hukum Terbaik: LBH Indonesia

12. Kategori Fundraising Wakaf Produktif Terbaik: Sinergi Foundation.

Kategori Fundraising Wakaf Produktif Terbaik: Sinergi Foundation

13. Kategori Fundraising Komunitas Terbaik: Gerak Bareng.

Kategori Fundraising Komunitas Terbaik: Gerak Bareng

14. Kategori Fundraising Oleh Perguruan Tinggi Terbaik: Social Trust Fund UIN Jakarta.

Kategori Fundraising Oleh Perguruan Tinggi Terbaik: Social Trust Fund UIN Jakarta

15. Kategori Fundraising Penggalangan Dana Langsung Terbaik: Lembaga Manajemen Infaq Indonesia.

Kategori Fundraising Penggalangan Dana Langsung Terbaik: Lembaga Manajemen Infaq Indonesia.

16. Kategori Tokoh Pendukung Gerakan Terbaik: (Alm) Ir. KH. Sholahudin.

Kategori Tokoh Pendukung Gerakan Terbaik: (alm) Ir. KH. Sholahudin


Ada yang unik dari kategori di atas yaitu fundraising anti korupsi yang merupakan peserta tunggal di kategorinya. Tentu saja diharapkan dapat menjadi motivasi untuk tumbuh lembaga yang lainnya. Jika ada dari teman-teman yang ingin menonton siaran IFA 2020 ini, dapat menonton di video berikut:


Kesan Saya Terhadap Indonesia Fundraising Award 2020

pemenang indonesia fundraising awards 2020

Ternyata, penghargaan ini bukanlah sekadar apresiasi biasa atau pencapaian biasa, namun suatu harapan untuk menumbuhkan lagi banyak kebaikan-kebaikan dari gerakan kemanusiaan. Percayalah ketika kita memiliki niat yang tulus untuk membantu saudara-saudara kita yang membutuhkan, maka sesungguhnya kita juga sedang menolong diri sendiri. Apresiasi juga untuk Institut Fundraising Indonesia ini yang telah menyelenggarakan penghargaan, tentu saja semoga gerakan semakin masif dan dapat bersinergi antar lembaga. Tentu saja sekaligus menjadi pengingat bagi diri sendiri juga bahwa kebaikan dalam kemanusiaan selalu banyak membawa keajaiban.

20 komentar

  1. Semoga dengan adanya Indonesia Frundaising Award khususnya bagian komunitas dapat memberi semangat tulus ikhlas dalam melakukan suatu kebaikan.
    Karena masih ada suatu badan/komunitas/instansi melakukan suatu kegiatan amal dengan adanya embel embel kepentingan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul kak, makanya dg award ini semoga dapat saling bersinergi ke segala lapisan :)

      Hapus
  2. Pemenang Indonesia Fundraising Award 2020 memang sudah terbukti kiprahnya dibidang kemanusiaan.Semoga dengan program IFA award ini akan semakin banyak tumbuh lembaga-lembaga yang bergerak dibidang kemanusiaan. Meskipun sebenarnya jika berbuat itu harus iklas tapi kegiatan ini merupakan hal yang postif sebab memberikan apresiasi kepada lembaga/perorangan yang telah banyak berbuat demi kemanusiaan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tentu saja ikhlas kak, nah karena ikhlas jadinya kinerja maksimal sehingga mendapatkan bonus berupa apresiasi ini :)

      Hapus
  3. Wah gak nyangka loh kita bisa menang di bagian digital. Event yang harus terus diadakan nih,supaya banyak yang terbantu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi iya kak, memudahkan ya? Ternyata banyak sekali lembaga kemanusiaan yg bergerak

      Hapus
  4. Semoga melalui penghargaan ini bisa mempertahankan program CSR nya bahkan meningkatkan lagi, dan tak lupa kitanya juga mendukung kegiatan tersebut agar dapat saling membantu antar sesama

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul kak, harapannya makin termotivasi :D

      Hapus
  5. Wah keren banget kak acara yang diikuti diatas. Saya semakin percaya bahwa kekuatan apresiasi sebuah inisiasi energi positif nya besar sekali

    BalasHapus
  6. Indonesia Fundraising Award 2020 membuktikan bahwa kekuatan apresiasi memunculkan energi positif,

    BalasHapus
  7. selamat untuk para pemenang. Nama-namanya ga asing seperti dompet dhuafa yang udah lama malang melintang jadi penyalur donasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya beberapa nggak asing ya kak gerakan kemanusiaanya :)

      Hapus
  8. wuah ini lengkap foto2nya
    aku juga pernah baca soal ifa ini, tapi gak ditunjukin wajah pimpinannya
    kalau begini kan jadi tahu dan makin appreciate

    BalasHapus
  9. Keren ya mbak, aku ikut terharu sama penghargaan ini. Mereka sangat patut di apresiasi

    BalasHapus
  10. Wah, komunitas sudah masuk dalam kategori yang diberi penghargaan... Bahagianya...

    BalasHapus
  11. Senang sekali ya saat tahu masih banyak orang yang berjiwa sosial dan mau berbagi untuk sesama

    BalasHapus
  12. Yakin deeh...dewan juri sendiri pasti sulit menentukan pemenang dari masing-masing kategori.
    Karena ternyata lembaga fundraising non-profit di bidang kemanusiaan ini banyaaak sekali di Indonesia yaa..

    Sukses selalu untuk para pemenang.

    BalasHapus
  13. Keren-keren ya award yang sudah dicapai. Semoga semakin meningkatkan gerakan kemanusiaan sampai ke pelosok ya.

    BalasHapus

Halo, terima kasih sudah berkunjung!^^ Mohon klik 'Notify Me/Beri Tahu Saya' utk mengetahui balasan komentar via email.