5 Tips Pemasaran Digital yang Harus Diketahui oleh Pemilik Bisnis Baru

Bila Anda berada pada tahap awal membangun sebuah bisnis dan sedang menyusun strategi bisnis untuk memenangkan persaingan di zaman digital, langkah penting pertama untuk menciptakan reputasi online adalah membuat website dengan berlangganan paket hosting domain murah yang bisa Anda dapatkan dengan mudah. Website ini nantinya akan menjadi pusat kegiatan bisnis online Anda.

Kemudian, pelajari digital marketing, manfaatkan sebaik mungkin jaringan internet dan setiap media digital yang bisa Anda gunakan, karena metode penjualan konvensional seperti direct marketing secara hard selling tidak lagi selalu efektif di era serba digital ini.

Mengapa Digital Marketing?

tips pemasaran digital
pict: pixabay, talhakhalil007

Pemasaran digital menawarkan berbagai kemudahan bagi pelaku bisnis untuk menjangkau target pasar yang lebih luas dan tepat sasaran, serta efektif membangun komunikasi dua arah dengan calon pelanggan dengan biaya yang lebih ramah kantong.

Berikut ini beberapa alasan Anda membutuhkan digital marketing:
  • Bisa diterapkan pada apapun jenis bisnis Anda
  • Terbukti efektif meningkatkan pendapatan
  • Mampu dengan mudah menjangkau konsumen sesuai target spesifik
  • Fleksibel digunakan pada semua jenis perangkat
  • Membangun brand bisnis dengan hasil penjualan optimal

Tips Menyusun Strategi Digital Marketing

Mulailah dengan memiliki website untuk menjalankan pemasaran digital. Pilih layanan hosting tepat yang menawarkan sewa hosting murah untuk menunjang kelancaran bisnis online Anda. Nah, setelah itu simak beberapa tips di bawah ini yang bisa Anda terapkan dalam menyusun strategi pemasaran digital.

1. Social Media Marketing

media sosial
pict: pixabay, stux

Selain membangun brand melalui website di paket hosting domain murah, media sosial juga bisa diandalkan sebagai trik pemasaran digital yang hemat dan efektif. Potensi Anda menjaring konsumen baru setiap hari tidak akan berhenti seiring terus bertambahnya pengguna media sosial. Anda bisa menggunakan satu atau lebih dari pilihan strategi pemasaran digital berikut:

  • Instagram marketing, alihkan akun Anda menjadi akun Instagram bisnis dan optimasi profil bisnis online Anda. Gunakan hashtag unik dan konten kreatif yang dapat mempengaruhi buying decision calon customer.
  • Instagram tools dapat Anda manfaatkan untuk promosi. Anda bisa menggunakan tools edit foto seperti Snapseed atau Canva, Later atau Buffer untuk penjadwalan posting, hingga Instagram Insights untuk monitor dan analisis data. 
  • Facebook (FB) marketing memiliki beberapa keunggulan; mampu menjangkau audiens lebih luas dengan fitur user-friendly dan biaya terjangkau. FB Messenger, FB Ads Manager, AgoraPulse, Mobile Monkey, ShortStack, dan SocialOomph adalah beberapa tools gratis FB marketing.
  • Optimalkan user-generated content, yakni postingan customer yang merekomendasikan bisnis Anda di akun pribadi. Salah satu caranya adalah dengan membuat giveaway atau kontes dengan hashtag unik dan interaksi followers seperti mention, tag, atau share.
  • Plugin Social Media. Integrasikan website yang Anda buat di paket hosting domain murah dengan plugin social media untuk memaksimalkan pemasaran, mulai dari profil media sosial, share, sign up, feed, hingga auto publish. AddThis Follow Button, Social Warfare, WordPress Social Login, Instagram Feed, dan Social Media Auto Publish adalah beberapa rekomendasi plugin terbaik.

2. Marketing Tools

digital marketing
pict: pixabay, mohamed_hassan

Manfaatkan marketing tools sebagai salah satu strategi memasarkan bisnis baru Anda. Tak melulu fokus pada iklan dan media sosial, beberapa platform digital marketing yang bisa Anda gunakan antara lain: Trello, Unsplash, Canva, Hootsuite, SocialMention, SociaBuzz, Mailchimp, Hubspot CRM, Survey Monkey, Google Ads, dan Google Analytics.

3. Search Engine Marketing (SEM)

Anda bisa memanfaatkan fitur SEM pada mesin pencari untuk beriklan. Nantinya, iklan Anda akan muncul pada mesin pencari seperti Google atau Bing di halaman hasil pencarian. Metode Pay Per Click (PPC) adalah yang paling populer digunakan oleh mesin pencari. Ya, Anda harus membayar untuk menggunakan SEM, dari ratusan ribu hingga ratusan juta rupiah.

Tetapi jangan khawatir, seperti paket hosting domain murah, memulai SEM dengan bujet terendah sudah akan memberi dampak positif bagi bisnis baru Anda. Untuk menggunakan SEM, Anda harus menggunakan tools khusus seperti Google Keyword Planner dan Google Ads.

4. Search Engine Optimization (SEO)

SEO search engine optimization
pict: pixabay, Templune

Buat website baru di paket hosting domain murah dan mengisinya dengan konten bagus saja tidak cukup. Penting untuk membuat website Anda muncul di peringkat atas mesin pencari, untuk itu tingkatkan jumlah visitor situs Anda dengan teknik SEO yang jitu.

Pertama, lakukan riset keyword untuk memahami kebutuhan pengguna internet. Kemudian buatlah konten unik dengan informasi valid dan volume pencarian yang baik. Selain itu, Anda juga perlu melakukan link building serta mengoptimasi website Anda menjadi mobile friendly.

5. Influencer Marketing

Blogger, youtuber, selebritis, selebgram, ataupun public figure yang dianggap penting dan berpengaruh di komunitas tertentu disebut influencer. Umumnya, mereka memiliki followers media sosial hingga jutaan dan mampu menjadi trend setter.

Sesuaikan budget Anda, cocokkan dengan target pasar, siapkan perjanjian kerjasama, kemudian pilihlah influencer yang memiliki reputasi baik serta engagement tinggi dengan followers-nya.


Tips pemasaran digital tambahan untuk Anda: perhatikan kualitas desain Call to Action (CTA) pada website yang Anda miliki di paket hosting domain murah. Pastikan membuat tulisan CTA yang tepat dan menempatkannya di posisi yang pas untuk menaikkan conversion rate.
Show Comments/Tampilkan Komentar
Hide Comments/Sembunyikan Komentar

12 comments

  1. Sekarang itu emang masanya digital marketing. Mau gak mau harus diikuti perkembangannya klo ntar ketinggalan. Bagus banget niy infonya Kak. Makasih udh berbagi ilmu.

    ReplyDelete
  2. pemasaran digital jadi senjata bener bagi pengusaha yang pengen terjun bisnis online . perlu dipahami bener bener sih

    ReplyDelete
  3. dunia digital marketing belakangan sejak pandemi memang tumbuh subur ya mba, aku aja tertarik untuk belajar lebih lagi nih sebagai penggiat media sosial karena kepake banget loh ini ilmunya

    ReplyDelete
  4. Bagian riset Keyword itu prosesnya susah susah gampang, tapi tetap menarik untuk dilakukan.

    ReplyDelete
  5. Bagian riset Keyword itu prosesnya susah susah gampang, tapi tetap menarik untuk dilakukan.

    ReplyDelete
  6. Pas banget nih tipsnya buat aku yang baru memulai bisnis..
    Pelan-pelan akan mulai aku terapkan di bisnis aku. Masih bertahap nih aku jalani satu-satu platform digitalnya

    ReplyDelete
  7. Makasi banyak tipsnya Mba. Aku belum kepikiran akan memulai bisnis lagi nih huhu padahal pengen

    ReplyDelete
  8. Tipsnya berguna sekali, untuk saya yang baru mau memulai usaha kecil-kecilan

    ReplyDelete
  9. di point SEO, rambut saya sampe keriting buat pelajarinnya. hahaha. saking mumetnya. btw ini tips berguna banget. makasi ya udah sharing

    ReplyDelete
  10. Ini lagi hype habis karena semua akhirnya menggunakan digital ya kak baik dari belajar sampai berjualan

    ReplyDelete
  11. Bener banget, sekarang eranya digital marketing. Beberapa waktu lalu teman minta dibantu promoin jasa mereka buat dikenal di jagad maya. Sekarang orang akrab sama medsos terutama Instagram, pembelian bisa banget dari sana konversinya. Beum lagi Youtube. Makanya sekarang kudu peduli SEO dan SEm buat produk kita meluas di Internet. Mesti banyak belajar dan kolaborasi deh.

    ReplyDelete
  12. keren banget nih tipsnya. digital marketing saat ini menjadi suatu keunggulan. produk lebih cepat dipasarkan lewat digital

    ReplyDelete

Hi! Lemme know you read this story by drop your perspective through a comment below :) (p.s: a comment with active url will be deleted)